Posts

Showing posts from April, 2011

Sambel Goreng Tempe Teri Duo'

Image
Dapat oleh oleh dari teman yang baru pulang dari Palu (Sulawesi Tengah). Kalo di sana namya ikan Duo . Mirip teri tapi ada loreng-lorengnya. Rasanya lebih gurih dan asin. Bentuknya juga kayak teri nasi...nggak pipih seperti ikan teri biasa. Nah...cocoknya dibikin sambel goreng neh...cuman supaya nggak terlalu asin dicuci dan direndam dulu dalam air beberapa saat. Bahan : - 200 ikan teri duo (goreng) - 300 gr tempe, potong kecil-kecil, goreng kering - 2 iris lengkuas - kecap secukupnya - 2 sdt gula merah sisir - 1 sdt air asam - 5 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu Bumbu halus : - 3 buah cabe merah - 5 buah bawang merah - 2 siung bawang putih - garam secukupnya Cara membuat : Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu halus dan lengkuas sampe wangi. Masukkan tempe terlebih dahulu agar bumbu meresap, karena ikan terinya sudah asin. Aduk rata. Tambahkan kecap dan dan air asam. Aduk rata. Masukkan ikan teri. Aduk rata lagi. Masukkan gula merah sisir, aduk samp

Ayam Goreng Asam Manis

Image
Masih ada sisa ayam goreng tepung yang aku goreng semalam. Anak-anak udah nggak berselera kalo ayamnya udah nggak crispy lagi. Mau digoreng lagi...iiih menyerap minyak. Jadi aku putuskan tuk dibikinin saos asam manis aja. Jadi...ayam goreng tepungnya dipotong-potong, lalu dimasak bersama tumisan saos asam manis...jadi lagi satu lauk pagi ini....hmmm yum... Bahan : - ayam goreng tepung, potong-potong - saos asam manis Saos asam manis : - 1 siung bawang putih - 1/2 buah bawang bombay - 1/4 buah paprika merah - 1/4 buah paprika hijau - 3 sdm saos tomat - 1 sdt saos cabe - 1/2 sdt gula pasir - garam secukupnya - merica secukupnya - air secukupnya - 1 sdm maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air - 2 sdm minyak untuk menumis Cara membuat : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi. Masukkan saos tomat dan saos lombok. Tambahkan air secukupnya. Masak hingga mendidih. Bubuhi garam, sedikit merica dan gula pasir. Turukan larutan maiz

Cake Sirup Jeruk

Image
I ni kue kesukaanku waktu kecil. Rasanya seger tapi tidak kecut walaupun memakai sirup jeruk lumayan banyak. Kalo versi sekarang banyak yang menggunakan sari jeruk bubuk...tapi I personally like this better. Kalo dipikir-pikir resep kue ini agak aneh. Dia tetap fluffy walaupun ada cairan di adonannya dan gak pake emulsifier dan baking powder. Yang penting bahan-bahan yang dipakai seger dan tidak dari kulkas. Mixernya juga harus berfungsi dengan baik...karena mixer yang sudah lemot tidak akan menghasilkan adonan yang kental. Cake di atas aku bikin setengah resep dari resep di bawah ini. Tekstur cake ini lembut, ringan dan springy kalo ditekan. Bahan : - 6 butir telur - 200 gr terigu protein sedang - 3 sdm margarine, lelehkan - 1/2 gelas sirup orange (aku pake ABC orange ) sekitar 75 ml - 1/2 sdtnanili bubuk (aku pake merk Arrow ) - 225 gr gula pasir - 2 sdm susu kental manis Cara membuat : Kocok telur, gula pasir, dan vanily sampai mengembang (kalo Bosch pake

Roti Daging

Image
Hari ini benar-benar melelahkan....cuapek...pek...pek. Aku dari jam 9 mulai start bikin roti. Lhaaa jam 2 baru kelar. Padahal cuma setengah kg. Gimana enggak...waktu jam 9 mulai bikin...tuang-tuang semua bahan...soale aku dah hapal diluar kepala. Udah dimixer sekitar 10 menit. Udah kalis adonannya. Tapi kok ada yang aneh ya...kok baunya gak seperti biasanya. Kayak bau kulit pie. Ah...semoga gak papa deh. Aku fermentasikan sejam. Seharusnya 1/2 jam udah membumbung tinggi dia...lha ini kok gak ada perubahan. Tambah ndut dikit aja. Aku mulai menghafal bahan-bahan yang kumasukkan tadi....waaaaaaaak ternyata raginya kelupaan. Gawat...gawat...gawat... Cepat-cepat aku ambil 1 sachet ragi...aku beri sedikit air hangat lalu aku tuang lagi di adonan tadi. Aku tambah tepung dikit. Mulai lagi mixernya mengulen. Harap-harap cemas...semoga adonanku gak perlu dibuang. Setelah fermentasi lagi...*tiap 10 menit di cek...hihihi* ada tanda-tanda kehidupan di sana. Alhamdulillaaaahhhh....setelah kur

