Posts

Showing posts from October, 2011

Pastel Mini isi Abon

Image
Waktu cuti kemarin aku sempatkan tuk beli abon di mall Makassar. Soalnya di tempatku jarang ada dan anakku yang bungsu suka sekali. Selain tuk teman makan nasi, isian roti ternyata bisa juga dibuat camilan gurih seperti pastel mini ini. Rasanya enak...apalagi aku pake abon ayam pedas jadi ada tendangan pedasnya sedikit. Yuuuk dicoba resepnya...super gampilll kok...aku bikin dalam sejam lebih udah selesai. Dengan catatan...peluh bercucuran karena kepanasan di dekat penggorengan, hahaha.... Resep aku lihat di kabarinews.com . Dengan sedikit sekali modifikasi. Bahan kulit : - 250 gr tepung terigu - 1 butir telur ayam - 50 gr margarin, lelehkan hingga mendidih - 75 ml air (kurang lebih) - garam secukupnya - minyak untuk menggoreng Bahan isi : - abon ayam Cara membuat : Campur terigu, garam. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk asal rata. Tuang margarin panas lalu aduk menggunakan sendok. Adonan tidak akan licin tapi tidak apa-apa. Masukkan air sedikit-sedikit lalu aduk

Tamarella Smoothie

Image
Aku baru tau ternyata ada perbedaan mendasar antara juice dan smoothie. Kalo juice diambil airnya dengan cara diperas menggunakan alat pemeras jus atau extractor sedangkan smoothie menggunakan blender sehingga sari beserta pulp dan seratnya bisa ikut disajikan. Smoothie juga bisa disajikan dengan tambahan protein seperti susu atau yogurt dan lain-lain sehingga nilai gizinya lebih lengkap dan bisa lumayan mengenyangkan. Lebih lengkapnya bisa dilihat di sini . Nah berhubung di tempatku lagi musim buah tamarella alias terung belanda...kali ini aku mau bikin smoothie aja. Bahan tambahannya simpel aja, cukup dengan menambahkan susu kental manis secukupnya, es batu, dan air secukupnya maka jadilah smoothie ala aku.... Suami suka sekali. Katanya rasanya perpaduan antara jambu klutuk dan tomat...syegeeer deh pokoknya. Tentu saja juga kaya akan vitamin sehingga menyehatkan.

Paris Brest

Image
Paris brest adalah semacam kue sus yang dibuat melingkar dan berlubang tengahnya. Mirip donat gitu deh. Cerita awalnya munculnya nama paris brest ini adalah pada acara balap sepeda di tahun 1981 yang menempuh rute Paris-Brest-Paris. Para chef Prancis ikut meramaikan acara ini dengan membuat choux pastry yang berbentuk bulat seperti roda sepeda ( source:Wikipedia ). Nah inilah awal populernya paris brest ini. Seru kan ceritanya...ternyata banyak kue kue dari luar negeri yang dilatarbelakangi oleh kisah nyata. Seperti juga Pavlova yang dibuat untuk menghormati penari Balet Rusia yang datang ke NewZealand...??? kok jadi lari ke Pavlova...yah balik lagi ke paris brest... Aku membuat ukuran sedang aja biar enak makannya. Ke dalamnya aku tambahkan selai strawberry yang aku masak dengan potongan-potongan strawberry dan atasnya ditabur gula icing. Special request from hubby...tambahin saus cokelat yang banyak ya... Resep tetep pake resep susku laaahhh...sebenarnya untuk fillingnya men

Chili Crab

Image
Alhamdulillah...udah balik lagi ke Sorowako. Rabu kemarin tiba dari Makassar. Sekarang balik lagi ke dapurku tertjintah....hahaha Hari ini aku bikin chili crab tuk disetorkan ke acara milis 'Chinese Food Week' . Untuk kepiting biasanya aku bikin kari or sup aja. Tapi demi meramekan ajang CFW ini aku cari resep lain yang lebih menarik dan tentu saja lebih sedaaaaap.... Awalnya sajian ini populer di Singapura pada tahun 1950. Orang yang menciptakan resep ini adalah chef dari Singapura yang bernama Cher Yam Tian dan suaminya Lim Choon Ngee. Namun sekarang hidangan ini sudah populer di restoran-restoran Malaysia dan Singapura( source:Wikipedia ). Kalo di Indonesia mungkin agak mirip dengan hidangan kepiting saus Padang... Resepnya aku modifikasi dari Rasa Malaysia . Fotonya menggiurkan...sampe aku juga tergoda tuk membuatnya. Ternyata emang nggak salah...chili crab ini nikmat sekali disajikan hangat-hangat dengan roti mantou. Mantounya aku bikin sendiri

