Posts

Showing posts from July, 2010

Choco Roll Cake

Image
Bahan: - 8 kuning telur - 2 putih telur - 1/4 sdt garam - 100 gr gula pasir halus - 30 gr tepung protein sedang - 30 gr coklat bubuk - 10 gr susu bubuk - 1/4 sdt baking powder - 85 gr margarin, lelehkan - 1/2 sdt coklat pasta Filling: - 50 gr krim bubuk + 100 ml air es - 75 gr selai blueberry Topping: -150 gr gdark cooking chocolate - 100 ml krim kental Cara membuat: Kocok telur, garam, dan gula sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan margarin leleh dan coklat pasta sedikit sedikit sambil diaduk perlahan. Masukkan ke dalam loyang 28x28x3 cm yang doles margarin dan dialas kertas roti. Oven 15 menit dengan oven 190 C atau 375 F sampai matang Filling: kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Simpan dalam lemari es. Ambil selembar cake, oleskan krim kocok do permukaannya. Salah satu sisi dioles lebih tebal, dan oleskan selai blueberry di sisi itu. Gulung dan padatkan. Dinginka

Japanese Cheese Cake

Image
Ini adalah cheesecake versi Jepang. Cakenya yang lembut membuat potongan pertama takkan pernah cukup. Ya,...beda dengan cheese cake Eropa atau Amerika cheesecake ini terasa lebih 'light' untuk orang Asia. Makanya kalau disuruh memilih.....maka pilihanku jatuh ke JCC ini. Kalau di resep aslinya toppingnya hanya menggunakan selai aprikot. Tapi sebenarnya ia cocok dengan topping apapun. Nah...kali ini kucoba menggunakan blueberry dan aprikot....hmmmm yummyyyy... Campur & ayak : - 50 gr tepung terigu serbaguna - 50 gr tepung maizena Bahan: - 60 gr mentega asin - 250 gr cream cheese (biarkan pada suhu ruang) - 120 ml whip cream - 3 kuning telur - 1 btr telur - 2 sdt kullit jeruk lemon parut - 5 pth telur - 1/8 sdt garam - 125 gr gula pasir halus - 1 sdt air jeruk lemon Topping: - 2 sdm selai aprikot - 2 sdm air Cara membuat: Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega, pasang oven 150 C atau 300 F. Campurkan mentega, crea

Banoffee Pie

Image
Resep ini aku dapat dari hasil browsing resep-resep Mbak Anne . Makasih ya Mbak, resepnya kucontek. Tapi takarannya kukurangi supaya kulitnya gak sisa banyak dan supaya muat di talam pieku yang imut (diameter 20 cm) hehehe... Pokoke aku takjub dgn hasil karya Mbak Anne, baik itu resep maupun fotografinya....saluuut deh. Gak sia-sia hasil karya Mbak Anne, pasti pahalanya banyak deh karena resepnya dah dipraktekin dan membuat bahagia suami dan anak-anak orang. Selain itu Mbak Anne jg bersedia menjawab pertanyaan dan memberi tip-tip buat para beginner. Trims banget ya Mbak.... Berikut ini resepnya yg udah kumodifikasi dikit... Bahan kulit Pie : - 150 g tepung terigu - 75 g mentega tawar iris dadu - 2 sdm gula - 1 kuning telur, - 2 sdm air dingin Bahan Filling: - 50 g mentega - 30 g palm sugar - 2 sdm susu cair - 200 g susu kental manis - 2 buah pisang matang tapi tidak lembek - 200 ml krim - ½ chocolate curls atau parut. Cara buat : Buat adonan kulit pai leb

Raspberry Cheese Pie

Image
Bahan kulit : - 100 gr mentega asin - 200 gr tepung terigu protein sedang - 3 sdm gula halus - 1/4 sdt garam halus - 1 buah kuning telur - 3 sdm air es Bahan Filling: - 240 gr cream cheese (suhu ruang) - 40 gr castor sugar - 2 butir telur - vanila extract - Selai raspberry Cara buat: Campur tepung, gula, garam aduk sampai rata. Masukkan mentega dan aduk menggunakan pisau pastry atau sendok sampai berbutir. Tambahkan kuning telur dan air es, aduk sampai bergumpal. Bungkus cling wrap, simpan di kulkas sekitar 15-20 menit. Untuk filling, kocok cream cheese, gula, dan vanilla sampai rata. Masukkan telur satu persatu, kocok rata. Panaskan oven 375 F. Giling adonan pie lalu masukkan dlm cetakan, sisakan sedikit untuk kulit pie. Tusuk-tusuk dgn garpu lalu panggang hingga setengah matang selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan, lalu tuang adonan filling ke atas pie. Ratakan. Panaskan selai raspberry sekitar 1-2 menit sampai meleleh. Dinginkan. Tuang selai ke atas adonan cheese