Mini Blueberry Cheese Pie

Image
Lagi-lagi cheese pie... . Habisnya sukaaaaa sih. But kali ini versi mini-mininya aja ya. Biar imut...hihi Sebenarnya aku buat yang besar juga, tapi tuk buah tangan teman yang baru melahirkan. Berhubung cheese pie ini udah pernah aku bikin sebelumnya...jadi resepnya silahkan klik di sini ya. Cuman yang dulu itu toppingnya pake selai blueberry aja. Sekarang pake blueberry pie filling kayak gambar di bawah. Lebih enak dan gak terlalu manis.

Blueberry Brownies Cup

Image
Brownies ini rasanya enak sekali. Selain nyoklat...juga ada asem segeeer dari selai blueberrynya. Bikin satu resep jadinya 11 biji. Baru dikeluarkan dari oven...tinggal 3 biji...pada doyan nih ceritanya... Bahan : - 100 gram margarine (aku 50 gr margarine, 50 gr butter) - 200 gr dark cooking chocolate, cincang - 2 butir telur - 85 gr gula pasir - 50 gr tepung protein sedang - 20 gr coklat bubuk - 1/4 sdt baking powder - almond slice - selai blueberry untuk isian Cara membuat : Panaskan margarin/butter. Matikan api. Tambahkan potonngan dark chocolate. Aduk sampai coklat larut. Biarkan mengental. Kocok telur dan gula pasir 2 menit sampai rata dengan kecepatan rendah. MAsukkan campuran coklat sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan. Tambahkan tepung terigu, coklst bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tuang adonan hingga memenuhi setengah cetakan muffin pendek lebar yang sudah dialas cup kertas. Isikan selai blueberry, tutup lagi dengan sisa adonan. Jangan

Bolu Kukus Fruitmix

Image
Masih terserang demam bolkus nih aku. Penasaran...di kepalaku berseliweran ide-ide baru...kali ini pingin coba bolkus dengan taburan fruitmix. Aku membayangkan warna ceria dari campuran ceri merah, hijau dan kismis. Resepnya sih tetep masih pake resep Mbak Heryanti Saleh...makasiih ya mbak sudah menginspirasi daku... cuman dimodifikasi dikit. Hasilnya seger...ada kecut-kecut dari sirup markisa. Tapi lain kali aku harus kurangin dikit sirupnya. Memang sirup yang aku pake asli...masih ada bulir-bulir markisanya. Lebih kental pokoe. Mentang-mentang yang dulu pake sirup jeruk rasanya enak, semua sirup mau dicobain...padahal hasilnya belum tentu sama. Hihihi...maksa.com. Well...maybe next time cobain pake susu or santan, if I still have the mood... Bahan : - 2 butir telur - 130 gr gula pasir - 1 sdt emulsifier (aku pake TBM) - 200 gr terigu protein sedang - 100 ml minuman bersoda rasa lime (mis: sprite ) - 100 ml sirup markisa - 100 gr fruitmix Cara membuat : Mix telu

Buttermilk Fluffy Pancake

Image
Pancake ini hasil searching di blognya Martha Stewart . Memang nggak salah...hasilnya betul betul ringan...kayaknya bakalan jadi resep pancake andalan. Menurut Martha kunci pembuatan pancake agar adonannya mengembang ringan adalah jangan di overmix alias dikocok sampai licin. Cukup diaduk rata menggunakan whisk. Selain itu mungkin penggunaan buttermilk di dalamnya yang membuat teksturnya jadi lembut. Walaupun buttermilknya bikin sendiri...kayaknya gak jauh beda kok dengan aslinya. Aku bikin setengah resep aja hasilnya udah banyak. Cukuplah untuk disajikan sarapan 1 keluarga...(cuman 4 orang bo'...^^) Lihat deh teksturnya...hmmmm super lembut. Tuk anak-anak aku bikinkan dengan tambahan chocochips. Disantap dengan es krim vanilla n' coklat...bersiiih tak bersisa... Resep di bawah adalah separuh dari resep asli dan sudah kumodifikasi. Bahan : - 1 cup terigu protein sedang - 1 sdt baking powder - 1/2 sdt baking soda - 1/4 sdt garam halus - 1 1/2 sdm gula pasir

