Posts

Showing posts from September, 2012

KBB # 31 : Who Ate The Pies...

Image
Semakin ke sini semakin seru nih tantangan Klub Berani Baking . Apalagi kali ini ultahnya KBB yang ke 6 tahun. Alhamdulillah sampai hari ini aku belum pernah alpa mengerjakan tantangan. Tuk KBB, Happy 6th anniversary ya...semoga tetep semangat !! hostnya semangat cari resep yang canggih dan anggotanya tambah rajin ngerjain tantangan ^^ Tantangan Klub Berani Baking bulan ini adalah...."Beef and Guinness Mushroom Pie". . Berhubung tidak mengkonsumsi alkohol aku skip aja guinnessnya. Ternyata rasanya tetap mantap. Diluar ekspektasiku sih. Aku membayangkan masakan daging yang kayak semur kental diisikan ke dalam pie. Hmmm, meragukan kayaknya. Tapi setelah kuah berkurang dan mengental udah mulai dapat rasanya dan teksturnya. Dimasukkan ke dalam lapisan pie dan pastry tambah ajib ternyata. Hasil akhir...tidak mengecewakan! malah lekkeeerrr...

Muesli Muffin

Image
Sekali-kali bikin camilan sehat, nggak papa kali ya. Hihi...bukannya gak papa malah harus kaliiii ^^. Persediaan mueslinya hubby lumayan banyak, kuambil aja dikit buat bikin muffin ini. Bisa buat bekal hubby juga. Resep aku lihat di 'Cuisine Paradise' . Hasilnya secara keseluruhan enak ya untuk camilan sehat. Teksturnya beremah karena banyak muesli dan kismisnya, juga karena menggunakan baking soda/powder tentu saja. Nggak nyangka hasilnya lumayan enak. Adek aja sampe makan langsung habis dua. Resepnya sama persis cuman punyaku pake gula palem jadi warnanya agak kecoklatan. Wangi juga karena menggunakan kayu manis...

IDFB Challenge #6 : Festive Rice

Image
Posting ini aku buat dalam rangka mengikuti IDFB (Indonesian Food Blogger) challenge #6 . Karena bertepatan dengan ulang tahun pertama IDFB, temanya kali ini seru. Festive Rice. Aku mengangkat menu "Kaddo' Minynyak" khas Sulawesi Selatan.

Sus Tiger

Image
Sus tiger. Atau sus dengan topping sable...topping yang cruchy seperti pasir. Dulu udah pernah bikin yang mirip mirip ini. Sus Jepang resep Pak Sahak. Kalau dibandingkan rasanya aku lebih suka punya Pak Sahak karena lebih ringan rasanya. Tapi kalo tekstur crunchynya lebih renyah yang ini karena lebih tebal. Adonannya memang beda. Kalau yang ini seperti adonan kukis aja.Walaupun dingin tetap kokoh.

Remis Saus Padang

Image
Beberapa waktu yang lalu sempat ngiler pas Mbak pepy Indo Eats posting resep kerang di IDFB. Pengen bikin juga, tapi di sini nggak ada kerang macam itu. Adanya remis/lokan yang udah nggak ada cangkangnya. Eh...tau tau kok kemarin pas ke pasar tiba tiba ada penjual yang menawarkan lokan ini. Kalo di sini namanya 'joi...masih ada cangkangnya lagi segera aku beli .

Gulai Lempah Kuning

Image
Hmmmm...bingung, kemaren beli nanas Bogor ukurannya jumbo. Dimakan begitu aja nggak habis padahal enak dan manis. Jadi sisanya aku taruh di kulkas. Hari ini browsing cari resep masakan yang menggunakan nanas ketemu "Kuliner Bangkaqu" resep gulai lempah kuning asal daerah Bangka tentunya. Di internet banyak sekali variasi resepnya, karena aku bukan orang Bangka jadi nggak tau mana yang otentik. Ada yang pake santan ada juga yang nggak. Ada yang pakai terasi ada juga yang nggak. Ada yang bumbunya ditumis dulu ada juga yang langsung dicampur bersama kuah dan ikan. Jadi kalau seumpama resep yang aku ambil ini bukan yang otentik...mohon maaf ya teman teman. Memang kadang kadang mencoba resep yang bukan khas daerah sendiri itu beresiko. Maksudnya bisa saja aku salah resep, atau resepnya udah hasil modifikasi sana sini jadi nggak asli lagi. Tapi...selama rasanya enak, menurutku nggak ada salahnya dicoba kan.

Banana Bread in a Cup...

