Posts

Showing posts from November, 2010

Quiche Lorraine

Image
Bahan pie : - 200 gr tepung terigu - 100 gr salted butter/margarine - 1 kuning telur - 1 sdm gula halus - 1 - 3 sdm air es Bahan filling : - 4 lembar daging asap, potong panjang - 1/2 buah bawang bombay - 200 ml krim kental (aku pakai susu cair) - 3 butir telur - 25 gr bayam, potong-potong - garam, merica dan pala secukupnya - 75 gr keju parut - 2 sdm butter Cara membuat : Kulit pie : aduk rata terigu, garam, gula. Tambahkan butter/margarin. Aduk sampai berbutir-butir. Tambahkan telur, aduk lagi. Tambahkan air es sedikit sedikit sambil diaduk sampai adonan membentuk gumpalan. Giling tipis, pipihkan di talam pie diameter 22 cm atau talam mini pie. Panggang 15 menit dengan panas 180 C sampai setengah matang. Sementara itu tumis bawang bombay dengan butter hingga layu. Masukkan daging asap. Aduk rata. Matikan api. Campur susu cair, telur, bayam, garam, merica, pala dan keju parut. Aduk rata. Campur dengan tumisan bawang dan daging asap. Tuang di dalam ad

Lemon Tart

Image
Udah lama aku pingin buat lemon tart. Udah googling sana sini...malah jadi bingung, resepnya banyak dan beda-beda. Tapi rata-rata semua pakai krim kental. Masalahnya di tempatku jarang ada krim kental, and di kulkas cuma ada cream cheese. Jadinya aku ada ide tuk mengawin silangkan resep-resep tersebut sesuai bahan yang ada...dan hasilnya alhamdulillah... yummmmmiiiii tenan... menurutku ini pie terenak yang pernah kubuat. Wangi lemonnya...hmmm... Pie : - 75 gr salted butter - 150 gr terigu protein sedang - 1/4 sdt garam - 3 sdm gula halus - 1 kuning telur - 1-3 sdm air es Bahan filling : - 125 gr gula pasir - 125 gr creamcheese (suhu ruang) - 50 ml susu cair - 3 butir telur - 1 sdm kulit jeruk lemon - jus dari 2 lemon dan 1 jeruk sunkist - 1 sdm maizena Cara membuat : Kulit pie : aduk tepung, gula, garam sampai rata. Masukkan mentega dan aduk menggunakan pisau pastry sampai berbutir-butir (bisa menggunakan food processor). Tambahkan kuning telur, ad

Oseng Tempe Petai

Image
Bahan : - 250 gr tempe potong kotak kecil, goreng sebentar - 200 cc santan - 10 mata petai, belah-belah - 3 siung bawang putih , iris tipis - 6 butir bawang merah , iris tipis - 2 buah cabai merah , iris serong - 5 sdm kecap manis - 1 sdm saos tiram - 1/2 sdt merica - 1 sdt garam - 1 sdt gula pasir - 1 potong lengkuas, iris-iris - 2 lmbr daun salam - 3 sdm minyak Cara membuat : Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, lengkuas sampai wangi. Masukkan santan, garam dan tempe. Aduk rata. Tambahkan petai, gula, kecap, saos tiram dan merica. Masak sampai santannya menyusut. Siap dihidangkan.

Empal Daging

Image
Bahan : - 1/2 kg daging sapi has luar - 2 lembar daun salam - 2 ruas lengkuas, geprek - 1 sdt air asam Bumbu (dihaluskan): - 8 butir bawang merah - 3 siung bawang putih - 2 sdt ketumbar sangrai - garam secukupnya - 1 sdm gula merah Cara membuat : Rebus daging, daun salam, lengkuas, air asam dan bumbu halus sampai daging lunak. Angkat dagingnya, potong melintang serat setebal kurang lebih 1 cm. Masak lagi sampai kuah menyusut/terserap habis. Panaskan minyak. Goreng sebentar asal kecoklatan. Angkat dan hidangkan dengan taburan bawang goreng.

