Posts

Showing posts from November, 2015

Pumpkin Puff with Pumpkin Custard Filling

Image
Dalam rangka meramaikan tantangan Indonesian Food Blogger bertemakan "labu"   kali ini aku bikin kue sus labu. Pinginnya yang unik yang beda dari yang lain. Ngga nyangka ternyata labu bisa juga dibuat kue sus. Kuenya juga tetap mengembang indah. Bikinnya sih kemarin tapi baru bisa diposting hari ini. Lagian udah janji dan emang udah niat mau ikutan challenge ini, waktu itu udah dicolekin sama mba Freeyanti Inef dan admin IDFB. Jadi walau telat yang penting ikut meramaikan ya teman teman... Resepnya gak jauh beda dari sus biasa cuman ada tambahan labu halusnya saja. Supaya bener bener sesuai tema, isinya juga aku beri tambahan labu. Rasanya seperti makan klappertart labu dalam balutan kue sus, enaaaak. Jadi selain warnanya jadi cantik kekuningan rasanya pun oke dan gizinya juga dapat. resepnya aku modifikasi dari Cookin' Canuk

14 th Wedding Anniversary...

Image
Tak terasa pernikahan kami sudah memasuki usia 14 tahun pada tanggal 28 Oktober ini. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ya. Postingan ini udah ditulis dari Oktober lalu tapi baru bisa diposting sekarang, hehe. Alhamdulillaaaah...semoga langgeng terus, saqinah mawaddah warahmah. Doakan ya teman teman...   Kadang kalau lihat lihat album foto kenangan...rasa sedih datang menyergap. Rindu akan masa masa kecil mereka. Sewaktu mereka masih lucu dan imut, semua-muanya masih bergantung pada kami orangtuanya. Sekarang dah pada gede gede, sudah lebih mandiri. Semakin dekat rasanya waktu di mana mereka akan pergi meninggalkan kami tuk melanjutkan pendidikannya. Membayangkan kesunyiannya... Lebaaay ya teman teman. Ya Allah lindungilah anak anak kami, jadikanlah mereka anak anak soleh. Lembutkanlah budi pekerti mereka dan mudahkanlah segala urusannya. Jadikanlah mereka penyejuk mata dan hati orangtuanya dan juga orang orang di sekitarnya. Semoga mereka bisa jadi anak yan

Watermelon Popsicles

Image
Kali ini mau posting yang seger seger dan simpel. Cuman popsicles semangka. Tapi ini seger banget. Kemarin dapat semangka gede gede dari tetanggaku yang baik hati. Satunya semangka kuning satunya lagi semangka merah. Udah dimakan tapi masih banyak juga sisanya. Sedangkan semangka kalau sudah dibelah...ngga tahan lama lama walau di kulkas. Palingan dua hari aja. Ini sudah dibikin jus masih ada sisanya. Malah jadi dapat ide untuk bikin popsicles. Ini resepnya campur campur aja sesuai selera ya. Aku cuman pake semangka, air jeruk nipis dan gula dikit. Diblender semua setelah dihilangin bijinya. Sebenarnya semangkanya sih sudah manis, tapi kayaknya kurang seru kalau ngga ditambah gula dikit. Ternyata syegeeer...asem manis rasanya. Jusnya enak, pospsiclesnya juga enak. Yukkk bikin buat anak anak....!!

Gyoza VS Hakau

Image
Sebenarnya niat mau bikin hakau ini sudah lama. Beberapa bulan yang lalu aku dikasih tepung tangmien sama temanku Mba Indah Yudo. Waktu itu yang terpikir di benakku mau bikin hakau. Karena olahan yang menggunakan tepung tangmien memang terbatas. Biasanya sih digunakan pada olahan yang menghasilkan warna putih transparan dan tekstur yang lentur seperti hakau. Tepung tangmien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum. walaupun dari gandum tapi beda dengan terigu lho ya. Kalau terigu kan tepung/flour yang diambil dari unsur protein dan karbohidratnya gandum sedangkan kalau tangmien ini adalah starch atau pati dari unsur karbohidratnya saja. Istilah gampangnya kanjinya gandum. Kalau kanjinya singkong kan tapioka ya. Akhirnya bikin juga hari ini. Ngga tau juga kok aku lagi semangat semangatnya. Padahal yang mau diolah ini lumayan ribet. Belum bikin kulitnya dua macam...belum lagi isiannya. Kuat ngga ya tanganku. Masih belum sembuh betul. Tapi udah pengen banget jadi tetap sem

Avocado Mousse Cake

Image
Sering lihat kue ini berseliweran di FBnya mba Ina Moulina Fajrin Isra "Nyak Ina Kitchen" . Banyak yang mesan kue ini. Artinya banyak yang suka dong ya. Kalau banyak yang suka artinya enak dong ya. Naaah itu dia yang bikin penasaran. Avocado mousse cake namanya. Tentu saja ada alpukatnya ya. Kebetulan aku belum pernah mengolah kue yang ada alpukatnya. Biasanya sih dibikin es campur saja. Untuk eksekusi perdana aku lebih suka bikin versi mininya dengan loyang diameter 16 cm. Selain ngga terlalu lama habisnya *sadar kalori yak* , lebih enak menikmati kue dengan potongan kecil, rasanya ingin tambah tapi keburu habis, dibandingkan makan sampai puas dan bosan sendiri ^^ Resep aslinya bisa dilihat  di blognya mba Rachmawaty Luthfie . Sedangkan untuk kueku ini sudah aku modifikasi dari resep beliau. Maaf ya mba Ina dan mba Rachmah resepnya diutak atik. Untuk cakenya aku pakai resep steamed moist chocolate cakenya "Cooking Crave" . Ngga ribet karen a ngg

Dibalik Foto Makanan Yang Cantik...

Image
Terus terang aku sering bingung kalau ditanyain teman teman atau pembaca blog tentang cara membuat foto makanan yang baik dan benar. Selama ini aku mengambil gambar dengan teknik "suka suka" tanpa paham  teorinya. Yang penting hasilnya memuaskan. Aku, tentu saja sama sekali bukan professional photographer dan tidak punya basic ilmu photography. Semuanya aku pelajari secara otodidak karena di tempatku yang notabene kota kecil ini tidak ada kursus, training atau apapun yang menunjang ilmu photography. Semua adalah hasil belajar dengan cara surfing di internet. Berjam jam melihat gambar gambar senior foodie blogger. Memperhatikan bagaimana cara mereka menata makanan, apa saja properti yang digunakan, pencahayaan dan lain sebagainya. Ya... dibantu dengan sedikit bacaan tentang ilmu food photography. Tapi memang dasarnya aku tuh agak-agak telmi dan gaptek, susah juga dipraktekkan ilmu dari bukunya. Akhirnya balik lagi ke cara lamaku. Foto suka suka yang penting hasilnya terlihat