Posts

Showing posts from August, 2010

Tekwan

Image
Bahan : - 2 genggam jamur kuping, rendam dalam air panas hingga lunak - 1 genggam bunga sedap malam, simpulkan - 1 bungkus soun, rendam dalam air hingga lunak, tiriskan - 1 buah bengkuang, iris bentuk korek api Bakso ikan : - 250 g fillet ikan tenggiri, haluskan - 200 g tepung sagu - 2 putih telur ayam - 1 sdm garam - 100 cc air Kuah kaldu : - 3 siung bawang putih, haluskan - 1 sdt merica - 1 sdm garam - 200 g udang kupas , sisihkan kulitnya - 2 liter air Sambel: - 10 buah cabai rawit, rebus - 1 sdt gula pasir - 1/2 sdt garam - 1 sdm cuka Taburan: - 2 sdm bawang goreng - 1 batang daun bawang, iris halus Cara membuat : Bakso ikan: campur ikan, putih telur, dan garam, uleni hingga rata. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis. Masak air sampai mendidih. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan dengan bantuan tangan dan sendok teh. Rebus adonan hingga terapung. Angkat. Tiriskan. Air kaldu : tumis bumbu halus merica, bawang putih dan garam hin

Ontbytkoek

Image
Bahan : - 150 gr gula aren/palm sugar, iris halus - 50 gr gula pasir - 6 butir telur ayam - 2 sdt bumbu spekuk - 150 gr tepung terigu - 3 sdm mentega/margarin, lelehkan - 100 gr kenari Cara membuat : Kocok gula aren, gula pasir dan telur hingga kental berjejak. Masukkan tepung dan bumbu spekuk. Aduk rata. Tuang margarin/butter ke dalam adonan sambil diaduk perlahan sampai rata. Tambahkan 50 gr kenari cincang. Tuang dalam loyang loaf yang dioles mentega dan ditaburi tepung. Taburi sisa kenari utuh. Panggang dalam oven panas 175 C selama kurang lebih 30 menit sampai matang. Source : Dimodifikasi dari buku 'Cake Klasik Nyonya Rumah'

Udang Tempura

Image
Bahan : - 10 ekor udang besar, kupas sisakan ekor lalu pipihkan - 1 sdt air jeruk nipis - 1/4 sdt merica - 200 gr tepung panir kasar Bahan pencelup (aduk rata): - 200 gr tepung terigu - 1 butir telur (dari kulkas) - 1/2 sdt garam - 1 siung bawang putih, haluskan - 1/2 sdt merica bubuk - 175 ml air es Cara membuat : Bumbui udang yang sudah dipipihkan dengan garam, bawang putih, merica dan air jeruk nipis. Diamkan sampai bumbu meresap. Celupkan di bahan pencelup lalu tepung panir dan goreng dalam minyak yang sedang panasnya sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan. Siap dihidangkan dengan saos sambel atau saus tempura.

Kue Cokelat Berglazur

Image
Bahan : - 150 gr mentega - 150 gr margarin - 250 gr gula halus/bubuk - 2 kuning telur - 300 gr terigu - 25 gr susu bubuk full cream - 25 gr tepung maizena - 50 gr cokelat bubuk - 1 sdt baking powder - 1/4 sdt garam - essens kopi/pasta mocca Bahan glazur : - 1 putih telur - 150 gula halus - 1/2 sdm air jeruk nipis Cara membuat : Campur mentega, margarin, gula, kuning telur, dan garam, kocok hingga tercampur rata sebentar saja. Masukkan campuran terigu, maizena, susu, cokelat bubuk dan baking powder sambil diayak. Aduk sampai rata. Masukkan dalam cetakan semprit. Cetak di atas talam tanpa olesan margarin. Panggang dengan panas 150 C/300 F selama kurang lebih 15 menit. Sementara itu buat glazur : kocok putih telur sampai agak mengembang, masukkan gula halus sedikit-sedikit sambil dikocok terus sampai mengembang. Tambahkan air jeruk nipis. Kocok rata. Masukkan dalam kantung segitiga yang dilubangi sedikit ujungnya. Semprotkan di atas kue yang sudah matang. Oven seb

