Posts

Showing posts from June, 2011

Black Bottom Banana Cake

Image
Pisang raja adalah pisang favoritku. Pisang yang matangnya pas enak dibikin apa saja. Bisa dijadikan pisang goreng, molen, muffin, cake, dan kue tradisional. Menurutku tekstur, bau dan rasanya (manis) paling cocok dicampurkan ke dalam adonan kue. Jadi hari ini aku mencoba bikin black bottom banana cake menggunakan pisang raja yang super matang alias yang kulitnya sudah berbintik-bintik hitam. Dibilang black karena bagian bawahnya ada adonan cokelatnya...lihat tuh di bawah...belum keluar dari oven aja baunya sudaaahhh wangi apalagi pas diangkat keluar oven....mantep deh pokoknya... . Resepnya aku lihat dari Smal small Baker dan From My House dengan sedikit modifikasi. Bahan : - 60 g butter - 50 g margarine - 75 g gula pasir halus - 1 butir telur - 1 buah vanilli pod, keruk isinya - 300 gr pisang raja yang masak sekali (dihaluskan dan campur 2 sdm air jeruk nipis) - 180 g terigu protein sedang - 1 sdt baking powder - 1 sdt soda kue - 1/2 sdt garam halus - 25 g coke

Wholemeal Crust Pizza

Image
Kali ini pingin coba bikin crust pizza dengan tepung wholemeal. Toppingnya sendiri sudah sehat...kenapa tidak sempurnakan dengan roti yang sehat pula. Setelah aku googling tnyata banyak yang udah mencoba crust pizza dengan tepung ini. Jadi...nggak ada salahnya aku juga coba kan...? Untuk toppingnya...aku beri saus dasar/bolognese lalu ditaburi tuna kaleng, paprika merah dan hijau, jamur, bawang bombay, zaitun, jagung dan nanas. Naaah...apanya yang kurang sehat dari pizza ini. Cara menyusunnya aku olesi saus dasar dulu habis itu keju mozarella dan permesan. Setelah itu printilan yang lain dan aku beri sedikit taburan merica hitam dan semprotkan sedikit mayonaise karena menurutku tuna and mayonaise work well together. Terakhir keju mozarella lagi...wuiiih...panas-panas meleleh... Hmmmm supeeerrr yummi. Tapi suamiku dan anak-anak ternyata lebih suka pizza dengan crust yang biasa alias nggak pake tepung wholemeal. Kata suami "too much going on" hahaha...iya soalnya crustnya

Durian Buns

Image
Udah lama aku gak bikin roti ini. Terakhir kayaknya pas ramadhan kemaren. Mumpung di kulkas ada stok selai duren hari ini aku mau buat roti isi duren. Sebenarnya resepnya simpel aja, kayak roti manis biasa. Isiannya juga aku cuma pake selai duren (duren yang dimasak sama gula pasir sampai kalis) yang ditambahkan bahan vla kayak susu kental manis dan maizena. Pokoknya dibikin kayak vla...tapi banyakin duriannya yah...biar lebih kerasa... Bahan roti: - 400 gr terigu protein tinggi (cakra) - 200 gr terigu protein sedang (segitiga biru) - 120 gr gula pasir halus - 1 sachet ragi instan - 2 sdm susu bubuk - 3 kuning telur - 1 sdt garam halus - 75 gr margarin - 300 ml air hangat Bahan Filling duren (bikin seperti vla/custard): - durian - susu kental manis - air - maizena + terigu - gula pasir secukupnya - garam sedikit Takarannya dikira-kira aja ya...soalnya aku juga begitu...hehe...yang penting manisnya pas...teksturnya pas, tidak terlalu