Kue Ku

Image
Masih ada sisa isian kacang ijo kue bakpia kemarin. Lihat-lihat resep...kayaknya bahan yang tersedia bisa buat kue ku aja. Enak...legit dari ketan dan manis gurih kacang ijonya. Apalagi kalo kulitnya pakai air pandan dan suji...hmmm wangi deh. But berhubung persediaan daun pandan di halaman menipis, aku memberdayakan pewarna makanan aja lah. Kue ku ini kelembutannya bertahan lama karena tambahan kentang dalam adonannya. Lagi pula aku dah punya cetakannya pemberian ibu mertuaku... So, apa lagi yang ditunggu...mari beraksi... Bahan : - 165 tepung ketan - 20 gr gula tepung - 50 gr kentang kukus, haluskan panas-panas - 1/2 sdt garam - 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa (aku pakai santan Kara yang ditambah sedikit air) - 2 tetes pewarna merah Bahan isi : silahkan dilihat di sini . Cara membuat : Campur tepung ketan, gula halus, garam, dan kentang. Aduk rata. Masukkan pewarna merah dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Ambil sedikit adonan kulit, pipihkan,

Bakpia Pathok

Image
Hari ini aku bikin bakpia pathok. Resepnya dapat dari majalah Sedap . Cuman kumodifikasi dikit isiannya biar lebih mantap. Kutambahkan keju parut dan sedikit susu bubuk. Dan hasilnya...bisa ditebak...enaaaaak laaah....walaupun bikinnya agak ribet,...tapi aku bikin 1/2 resep aja biar gak terlalu lama. Ini resep aslinya di bawah yaaa.. Bahan A : - 250 gr terigu protein sedang - 1 sdm mentega putih (aku pake butter) - 50 gr gula tepung - 1/4 sdt garam - 140 ml susu cair Bahan B : - 250 gr tepung protein sedang - 100 gr minyak goreng - 1/4 sdt garam Bahan isi : - 100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam - 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa - 1/8 sdt garam - 1 lmbr daun pandan - 75 gr gula pasir Cara membuat : Kukus kacang hijau yang sudah ditiriskan selama 20mmenit. Angkat. Masukkan santan, garam, daun pandan dan gula pasir. Masak sampai kalis. Bentuk bola-bola, sisihkan. Bahan A: campur terigu, mentega, gula, dan susu cair sedikit-sedikit sambil diul

Bitterballen

Image
Bahan : - 250 ml susu cair - 3 sdm margarin - 4 lmbr keju slice, potong kecil-kecil - 100 gr tepung terigu - 100 gr daging ayam cincang - 100 gr jamur kancing - 1/2 buah bawang bombay - 2 siung bawang putih - 1/2 sdt merica - 1/8 teh pala bubuk - 1/2 sdt garam Bahan paniran : - 2 butir telur - 150 gr tepung roti kasar Cara membuat : Masukkan keju ke dalam susu cair. Panaskan sambil diaduk-aduk di atas kompor dengan api sedang sampai keju meleleh. Sisihkan. Cincang bawang putih dan bawang bombay. Tumis dengan margarin sampai layu dan wangi, masukkan daging ayam cincang. Setelah ayam berubah warna, masukkan berturut-turut jamur, garam, merica, pala dan terigu sambil terus diaduk. Terakhir masukkan campuran susu keju. Aduk sampai kalis. Bentuk bola-bola kecil. Celupkan dalam tepung panir, lalu telur kocok dan celupkan lagi dalam tepung panir. Goreng dalam minyak banyak dan panas api sedang sampai kekuningan.

Mie Pangsit Hijau

Image
Habis baca-baca tabloid Koki tentang mie hijau dan mie merah yang sehat,...hm jadi pingin bikin pangsit hijau. Selain sehat karena terbuat dari campuran sawi hijau, seger lagi dimakan hujan-hujan begini. Tambah lagi pangsit gorengnyanya yang renyah, toppingnya yang gurih...klop deh. Cuma ku bikin lebih simpel aja and kumodifikasi dikit. Kalo di resepnya tumisan jamur and ayamnya dibuat terpisah...aku gabungin aja. Aku bikinnya 1/2 resep aja biar pas buat ukuran rumah. Itupun dah seharian di dapur sampai gempor niiy tangan. But...it's worth it...karena anak-anak dan suami bilang ini mie pangsit terenak yang pernah mereka makan. Alhamdulillah...hilang semua capek kalo keluarga menikmati hasil karya kita. Iya nggaaaak....? Oh iyaaa, saking serunya bikin mie sambil ngefoto, heeee ikutan bergaya juga si tali kamera...hihihi...gak papa lah... Bahan : - mie hijau - topping ayam jamur - kuah kaldu ayam - minyak bawang putih - pangsit - sawi hijau, potong-potong - bawang goreng

