Tuesday 3 July 2012

Lapis Ketan Sarikaya Pandan




Ini adalah salah satu jajajan tradisional...sodaraan sama katrisolo. Lapisan bawahnya sama, lapisan atasnya aja yang beda. Yang ini menggunakan pandan gula pasir, sedangkan katrisala pake gula merah. Dua duanya enak dengan rasa gurih manis yang berbeda.

Pada saat membuat resep ini aku cuman bikin setengah resep. Selalu begitu. Kalau ditanya...kenapa seringnya kue kue yang aku ujicoba cuman setengah resep...kan jadinya cuman seiprit tuh. Nah memang aku sukanya begitu. Tapi sebenarnya banyak alasannya. Aku kan terlalu sering bikin kue...kalo hampir tiap hari bikin sedangkan yang kemarin aja belum habis...lhaaa siapa yang menghabiskan kue kemarin. Selain itu juga biar bikinnya gak terlalu capek, dan efisien waktu...kalau gagal juga nggak rugi banyak. Dan yang terakhir... supaya sirkulasi perputaran kuenya lancar *udara kali pake sirkulasi segala, hihi ^^

Bikin setengah resep aja lumayan banyak. Aku sekeluarga cuman 4 orang. Jadi cukuplah...malah kadang kadang masih bisa disimpan tuk bawa bekal anak anak.



Kue ini aku bikin menggunakan 2 macam cetakan. Yang satu cetakan bentuk bunga ukuran sedang, sedangkan satu lagi cetakan cucing plastik yang imut. Di bawah ini pasta pandan homemadeku. Sisa bikin buttercake pandan dan topo map love cake kemaren. Beda kan kekentalan dan warnanya dibandingkan blenderan pandan biasa...



Berikut di bawah ini resep yang aku modifikasi dari Resep Makanan Indonesia. Aku bikin separuh dari resep aslinya...

Bahan untuk lapisan dasar :
- 250 gr ketan putih ,cuci bersih lalu rendam 2 jam
- 125 ml santan dari ½ butir kelapa
- 1/2 sdt garam halus

Bahan adonan sarikaya :
- 2 btr telur ayam
- 175 ml santan
- 150 gr gula pasir (kalau kurang suka manis bisa dikurangi)
- 2 sdm tepung terigu
- 50 ml pandan paste home made
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam halus

Cara membuat : 
  1. Panaskan dandang kukusan sampai airnya mendidih. Kukus beras ketan selama 15 menit hingga setengah matang. Angkat.
  2. Campur santan dan garam, rebus hingga mendidih angkat. Tuangkan beras ketan ke dalam santan rebus, aduk hingga santan terserap. Kukus lagi ketan hingga matang, sekitar 20 menit. 
  3. Angkat, ratakan dan padatkan ketan dalam loyang beralas daun pisang dan diolesi sedikit minyak atau bisa juga menggunakan cetakan cucing plastik. Agar mudah dan tidak melengket, padatkan ketan menggunakan plastik. Usahakan benar benar padat agar tidak ada space kosong diantara beras dan supaya hasil ketannya legit.
  4. Sarikaya : aduk telur dan gula hingga gula larut. Tambahkan semua bahan lainnya aduk rata. Saring.
  5. Tuang bahan sarikaya ke atas lapisan ketan. Kukus lagi sampai matang dan tengahnya mengeras selama ± 40 menit dengan api sedang. Angkat dan dinginkan.  Agar memudahkan mengeluarkan kue dari loyang atau cetakan, kikis dulu pinggirannya perlahan dengan pisau. Untuk yang menggunakan cucing, setelah dingin, cukup ditekan tekan pinggirannya nanti akan mudah keluar sendiri.

28 comments:

oeymom said...

Mba, ada resep pasta pandan homemade nya gak?
Gak bosan2 nih saya liat blog Mba hehehe...
Thanks for sharing :)

Hesti HH. said...

Udah aku kasih linknya di atas mbak. Maaf kemaren kelupaan...

fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull.wah resepnya mantap abis,,,,,,and look very delicious. untuk agan dan aganwati yang ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / mesin bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK ditunggu blogwalking nya yach. good luck & keep blogging. thank's & salam kenal yach mbak.....