Mini Apple & Strawberry Pie

Image
Hari ini adalah 'bakingan'ku yang terakhir. Besok aku berangkat ke Makassar tuk beberapa hari. Anak-anak baru selesai mid-semesteran. Walaupun nggak ada libur, kami meliburkan diri sendiri...hehe. Refreshing sejenak sekalian shopppppiiinggg !! Jadi off dulu bikin kue and masak-masaknya...and see u guys next week, insyaAllah... Tuk resep apple mini pie bisa lihat di sini . Aku bikin sedikit juga strawberry pie tuk ngabisin stok selai strawberry home-madeku yang bersisa di kulkas.

Brownies Cappucino

Image
Kangen bikin brownies lagi. Udah lama nggak bikin...seperti biasa aku bikin brownies favorit hubby, Brownies Cappucino dengan tambahan kacang mede dan kenari yang banyak. Enaaaak deh. Rich and nutty...! Resepnya di bawah ini ... Bahan : - 200 gr butter - 200 gr dark cooking chocolate - 4 butir telur - 1 1/2 bungkus cappucino instan bubuk ( aku pake Nescafe original 3 in 1 ) - 275 gr gula pasir - 1/2 sdt vanili bubuk - 170 gr terigu protein sedang - 30 gr coklat bubuk - 150 gr kenari dan mede sangrai, cincang Cara membuat : Lelehkan butter bersama milk chocolate dengan api rendah. Aduk sampai lumer, tambahkan cappucino bubuk, aduk rata. Sisihkan. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk asal gula larut. Masukkan campuran coklat leleh. Aduk rata. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk yang sudah diayak. Aduk rata. Masukkan kenari dan mede. Aduk hingga rata. Tuang dalam loyang brownies 24x24 cm bersemir margarin dan dialasi kertas roti. Panggang dalam oven

Jamie Oliver's Pumpkin Tart

Image
Dua hari yang lalu aku beli labu kuning di pasar. Niatku sih mau dibikin kue...tapi kue apa belum tau juga. Rencananya mau cari resep enak di internet. Tapi pas kemarin baca majalah 'Feel Good Food' edisi autumn 2010 langsung melongo lihat pumpkin tartnya Jamie Oliver. Katanya, pertama kali dia makan di sebuah restoran kecil di Perancis dia tergoda dengan kelezatannya dessertnya. Labunya yang dimasak bersama gula dan susu membuat hasil akhirnya lembut dengan tekstur seperti creme caramel. Akhirnya ketika pulang ke Inggris dia mencoba membuat dengan versinya sendiri yaitu dengan menambahkan kulit pie di dasarnya. Yuuuuuk kita bikin juga....!! Aku membuat pumpkin tart ini dalam loyang pie mini. Hmmmm...ternyata labu enaaaaak juga yaaa...resepnya di bawah ini ya : Source : Jamie Oliver's Pumpkin Tart from 'Feel Good Food Magazine' Autumn Edition Bahan kulit pie : - 250 gr tepung terigu protein sedang - 125 gr mentega, dinginkan lalu potong kotak keci

Lapis India Pandan

Image
Jangan bosan ya postinganku tentang lapis India lagi. Karena kemarin sukses dengan yang versi original alias pake gula merah dan udah lenyap masuk perut semuanya, hari ini aku coba lagi yang rasa pandan. Penasaran gimana rasanya...membayangkan wangi pandannya, hmmmm... Ternyata goyang Indianya nggak terlalu heboh. Gelombangnya agak malu-malu...hehehe. Kalo soal rasa menurutku enakan yang kemarin . Gula merah lebih meminimalisir bau telurnya. Menurutku lhooo... di bawah ini aku bikin setengah resep dari lapis india gula merah ya...jadi aku pake cetakan brownies. Adonannya pas banget,...gak bersisa. B ahan : - 300 ml santan kanil (dari 1 butir kelapa) - 300 air pandan (dari 5 lembar daun pandan) - 175 gr gula pasir - 1 bungkus tepung hunkwe warna putih - 1/2 kaleng susu kental manis - 4 butir telur, kocok lepas - 1/2 sdt garam - 1/2 sdt vanili bubuk Cara membuat : P anaskan dandang dengan api tinggi. Olesi loyang dengan minyak goreng dan lapisi ( dasar dan sisi loyang