Image
Sudah hampir seminggu ini sinyal di rumah lemot sekali. Untuk buka blog saja susah. Harus reload terus dan kalopun bisa terbuka sebentar saja...kemudian hilang lagi. Jadinya aku nggak bisa balas komen yang masuk. Loadingnya lamaaaaa sekali. Jadi buat teman teman yang sudah kasih komen dan menunggu balasan dari pertanyaannya, mohon maaf belum bisa hari ini ya. Semoga bisa dimaklumi. InsyaAllah secepatnya kalau sinyalnya sudah bagus lagi.

Tako Nangka

Image
Kue tako adalah salah satu kue tradisional Malaysia. Aslinya tidak menggunakan nangka, ini adalah kreatifitas Kak Ita "Masam Manis " yang justru bikin aku tertarik juga tuk membuatnya.Terima kasih tuk Kak Ita yang sudah berbagi resep ini.  Izin share ya kak... .  Kalau aslinya  Kak Ita menggunakan hunkwe kuning tuk lapisan bawah, aku menggunakan hunkwe putih dengan tambahan air pandan jadi warnanya hijau. Di sini belum pernah lihat hunkwe kuning sih, lagian kalo dikasih pandan tentunya lebih wangi kan. Rasanya mirip mirip dengan kue cantik manis. Hmmm...aku jadi dapat inspirasi, gimana kalo kue cantik manis ditaruh dalam wadak kotak pandan ini ya. Pasti lebih cantik. InsyaAllah lain kali dicoba...

Pisang Co'e Ternate

Image
Apang Co'e sudah pernah bikin... temo co'e juga sudah. Sekarang gilirang pisang co'e. Aku suka hampir semua kue tradisional. Apalagi yang berbahan dasar pisang. Nah ternyata pisang co'e ini rasanya mirip nagasari. Tapi lebih gurih dan manis karena menggunakan pisang raja dan penyebaran pisangnya yang merata pada adonan. Penggunaan kenari membuat teksturnya renyah di setiap gigitan. Padahal kenari termasuk jenis kacang yang lunak jika dibandingkan kacang tanah, mede atau almond. Tapi walaupun ditambahkan ke dalam adonan yang basah, teksturnya tetap renyah tidak seperti kacang lain yang melempem kalau kena cairan. Enak dan unik rasanya. 

Pangsit Mie Ungu dari Buah Bit...

Image
Kemaren...pas cuti ke Malang aku ketemu mie aneka rasa. Salah satunya adalah mie buah bit ini. Karena dari buah bit tentu saja warnanya ungu ya. Tapi karena udah bercampur dengan tepung ungunya gak terlalu gelap jadi agak agak nge'pink' aja. Tentu saja kubeli dengan niatan mau diolah jadi mie pangsit kalau tiba di rumah. Hari ini aku udah niat bikin pangsit ungu. Dulu, aku sudah pernah bikin pangsit mie hijau dari air sawi. Waktu itu ayamnya aku cincang dulu dan ditumis bersama jamur kancing. Nah kali ini aku mau bikin versinya Pak De'...bapak penjual yang sudah terkenal mie pangsitnya seantero Sorowako...halaaaahhh bahasanya. Nggak tau namanya siapa, orang semua manggilnya Pak De'. Nah tumisan ayamya Pak De' ini teksturnya kayak ayam suwir kasar. Ada bagian bagian yang besar potongannya ada pula yang kecil. Malahan kadang kadang ada sedikit serpihan tulangnya keikut. Aku berasumsi, mungkin beliau menggunakan potongan potongan ayam yang kemudian dimasak l

Oseng Tahu Jamur

Image
Resep ini sebenarnya simpel sekali. Biasanya kalo aku bikin gak pake jamur. Nah pas kemarin lihat Mbak Carolina Maya posting di IDFB ...kok kayaknya enak bener pake jamur kuping *sambil membayangkan tekstur jamur kuping yang kenyil kenyil ^^. Tapi berhubung di rumah adanya cuman jamur shitake kering...aku pake itu saja. Hasilnya tetep enak. Lebih enak menurutku. Hubby doyan sekali...makannya sampai tambah tambah. Senangnyaaa... Bahan : - 4 buah tahu putih, potong kotak lalu goreng - 6 buah jamur shitake kering, rendam lalu potong potong - 200 gr udang kupas - 6 butir bawang merah, iris tipis - 3 siung bawang putih, geprek cincang halus - 10 biji cabe rawit - 1 ruas lengkuas, iris iris - 2 lembar daun salam - daun bawang kucai, potong potong - 3 sdm kecap manis - 1 sdm saus tiram - garam secukupnya - merica secukupnya - gula pasir secukupnya - air secukupnya  - 3 sdm minyak  untuk menumis Cara membuat : Panaskan minyak di wajan. Tumis irisan bawang merah, bawa