KBB #20 : Biskuit Tradisional - Bangket Coklat Kacang Mede

Image
Waaaaa...gak terasa KBB round up 20 dah dekat deadline. Waktunya untuk segera beraksi. Secara aku nih baru calon anggota. Harus lulus round #20 - #21 dulu baru bisa jadi anggota resmi. Jadi...harus berhasil... semangat..semangat.. . Kemarin dah setor tuk NCC but aku bikin pingin yang lain tuk KBB. Aku memakai 1/2 resep kue bangket penang . Tapi aku modifikasi dengan menambahkan coklat dan kacang mede. Ternyata gak salah aku pilih resep ini karena hasilnya uuuuuueeenakee....hehe.. Pembuatan adonan alhamdulillah gak ada kesulitan yang berarti. Tapi ternyata tepung yang kupake gak habis semua. Emang sih di resep harusnya tepungnya 250 g. But setelah kusangrai dan kutimbang lagi ternyata tinggal 220 gr. Lhaaaa yang 30 gr nya kemana ya? terbang, menguap (kok menguap sih, air kallliii...). Aku menambahkan coklat bubuk 20 gr dan mede 100 gr. Kayaknya medenya harus dikurangi jadi 75 gr aja...enak sih but rasanya mede abiiiis. Pas diadon, aku sengaja gak menurunkan tepungnya sekaligus, kare

Blueberry Cheesecake

Image
Bahan alas : - 150 gr biskuit marie - 90 gr mentega tawar, lelehkan Bahan cheesecake : - 375 gr cream cheese - 125 gr gula pasir halus - 1 sdm tepung maizena - 2 butir telur yang besar - 100 gr sour cream - 1/2 sdt vanila extract - 1/4 sdt garam - 1 sdm air jeruk lemon - 250 gr blueberry segar (aku pakai selai blueberry secukupnya) Topping : - 100 gr selai aprikot, panaskan dengan 2 sdm air Cara membuat : Campur semua bahan alas. Ratakan dan padatkan di loyang spring form diameter 22 cm. Simpan di lemari pendingin selama 1 jam. Kocok creamcheese dan gula sampai lembut. Masukkan tepung maizena. Tambahkan telur satu persatu. Kocok rata. Tambahkan sour cream dan air jeruk lemon. Kocok rata. Terakhir masukkan extract vanila dan garam, kocok rata. Tuang blueberry ke atas bahan alas. Ratakan. Tuang adonan cheesecake perlahan. Ratakan. Panggang dengan cara au bain marie selama 1 jam dengan panas oven 150 C. Setelah matang. Matikan api, biarkan kue di dalam oven selama sat

Acar Mangga

Image
Masih ada mangga muda di kulkas. Hari ini aku mau bikin racak-racak mangga versi yang lain. Kemarin kan udah racak mangga sebagai sambal, nah sekarang versi acarnya. Hahaha...ada-ada aja...but memang lho ada resep ini. Soalnya ibuku sering bikin. Malahan ada yang versi acarnya pake santan dikit. But itu kapan-kapan aja deh... Bahan : - mangga muda yang tidak terlalu asam, diserut - udang, kupas kulit dan kepala - kunyit - cabe rawit , kalo mau pedas potong-potong cabenya - bawang merah, potong kecil - garam - gula Cara membuat : Masak udang dengan air, garam, dan sedikit kunyit biar nggak amis. Setelah mendidih, campurkan udang beserta kuah kaldunya dengan serutan mangga, cabe rawit, bawang merah dan sedikit gula. Aduk rata. Siap disajikan.

Kue Kering Soun

Image
Kuker ini bertekstur renyah tapi bukan karena menggunakan baking powder. Tapi ke dalam adonannya diberi soun yang terlebih dulu digoreng sampai mengembang dan garing lalu dihaluskan menggunakan gelas (kalo pake blender teksturnya hilang), jadi kalo dimakan terasa krenyes-krenyes...harum susunya disumbangkan oleh penggunaan susu bubuk dalam adonan dan ayakan tepung biskuit marie susu (Regal) di bagian luarnya. Bahan : - 150 gr margarine - 50 gr butter - 160 gr gula halus - 2 btr kuning telur - 2 sdm susu bubuk - Terigu secukupnya - 1/2 sdt vanili bubuk - 1/2 bks soun (goreng sedikit2 dalam minyak banyak sampai garing lalu tiriskan) - 1/2 bungkus biskuit marie susu (mis: Regal) diblender halus Cara membuat : Gunting-gunting soun kering agar tidak terlalu panjang. Goreng sedikit-sedikit dalam minyak sampai garing. Tiriskan di atas tisu dapur. Biarkan dingin. Haluskan/gilas menggunakan bagian bawah gelas. Sisihkan. Mixer margarine, butter dan gula halus asal tercampur rata. Tambahk

