Posts

Showing posts from June, 2012

Pandan Butter Cake

Image
Sebenarnya rencana hari ini aku mau bikin 'topo map love cake' nya Wendy's Ink. Suka sama lapisan lapisannya yang seperti peta bumi. Tapi ada kesalahan pada proses pembuatannya. Harusnya adonannya dibagi dua. Satu adonan dibiarkan plain dengan tambahan vanila sedangkan satunya diberi pasta pandan. Lhaaaaa...aku kelupaan. Kok aku langsung aja tuang pasta pandan home madenya sebelum dibagi 2. Jadinya, ya cake butter pandan...hehe untung bikinnya cuman separuh resep. Nggak jadi rugi malah enaaaaaak. Hasil cakenya yummy. Buttery, moist...dan berasa pandan asli. Hubby dan anak anak suka sekali. Tapi karena penyakitnya, dear hubby cuman berani makan maksimal dua potong saja...poor him! Menurut mereka rasanya sudah enak dan pas, tapi kalo untuk aku agak kemanisan dikit padahal gulanya udah aku kurangi. Nanti kalau jadi bikin topo map cake harus aku kurangi lagi sedikit. Dan loyangnyapun harus yang ukuran kecil biar hasil cakenya lebih tinggi. Berikut resep yang sudah a

Mini Pizza Bites

Image
Dulu sudah pernah bikin pizza imut dengan resep roti tanpa telur. Kali ini pengen coba dengan resep roti manis biasa yang dikurangin takaran gulanya.Tentu beda kelembutan rotinya kan?? Dua duanya enak... Tapi yang dulu itu tentu kalorinya lebih sedikit dibanding yang ini. Cocok buat yang lagi diet ^^ Resep ini aku modifikasi dari resep sahabatku yang sudah pindah ke Jakarta 'Mbak Nike Pulungan' . Alhamdulillah sebelum beliau pergi kami diajari ilmunya. Dan dapat warisan loyang muffin ini juga. Makasiiiih ya mbak, semoga ilmunya dan loyangnya barokah... Menurutku resep beliau sudah perfect tapi aku bikin dengan ukuran di bawah ini untuk menyesuaikan dengan kapasitas mixerku. Kalau beliau dulu bikinnya tuk pesanan khusus. Satu kali ngadon bahan tepungnya 1 1/2 kg, dengan hasil jadi sekitar 150 buah pizza mini. Dengan tepung sebanyak itu menghabiskan 3 botol saus tomat @340ml, 500 gr bawang bombay dan 300 gr daging giling untuk sausnya. Memang cocok tuk teman

Brownies Kukus Ny. Liem 2

Image
Dulu aku dah pernah janji lain kali mau bikin browkus cokelat Ny. Liem tapi minyaknya diganti dengan butter/margarin. Tapi setelah aku pikir pikir...kelembutan browkus ini kan dari minyak. Minyak kalau di suhu ruang nggak akan membeku, sedangkan kalau butter atau margarin di suhu ruang langsung mengeras. Nah untuk menyelesaikan masalah ini, aku ambil tengahnya aja. Minyaknya separuh aku ganti dengan butter dan margarin. Kenapa butter dan margarin?? karena menurutku keduanya punya rasa gurih yang berbeda. Dan aku selalu menggunakan campuran butter dan margarin (merk Blueband) untuk menbuat kukis, cake atau apa saja. Hasilnya perpaduan yang pas sekali menurutku. Dapat aroma susu dari butter, tapi dapat juga wangi khas dari margarin. Berikut resep brownies Ny. Liem... Bahan I : - 6 butir telur - 225 gr gula pasir (aku pake 230 gr) - 1/2 sdt vanili bubuk - 1/4 sdt garam - 1 sdt teh emulsifier Bahan II : - 125 gr terigu protein sedang - 50 gr cokelat bubuk - 1/2 sdt baking