Bolu Gulung Yogurt Jeruk

Image
Naaaah...ini entry terakhirku buat ajang bolgul week NCC. Judulnya mirip dengan bolu gulung sebelumnya. Lha memang sammmaa...cuma diganti yogurt strawberrynya jadi yogurt jeruk. Dan memang resep aslinya dari Majalah Sedap Bolu gulung yogurt jeruk, cuman modif sedikit dengan tambahan parutan kulit jeruk. Hasil fotonya agak buram berhubung sudah beberapa hari cuaca mendung terus...resepnya di bawah ini ya... Bahan : - 8 kuning telur - 3 putih telur - 100 gr gula pasir - 45 gr tepung terigu protein sedang - 15 gr maizena - 10 gr susu bubuk - 50 gr butter - 25 gr yogurt jeruk - 1 sdt kulit jeruk Filling : - 9 buah biskuit stick cokelat krim vanilla ( aku pake twister ) - 175 gr creamcheese - 50 gr tepung gula - 1 sdt air jeruk lemon Cara membuat : Panaskan oven 190-200 C. Siapkan loyang kotak ukuran 26 cm tinggi 3 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Tata biskuit stik di salah satu sisi sebanyak 3 baris. Kocok telur, dan gula sampai mengembang. Masukkan bahan t

Talam Labu

Image
Kemarin akhirnya aku menghabiskan sisa labu kukus yang masih ada di kulkas. Cari resep yang simpel ketemu talam labu. Sebenarnya talam labu ini ada 2 versi. Ada yang ditambahkan tepung terigu, ada juga yang ditambahkan tepung sagu. Tapi karena aku udah pernah coba yang pake tepung sagu dan hasilnya terlalu kenyal *menurutku* nggak terlalu terasa labunya...hari ini aku coba yang pake terigu. Ternyata it taste much better... . Resep aku modifikasi sedikit dari Resep Masakan Indonesia. Bahan : Lapisan bawah : - 500 gr labu kuning - 25 gr kenari - 75 ml santan kental - 70 gr tepung terigu - 1/2 sdt garam - 3 sdm gula pasir Lapisan atas : - 250 ml santan kental - 40 gr tepung terigu - 50 gr gula pasir - 1 lembar daun pandan - 1/2 sdt garam Cara membuat : Panaskan dandang kukusan berisi air di atas api sedang hingga mendidih. Siapkan mangkuk kecil tahan panas/cucing, olesi sedikit minyak, sisihkan. Lapisan bawah : iris tipis kenari. Campur dalam mangkuk besar s

Pancake Labu

Image
Masih ada sisa labu yang kemarin dibikin donat. Hari ini mau aku bikin pancake. Dapat resepnya dari Disney Family . Kalo kata resepnya hasilnya lembuuuut banget saking lembutnya sampai kayak soufle *mmmh bayangkan tuh* karena putih telurnya dikocok sendiri, kayak bikin chiffon cake. Setelah aku buktikan ternyata saudara-saudara...betuuuul-betuul lembut. Nggak boong ! swear ! Kemarin, terakhir bikin pluffy pancake kan aku bilangnya yang paling lembut. Ternyata sekarang ada saingannya. Malahan ini bener-bener lebih lembut. Penasaran...?? buktikan sendiri. Pancake ini menurutku istimewa karena adonannya wangi spekku. Sausnya juga pake saus butterscotch...pokoke...matching dan enaaaaklah. Di bawah ini resep versi aku ya... Bahan : - 1 1/4 cup terigu protein sedang - 3 sdm gula pasir - 2 sdt baking powder - 1 sdt bumbu spekku - 1/2 sdt garam - 1 cup (250 ml) susu cair - 1 cup labu kukus halus - 4 butir telur (pisahkan dengan putihnya) - 50 gr butter, lelehkan

Aneka Mochi...

Image
Hari ini aku seharian...eeeeh ngga ding, setengah hari menghabiskan waktu di dapur aja... Judulnya aja aneka mochi, jadi semua jenis mochi yang terpikirkan...dan bahannya ada semua di rumah aku bikin. Fiiiuuuuuuh...cappppeeeek...tapi hasilnya sebanding. Kata suami, "Ngga nyangka Yang (bukan peyang lho qiiqiqi)...kamu bisa bikin mochi sendiri dan seenak ini..." heheeeee habis banyak hubby makannya. Alhamdulillaaahhh. Yang di atas ini mochi ketan hitam isi kacang ijo. Kalo yang di bawah ini mochi isi cokelat balur wijen. Tuh lihaaat isian ganachenya... Nah yang di bawah ini favoritku. Sebenarnya aku terinspirasi dari snack yang dibeli suami. Kemarin dibeliin mochi kemasan plastik buatan pabrik rasa cokelat isi cream kopi...uiiih enak beneeeer. Jadi niat mau coba bikin sendiri. Hasilnya...sama enaknya, tapi punyaku rasanya manis sekali karena isinya banyak. Sedangkan buatan pabrik itu bentuknya agak pipih dan isiannya tipis aja. Ini penampakannya setelah di