Kue Potong Kenari

Image
Resep kukis potong ini sama aja dengan resep kuker biasa. Hanya kutambahkan baking soda, vanili, and baking powder dikit biar agak renyah. Diratakan di talam, oles kuning telur beri potongan fruitmix dan kenari cincang, tusuk-tusuk dengan garpu biar gak menggelembung lalu dipanggang. Setelah setengah matang dipotong-potong pindahkan di talam dan beri jarak. Panggang lagi sampai renyah. Pokoe...kayak biskuit...enaaak...

Bassang (bubur jagung)

Image
Bassang merupakan salah satu bubur tradisional Makassar. Mungkin kalo di Jakarta seperti 'bubur jali' yang aku sendiri blom pernah coba hihi...hopely someday... Keistimewaannya yaitu terbuat dari jagung pulut (bukan hanya beras yang pulut khaaan?) dan sudah melewati proses pengelupasan kulit. Dimasak dalam jangka waktu yang lama sampai sekitar 3 jam sehingga didapatkan bubur yang benar-benar lembut dan gurih karena menggunakan santan. Tapi berhubung teknologi dah canggih aku cukup pake presto aja selama 1 jam. Penampakan jagung mentahnyanya seperti di bawah ini... Mungkin sekilas mirip pakan ayam yeee....hihi soalnya anak-anakku bilang "Bu, ini makanan ayam yang kayak di rumah mbah yaaa?" tapi kalo diperhatikan baik-baik memang warnanya aja udah beda. Dan karena jenisnya yang pulut hasil buburnya legit sekali...teksturnya beda kalo kita bikin bubur jagung dari jagung manis biasa. Kalo ini menghasilkan kuah yang kental dan seperti berlendir...padahal itulah ciri

Pepes Ayam

Image
Hari ini aku bikin pepes ayam. Anak-anak suka, bapaknya juga. Padahal si mas gak suka makan ayam. Tapi kalo aku bikin gak bilang kalo itu ayam, dikirainnya ikan tenggiri karena aku juga biasa pake itu. Hahaha...pas udah mau habis, baru kubilangin...mas itu tadi ayam lhoo....eeehhh masa sih...kok enak yaa. Biar aja deh udah terlanjur katanya...huahahaha..... And biar lebih mantap aku bikin sambel mangga. Pokoke baru dengar kata mangga rasanya ngiler abiiis...soale enak. Ada asam, pedas, gurih terasi...lengkap deh...kalo di Sulawesi namanya racak-racak mangga.... Bahan : - 300 gr daging ayam tanpa tulang, potong kotak kecil - 1 sdm jeruk nipis - 10 tangkai kemangi - 10 buah cabe rawit merah - 1 butir telur, kocok lepas - 2 sdm santan kental instan - 3/4 sdt garam - 3 lembar daun salam, potong-potong - daun pisang untuk membungkus Bumbu halus : - 2 buah cabe merah - 8 butir bawang merah - 2 siung bawang putih - 5 butir kemiri, sangrai - 1 cm jahe - 2 cm kunyit - 2

Burger Mini

Image
Burger ini lumayan untuk dijadikan bekal sekolah anak-anak. Sengaja kubikin mini biar anak-anak gak sisa... resep rotinya bisa dilihat di resep-resep roti terdahulu, tapi aku kurangi gulanya karena bukan roti manis. Nah kali ini tuk rotinya aku bikin percobaan. Aku cuman pingin tau aja gimana hasil penampakan rotinya kalo menggunakan olesan kuning telur (gbr 1 & 2) atau tidak (gbr 3)...bagaimana kalo wijen ditaburkan sebelum mengembang dan setelah mengembang/fermentasi kedua. Dan ternyata semua hasilnya bagus, tapi aku lebih memilih tanpa olesan kuning telur dan diberi wijen langsung setelah dibentuk bulat dan kemudian difermentasi. Karena tekstur wijennya cantik dan tidak terlalu rapat. Karena mengembang selama proses fermentasi maka wijennya akan menyebar seperti gambar no. 3. Coba lihat hasilnya di bawah ini... Gbr 1 memakai olesan kuning telur dan penaburan wijennya setelah proses fermentasi kedua dan hanya ditabur acak aja. Gbr 2 memakai olesan kuning telur dan wijennya