Browkus Keju Dewi Nik

Image
Sebenarnya agak kurang tepat kalau kita menamakan kue yang bukan cokelat dengan sebutan brownie ya. Brownie kan dari kata brown yang berarti cokelat. Tapi memang penamaan ini karena trend di Indonesia. Karena kuenya benar benar nyoklat dinamakan brownies, dan mungkin karena kuenya benar benar ngeju dinamakan brownies keju, begitu juga dengan brownies pandan...dan sebagainya. Jadi kita juga ikut trend aja ya...^^ Sudah dua kali aku mencoba browkus keju belum pernah ada yang benar benar sukses. Kali ini aku mencoba lagi resep dari sahabatku ibu mamah Dewi Nik . Dulu waktu Dewi masih tinggal di sini, aku udah pernah cicip buatannya dan rasanya enak sekali. Pas menurutku. Kejunya nggak bikin eneg. Rasa kejunya lembut saja karena nanti di atasnya ada taburan keju lagi. Manisnya juga pas. Pokoknya ini jenis kue yang jadi favorit anak anak. Bahkan ibu ibu juga banyak yang pesan sama Dewi dan merupakan salah satu kue andalan bakul kuenya... . Nah, sebelum mencoba aku sempat konsulta

Kolak Biji Salak

Image
Nah, karena udah deket deket ramadhan...mulai lagi rajin bikin jajanan manis manis yang khas tuk berbuka puasa. Untuk persiapan aja, hehe. Kali ini aku bikin kolak biji salak. Manis gurih dan lembut dari printilan ubi jalarnya. Ueeenak deh pokoknya...! Bahan biji salak : - 500 gr ubi jalar kuning, kukus lalu haluskan panas panas - 100 gr tepung kanji - 1/2 sdt garam Saus gula merah : - 250 gr gula merah - 1/2 sdt garam - 600 ml air - 2 lembar daun pandan - 2 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air Saus santan (masak sampai mendidih sambil diaduk) : - 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa - 1/2 sdt garam - 2 lembar daun pandan Cara membuat : Campur ubi kukus halus dengan tepung kanji dan garam. Bentuk bulat lonjong seperti biji salak. Didihkan air dalam panci. Masukkan biji salak. Masak hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Dalam panci, campur air, gula merah, daun pandan dan garam. Masak sampai mendidih lalu saring. Tambahkan larutan kanj

Es Cendol Campur

Image
Dulu sudah pernah bikin cendol dari tepung beras. Tapi hasilnya nggak memuaskan. Hari ini aku coba resep yang menggunakan tepung hunkwe...kebetulan stok di rumah masih banyak. Resepnya dari Tabloid Nova yang aku ketemu di blognya Mbak Julia "Chef by Accident" . Aku padukan dengan resep dari Majalah Sedap . Alhamdulillah hasilnya lumayanlah tuk pemula...hahaha. Rasanya sudah okey karena menggunakan pandan dan suji. Tapi bentuknya nggak panjang panjang kurus melainkan agak keriting dan pendek pendek. Nggak tau kesalahan ada pada aku, di cetakannya atau di adonannya. Tapi gitu gitu juga habis kok. Campuran lainnya yang bikin tambah enak. Nangka dan cincau...serta es serut!! Sama dengan pendapat Mbak Julia, santan yang paling cocok dan emang sehat ya santan segar yang nggak lewat proses pemasakan. Ibuku juga dulu kalo bikin ya pake santan segar. Tapi kelapa harus diparut sendiri dan diperas menggunakan air hangat yang matang. Selain santannya nggak pecah, wanginya juga se

Cocoa Condensed Milk Pound Cake

Image
Resep Vivian Pang Kitchen lagi. Aku sangat suka resep resep di blognya karena simple dan lengkap dengan gambar step by step yang sangat memudahkan. Selain itu Vivian juga suka membuat resep resep makanan dan kue sehari hari yang menjadi favorit keluarga, terutama anak anak. Makanya sudah banyak resepnya yang aku coba dan masih banyak lagi yang sudah kubookmarked ^^...thanks so much Vivian!! Kali ini aku mencoba coklat pound cakenya. Aslinya kue ini adalah kue poundcake vanila. Dan sudah lumayan populer hingga banyak teman blogger Asia yang sudah membuatnya. Tapi vivian memodifikasi dengan tambahan cokelat bubuk dan sedikit kopi. Karena review beliau...hari ini aku juga buat untuk anak anak....dan ibunya...dan bapaknya...hahaha Walaupun metode yang digunakan untuk membuat kue ini adalah steam bake...kuenya sama sekali tidak basah dan lembab. Malah menurutku cenderung kering dan beremah. Mungkin aku ada salah step hingga kuenya tidak seperti punya Vivian. Atau mu