Speculaas Kenari

Image
Bahan : - 100 gram margarin - 100 gram mentega asin - 75 gram gula tepung - 100 gram brown sugar - 2 kuning telur - 1 sendok teh parutan kulit jeruk lemon - 400 gram tepung terigu protein sedang - 1 sendok teh kayumanis bubuk - 1/4 sdt cengkeh bubuk - 1/4 sdt kapulaga bubuk - 1 sdt jahe bubuk - 1 sdt baking powder - 1/4 sdt garam - 75 gr kenari cincang Cara membuat : Kocok margarin, mentega asin, gula tepung, dan brown sugar 30 detik. Tambahkan kuning telur, kocok rata. Masukan parutan kulit jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan kenari cincang. Tambahkan tepung terigu, kayumanis bubuk, cengkeh bubuk, kapulaga bubuk, jahe bubuk, baking powder dan garam sambil diayak dan diaduk rata. Ambil sedikit adonan. Gilas dengan gilingan kayu yang dialas 2 buah plastik. Cetak bentuk hati. Letakan dalam loyang kue kering. Oven 30 menit dengan suhu 150 derajat Celcius sampai matang. Source : Dimodifikasi dari majalah 'Sedap Sekejap'

Jalangkote

Image
Namanya sih aneh...tapi sebenarnya jajan ini mirip dengan pastel. Bisa dibilang pastelnya Sulawesi gitu loooh....renyah kulitnya dan gurih isinya. Pokoe...enak dinyemil panas-panas dengan kuah sambelnya... Bahan kulit : - 250 gr terigu protein sedang/serbaguna - 1/2 sdt garam - 125 - 150 ml air hangat - 15 gr margarin leleh - 2 sdm minyak panas Bahan isi : - 2 buah wortel, potong kecil kotak - 2 buah kentang, potong kecil kotak - 200 gr daging cincang - 100 gr tauge - 1/2 bks soun, seduh air lalu tiriskan - 1 batang daun bawang - 2 tangkai seledri - garam secukupnya - gula pasir secukupnya - 1 sdt saos tiram - 4 butir telur ayam rebus, bagi menjadi 8 potong Bumbu (haluskan): - 5 buah bawang merah - 2 siung bawang putih - 1/2 sdt merica Kuah sambel (blender semua lalu masak sampai mendidih): - 2 siung bawang putih - 4 buah cabe rawit - 200 ml air - 1/2 sdt cuka - 2 sdm gula pasir - garam secukupnya Cara membuat : Isi : tumis bumbu yang telah dihalu

Sambel Goreng Printil

Image
Bahan bola daging (bentuk bulat kecil, goreng asal berkulit): - 500 gr daging cincang - 1/2 sdt merica bubuk - 1/2 sdt garam Bahan lain : - 250 gr hati sapi (rebus bersama air, sedikit air asam, bawang putih, garam, dan gula merah) potong dadu goreng - 500 gr kentang, potong dadu lalu goreng - 4 lembar daun jeruk - 2 lembar daun salam - 2 ruas lengkuas, dikeprek - 2 batang sereh, dikeprek - 1/2 sdt merica - 1 sdt garam - 1/2 sdt gula pasir - 600 ml santan kental dari satu butir kelapa Bumbu halus: - 4 buah cabe merah - 10 siung bawang merah - 5 siung bawang putih - 3 butir kemiri, sangrai - 1 cm kunyit - 1 cm jahe - 1 cm lengkuas Cara membuat : Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, sereh, lengkuas sampai wangi. Masukkan santan, bola-bola daging dan hati. Bumbui garam, merica dan gula. Biarkan santan menyusut separuh, lalu tambahkan kentang. Masak sebentar sampai bumbu meresap. Jangan terlalu sering diaduk, karena kentang akan hancur. Setelah bumb