Lapis India

Image
Gara-gara lihat postingan di milis tentang kue lapis aku jadi tergoda juga tuk mencoba. Waktu itu yang dibahas adalah lapis hula-hula. Aku jadi teringat kue lapis yang biasa mamaku buat...lapis india. Kenapa disebut lapis india padahal jelas-jelas bukan dari India ??? aku juga nggak ngerti tapi kayaknya dari bentuknya yang berlapis dan bergelombang seperti penari India *nyambung nggak ya ?* yang uniknya lagi adonan ini cuman satu aja tapi hasil akhirnya jadinya 2 warna. Kayaknya bagian yang kental turun ke bawah dan yang encernya naik ke atas menghasilkan kue lapis 2 warna. Ingat kayak bikin puding santan gula merah.... Aku belum pernah bikin kue ini. Aku tanya mamaku resepnya udah nggak tau kemana. Takarannya pake kira-kira. Waaaah gawat nih...kalo tuk pembuatan perdana harus tepat ukurannya karena takut gak jadi. Yang jelas kata mama bahannya pake tepung hunkwe, telur, gula merah, susu kental manis, dan santan. Bahannya udah...lha ukurannya gimana???? puciiiiiing .... Aku g

Apple Muffin with Cinnamon Streusel

Image
Aku nggak tau apakah kue ini cocok dinamakan muffin. Soalnya cara pembuatannya agak sedikit beda dengan muffin yang biasa. Teksturnya juga beda...nggak sepadat muffin tapi juga nggak seringan sponge...lembutnya lebih seperti butter cake. Agak moist karena menggunakan apel parut. Tapi yang kasih aku resep memang bilang ini namanya muffin. Yah wes lah...nggak masalah namanya. Pokoknya enaaaak deh...makasih Mbak Fitri udah sharing resepnya yaaaa... Bahan A (ayak jadi satu, sisihkan) : - 250 gr tepung terigu - 1 sdt baking powder - 1/2 sdt baking soda - 1/2 sdt garam - 1 sdt bubuk kayu manis Bahan B (kocok sampe lembut) : - 115 gr butter - 100 gr gula pasir - 75 gr gula palem - 2 butir telur Bahan C : - 1/2 sdt vanila - 150 gr apel parut kasar - 150 gr apel potong kotak kecil - 150 gr kismis Bahan D (campur jadi satu, aduk sampai berbutir) : - 50 gr gula palem - 1/2 sdt bubuk kayu manis - 1 1/2 sdm terigu - 1 sdm butter Cara membuat : Setelah bahan B dikoc

Bola Pisang Goreng

Image
Ini salah satu snack yang biasa dibuat mamaku...kalo di tempatku namanya kambing-kambing pisang *hhhhaaah kok aneh banget namanya* hehehe... Sebenarnya sama aja kayak pisang goreng biasa tapi bedanya...yang ini pisangnya dihaluskan lalu dicampur dengan adonan tepung. Nah aku pake resep Mbak Retno (makasih ya mbaaaak) karena udah ada ukurannya yang pas...cuman aku modifikasi dengan tambahan telur dan pisangnya dihaluskan pake garpu. Bahan : - 6 buah pisang raja yang besar, lumatkan dengan garpu - 250 gr tepung terigu - 200 ml susu cair - 1 butir telur - 1/2 sdt garam - 3 sdm gula pasir - 1 sdt baking powder Cara membuat : Campur terigu, baking powder, garam, dan gula. Adu rata. TUang campuran susu dan telur, aduk sampai rata. MAsukkan pisang lumat. Aduk rata. Goreng dalam minyak panas sedang sampai matang. Sajikan dengan taburan gula donat.

Brokus Keju Pak Sahak

Image
Sudah dua kali bikin brokus ini. Yang pertama sukses bantatnya...yang sekarang agak-agak bantat. Kenapa ya??? bingung salahnya di mana? Tapi aku tetap posting aja siapa tau ada kritik dan saran dari teman-teman yang udah sukses... Kalo soal rasa sih nggak diragukan...enak dan ngeju walaupun nggak pake taburan keju. Tapi aku berharap teksturnya lebih light... kalo hasil hari ini, lembut di bagian bawah tapi agak dense di bagian atas. Jadi kesimpulannyaaaa...belum puas!! Resep aku lihat dari Blognya Mbak Anne "Ambrosia" yang originalnya punya Pak Sahak Pribadi . Makasih ya Mbak Anne udah sharing!