Unknown said...

mbak...santannya itu kental atau biasa ya...

Hesti HH. said...

sedang aja mbak, kecuali mbak suka kue yang sangat guruh. Jadi kalau pake 1 butir kelapa separuhnya buat lapisan atas separuhnya buat lapisan bawah.

Anonymous said...

Ya Allah mbak, resepnya menggoda. dah gt mbak gak pelit bagi2 resep, padahal yg lain dah pada ngeblok biar resepnya g dicopas.

Hesti HH. said...

Makasih mbak. Saya juga diset biar nggak dicopas kok mbak...jadi mohon kesediaannya repot sedikit tuk menulis. Bukannya pelit lho...kalau pelit saya ngga share di blog resepnya. Soalnya saya paranoid sudah banyak yang ngambil gambar bahkan mindahin semua isi blogku ke blognya,,,harap maklum ya..

Unknown said...

Mba...aku contek ya resepnya, papa ku suka banget sama ketan sarikaya ini. dulu prnah bikin tp aku lupa resepnya :) buat lebaran asiiik juga niy, makasih ya mba ;)

Ummu Fatima said...

Mbak, saya udah nyobain resepnya...enaak... terima kasih banyak ya Mbak atas sharingnya...ijin nulis resepnya di blog saya ^^

Anonymous said...

Mbak resepnya udh saya coba,mmg enak bgt tp kok lapisan atasnya jd bergelombang gak karuan gt ya mbak?pokoknya hasilnya jelek bgta mbak,cm kl rasa sih mmg enaaakkkk

Hesti HH. said...

makasih juga dah nyobain ^^

Hesti HH. said...

alhamdulillah...silahkan mbak

Hesti HH. said...

biasanya apinya kegedean mbak...bisa dikecilin atau tutupnya buka dikit banget asal ada celahnya

Anonymous said...

Mbak hesti ijin nyontek resep nya..hehe..
Aq sering main ke blog nya mbak hesti tp lupa mau post komen :(
-Vita-

Hesti HH. said...

Silahkan mba Vita....good luck yaaa

Ade said...

Mbak hesty, aku bikin kok bercampur lapisan srikaya ama ketannya

Hesti HH. said...

Artinya ketannya kurang padat mbak tekannya sehingga srikaya masuk merembes ke sela sela pori porinya

Anonymous said...

mbak klw ketan ny, pkai rosebrand bsa....

Hesti HH. said...

Ini pake beras ketan mbak buka tepung ketan yaaa. Kalau rose brand ada beras ketannya boleh aja

Anonymous said...

salam mbak hesti. Aq sering bgt buat. Suka ketan dn pandan bgt soalnya. Klo d sini d panggil kuih serimuka pandan.sekali bikin 2 resep besar simpn d kulkas 2 hari abis hehe enak siy manis.gurih.legit.wangi khas pandan... salam kenal ya mbak hesti
Zeezee

Hesti HH. said...

HALo mba Zeezee...salam kenal juga. Iya ini favoritku juga mba pokoknya semua yg wangi pandan ^^

Anonymous said...

Mba, untuk lapisan atasnya ngga usah dimasak dulu? kalo di resep yang serimuka jagung untuk lapisan atasnya dimasak dulu.. beda ngga mba di hasilnya ? terima kasih..

Lisa

Hesti HH. said...

Iya mba...yang ini gak perlu, lebih simpel kok ^^

Primada Cita Febrina said...

Hai mba Hesti, mau nanya. Kalo misal pas kukusan yg kedua langsung ditaro di cetakan gimana mba ? Jadi biar ngga repot neken2 si ketannya giu maksudnya hihi..

Hesti HH. said...

Boleh dicoba mba...tapi takutnya ketannya nanti kurang lebut

Anonymous said...

Mb kalo tidak ada daun pisang bolehbpake alumunium foil nggak?

Hesti HH. said...

Boleeeeh

Unknown said...

Bedanya lapisan srikaya pake tepung trigu sm maizena apa mb hesti?lebih enak mana y?

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...