Homemade Chewy Udon

Image
Habis jalan jalan ke blog favoritku " Vivian Pang Kitchen " tergiur untuk bikin mie udon sendiri. Vivian memakai cara yang simpel dengan memberdayakan mesin gilingan mie. Aslinya adonan udon kan bikinnya pake kaki. Hahhhh?? iya bener! adonan dimasukkan ke dalam plastik ziplock lalu diinjak injak dengan kaki sampai didapat adonan yang lembut. Alasan menggunakan kaki adalah karena adonan udon ini keras sehingga kalau digiling menggunakan tangan nggak tau kapan bisa halusnya. Tapi berhubung ada gilingan mie...ya tentu saja lebih baik menggunakan itu. Iya kan?? Ternyata bikinnya lumayan simpel. Tapi mie yang aku bikin terlalu tipis malah penampakannya seperti kwetiau, hahaha. Ngga papalah...insyaAllah lain kali lebih baik. Yang penting tekstur kenyalnya dapat. Warnanya nggak seputih punya Vivian mungkin karena perbedaan merk tepung yang kami gunakan berbeda. Yaaaa secara beda negara ya...mungkin saja beda beda dikit ^^. Udonnya aku oleh dengan resep mie

Marmer Cake Klasik

Image
Marmer cake adalah termasuk salah satu cake klasik populer. Walaupun kuno tapi tetap saja banyak yang suka karena memuaskan kerinduan akan kue kue bikinan ibu. Termasuk aku. Walaupun bikin kue ini jarang, sekali kali kangen juga... Aku lihat resep di Majalah Sedap lumayan simpel. Langsung aja aku bikin hari ini...apalagi anak anak liburan. Kerjaannya kalo sudah main, bolak balik dapur cari camilan. Nah cocok ini, camilan yang lumayan mengenyangkan...hihi ^^ Bahan : - 250 gr margarin - 200 gr gula tepung - 5 butir telur - 250 gr terigu protein sedang - 30 gr tepung maizena (aku pakai 15 gr maizena 15 gr susu bubuk) - 1 sdt baking powder - 60 ml susu cair - 1/4 sdt esens vanila (aku pakai yang bubuk) - 2 sdm cokelat bubuk, larutkan dalam 2 sdm air Cara membuat : Kocok margarin,vanili dan gula tepung sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung sambil diayak dan dikocok rata. MAsukkan sisa tepung terigu, maizena, susu

Orange sweet Roll

Image
Karena suka sama roti, aku ingin mencoba resep roti yang menurutku enak dan unik. Salah satunya ya orang sweet roll ini. Bentuknya kayak cinnamon roll tapi rasanya jauh berbeda. Keduanya sama sama enak dengan aroma yang khas. Dari namanya 'Orange buns' jelas  roti ini beraroma jeruk. Bukan hanya toppingnya tapi fillingnya juga. Aroma didapat dari penggunaan jus dan parutan jeruk sunkist. Resep roti menggunakan resep water roux terdahulu. Tuk filling dan toppingnya resepnya aku lihat di melskitchencafe . Ukurannya aku tidak ikuti persis seperti itu yang jelas bahannya sama. Dan hasilnya memang enak. Roti beraroma jeruk...!

Donat Kentang VS Donat Tape...