Fruit Choux (Sus Vla Buah)

Image
Sus lagiiiiiii...jangan bosan ya teman, soalnya anak-anak-anak lagi demam kue sus. Resep sama dengan yang sudah-sudah. Cuman kali ini aku isi dengan vla dan hiasan buah segar serta diberi jelly buah. Bentuknya cantik kan??? Bentuk bunga dan bulat. Penampakannya aku dapat belajar dari Mbak Esther Fieling Wahyu ...temanku yang hanya ketemu lewat dunia maya alias FB...makasih ya mbak sharing ilmunya. Walaupun punyaku nggak secantik punya mbak Esther...yaah lumayanlah tuk pemula *bikin sendiri, muji sendiri...qiqiqi* Kalo yang ini cara bikin kulitnya dispuit (polos kecil) di dalam cetakan muffin. Di sisi-sisi dan dasarnnya. Nggak usah terlalu penuh karena pas matang dia mengembang sendiri. Kalo yang di atas aku menggunakan spuit bintang yang di spuit satu persatu di tiap lekukan dari atas sampai ke dasar menggunakan cetakan pie mini yang agak besar.

Prol Tape Keju

Image
Aku termasuk pecinta tape singkong. Di kulkasku jarang nggak ada tape. Soalnya selain memang suka...katanya tape itu membantu memperlancar pencernaan. Naaah...karena di kulkasku masih ada tape, segera kuberdayakan lagi menjadi prol tape . Dulu aku dah pernah bikin, tapi cairannya dari santan dan ada almondnya. Kali ini aku bikin yang simpel aja dengan menggunakan susu cair. Rasanya lebih enak dan light dibanding yang menggunakan santan. Ke atasnya aku tambahkan parutan keju. Enaaaaaak pokoe... Bahan : - 300 tape singkong, haluskan - 75 gr gula pasir - 1/2 sdt garam - 3 butir telur, kocok lepas - 70 gr tepung protein sedang - 100 ml susu cair - 50 gr margarin, lelehkan - 1 kuning telur untuk olesan - 1/8 sdt essens almond (aku gak pake) - keju parut secukupnya untuk taburan Cara membuat : Remas-remas tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut. Masukkan telur. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Masukkan susu dan margarin leleh serta essens almond

Eclair

Image
Eclair ini resepnya sama persis dengan resep susku . Atasnya aja diberi cokelat ganache. Cuman karena kelamaan panasin krimnya sampe mendidih deh, jadi pas aku turunkan cokelatnya udah nggak mulus and licin lagi. Lihat aja modelnya...nggak kinclong!!

Durian Puff

Image
Sus ini sama aja dengan sus yang sering aku bikin. Isinya aja yang spesial karena aku beri filling durian segar+whipped cream. Masih ada sisa dari bikin pancake durian kemarin. Hmmm enaaaak....^^

Durian Pancake

Image
Penasaran dengan rasa dessert yang satu ini. Sering baca majalah dan review teman-teman milis tentang kelezatannya. Sayang aku tinggal jauh dari kota, apalagi Jakarta. Kapan ya bisa wisata kuliner...to eat listku udah bejibun...hehehe. Namanya durian pancake ala 'Honeymoon Desserts'...tapi kenapa dibilang pancake ya padahal bentuknya kayak crepe. Binguunngggg... . Tapi gak papalah...berhubung resep aslinya judulnya ini yaaa ikut aja deh. Setelah aku coba ternyata beneran enak. Aku bukan termasuk penyuka durian segar...sukanya kalo sudah diolah dalam kue atau dijadikan selai...tapi ternyata dessert ini nggak bikin blenger karena separuh isinya adalah whipped cream yang cenderung tidak terlalu manis. Berikut adalah resep yang aku ambil dari milis NCC. Resep Kulit by Fatmah Bahalwan Resep Isi by Nia Kurniasih Bahan kulit : - 250 gr tepung terigu - 3 btr telur - 500 ml santan ( Nia pakai santan instant dicampur air ) - 1/2 sdt garam Bahan filling : -