Binte Biluhuta

Image
Bahan : - 200 gr udang, kupas kulitnya - 1 ekor ikan tongkol, beri jeruk nipis dan garam lalu bakar - 5 bonggol jagung manis/jagung pulut - 5 buah cabe rawit, iris kasar - 8 butir bawang merah, diiris - 1 buah jeruk nipis - 2 batang daun bawang, dipotong-potong - 1 genggam daun kemangi - 1/4 buah kelapa parut (yang setengah tua) - garam secukupnya - 900 ml air Cara Membuat : Suwir-suwir ikan tongkol yang telah dibakar tadi. Rebus air dan jagung yang sudah diserut dari bonggolnya sampai agak empuk. Tambahkan udang, irisan cabe merah, bawang merah iris dan daun bawang. Masak sampai jagung matang. Beri garam Masukkan ikan tongkol bakar, kemangi, dan air jeruk nipis. Biarkan mendidih dan matikan api. Pada saat akan dihidangkan, panas-panas taburi kelapa parut. Siap dihidangkan.

Truffle Coklat

Image
Bahan : - 150 ml krim kental - 1 sdm unsalted butter - 250 g dark chocolate, cincang - dark /white/colour cooking chocolate untuk coating - kacang-kacangan (kacang tanah, almond, mete, dll) - kismis, kurma, atau selai buah untuk isian (optional) Cara membuat : Panaskan krim kental jangan sampai mendidih. Masukkan cincangan dark chocolate. Aduk sampai tercampur rata dan licin. angkat. Dinginkan di dalam lemari pendingin sampai bisa dibentuk. Bentuk bulat-bulat. Beri isian bila suka. Celupkan dalam dark cooking chocolate dan taburi kacang-kacangan/gula halus/coklat bubuk.

Lumpia

Image
Bahan : - 20 lembar kulit spring roll siap beli - 2 sdm minyak untuk menggoreng - 1 sdt minyak wijen - 3 siung bawang putih, cincang halus - 3 butir bawang merah, cincang halus - 1 ruas jari jahe - 200 gr daging ayam giling - 100 gr udang kupas cincang - 100 ml air - 1 sdt merica bubuk - 2 sdt garam - 1 sdm saus tiram - 2 batang daun bawang iris halus - 2 lembar kol, iris halus - 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air - minyak untuk menggoreng Cara membuat : Panaskan minyak goreng dan minyak wijen. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe sampai harum. Masukkan daging ayam dan udang. Aduk dan masak sampai ayam dan udang matang. Tambahkan air, merica, garam, saus tiram, dan kecap manis. Aduk dan masak sampai bumbu meresap. Masukkan daun bawang, kol, lalu kentalkan dengan larutan maizena. Angkat, biarkan dingin. Siapkan selembar kulit lumpia, beri 1 sdm bahan isi, lipat dan gulung. Rekatkan teoinya dengan air. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat, hid

Cheese Cake

Image
Yang satu ini namanya strawberry cheese cake. Tapi yang mengandung strawbery cuma krimnya. Kutambahkan selai strawbery yang halus. Jadinya agak nge'pink'. Untuk basenya aku pake vanilla genoise cake tapi yang di gambar ini kuenya gak terlalu sukses karena mixerku dah agak error sering dipake bikin roti, hehe... Kalau yang ini namanya blueberry swirl cheesecake. Bahan basenya sama dengan yang di atas. Tapi tuk toppingnya kutambahkan blueberry yang di swirl menggunakan lidi. Yang berikut tiga di atas ini berturut-turut adalah mint cheesecake, strawberry cheesecake (yg satu ini gak menggunakan selai alias strawberry asli yang dibekukan berhubung gak ada stok segar). Dan terakhir choco cheesecake. Basenya pakai genoise coklat. Kesemua kue di atas ini hanya menggunakan satu resep cheesecake dingin. Cuma komodifikasi dikit dengan tambahan dark cooking chocolate, mint cooking chocolate, selai strawberry dan blueberry. Sebenarnya sih resep aslinya beda-beda...tapi be

Sup Tahu Bakso Ikan

Image
Bahan bakso : - 300 gr ikan tenggiri, haluskan bersama 50 ml air es dalam food processor - 75 gr tepung sagu - 2 butir putih telur - 1 1/2 sdt garam - 1/4 sdt gula pasir - 1 sdm bawang goreng, haluskan - 4 siung bawang putih - 1/2 sdt merica bubuk - 5 buah tahu kotak potong diagonal dan belah dua. Bahan kuah : - 1500 air kaldu ayam (dari 1/2 ekor ayam kampung yg direbus dgn 2 ruas jahe, ayamnya disuwir-suwir) - 50 gr jamur kuping rendam, potong-potong - 50 gr bunga sedap malam, buat simpul dan rendam - 1 sdt minyak wijen Bumbu halus untuk kuah (dihaluskan lalu ditumis): - 4 siung bawang putih - 1/2 sdt merica - 1/8 sdt pala - 1 bungkus kaldu bubuk - garam secukupnya Pelengkap : - jeruk nipis - sambal - kecap - daun bawang - daun seledri - bawang goreng Cara membuat : Aduk rata semua bahan bakso lalu sebagian bentuk bulat-bulat dengan tangan dan sendok. Sebagian bahan bakso dimasukkan ke dalam tahu yang sudah dibelah tengahnya (agar lebih mudah dimasuk