Banana Pancake

Image
Banana pancake ini sebenarnya terinspirasi dari pancake dan kue lempeng pisang dari Kalimantan. Kalo pancake biasanya adonannya pake susu, tepung, telur, margarin cair, gula garam dan baking powder. Sedangkan lempeng pisang pake tepung, air putih biasa, telur, pisang, gula garam. Nah daku memadukan keduanya dan mengganti cairannya dengan santan biar lebih gurih , dan ternyata eeenaaaak buanget deh...apalagi pisangnya pake pisang raja yang manis dan legit. Ini dia resepnya...but takarannya aku gak pasti karena semuanya pake kira2 aja...pokoknya icip aja sesuai selera sebelum dipanggang. Bahan : - 200 gr tepung terigu protein rendah - 50 gr havermut (blender halus) - 5 sdm gula pasir - 1/2 sdt garam - 6 buah pisang raja yang bagus matangnya, potong kecil-kecil - 1/2 sdt baking powder - santan kental secukupnya (adonan agak kental) - 1 sdm margarin, cairkan Cara membuat : Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkan santan perlahan-lahan sambil diaduk sampai didapatkan k

Ikan Asam Padeh

Image
Ikan lagi...ikan lagi...doyan apa doyan...hehehe. Iya sih...memang doyan, secara tuk orang Sulawesi ikan tuh makanan sehari-hari. Apalagi si masku juga diet mengurangi daging karena kolesterol. Dia juga gak doyan ayam...jadi apalagi lauk yang paling cocok? Tempe, tahu dan ikan...kali ini kuolah dengan resep Sumatra. Enak, segar dan gak terlalu berat karena kuahnya kental walaupun gak pake santan. Apalagi menggunakan ikan lamuru besar, jadi dagingnya tebal dan teksturnya agak kenyal bila dibandingkan dengan ikan kakap yang berdaging lunak or tenggiri yang padat. Pokoe enaaak..nak..nak... . Oh iya, berhubung di sini gak ada asam kandis, sebagai penggantinya aku pake bunga kecombrang alias pattikala bahasa sininya. Kan sama-sama asam. Ini dia resepnya... Bahan : - 500 gr ikan tenggiri (aku pakai ikan lamuru) - 3 sdm air jeruk nipis - 1/2 sdt garam halus - 5 lmbr daun jeruk - 2 batang serai - 2 lmbr daun salam - 1 lmbr daun kunyit - 1 genggam daun ruku-ruku (aku pakai kemangi)

Ikan Asin Kerapu Asam Manis

Image
Waaaaa...ini nia nih makanan favorit penggugah selera....hehe...nikmatnya....panas-panas dengan nasi panas ... Ikan asin kok dibuat asam manis...lhaa siapa bilang gak bisa. Enak lagi, tapi tergantung ikannya sih. Kalo di Sulawesi emang cocoknya pake ikan kerapu atau namanya di sini ikan sunu. Cocok karena kalo ikannya agak besar, dagingnya tebal sekali. Pokoe maknyuuus, ditambah lagi harum cabe rawitnya....coba deh...but baunya tinggal di tangan berhari-hari gak hilang...hihihi...becanda ding... Bahan : - 1 - 2 ekor ikan asin kerapu/sunu, cuci bersih dengan air mengalir agar asinnya berkurang - 7 butir bawang merah, iris tipis - 5 siung bawang putih, iris tipis - 15 buah cabe rawit - 1/2 cup air asam jawa yang kental - gula merah/gula pasir secukupnya - minyak Cara membuat : Goreng ikan asin sampai garing. Ambil sedikit minyak bekas menggoreng ikan asin untuk menumis bumbu (bisa dicampur dengan minyak baru) agar ada aroma khasnya. Tumis bumbu sampai wangi. Tuang air asam.

Fillet Katampa Panggang

Image
Bahan : - 1 ekor ikan katampa ukuran besar, fillet - 2 sdm air jeruk nipis - garam secukupnya - 1/2 sdt merica hitam, tumbuk kasar - 1 sdm butter Pelengkap : - coleslaw - acar timun Cara membuat : Lumuri ikan dengan jeruk nipis, garam, merica hitam. Biarkan meresap. Panaskan teflon yang sudah diberi butter dengan api sedang. Panggang ikan sampai matang. Jangan lupa dibolak balik. Ingat untuk tidak memanggang sampai overcook karena kelembutan ikan tergantung dari cara memanggangnya. Siap dihidangkan dengan coleslaw dan acar timun.

