Posts

Showing posts from November, 2012

'Mangge Mada' Gulai jantung Pisang dari Bima

Image
Dalam rangka mengikuti challenge #7 IDFB yang kali ini bertemai gulai nusantara, aku ingin mengangkat kuliner dari daerah Bima. Indonesia memang kaya akan keanekaragaman kuliner, tapi sayang kurangnya blogger dari daerah terutama Indonesia Timur membuat kita pun awam akan beberapa makanan yang unik dari sana. Nah sayur mangga mada ini adalah sayur gulai jantung pisang. Berbeda dengan gulai dari daerah lain yang syarat dengan bumbu bumbu, sayur ini termasuk simpel baik bahan dan pembuatannya. Walau begitu citarasanya unik dan khas. Suka dengan perpaduan santan, kelapa sangrai, jeruk nipis dan belimbing. Segaar..

Steamed Moist Chocolate Cupcakes & a Sweet Suprise...

Image
Resep cupcake ini aslinya adalah dari resep steamed moist chocolate cake yang udah pernah aku bikin sebelumnya. Bikinnya selalu pake loyang bulat 20cm, tapi kali ini mau coba bikin versi cupcakenya. Ini juga dapat ide dari salah satu pembaca Hesti's Kitchen yang katanya suka dengan hasilnya yang dibikin cupcake. Pas jadi rasanya ya sama persis gak berubah tetap enak dan moist tapi bentuknya kok jadi seperti bolu kukus mekar yaaaa *garuk garuk kepala* Karena aku bikin buat nyemil anak anak, aku kasih sedikit semprotan ganache biar lebih menarik. Soalnya warnanya dan bentuknya hitam gitu aja dan nggak 'mengundang', hihi Di moment yang indah ini aku juga pingin berbagi kebahagiaan. 27 resep Hesti's Kitchen ikutan nampang di Majalah kuliner 'AROMA' Malaysia edisi Desember bersama dengan olahan bento foodie blogger berbakat Yunita Rahmasari atau lebih dikenal dengan Tata Bonita pemilik blog Bonita Cooking & Bento Wonderland . Mbak Tata

Yogurt Cheese Cake with Blueberry Topping

Image
Memang resep ini niy yang aku tunggu tunggu, soale dari kemaren pengen ngabisin creamcheese tapi bingung mau bikin apa karena cuman dikit. Eh pas bener Kak CT posting resep yogurt cheesecake ini di blognya. Cuman membutuhkan 125 gr creamcheese. Segera siapin bahan dan buat sebelum cream cheesenya jamuran...makasih Kak CT buat resepnya ya. Resep asli bisa dilihat di Ros Jintan Manis yang menggunakan cream cheese 100 gr. Hasilnya enaaaaak, ringan dan yang pasti cheesy lah. Modelnya kayak Japanese cotton cheesecake. Tapi emang aku lebih suka yang model gini dibandingkan cheesecake berat ala amerika or eropa yang super duper ngeju, hehe. Lidahnya nggak terlalu cocok ^^

Rica Rodo (Menado)

Image
Rica rodo adalah sayur khas dari daerah Menado. Bahan dasarnya adalah terong. Beda dengan olahan terong yang biasa dibalado atau dibakar, rica rodo ini termasuk sayur tumis. Rasanya segar karena banyak sayurannya. Bumbunya khas menado. Pengen tau lebih jelas resepnya?? Silahkan baca di Majalah online 'Rasa Indonesia' edisi 2/November . Silahkan didownload yaaaaa...

Apple & Cream Cheese Braid and Cinnamon Roll with Creamcheese Frosting

Image
Aku termasuk orang yang rajin sekali bikin roti. Hampir tiap minggu bikin buat bekal anak anak dan hubby. Tapi sudah berapa minggu ini off baking, lagi suka yang tradisional hehe ^^. Tapi kemarin aku sempatkan lagi bikin. Kangen juga rotikuuuuu...