Cake Labu

Image
Sudah 2 hari ini bikin cake dengan tambahan buah. Kemarin pisang, hari ini labu. Hmmm besok apa lagi yaaa?? tapi memang enak sih...karena selain menyumbang aroma yang khas, teksturnya juga jadi lembut. Sebagai bekal sekolah juga lumayan mengenyangkan. Secara anak anak sekarang udah pulang jam setengah tiga sore kecuali hari Jumat. Istirahatnya tiga kali. Mereka maunya bekalnya juga tiga macam. Snack tuk istirahat pertama dan ketiga dan nasi untuk istirahat kedua. Huaaaaahhh...harus kreatif niy ibunya biar anaknya gak bosan. Nah biasanya kalau untuk bekal istirahat pertama dan ketiga aku kasih cake, kukis atau snack ringan lainnya. Nah untuk bekal hari ini aku bikin cake labu. Kebetulan di freezer masih ada stok labu kukus halus. Cuman karena dari freezer dan labunya emang lembek jadi agak berair. Aku saring airnya...yang dipakai labunya saja. Mungkin lain kali pake labu yang dipanggang aja biar kandungan airnya gak banyak. Aslinya resep ini dari cake tape, tapi kalo tapenya d

Rich and Moist Chocolate Banana Bread

Image
Mmmmmm...cake pisang ini enak beneeeer, apalagi dimakan ketika masih hangat. Cokelat chipnya meleleh leleh...teksturnya lembut dan moist. Warnanya memang tidak terlalu cokelat karena hanya menggunakan sedikit cokelat bubuk, tapi rasa cokelatnya didapat dari pemakaian chocolate chips yang lumayan banyak. Pokoknya cocok bagi pecinta cokelat...or banana lover ^^ Resep aku dapat hasil browsing di Savory Sweet Life . Dari komen yang kubaca, semua yang mencoba resep bilang ini adalah banana bread yang terenak. Perpaduan antara banana bread klasik dengan cake pisang. Resep aslinya menggunakan sedikit tepung terigu sehingga kuenya agak flat setelah keluar dari oven. Jadi aku tambahkan sedikit terigu untuk menghasilkan kue yang lebih kokoh dan mengembang indah. Malah sampai mekar lagi, ada cracknya...cantik menurutku. Hasil akhirnya pun tetap lembut karena aku menggunakan banyak pisang. Resep asli silahkan lihat di sini ya. Berikut hasil modifikasiku : Bahan :  - 100

Roti Vla with Fruit Cocktail

Image
Akhirnya  nggak tahan juga kalo nggak ngeblog lama lama. Tentang pencurian content blog aku udah lumayan lega...satu persatu postinganku yang dipasang di blog Embun Pagi itu mulai dihapus oleh Blogger Team menyusul laporanku beberapa hari yang lalu. Alhamdulillah ada progress...dan semoga semuanya bisa cepat tuntas. Karena hubby masih puasa syawal hari ini aku bikin roti manis. Separuhnyanya bikin cinnamon roll, separuhnya lagi mau kuisi yang seger seger tuk berbuka. Sengaja aku pakai fruit cocktail karena rasanya manis dan ada asem asemnya dikit. Yaaaah mirip mirip fruit pie lah... Alhamdulillah hubby berbuka roti ini dengan lahap. Enaaaaak katanya. Hubby bilang..."Kayaknya kamu jarang bikin roti ini bu." Lha memang jarang. Mungkin baru sekali dulu dah lama tapi dengan model yang berbeda. Nah kali ini biar cantik...rotinya aku bentuk bunga dan taruh di cup kertas. Supaya tengahnya dalam dan ada space tuk vla dan buahnya...aku letakkan cetakan muff

Awards...

Image
Sudah beberapa hari ini aku kurang bersemangat. Rasanya capek lahir dan batin. Beberapa hari yang lalu tanpa sengaja ketika mencari resep di google aku ketemu foto kueku tapi dengan URL yang berbeda. Setelah aku lacak ternyata blog ini... "Embun Pagi" sudah lama mengambil foto berikut content dari blogku. Hampir semua resepku. Semenjak pertama kali aku buka blog di tahun 2010. Dan memang diatur sedemikian rupa di blognya sehingga postingan resep kue tidak terlihat. Tertimbun diantara ratusan postingan lainnya. Nama pemilik blogpun tidak dicantumkan. Tapi hebat...bisa ngeposting sampai 500an post dalam sebulan. Aku jadi ragu kalau yang lain itu juga adalah postingan aslinya. Yang paling bikin gemes, di halaman atasnya tertulis sebuah iklan 'Gratis sampai kapanpun...raih pasif income...' lhaaaa emaaaaang enak ya kalau tinggal comot punya orang dan dapat uang dari pasang iklannya. Aku ninggalin komen peringatan. Besok besoknya aku cek iklan ini udah hilang ^^ Maaf