Cheese Cupcake with Lemon Glaze

Image
Bahan : - 200 gr salted butter - 200 gr gula pasir - 4 butir telur - 200 gr terigu - 25 gr maizena - 1 sdt baking powder - 100 ml susu cair - 100 gr keju parut - 1 sdm poppy seed Lemon glaze icing : - 2 sdm air jeruk lemon - 1 sdt parutan kulit jeruk lemon - 175 icing sugar - 1 sdm air panas Cara membuat : Susu dan keju dipanaskan dengan api kecil sampai larut lalu disisihkan. Kocok butter dan gula sampai lembut, tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung. Masukkan sisa terigu, maizena dan baking powder bargantian dengan adonan susu keju. Masukkan poppy seed aduk rata. Panggang di oven panas 180 sampai kuning keemasan. Angkat, oles dengan bahan glaze icing. Taburi parutan kulit jeruk lemon.

Prol Tape Almond

Image
Bahan : - 300 tape singkong, haluskan - 75 gr gula pasir - 1/2 sdt garam - 3 butir telur, kocok lepas - 50 gr almond bubuk - 20 gr tepung protein sedang - 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa - 50 gr margarin, lelehkan - 1 kuning telur untuk olesan - 1/8 sdt essens almond (aku gak pake) - 25 gr almond slice untuk taburan Cara membuat : Remas-remas tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut. Masukkan telur dan almond bubuk. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Masukkan santan dan margarin leleh serta essens almond. Aduk rata. Tuang di loyang 18x18x4 cm (aku pake loyang brownies) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven 20 menit dengan suhu 180 C. Oles kuning telur. Taburi almond slice. Panggang lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang. Sajikan dalam bentuk potongan. Source : dimodifikasi dari majalah 'Sedap '

Siri Manis

Image
Akhirnya ketemu juga sukun di pasar. Soalnya...gak tiap hari sih ada di pasaran. Tergantung musimnya. Aku dah lama pingin bikin lagi kue khas Makassar ini soale gak pernah makan di tempat lain. Perasaan cuma ibuku aja yang biasa bikin....padahal gampang sekali membuatnya. Rasanya legit-legit gurih...mmmmh pokoknya nikmat. Orang gak akan tau itu sukun karena teksturnya mirip kentang pas udah dikukus, tapi masih lebih legit or chewy sukun ini. Bahan : - 1 buah sukun yang matang, potong-potong lalu kukus sampai matang - 1/2 sdt garam - 1 butir telur Saus gula merah (dimasak bersama sedikit air sampai kental): - gula merah - daun pandan - duren (optional) Cara membuat : Haluskan sukun panas-panas (kalo saya dicobek menggunakan bagian bawah gelas). Tambahkan garam, aduk sanpai rata. Setelah halus, bentuk bulat-bulat pipih. Celup di dalam kocokan telur lalu goreng sampai kekuningan. Siap disajikan dengan saus gula merahnya.

Talam Ebi

Image
Bahan I - 150 gr tepung beras - 45 gr tepung sagu - 3/4 sdt garam - 2 1/4 sdt gula pasir - 800 ml santan dari satu butir kelappa - 1 lmbr daun pandan Bahan II (masak semua sampai meletup-letup) : - 10 gr tepung terigu - 10 gr tepung beras - 1/4 sdt garam - 225 santan kental Taburan : - 1 buah cabe merah - 5 buah cabe rawit, potong-potong - 50 gr ebi, rendam air panas, tiriskan - 3 siung bawang putih - 1 cm kencur - 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya lalu iris halus - 1/2 sdt gula pasir - 2 sdm minyak - 1 sdm bawang goreng, remas-remas - daun seledri, cincang halus Cara membuat : Larutkan tepung beras, tepung sagu, garam, gula, dan 200 ml santan. Rebus sisa santan dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Tuang ke larutan tepung beras. Aduk sampai licin. Kalau perlu saring. Kukus selama 10 menit dengan api sedang. Buka kukusan tambahkan adonan II ke atas adonan I. Kukus lagi selama 5 menit dengan api sedang agar tidak menggelembung. Bahan taburan : b