Pumpkin Doughnut

Image
Donat ini adalah hasil blogwalking ke My Kitchen Snippet dan Bonbini . Karena aku bingung memilih yang mana akhirnya aku memadukan kedua resep tersebut dan mengganti penggunaan ubi jalar (sweet potato) menjadi labu. Secara umum rasanya tidak berbeda dengan donat biasa...cuman warnanya agak kekuningan dan terasa manisnya labu. Teksturnya lembut dan ringan untuk donat ring dan agak padat dan legit pada donat yang bulat kecil. Perbedaan hasil ini mungkin dipengaruhi pada saat pembentukan adonan. Kalo donat ring aku giling dan cetak menggunakan donat cutter, sedangkan donat bulat kecil aku bentuk dengan cara menghaluskan/membulatkan adonan seperti membentuk adonan bakpau atau roti. Donat bulat kecil juga aku goreng duluan sebelum mencapai fermentasi maximal. Perpaduan resep keduanya adalah... Bahan : - 200 gr tepung protein tinggi (bread flour) - 150 gr tepung protein sedang (plain flour) - 150 gr labu kukus yang sudah dihaluskan - 2 sdt ragi instant - 6

Bolu Gulung Yogurt Strawberry

Image
Udah lama gak nyetor lagi di ajang Bolgul Week. Kali ini terinspirasi dari resep Majalah Sedap tahun 2005 'bolu gulung yogurt jeruk' aku bikin versi strawberrynya. Kata anak-anak...enak bu kayak biskuit. Hahaha belum tau ya isinya memang biskuit... Di bawah resepnya ya... Bahan : - 8 kuning telur - 3 putih telur -100 gr gula pasir - 45 gr tepung terigu protein sedang - 15 gr maizena - 10 gr susu bubuk - 50 gr butter - 25 gr yogurt strawberry - 1/2 sdt vanili bubuk Filling : - 9 buah biskuit stick cokelat krim strawberry ( aku pake twister ) - selai strawberry + butter cream Cara membuat : Panaskan oven 190-200 C. Siapkan loyang kotak ukuran 26 cm tinggi 3 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Tata biskuit stik di salah satu sisi sebanyak 3 baris. Kocok telur, vanili dan gula sampai mengembang. Masukkan bahan tepung. Aduk rata. Masukkan campuran butter dan yoggurt, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang selama kurang lebih 10-15 menit sampai pe

Soft Pretzel

Image
Heran ya aku. Penasaran sekali sama yang namanya pretzel ini. Seumur-umur juga belum pernah makan. Tapi berhubung beberapa waktu yang lalu teman-teman milis NCC pada ngebahas pembuatan pretzel yang enak...daku jadi tertarik juga. Apalagi Bunbun sobit bloggerku udah bikin juga. Halooouuu Bun...dikau berhasil menggodaku tuk membuatnya...^^ Katanya yang terkenal resepnya aunt Annie jadi cari mencari ketemu yang mirip resepnya di CD Kitchen . Walaupun nama resepnya 'Aunt Annie's Soft Pretzel recipe', sebenarnya ini bukan resep original beliau...cuma ingin meniru punyanya Aunt Annie makanya di kasih nama ini. Cuman aku rasa resepnya agak kelembekan jadi aku tambahkan tepung lagi sampai bisa diulen. Di atas gambar pretzel yang pake poppy seed. Pembuatannya relatif mirip roti. Cuman membentuknya yang agak susah. Adonanku elastis banget. Udah dibentuk panjang lebar...lha...kok menciut lagi. Di mana salahnya ya...? apa aku kurang lama fermentasinya. Jadi pas dipanggang