Opera Cake

Image
Akhirnya kesampaian juga cita-citaku tuk bikin opera cake....walaupun hasilnya menurutku belum maksimal dikarenakan bahan yang susah didapat di daerah terpencil ini....cieeeee. Jadi yang seharusnya pakai krim kental/fresh cream kuganti jadi whip cream bubuk biasa. Tapi untuk resepnya tetap kutulis resep aslinya yaaaa (kusingkat dikit aja...) .Dan karena ini percobaan pertama and takut gagal aku bikin setengah resep aja. Kutuang di 2 talam dan kubagi 4. Hasilnya 4 lapis cake yang tipis. Tapi dah lumayan tinggilah pas udah ditambahin krim dan ganache. Bahan Jaconde Cake : - 200 gram almond bubuk - 150 gram gula pasir halus - 6 butir telur - 50 gram butter, cairkan - 55 gram tepung terigu - 115 gram putih telur - 55 gram gula halus Cara membuat : Campur almond, gula pasir dan 3 butir telur, kocok dengan mixer kurang lebih 10 menit Masukan sisa telur satu persatu, sambil terus kocok, dan setelah semua telur masuk, kocok kembali kurang lebih 10 menit. Masukan 2 sendok besar adon

Roti Unyil Kacang

Image
Hari ini mau bikin takjil lagi buat masjid. Takjil...? roti...? gak papa kan...? lagian mini, gak terlalu berat...kan menunya banyak...dah ada menu yang lain yang seger seger. 100 biji booo... hehehe jangan panik...ingat unyil aja...kan imut tuh...pasti bisa. And alhamdulillah dalam waktu 3 jam selesai deh. Bahan rotinya bisa di klik di roti keju yaaa...kalo isiannya tinggal blender kacang tanah yang udah disangrai. Blendernya jangan terlalu halus biar ada teksturnya...tuang di wadah tambahkan kayu manis bubuk dan gula pasir/palem...hmmm kalo dah mateng wangiiinya memenuhi ruangan. Cara bikinnya kayak cinnamon roll aja. Simpel karena satu kali gulung hasilnya bisa 8 or sepuluh potong. Tinggal dipipihkan memanjang, olesi butter lalu tuang isian dan gulung dari arah yang paling dekat dengan kita. Potong-potong. Letakkan di paper cup. Udah deh...tinggal dipanggang...

Kue Kenari Palem Suiker

Image
Bahan : - 100 gr mentega - 100 gr margarin - 150 gr gula halus - 3 kuning telur - 300 gr tepung terigu - 20 gr susu bubuk - 1/2 sdt baking powder - 100 gr kenari, diblender tidak halus - 1 bks vanili Taburan : - 1 bungkus gula palem Cara membuat : Kocok asal rata mentega, margarin, gula halus, dan kuning telur. Masukkan kenari cincang, aduk rata. Tambahkan susu lalu campuran terigu dan baking powder sampai adonan dapat dipulung. Bisa juga tepungnya nggak usah turun semua. Setelah tepungnya turun separuh dan diaduk rata...bagi 2 adonan. Yang satu ditutup dulu. Yang satu ditambahkan tepung sampai dapat dipulung. Karena kalo turun semua tepungnya terkadang setelah beberapa saat kena udara adonan jadi mengeras. Ambil sedikit adonan, gulung memanjang setebal1 ruas jempol. Potong-potong sepanjang sekitar 3 cm. Agar sama semua ukurannya, lebih mudah mengukur dengan tusuk gigi yang sudah dipotong sedikit. Gulingkan di palem suiker. Tata di talam tanpa olesan margarin

Pisang Hijau

Image
Paling nikmat santap buka puasa dengan makan yang seger-seger. Salah satunya dengan menikmati pisang hijau ini. Ini adalah jajanan tradisional dari Makassar. Bisa disajikan dalam keadaan hangat seperti di gambar. Lebih seger juga disajikan dingin bersama serutan es, susu kental manis, dan sirup coco pandan...hmmm yummy...and lumayan mengenyangkan. Hari ini aku dimintai tolong bikin takzil tuk mesjid...50 biji....haaaah? But alhamdulillah semua selesai tepat waktu...smoga rasanya tidak mengecewakan...makluuuum yang bikin sedang berpuasa...hehe... Bahan : - 150 gr tepung terigu - 50 gr tepung beras - 400 ml santan - 100 ml air pandan (dari 5 lembar daun pandan yang diblender dengan 100 ml air) - 1/2 sdt garam - 1 sdm muncung gula pasir - 1 sdm margarin - 1 sisir pisang raja yang bagus matangnya (kukus) - 2 sdm santan kanil untuk mengoles - 2 tetes pewarna makanan berwarna hijau Saus (larutkan dan masak semua bahan sampai meletup-letup) : - 1200 ml santan dari 1 butir k