Putu Cangkir vs Putu Ambon

Image
Sudah lama penasaran pengen bikin kue ini tapi selalu terkendala alat. Bahannya hanya ada di Makassar dan di toko khusus. Cetakan ini berbentuk bulat seperti setengah lingkaran yang ada corong kecilnya. Sedangkan kukusannya hanya mempunyai sedikit lubang dan ukurannya agak besar. Nanti setelah diisi tepung, bagian corongnya dimasukkan ke dalam lubang kukusan sehingga distribusi panasnya hanya ke lubang tersebut...makanya matangnya cepat.  Putu cangkir dan putu ambon adalah jajanan khas Sulawesi Selatan. Jarang dibuat sendiri di rumah. Hanya biasa dijajakan oleh penjual di pinggir jalan. Keduanya menggunakan bahan yang sama cuman beda di jenis gula dan cara membuatnya. Kalau putu cangkir bahannya tepung ketan putih yang disiram air gula merah/putih diberi isian kelapa+ sedikit garam lalu dikukus. Sedangkan putu ambon bahannya tepung ketan putih campur kelapa dan garam, diisikan gula merah lalu dikukus. Yang khas adalah adonannya tepungnya berbutir butir halus khas has

Kue Kering Melinjo

Image
Postingan ini sebenarnya dah lama kubuat tapi baru diposting sekarang. Ini kali pertamanya aku coba bikin kukis melinjo. Kalau dulu kebayang aneh rasanya karena ada pahit dari melinjo, ternyata aku salah besar. Rasanya enak, melinjonya nggak pahit justru menyumbang aroma khas. Wangi deh pokoknya. Yang tertarik resepnya silahkan lihat di Majalah Rasa Indonesia , tapi sebelumnya download dulu yaaaaaa...

Sayur Ganemo (Menado)

Image
Sayur ganemo adalah masakan khas dari daerah Menado. Walaupun tiap daerah di Sulawesi Utara memiliki resep dan cara pengolahan yang sedikit berbeda, tapi intinya sayur ganemo ini adalah sayur daun melinjo bersantan. Ganemo kan bahasa Menado dari daun melinjo. Sedangkan bahasa latinnya gnetum gnemon. Pengolahan sayur ini bervariasi, ada juga yang suka menambahkan ikan asin. Aku bikin mengikuti resep yang dikasih temanku Mbak Novi 'Gorakazenzero' . Terima kasih tuka Mbak Novi yang sudah memberikan resepnya, lengkap dengan tips dan trik biar  bikin sayurnya berhasil. Kebetulan beliau adalah orang Menado asli jadi resepnya terpercaya, hehe. Hasilnya sayurnya enaaaaak walaupun ada pahit pahit dari bunga pepaya tapi tipis saja. Sebelumnya bunga pepaya sudah dimasak bersama air dan garam tuk meminimalisir rasa pahitnya.

Kenus Mebase Bali

Image
Kenus Mebase Bali adalah salah satu olahan cumi khas Pulau Bali. Rasanya mirip gulai tapi minus santan. Kalau dulu biasanya cumi  aku tumis saja atau kadang dimasak hitam, kali ini ingin mencoba citarasa nuansa Bali yang eksotik. Masakan Bali kaya akan bumbu, itu sebabnya bukan hanya orang Indonesia yang suka, wisatawan mancanegarapun suka...lain kali pengen coba juga sate lilit. Bahan aku dah siapkan. Tinggal cari moodnya ^^

Pumpkin Bread with Cream Cheese Filling

Image
Tadi lihat postingan mbak Lindawati Kurniawan di IDFB langsung ngileerr. Pokoknya harus bikin hari ini. Sudah nggak tahan pengen nyobain, hihi. Alhamdulillah semua bahan ada. Sebenarnya labunya kemarin aku beli buat disayur...tapi entar aja yaaaa. Ada yang lebih menggoda...

Nasu Likku' (Bugis)

Image
Resep ini baru pertama kali aku praktekkan. Walaupun aslinya dari daerah Bugis, aku belum familiar karena kayaknya mamaku belum pernah bikin. Biasanya disajikan bersama burasa atau tumbu sejenis lontong bersantan dari Sulawesi. Paling sering muncul pada saat lebaran. Untuk burasanya insyaAllah lain kali aku posting resepnya ya. Kali ini aku sharing resep nasu likku'.  Yang khas dari masakan ini adalah penggunaan lengkuas yang lumayan banyak. Namanya saja nasu likku'. Nasu berarti masak sedangkan likku' berarti lengkuas. Lengkuasnya bisa diparut maupun diblender untuk menghasilkan serat serat halus. Selain lengkuas digunakan pula kelapa parut sangrai. Ini ditujukan untuk menambah kekentalan dan wangi khas pada masakan. Syaratnya sangrai kelapa sendiri jangan beli kelapa kering tuk kue ya? Bumbunya minimalis tapi tetap kaya rasa. Versiku aku bikin yang agak kering. Seperti rendang masakan inipun bisa dibikin full kuah maupun kering. Sama sama enak kok. Kalau penasaran yu