Muffin Pisang

Image
Bahan : - 6 buah pisang raja yang matang sekali. Cincang halus, campur dengan 2 sdm air jeruk nipis - 50 ml susu cair - 100 gr margarin - 25 gr butter - 200 gr terigu - 2 butir telur - 1 sdm susu bubuk full cream - 150 gr gula pasir - 1/2 sdt garam - 1 sdt baking powder - 1/2 sdt soda kue - coklat chips/keju/kismis (sesuai selera) Cara membuat : Masak susu cair, margarin dan butter dan garam asal hangat saja. Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah asal gula larut saja. Masukkan campuran terigu, baking powder dan soda kue yang sudah diayak. Aduk rata. Masukkan campuran pisang. Terakhir campuran susu cair. Aduk rata. Tuang ke dalam cetakan muffin, beri coklat chips, keju atau kismis atasnya. Panggang dengan api 175 C selama kurang lebih 20 menit. Angkat. Taburi gula untuk dusting. Source : dimodifikasi dari buke resep "Muffin" Sisca Suwitomo.

Strawberry Choco Roll

Image
Bahan cakenya sama dengan choco roll cake. Isinya aja diganti dengan selai strawberry. And pake topping ganache dikit aja...

Bandeng Kuah Kuning

Image
Bahan : - 2 ekor bandeng ukuran sedang, bersihkan beri jeruk nipis - 2 sdt air asam - 1/2 sdt kunyit bubuk - 5 buah bawang merah, potong-potong - 2 siung bawang putih, potong-potong - 1 batang daun bawang, potong-potong - 2 batang kemangi, petiki - 2 batang sereh, dikeprek - 2 ruas lengkuas, dikeprek - 10 bj cabe rawit ijo dan merah - 2 buah tomat, potong-potong - 500 ml air - 2 sdm minyak goreng - garam secukupnya - gula pasir secukupnya Cara membuat : Cuci bandeng yang telah diberi jeruk nipis Masak bandeng bersama air, kunyit, air asam, garam. Sementara itu tumis bawang putih, merah, lengkuas, sereh sampai wangi, masukkan ke dalam rebusan ikan. Aduk rata tambahkan garam. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan gula pasir, potongan tomat,kemangi dan daun bawang. Masak sebentar sampai layu. Matikan api. Siap dihidangkan.

Brownies Sexi Chef

Image
Hari ini aku coba brownies resep yang lain. Aku ngiler pas lihat gambar brownies sexy chef , soalnya kayak chewy gitu dalamnya....dan luarnya tetap garing. Cara bikinnya gampang karena gak perlu pake mixer. Cukup dengan kocokan kawat. Ini dia nih resepnya yang telah kumodifikasi dikit.... Bahan 1 : - 85 gr mentega tawar - 160 gr dark cooking chocolate, cincang - 2 btr telur ayam - 160 gr gula pasir - 50 gr gula palem - 1/4 sdt garam - 10 gr kopi instant - 2 gr vanilli bubuk - kacang kenari untuk taburan (aku pakai almond) Bahan 2 : ayak jadi satu - 100 gr tepung terigu protein sedang - 2 gr baking powder - 10 gr cokelat bubuk Cara membuat : Siapkan loyang 7x25x7cm (terserah mau loyang segi empat atau apa) Alasi dengan kertas roti, kuas dengan mentega. Lelehkan coklat dan mentega dengan cara ditim sampai lumer. Kocok telur, gula, dan garam, hingga gula larut. Tambahkan kopi dan vanili. Tambahkan campuran cokelat leleh, aduk rata. Tambahkan campuran bahan 2 , aduk pe

Cupcake Tape

Image
Bahan: - 6 kuning telur - 4 putih telur - 200 gr gula pasir - 1 sdt TBM - 175 gr tepung terigu - 1/2 sdt baking powder - 25 gr susu bubuk - 300 gr tape singkong, buang seratnya haluskan - 100 gr margarine - 50 gr butter - 100 gr keju cheddar parut/coklat chips Cara membuat: Kocok telur, gula, dan TBM humgga mengembang. Masukkan campuran tepung, kocok rata. Masukkan tape secara bertahap sambil dikocok. Terakhir masukkan mentega/margarin yang sudah dilelehkan dan 75 gr keju, aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin yang sudah dialas kertas cup. Taburi sisa keju parut dan coklat chip kalau suka. Panggang dengan suhu 350 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai kekuningan. Angkat dari oven. Dinginkan. Source: Resep domodifikasi dari buku ' Bolu & Cake Tape' Seri Quick Cooking oleh Albertin Hoesni.

Tim Kerapu

Image
Resep menyusul ya...