Choco Chip Peanut

Image
Bahan : - 150 gr margarin - 50 gr butter - 120 gr gula tepung - 1 kuning telur - 160 gr terigu - 100 gr kacang tanah kupas, sangrai dan blender jangan terlalu halus - 100 gr coklat chips Cara membuat : Kocok cepat margarin, butter, gula tepung dan kuning telur asal rata. Masukkan cincangan kacang. Aduk rata. Masukkan terigu aduk hingga rata. Terakhir masukkan 70% coklat chips. Bentuk adonan sebesar kelereng menggunakan 2 buah sendok kecil. Adonannya memang agak lembek sehingga lebih mudah menggunakan sendok. Tetapi adonan itu setelah dipanggang akan turun/pipih sendirinya. Beri jarak pada masing-masing agar ketika mengembang tidak menempel satu sama lain. Setelah siap dipanggang, tambahkan beberapa buah coklat chip di atas kue. Panggang dengan panas oven 150 C atau 300 F. Source : Resep domodifikasi dari Majalah 'Sedap Sekejap'

Nastar

Image
Nastar umumnya dibentuk bulat kecil. Tapi kalau mau tampilannya lebih cantik bisa dicetak menggunakan cetakan nastar/terlet kecil lalu atasnya dihias dengan keju parut....hmmm...berikut resepku... Bahan : - 50 gr margarin - 100 gram butter - 60 gr gula bubuk - 2 kuning telur - 1 putih telur - 25 gr susu bubuk full krim - 300 gr tepung terigu protein sedang - 150 gr keju permesan/cheddar Selai nenas: - 1 kg nanas, parut - 400 g gula pasir - 1/4 sdt garam - 1 batang kayu manis - 1/2 sdt agar bubuk Olesan : - 5 kuning telur - 1 sdm air - 1/2 sdt minyak sayur - 100 gr keju parut Cara membuat : Selai nenas : masak nanas dan kayu manis sampai kandungan airnya menyusut. Tambahkan gula pasir, garam dan masak dengan api kecil sampai airnya habis. setelah api akan dimatikan segera tambahkan agar bubuk. Aduk sampai kalis. Angkat, dinginkan. Kocok mentega, margarin, gula, dan telur asal rata. Masukkan keju parut, aduk rata. Masukkan terigu secara bertahap sampai tercampur r

Kastengel

Image
Bahan : - 150 gr butter - 150 gr margarin - 250 gr keju edam - 2 kuning telur - 25 gr tepung maizena - 25 gr susu bubuk full cream - 1/2 sdt garam - 450 - 475 gr terigu Olesan : - 4 kuning telur - 1 sdt air - 1/2 sdt minyak sayur - keju cheddar parut secukupnya Cara membuat : Kocok mentega, butter, garam halus, dan kuning telur asal rata. Masukkan parutan keju. Aduk sampai rata. Masukkan tepung secara bertahap (untuk menghindari adonan mengeras terkena udara, jangan masukkan dulu semua tepung, cukup asal sampai bisa dipulung dan sisa adonan ditutup dulu dengan cling wrap) Giling adonan dengan dialas 2 buah plastik sampai ketebalan sekitar 0,75 cm. Potong menggunakan dengan kastengel cutter. Oles kuning telur dan taburi keju parut. Letakkan di talam tanpa beroles margarin. Panggang dengan panas oven 150 C atau 300 F. Kalau sudah terlihat kuning bawahnya kuning tapi kejunya belum garing, pindahkan ke rak atas dan masukkan talam yang lain ke rak bawah aga

Salmon Panggang Madu

Image
Bahan : - 1 potong salmon fillet - 1/2 sdt garam - 1/2 sdt merica hitam - 2 sdm air jeruk nipis/lemon - 2 sdm madu - 1 sdm minyak zaitun Selada (aduk rata) : - baby selada (romaine, lettuce, rocket, dll) - tomat - 1 sdm air jeruk lemon - 2 sdm minyak zaitun - garam dan merica secukupnya Cara membuat : Beri salmon air jeruk nipis, bubuhi garam dan merica serta madu. Oles merata ke seluruh permukaan ikan. Diamkan sampai bumbu meresap. Panaskan minyak zaitun. Panggang di teflon atau pemanggang sampai kecoklatan. Balik. Panggang lagi. Angkat. Hidangkan panas-panas bersama baby selada, tomat dan mayonaise.