Penne Saus Bolognese

Image
Siang ini aku bikin pasta tuk keluarga. Untuk sandingan pasta anak-anakku lebih suka saus bolognese. Udah pernah coba saus alfredo...tetep dimakan sih tapi gak begitu doyan. Tapi kali ini ke dalam saus bolognesenya aku tambahkan sosis vegie...lumayan unik rasanya...ada jejak-jejak rasa seledrinya. Bahan saos bolognese : - 1/2 bungkus pasta penne - 2 sdm minyak zaitun - 2 siung bawang putih - 1 buah bawang bombay - 250 gr daging cincang - 2 sdm tomat pasta - 3-5 sdm saos tomat - 2 tomat buah, rebus kupas kulitnya, cincang - air + susu cair secukupnya - garam secukupnya - merica secukupnya - oregano secukupnya - 3 buah sosis vegie (aku pake merk Fronte ) - keju permesan tuk taburan Cara membuat : Saos daging : panaskan minyak di dalam wajan, tambahkan bawang putih, bawang bombay, tumis sampai wangi. Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna. Masukkan tomat cincang, saos tomat dan pasta tomat, tambahkan air+susu cair. Beri garam, merica, dan oregano. Masak

Es Lolli Nangka

Image
Kebetulan ada nangka di kulkas. Karena anak-anak doyan nangka dan doyan es...aku bikin aja es nangka atau es lolli nangka. Simpel...and enaaaak syegeeer... Berhubung cetakan lollinya kurang...aku simpan aja sisanya di cetakan jelli. Ditambah dengan tusuk gigi tuk pegangannya. Resepnya pake kira-kira aja ya...untuk rasa dicicip sendiri kurang apa... Bahan : - 1000 ml santan encer - 3 sdm susu kental manis - 10 mata nangka, potong kecil-kecil - 1/2 sdt garam - gula pasir secukupnya (sesuai derajat kemanisan) - 1 sdm peres maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air Cara membuat : Masak semua bahan sambil terus diaduk samapai mendidih. Hilangkan uap panasnya dan biarkan dingin. Tuang di cetakan es lolli. Bekukan. Ini gaya kakak lagi menikmati....^^

Lapis Custard Karamel

Image
Resep puding ini udah lama aku catat. Sekitar tahun 15 tahun yang lalu. Seingatku dari tabloid...tapi tabloidnya apa...aku dah nggak ingat. Tuk dessert...memang enak beneeer. Apalagi pecinta karamel. Lembut dari kue lapisnya ditambah wangi karamel...yummiii...^^. Hasil jadinya 1 pinggan bulat ukuran sedang dan 3 pinggan kecil-kecil seperti di gambar. Bahan : - 6 butir telur - 1 1/2 gelas tinggi gula pasir - 1/2 gelas gula pasir (untuk karamel) - 3 sdm munjung tepung custard (aku pake Hercules ) - 3 sdm susu bubuk full cream - 2 sdm coklat bubuk - 2 gelas tinggi santan kental - 1/2 sdt vanila bubuk Cara membuat : Panaskan 1/2 gelas gula pasir dengan api sedang sampai menjadi karamel. Tuang ke pinggan tahan panas. Sisihkan. Panaskan kukusan. Kocok lepas telur , gula pasir dan vanila menggunakan whisk. Kocok asal gula larut, jangan sampe mengembang. Masukkan santan kental, custard dan susu. Aduk menggunakan whisk sampai rata. Saring. Bagi 2 adonan. Satu bagian dib

Udang Goreng Tepung

Image
Ini dia udang goreng tepung kriuk-kriuk...gurih dan renyah,...kalo masih panas. Jadi emang cucoknya dimakan hangat-hangat. Kalo anak-anakku doyan dimakan gitu aja kayak bakwan sambil dicocol saos. Ukuran resepnya kira-kira aja sesuai banyak udangnya. Bahan : - udang ukuran kecil/sedang (buang kepala) - sedikit tepung terigu/tepung beras - bawang merah (dipotong tipis) Bumbu halus : - bawang merah - bawang putih - kunyit bubuk sedikit - merica - garam - gula dikit Cara membuat : Campur udang yang sudah dicuci dan ditiriskan dengan bumbu halus dan bawang merah iris. Tambahkan tepung beberapa sendok saja hanya untuk pengikat. Jangan kebanyakan, nanti jadinya bakwan. Sendokkan agak pipih ke dalam minyak dengan panas sedang. Goreng sampai kecoklatan.