Sambal Terong Pete

Image
Bingung mau kasih nama sayur ini. Ada terongnya, ada petenya, ada juga telornya. Kalo balado kan identik dengan bumbu lombok...tapi khas Padang. Lha kalo rica-rica makanan khas Manado. Lha ini makanan khas apa ? daku juga gak ngerti...hehe. Akhirnya kunamakan saja sambal terong karena memang bersambal. Kemarin diajarin teman yang jago masak. Makasiiih ya Mbak Urip...sambal terongnya sedeeep buanget. Akhirnya bisa bikin sendiri...lezaaaaaat...^^ Bahan : - 2 buah terong ukuran besar (masing2 dibagi 4 dan goreng sampe matang) - 10 mata pete - 1 butir telur, kocok lepas - 1 sdm kecap asin - 1 sdm minyak wijen - garam secukupnya - gula merah secukupnya - 3 sdm minyak untuk menumis bumbu Bumbu halus : - 2 buah cabe merah besar - 6 buah cabe rawit - 5 buah bawang merah - 2 siung bawang putih - 1 buah tomat Cara membuat : Panaskan minyak, tumis bumbu sampai wangi. Masukkan pete. Tambahkan air sedikit lalu aduk-aduk hingga rata. Tambahkan garam dan gula. Masukkan telu

Choco Bread Pudding

Image
Lihat tuuuh...cokelatnya masih meleleh...lezaaaattt...^^ Ada sisa roti tawar wholemeal di kulkas. Aku beli 2 hari yang lalu tapi belum habis nih...kayaknya bread puding cokelat enak juga. Terinspirasi dari majalah Sedap ...tapi resenya udah banyak kuubah. Bahan : - 4 lembar roti tawar (aku pake whole meal jadi agak besar dan padat, kalo roti biasa mungkin sekitar 5 potong,buang pinggirannya) - 400 ml susu cair - 1/4 sdt garam - 15 gr cokelat bubuk - 75 gr gula pasir - 3 butir telur - 1 sdm mentega tawar, lelehkan - 1 buah vanili pod, keluarkan isinya - 75 gr dark chocolate, cincang kotak kecil Bahan pelengkap : - saus cokelat - krim Cara membuat : Sobek sobek roti menjadi potongan yang kecil. Di wadah yang lain campur susu, cokelat bubuk, telur, garam, gula, vanili lalu aduk rata menggunakan whisk. Saring lalu tuang ke dalam wadah roti tawar. Aduk hingga rata. Tambahkan butter leleh dan cincangan cokelat. Aduk lagi asal rata. Tuang di wadah/pinggan tahan panas y

Siomay

Image
Waaaaah...aku senang sekali dishare resep siomaynya Mbak Siti yang terkenal itu... . Udah praktek bersama lagi 3 bulan yang lalu. Kalo kelamaan gak dipraktekin bisa-bisa hilang nih ilmunya. Mumpung banyak putih telur aku mau berdayakan. Resep Mbak Siti maknyus karena menggunakan telur utuh 7 butir untuk sekilo adonan. Waaaahhh...bener bener gurih deh. Kebayang kan gizinya...warnanya juga agak kekuningan. Tapi aku modifikasi sedikit. Untuk setengah adonan aku menggunakan 2 butir telur dan 3 butir putih telur. Bahan : - 400 gr daging ikan tenggiri, haluskan - 100 gr udang, haluskan - 125 gr tepung kanji - 3 siung bawang putih, haluskan - 2 butir telur - 3 butir putih telur - garam secukupnya - 1/2 sdt gula pasir - 1/2 sdt kaldu bubuk - 1 sdm minyak - air es secukupnya Bahan pelengkap : - tahu, diisi adonan ikan - pare, diisi adonan ikan - kentang rebus - telur rebus - kol rebus, lipat seperti amplop - jeruk limau - kecap manis Saus kacang : - 300 gr kacang ta