Tumis Udang Champignon

Image
Bahan : - 200 gr jamur champignon segar - 200 gr udang - 200 gr wortel - 200 gr jagung manis - 2 tangkai bawang daun - 3 bj bawang putih - 1 buah bawang bombay - 1/2 sdt merica bubuk - garam secukupnya - 1 sdm saos tiram - 1 sdt kecap asin - 1 sdt gula pasir - 100 ml air + 1 sdm maizena - 2 sdm minyak goreng untuk menumis Cara membuat : Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan bombay sampai harum. Masukkan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan wortel dan jamur champignon. Bumbui garam dan merica. Masak sampai wortel layu. Masukkan jagung manis dan daun bawang. Beri saos tiram, kecap asin dan gula pasir. Terakhir masukkan larutan air dan maizena. Aduk rata. Masak sampai mendidih. Matikan api. Hidangkan.

Semur Daging

Image
Bahan : - 1/2 kg daging has - 1/4 kg kentang (potong dadu besar) - 2 lmbr daun salam - 1 tangkai sereh, digeprek - 2 cm lengkuas, digeprek - 2 cm jahe, digeprek - 3 butir cengkeh - 4 sdm kecap (or sesuai selera) - gula merah secukupnya - 1 sdm air asam - tomat buah, dipotong-potong - 8 biji cabe rawit (kalau tdk suka pedes jangan dibuang tangkainya) - 600 ml air - garam secukupnya Bumbu halus : - 2 buah cabe merah besar - 7 siung bawang merah - 3 siung bawang putih - 1/2 sdt merica - 1/4 sdt pala Cara membuat : Siapkan wajan berisi 3 sdm minyak goreng. Tumis bumbu halus, jahe, lengkuas, sereh dan daun salam hingga wangi. Masukkan daging yang sudah diris pipih. Masak sampai berubah warna. Tambahkan garam. Tambahkan kecap manis, aduk rata. Masukkan air. Masak dengan api kecil sampai daging menjadi empuk. Tambahkan potongan kentang. Beri air asam dan gula merah. Turunkan cabe rawit dan tomat. Masak lagi sampai kentang matang. Kalau airnya menyusut boleh ditambah

Meat Lover Pizza

Image
Untuk bahan rotinya bisa dilihat di resep pizza tuna ya...kalo toppingnya, silahkan lihat di bawah: Bahan : - 250 gr daging cincang - 1 buah bawang bombay - 2 siung bawang putih - merica dan garam secukupnya - 2 sdm tomat pasta - 6 sdm saos tomat - 1 sdt oregano bubuk - 1/2 sdt basil - 1 buah paprika merah, potong kotak - 1 buah paprika hijau, potong kotak - jamur kancing secukupnya, potong-potong - 4 buah sosis sapi/ayam, potong-potong - 1 buah bawang bombay potong bulat untuk taburan - 100 ml air - 2 sdm minyak zaitun - 250 gr keju mozarella - 50 gr keju permesan/cheddar Cara membuat : Cincang bawang bombay menggunakan food processor. Panaskan minyak di wajan lalu tumis bawang putih dan bombay. Setelah wangi, masukkan daging cincang. Masak sampai berubah warna, lalu masukkan pasta tomat dan saos tomat. Bumbui garam dan merica. Masukkan sosis dan jamur kancing, tuangi air, masak sampai kental dan kuah agak mengering. Beri oregano dan basil, aduk rata. Matikan

Pizza Tuna

Image
Bahan roti : - 400 gr terigu protein tinggi - 100 gr terigu protein sedang - 60 gr gula pasir - 1 sdt garam - 50 ml minyak zaitun (kalau ngga ada bisa diganti minyak goreng) - 2 sdt ragi instant - 250 ml air hangat Bahan saos : - 3 sdm saos tomat - 2 sdm pasta tomat - mayonaise secukupnya - 1 sdt oregano bubuk - 1/2 sdt basil Bahan topping : - 1 kaleng tuna - 100 gr jagung manis kaleng - 100 gr nanas matang potong kotak - 100 gr jamur kancing kaleng - 100 gr bawang bombay - 100 gr paprika hijau, potong potong - 100 gr paprika merah, potong potong - 200 gr keju mozarella - 50 gr keju permesan - merica hitam tumbuk kasar secukupnya untuk taburan Cara membuat : Roti : campur semua bahan kering, aduk rata. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil dimixer. Tambahkan minyak, mixer lagi sampai kalis. Uleni dengan tangan hingga elastis. Diamkan 1/2 jam sampai mengembang. Setelah mengembang bagi 4 adonan, bulatkan. Giling, bentuk pipih bulat, letakkan di talam berole