Image
Alhamdulillah ...senang rasanya sudah sehat kembali dan bisa ngeblog lagi. Tiga hari demam betul betul membuat aku drop dan hanya bisa beristirahat di tempat tidur saja. Sebelum aku sakit memang aku super excited. Bersemangat beres beres rumah. Mulai nyapu, vacuum ini itu, ngelap ini itu,  dan ngepel satu rumah, cuci cuci segala macam. Setelah semua selesai aku mandi keringat...persis seperti kalau habis olah raga atau aerobik selama satu jam. Tapi puassssss...rumah rasanya kinclong deh! Setelah mandi aku lanjut lagi ngadon donat 2 macam tuk bekal anak anak sekolah. Habis itu aku potret hasil donatnya. Hasilnya...malamnya demam, menggigil, badan meriang ngilu semua terutama jari jari tangan. Kepala dan perut juga nggak luput dari sakit. Sebelumnya memang anak anak dan bapaknya sudah duluan kena batuk pilek, tapi nggak sampai demam. Mungkin karena emaknya kecapean, daya tahan tubuhnya lemah kena virus langsung deh tepar. Tapi alhamdulillah sekarang dah baikan.   Btw...kita lan

Kue Lapis Pandan

Image
Kadang kadang kalo lagi bosan, kehabisan bahan bacaan...resep resep majalah Sedap edisi lama kembali aku buka buka. Masih banyak resep resep menarik yang belum aku praktekkan. Nah, salah satunya ya kue lapis ini. Dulu aku sudah pernah bikin lapis kanji. Yang sekarang ini versi tepung terigunya dan menggunakan pandan suji. Kebayang kan wanginya?? Alhamdulillah juga disekitar rumahku yang namanya daun daunan bumbu masak or kue lumayan lengkap. Untuk kue tradisional ada suji, ada pandan, pandan besar dan daun pisang. Jadi kalo bikin lapis pandan nggak terlalu repot...tinggal petik saja. Berikut resepnya yang aku modifikasi sedikit dari Majalah Sedap Edisi 5 th 2006 . Judul asli kuenya adalah 'kue berlapis' dari Indonesia Timur. Bahan : - 300 gr tepung terigu protein sedang - 75 gr tepung sagu - 225 gr gula pasir - 1/2 sdt garam - 825 santan dari 1 butir kelapa - 50 ml air daun suji (dari 30 lembar suji dan 3 lembar daun pandan) Cara membu

Katrisala

Image
  Katrisala merupakan jajanan khas dari Sulawesi Selatan. Mirip dengan sarikaya ketan atau katrisolo dari Jawa tapi yang khas dari katrisala ini adalah penggunaan ketan hitam untuk lapisan bawahnya. Penambahan ketan hitam menambah rasa dan tekstur yang khas pada kue ini. Tentu saja supaya lebih legit tetap ditambahkan ketan putih karena berfungsi sebagai pengikat supaya tidak terlalu mawur. Perbandingan ketan hitam dan putih bisa 1 : 1 tapi bisa juga 1 : 2, banyakan ketan putih biar lebih cantik warnanya nggak terlalu gelap. Pokoknya sesuai selera saja.  Bentuk permukaan sarikaya yang bergelombang adalah ciri khas pemakaian telur yang banyak. Sehingga sewaktu mengukus harus menggunakan api sedang agar sarikayanya tidak over mengembang sampe hancur bentuknya, hehe ^^ Berikut resepnya ya hasil tanya tanya mamaku...walaupun resep aslinya menggunakan gelas, aku udah konversi ke gram dan cuman bikin separuh resepnya. Bahan ketan  : - 150 gr beras ketan hi

Marble Peanut Brownies

Image
Pengen bikin variasi lain dari brownies, kali ini aku coba bikin brownies marmer kacang. Perpaduan dari dua resep. Resep browniesnya dari Martha Stewart yang aku lihat di blognya Yessi 'Bunda Twins Kitchen' dan swirl kacangnya dari "Now, You're Cooking" Hasilnya menurutku lumayan. Enak juga, tapi mungkin lebih enak aslinya tanpa tambahan kacang. Tapi nggak papalah namanya juga coba coba resep. Tuk Yessi, makasiiih ya sharingnya. Berikut resepnya ya... Bahan Brownie : - 120 gr butter - 130 gr terigu protein sedang - 30 gr cokelat bubuk - 3 butir telur - 1/2 sdt garam - 1/2 sdt baking powder (aku nggak pakai) - 255 gr dark cokelat - 250 gr gula pasir halus Bahan Topping Kacang : - 1/3 cup selai kacang - 2 sdm butter - 2 sdm sugar - 1 sdm flour - 1 butir telur  Cara membuat : Panaskan oven sampai 180 C atau 350 F. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Olesi kembali dengan mentega. Pada