Bolu Kukus Cokelat

Image
Setelah mencoba bolu kukus rasa jeruk poppyseed kemarin...aku masih penasaran pingin bikin yang lain lagi. Kali ini aku tertarik dengan resepnya mbak Prehati . Izin nyontek resepnya ya mbak... . Kayaknya resepnya agak beda tuh...agak banyakan tepungnya. Sebenarnya aku was-was...takut gak mekrok. Soalnya coklat bubuk kan agak berat tuh...sedangkan di resepnya makenya lumayan banyak. Alhamdulillah setelah berharap-harap cemas...ternyata hasilnya mekrok semua. Malahan sampe terbelah 5 kayak bunga. Cantik...langsing singset...kayak yang bikin (: huuuu maunya... Supaya lebih cantik aku hias dengan ikat pinggang...walaaah walaaah....^^ Tekstur bolkus ini beda dengan yang sebelumya. Istilah kata kalo cupcake dibandingkan dengan muffin...beginilah tekstur bolkus cokelat ini. Agak padet. Cocok buat sarapan. Suamiku suka...memang dia sukanya apapun yang berbau cokelat... Resep di bawah ini hasil modifikasiku...(maaf ya mbak Prehati...resepnya diobrak abrik...) Bahan : - 2 buah telur

Kroket Kentang isi Daging

Image
Udah beberapa kali aku bikin kroket. Kadang berhasil kadang juga nggak terlalu. Yang nggak terlalu sukses itu kalo kulitnya meletus or pecah. Soalnya aku kalo bikin kroket senengnya pake kentang kukus bukan digoreng. Sedangkan kandungan air dari kentang beda-beda. Nah kalo pas dapatnya yang bukan kentang tes...bisa ditebak...hasilnya amburadul. Nah kali ini baru bisa kuposting...karena hasilnya lumayan bagus...hihi. Tapi ke dalam adonan kentang aku tambahkan beberapa sendok tepung terigu, susu bubuk dan telur. Ini resep asal-asalan...yang penting hasilnya maknyus. Kan bumbunya tetap sama. Ke dalam adonan kulit kutambahkan bumbu garam, pala, merica dan kaldu bubuk dikit. Untuk isiannya aku menggunakan daging cincang yang diberi sedikit wortel. Ditumis dengan bumbu bawang putih, bawang merah, merica, garam, kecap manis dan saus tiram dikit dan gula. Beri daun seledri secukupnya. Konsistensinya bukan seperti ragout karena gak seperti vla asin. Tapi supaya isian agak padat dikit aku b

Strawberry Cheese Pie

Image
Memang cheesecake bener-beneeer yummy. Gak peduli kalori kalo udah makan ini, mah... Satu rumah doyaaaan. Si mas yang dulu gak terlalu suka...sekarang juga suka...cuman dia masih suka hitung-hitung kalorinya...hihi jadinya cuman berani makan paling banyak 2 potong. Weees lah gak papa. Don't worry kang mas ada istri dan anak-anakmu yang setia menghabiskannya... Resepnya silahkan lihat di Blueberry cheese pie . Bahan pie and cheesenya sama persis cuman toppingnya aja yang diganti sama strawberry filling kalengan. Di bawah ini aku fotokan step-by-step cara membuat kulit pie. Kupersembahkan spesial buat temanku "Bunbun" dengan harapan semoga gambar ini bisa sedikit membantu dalam "perkulit pie" an. Good luck ya Bunbun...praktek lagi ya...^^ Campur bahan kering: tepung, gula halus dan garam. Aduk rata agar garamnya tersebar rata. Masukkan mentega. Aduk menggunakan pisau pastry atau garpu. Aduk sampai terbentuk butiran-butiran halus beremah. Tambahk