Kue Lumpur Labu

Image
Bahan : - 500 gr gula pasir - 500 gr tepung terigu - 1 kg labu kuning (kukus, haluskan) - 100 gr margarine (lelehkan) - 5 kuning telur - 4 putih telur - 1 liter santan - 1/2 sdt garam - 1/2 sdt vanili bubuk Cara membuat : Kocok telur dan gula tidak perlu sampai naik. Masukkan garam dan vanili, aduk rata. Tuangi santan sambil terus diaduk. Masukkan labu dan tepung secara bertahap sambil diaduk rata. Siapkan cetakan kue lumpur, beri oles mentega. Tuang adonan sampai 3/4 penuh, panggang dengan api sedang. Tutup sampai setengah matang. Taburi kismis atau keju atau sesuai selera. Tutup lagi, panggang lagi sampai matang. Source : Fatmah Bahalwan NCC

Roti Unyil Sosis

Image
Bahan roti unyil ini sama dengan resep roti terdahulu . Tapi untuk roti unyil yang bentuknya mini beratnya hanya sekitar 20 gr untuk tiap buahnya maka aku gunakan bread improover agar kelembabannya bertahan lebih lama. Memanggangnya juga hanya membutuhkan waktu sekitar 5 - 10 menit dengan panas 200 C atau 400 F. Di bawah ini adalah cara aku membentuk kepang pada rotinya... Untuk isian aku menggunakan sosis ayam. Sebelumnya adonan roti dioles mayonaise yang dicampur sedikit susu kental manis dan saos tomat. Pastikan bahwa ujung kepang dirapatkan dengan sempurna agar kepang tidak terbongkar pada saat proses pemanggangan.

Kolak Pisang Labu Kuning

Image
Bahan: - 1/2 sisir pisang kepok yang tidak terlalu tua, potong menjadi beberapa bagian - 250 gram labu kuning, kupas potong-potong - 1 liter santan (dari satu butir kelapa) - 500 gr gula merah - 200 ml air - 2 lembar daun pandan - kolang kaling - 1/2 sdt garam Cara membuat: Rebus gula merah dan air hingga gula larut, saring. Masak pisang, labu, kolang kaling, gula merah, santan sambil diaduk terus (supaya santan tidak pecah) sampai mendidih. Biarkan beberapa saat sampai matang lalu matikan api. Sajikan hangat atau dingin.

Oseng Tempe Udang

Image

Muffin Kukus Coklat Keju

Image
Aslinya...nih muffin sih dipanggang...tapi dasar iseng...coba-coba aku kukus. Sebenarnya hasil yang kuharapkan sih gak begini modelnya. Kubayangkan model muffin yang merekah seperti bolu kukus...jadi pas merekah kelihatan cake coklat dibawah adonan kejunya....but....bisa ditebak, gagal abiiiis....hihihi tapi soal rasa....enaklaaaah, buktinya gak sampe 5 menit langsung abis sama kakak n bapaknya. Lah...jadinya cuma 4 biji yah langsung habislaah. Aku cuman memanfaatkan sisa creamcheese yang tinggal 50 gr (aku bikin separuh resep). Kayaknya kegagalannya karena adonan cheese yang terlalu tebal...soalnya dulu aku pernah bikin...sukses tuh. Tapi siapa tau....siapa tau aja ada yang mau cobain resep ini....berikut resepnya ya... Bahan I : - 100 gr cream cheese - 30 gr gula tepung - 1 butir telur, kocok lepas - 1 kuning telur - 1/8 sdt air jeruk lemon Bahan II : - 150 gr tepung terigu - 25 gr coklat bubuk - 1/2 sdt baking powder - 100 gr gula pasir halus - 1/4 sdt garam - 1 but