Cakue

Image
Cakue atau cakwe adalah jajanan yang populer dijumpai di wilayah Jakarta maupun daerah Jawa dan sekitarnya. Tapi kalau di Sulawesi sih belum familiar. Malahan aku belum pernah nemu ada abang abang yang jualan gorengan ini di sini. Itu pula sebabnya aku belum pernah tau bagaimana rasanya. Tapi walaupun begitu, aku tertarik tuk membuatnya karena cara bikinnya yang unik. Waktu cuti dulu juga sempat beli amoniak di toko bahan kue hanya demi mencoba resep ini. Hehe ^^ Resep aku lihat di Majalah Sedap edisi Agustus 2004 . Total waktu bikinnya Sekitar 7 jam lebih. Karena didiamkan selama 6 jam sebelum digoreng. Mungkin jajan ini mengalami fermentasi alami karena tidak menggunakan ragi. Amoniak digunakan untuk mendapatkan hasil gorengan yang renyah serta serat yang cantik. Alhamdulillah percobaanku berhasil. Bentuknya mirip sekali dengan yang di majalah. Kalau soal rasanya, unik...! seperti donat tapi lebih ringan dan sedikit alot. Rasanya gurih seperti menggunakan telur

Tumis Kangkung Bunga Pepaya

Image
Karena ngiler lihat postingannya Mbak Tati Nuruddin ' tumis bunga pepaya ' akhirnya aku juga bikin sendiri. Kebetulan ada tetangga yang punya pohonnya dan nggak pernah berbuah, yang ada cuman bunganya aja banyak sekali. Cuman karena takut kalo cuman pake bunga pepaya rasanya akan pahit sekali jadinya aku tambahin kangkung. Aku nggak punya teri nasi, tapi di kulkas ada ikan cakalang, rencananya aku mau tambahkan ke dalam sayuran. Dan habis googling dapat resep tumis bunga pepaya cakalang di ' Resep Dela '. Lihat bumbu bumbunya kayaknya Menado sekali. Lengkap bumbu daun daunannya yang sangat banyak. Langsung deh kebayang wanginya....ada pandan, sereh, kemangi, daun jeruk, daun kunyit. Thanks to Mbak Dela tuk resepnya yang maknyus. Setelah matang nggak sabar langsung aku santap dengan nasi ngepul. Uuuuuwenak tenan! ikannya walaupun bukan ikan asap tapi karena dibakar berasa diasap juga. Pahitnya nggak terasa, masih lebih pahit paria. Mungkin karena dah dimasak ber

Apple Cinnamon Custard Buns and Cinnamon Roll Danish

Image
Terinspirasi dari Apple Cinnamon Custard Breadnya ' Home Baking Net ' dan Apple Bunsnya ' Food4Tosts ' hari ini aku bikin kedua jenis roti ini. Dari satu resep aku bagi menjadi 3 jenis roti. Yang Apple Buns cuman isian apel, sedangkan Cinnamon custard jelaslah menggunakan custard sesuai namanya dan juga apel. Untuk isian ini, potongan apel aku masak bersama gula palem, kayu manis dan sedikit butter sampai rasanya meresap kemudian dikentalkan dengan sedikit maizena. Tapi teksturnya tetap masih kelihatan potongan apelnya...nggak sampe jadi selai. Sedangkan tuk custard atau vlanya aku menggunakan vla biasa seperti pada resep kue sus. Rotinya menggunakan resep water roux method yang sudah aku pernah bikin sebelumnya. Untuk apple buns, filling tinggal diisikan ke dalam adonan lalu dirapatkan dan dibulatkan dan ditaruh dalam paper cup. Ketika akan dipanggang, atasnya dioles telur lalu dihias dengan potongan apel. Sedangkan untuk custard bread, adonan roti di