Coto Makassar

Image
   Dulu dah pernah bikin coto sekali. Karena percobaan perdana aku bikinnya sedikit. Lhaaa belum sempat difoto udah ludes duluan. Artinya....?? enaaaaak dong, hihi. Bikin coto butuh perjuangan, makanya harus siap mental dan waktu yang banyak buat nyelesaiin masaknya. Nah sekarang baru sempat bikinnya, hehe. Mbak Ayin , resep ini kupersembahkan untukmu...walaupun fotonya kurang meyakinkan, tapi yakinlah rasanya lebih enak dari tampangnya *lebaaaaaaayyy*

Ka'do Bo'dong

Image
Ka'do Bo'dong adalah jajanan khas dari daerah Sulawesi Selatan. Semacam kue dadar dari ketan. Rasanya khas legit ketan dan manis dari isian kelapanya. Hubby dan anak anak suka sekali, tapi sayangnya jarang yang menjual. Makanya aku mencoba tuk bikin sendiri. Tapi kue ini betul betul bikin penasaran. Bayangkan...sudah tiga kali bikin gagal terus. Sebenarnya sudah hampir menyerah. Tapi tak disangka-sangka bala bantuan datang, hihi. Aku diperkenalkan dengan adiknya teman yang pintar bikin kue ini namanya Rahmi dari Bone. Sehari hari memang Rahmi jualan kue. Nggak heran jadinya. Segera aku konsultasi, walaupun hanya lewat telepon. Semua pertanyaanku dijawab dengan jelas. Aku jadi tau selama ini aku salahnya di mana. Aku selalu pake ayakan biasa yang notabene terlalu halus. Jadinya adonan susah keluar dan kalaupun keluar lama baru bisa menutupi permukaan teflon. Adonan yang sudah turun duluan keburu mengering sementara aku belum selesai mengayak.

2LC : Stir Fry Mushroom with Seafoods (Oseng Jamur dan Seafood)

Image
  Jenis jamur ini jarang ada di pasar. Biasanya kalau musim saja. Sekarang kan musim hujan tuh, cuaca yang sangat disukai jamur karena lembab. Kalau penjual di pasar menyebutnya jamur kayu karena memang tumbuhnya di pohon bukan di tanah. Segera kubeli, rencananya mau dioseng aja sama udang dan cumi. Simpel dan enaaaak. Hanif aja yang gak suka jamur sampe makan banyak, katanya rasanya kayak ayam hihi ^^ Dibanding jamur lain jamur ini lebih tipis namum kalau dimakan masih ada sensasi kenyal kenyalnya. Aromanya setelah dimasak jadi wangi kayak ada parfumnya. Lucu yaaaa... Entry ini aku setorkan untuk monthly challenge 'Two Little Chefettes' yang bulan ini bertema mushroom. Thanks to duo host Mbak Ridha and Mbak Bebe yang menyelenggarakan challenge ini.

Milo & Oreo Pudding

Image
Awalnya sih agak ragu bikinnya, karena lihat reviewnya Mbak Alice . Katanya yang suka cuman anak anaknya. Tapi karena emang ini aku mau bikinkan anak anak ya nggak papalah kalaupun nanti aku gak begitu suka sama rasanya. Sesaat setelah mengeras aku coba potong mau tau rasanya. Agak aneh teksturnya karena pudingnya lembut dan oreonya masih keras. Manis pudingnya nggak terasa karena filling oreo yang lebih manis. Tapi setelah diinapkan semalaman, tekstur oreonya mulai jadi lunak dan rasanya lebih seger. Kebetulan aku pake oreo filling strawberry. Lumayan rasanya, memang bukan puding favorit, tapi tetap aja habis sama aku, kakak dan hubby, cuman Hanif yang nggak sentuh sama sekali. Dingin dingin syegeeer...! Makasih ya mbak Alice resepnya. Yang mau lihat silahkan lihat di sini .

Japanese Choux with Coffee Cream Filling

Image
Udah lumayan lama gak buat sus jepang Pak Sahak . Kali ini aku mau menambahkan coffee flavor ke dalam krim maupun toppingnya. Kita lihat bagaimana hasilnya...

Blueberrry Cheese Tart

Image