Koktail Buah

Image
Bahan : - 1 buah pepaya yang berukuran sedang - 1/2 sdt citrun - 1 sdm kapur sirih - 1/2 kg gula pasir - 1 buah melon (potong-potong) - 1 bks nata de coco pipih - 1 kaleng longan - 1 sdm biji selasih (rendam dalam air matang sampai mengembang) - 1 bks agar (boleh yang berwarna) masak bersama 100 gr gula - 1 bks jelly bubuk (rasa melon) masak bersama 100 gr gula - 1 kaleng minuman soda rasa lime Cara membuat : Kupas dan potong-potong pepaya berbentuk kubus atau pakai kerokan cocktail. Rendam dengan setengah liter air dan kapur sirih sampai mengeras. Cuci bersih. Rebus air sampai 1 liter air sampai mendidih dan tambahkan gula pasir, aduk sampai gula larut dan mendidih lagi. Masukkan pepaya, tunggu sampai mendidih. Matikan api segera. Beri 1/2 sdt citrun, aduk rata. Dinginkan Cara penyajian : Campur pepaya yang telah dingin dengan longan beserta airnya, melon, nata de coco, agar dan jeli yang sudah dipotong kubus. Masukkan selasih. aduk rata. Tuang minuman soda, aduk rata

Truffle Biskuit

Image
Ini dia nich snack imut favorit anak-anakku....aku dah gak ingat dapet dari mana ni resep soalnye jadul amat.... Bahan : - 1 bungkus besar biskuit marie - 3/4 kaleng susu kental manis - dark cooking chocolate and mint cooking chocolate secukupnya(tuk coating) - mises warna warni Cara membuat : Hancurkan biskuit sampai agak halus (pake food processor lebih bagus) Taruh dalam wadah dan tuang susu kental manis sambil diaduk rata. Bentuk bulat-bulat, taburkan mises atau celup dalam dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan. Corat coret pakai mint chocolate.

Cream Cheese Brownies

Image
Bahan : - 170 gr mentega tawar - 310 g dark cooking chocolate, cincang - 4 butuir telur ayam - 300 gr gula pasir - 100 gr gula palem - 1/2 sdt garam - 10 gr kopi instant - vanili bubuk Ayak jadi satu : - 200 gr tepung terigu protein sedang - 20 gr coklat bubuk Cheese Cake : - 400 gr cream cheese - 160 gr gula pasir - 2 btr telur - 400 ml krim kental - vanili bubuk - 1 sdt parutan kulit jeruk lemon - 1 sdm air jeruk lemon Cara membuat : Brownies : Siapkan loyang persegi empat ukuran 30 cm atau loyang 2 buah loyang brownies yang kecil. Alasi kertas roti. Semir dengan mentega. Tim mentega dan coklat leleh. Angkat. Kocok telur, gula, garam hingga gula larut. Tambahkan kopi dan vanili. Tambahkan coklat leleh, aduk rata. Tambahkan campuran tepung, aduk perlahan hingga tercampur rata. Tuang ke dalam loyang. Panggang dengan panas oven 180 C atau 350 F selama 25 menit hingga matang. Angkat, dinginkan. Cheesecake: Kocok creamcheese dan gula hingga lembut. Masukkan tel

Barongko

Image
Nah...barongko ini adalah makanan khas dari daerah Sulawesi Selatan. Kebetulan aku berasal dari sana, maka ini adalah salah satu makanan kesukaanku. Lembut, manis, gurih, apalagi kalau baru keluar dari kulkas.....hmmmm syeeegeeer....ini dia resep hasil modifikasiku (soalnya aslinya gak pake susu kental... ) Bahan : - 1 sisir pisang kepok yg matang sekali (ambil bag. putihnya saja, buang tengahnya) - 500 ml santan (dari 1 butir kelapa) - 4 butir telur - 1/4 kaleng susu kental manis - 1/2 sdt garam - 100 g gula pasir - daun pisang untuk membungkus Cara membuat : Blender pisang, santan dan telur sampai lembut. Tambahkan susu, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Ambil selembar daun pisang, tuang 3 sendok makan adonan, semat dengan lidi. Kukus sekitar 15 - 20 menit sampai matang. Untuk versi lebih mudah dan ringkes kita bisa memakai talam yang dialas daun pisang. Rasanya gak berubah kok. Seperti gambar di bawah ini... tinggal dipotong atau disendokin....