Cheese Klappertaart

Image
Udah lama pengen coba resep ini. Kalo adonan klappertaart dikasih creamcheese gimana rasanya ya?? maksudku cocok apa nggak ?? Tapi kalo lihat review orang-orang kayaknya sih enak. Jadi aku juga mau bikin aaaah... Resep ini hasil jalan-jalan ke blognya Mbak Ike Hermawan "Pawon Ike" ...makasih ya mbak inspirasinya. Kalo hasil jadinya sih agak beda karena aku langsung potong begitu keluar oven *nggak sabar.com* jadi penampakan punyaku lebih lembut seperti vla. Tapi begitu besoknya aku santap lagi pas keluar dari kulkas...ternyata teksturnya tetap lembut tapi udah rapi kalo dipotong dan ternyata lebih nikmat yang disantap dingin... Tampang klappertaart sewaktu fresh from the oven (atas) dan setelah keluar dari kulkas (bawah). Udah lumayan lebih padat dan set jadi nggak berhamburan kalo dipotong. Kalo rasanya siiih ya kayak klappertart...hehe *ya jelaaaas lah* tapi agak gurih. Walaupun rasa kejunya ngga terlalu kuat tapi tetep enaklaaaah...aku rasa kalo orang yang nyobai

Es Jeli Kelapa Muda

Image
Kemarin ada acara perpisahan teman. Minuman penutupnya es buah ini. Wuiiiih syegeeer banget dengan kuah yang unik...selidik punya selidik ternyata bahannya simpel sekali. Kelapa muda beserta airnya, jeli (aku pake jeli rasa jambu) yang dimasak bersama agar-agar dan gula lalu diserut seperti kelapa muda, buah longan, nata de coco dan selasih. Untuk kuahnya terdiri dari air kelapa, sirup leci dan susu kental manis Carnation (paling cocok dengan susu merk ini). Cara buatnya ya dicampur semua bahan, cicip sesuai selera lalu beri es batu. Waaah dijamin pasti suka!

Cake Apel Susun dengan Selai Nanas

Image
Resep ini udah lama aku simpan. Waktu itu aku pinjam buku dari temanku Hilce. Buku ini karya Bara Pattirajawane yang sering bawakan acara Gula-gula itu lho...kalo ngga salah judulnya "Cake serba apel "*udah agak lupa soale nggak tulis sourcenya* . Temanku udah praktek dan hasilnya dishare ke aku...waaa enak sekali. Syeger ada asem-asem dari selai nanasnya. Resep aslinya pake apel hijau. Tapi supaya nggak terlalu asem aku menggunakan apel merah aja...kan selainya udah asem. Enak deh pokoknya... Bahan : - 3 buah apel hijau (aku pake yang merah) - 150 gr mentega - 150 gr gula pasir - 3 butir telur - 150 gr tetrigu - 1/2 sdt essense vanili (aku pake yang bubuk) - 1/2 sdt garam - 1/2 sdm emulsifier Cara membuat : Kocok mentega, gula dan emulsifier sampai lembut. Masukkan telur satu persatu dan vanili sambil terus dikocok hingga adonan mengembang. Masukkan terigu dan garam yang sudah diayak sambil diaduk rata. Tuang di loyang 24x24cm. Kupas apel, buang tengahnya,

KBB#25 Cheese Scones

Image
Semenjak bergabung dengan Klubku tercinta Klub Berani Baking...barusan kali ini aku berkesempatan ikut memeriahkan ulang tahun KBB yang ke 4. Alhamdulillah senang sekali bisa ikutan gabung di klub ini. Ketemu teman baru, sharing resep dan ide-ide baru, problem solving dalam hal perbakingan, dan yang paling penting adalah...ketar-ketir menanti tantangan selanjutnya...hihihi. Makasih untuk semua temanku di KBB. Kali ini tantangannya adalah membuat scone dengan tema Devonshire Party Tea, sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerah Devon , dimana scones disajikan bersama clotted cream dan selai. Sebenarnya pertama kali dapat surtcin agak-agak bingung sih. Secara belum pernah makan dan bikin yang namanya scones ini. Kalo lihat tampangnya dari goggling sana sini...bentuknya sama sekali nggak menarik *peaceee*. Tapi kok sampe jadi teman minum teh dalam budaya di Inggris mesti ada sesuatu yang spesial nih. Penasaran... Resep yang aku coba adalah res