Posts

Showing posts from May, 2015

Eggless Chocolate Mini Bundt Cake

Image
Kue ini sudah lama sekali aku ngga bikin. Resepnya dapat dari blogger Malaysia. Asli lembut sekali walau tanpa telur. Kali ini aku cetak di cetakan mini bundt cake pemberian sahabat mayaku Mba Devi Rana dari Jakarta. Cetakannya baru tiba kemarin, hari ini udah kuperawanin. Alhamdulillah semenjak memiliki blog aku beberapa kali dapat rezeki. Selain sering ikut challenge challenge dan memenangkan hadiah, kadang juga ada teman teman baik hati yang mau ngasih perlengkapan atau bahan baking. Seperti yang satu ini. Aku dapat satu lusin cetakan tulban mini sama 1 cetakan roti jala. Alhamdulillah, makasiiih banyak ya mba Devi. Semoga rezekinya tambah lancaaarr. Jadi tambah semangat bakingnya. Balik ke resep ini. Kali ini yang aku modifikasi cuman penambahan kopi instannya. Jadi gulanya aku kurangi 20 gram lalu aku tambahkan kopi instan 3 in 1  sebanyak 2 sendok makan. Karena biasanya ciri khas kue berbaking soda akan tercium sedikit aroma baking sodanya. Dengan penambahan kopi ini se

Smoothie Terong Belanda + Mint

Image
Lagi banyak terong belanda di pasar. Boroooong...boroooong!! hihihi kalap niy. Terong Belanda soalnya musiman, jarang jarang ada di pasar. Nah seperti biasa terong belandanya mau aku buat smoothie. Ngga ada resep bakunya. Terong belanda sekitar 15 buah disendok dari kulitnya. Lalu diblender bersama 250 ml susu cair, 250 air, gula secukupnya, 1/2 air jeruk nipis, dan 10 helai daun mint. Syegeeeer bangeeet! Penambahan susu di sini untuk mengurangi rasa sepet buah terong belanda. Kulitnya juga jangan lupa dibuang ya. Walau mungkin lebih sehat kalau dipakai juga. Penambahan mint membuat smoothienya lebih unik. Yuuuk dicobaaaa...

Banana Bread (no baking powder)

Image
Kemarin sewaktu beli pisang raja di pasar satu sisir dapat bonus lagi satu sisir dari penjualnya. Mungkin karena pisang yang aku cari pisang super matang yang sudah mau menghitam. Kan biasanya yang sudah matang sekali begitu ngga terlalu laku lagi. Jadi daripada pisangnya ngga habis busuk dikasih ke aku sesisir. Alhamdulillah. Senang sih, tapi bingung mau dibuat apa lagi. Jaman dulu waktu mamaku masih punya peliharaan burung nuri...pisang ngga pernah terbuang karena burung nuri senang makan pisang. Kalau pisang raja memang seringnya aku bikin kue. Kadang kadang juga sih dimakan begitu saja kalau ngga ada pisang lain. Tapi biasanya aku sukanya pisang ambon atau pisang mas. Cari cari resep yang simple aku dapat lagi di blognya mba Endang Just Try and Taste . Resep aslinya dari Carol Easy Life . Banana bread tanpa baking powder. Step by stepnya juga lengkap di sana tapi bahasa Mandarin >,<. Untungnya mba Endang sudah mentranslatekan untuk kita. Resep ini menarik karena cake

Tiramisu

Image
Sudah lamaaaaaa banget ngga bikin tiramisu. Berapa kali lebaran juga sudah ngga bikin tiramisu. Lebih pilih bikin cheese pie dan kue besar yang lainnya. Tiba tiba ngidam...apalagi di kulkas masih ada creamcheese dan krim kental Anchor . Aslinya tiramisu kan pake mascarpone. Kalau menggunakan mascarpone maka perbandingan dengan krimnya 1 : 1 ya. Tapi berhubung ngga ada...di toko memang dah lama ngga pernah ada, jadi aku pake cream cheese saja. Cuma perbandingan dengan krim kentalnya aja yang disesuaikan. Kalau mascarpone kan cenderung tawar dan light rasanya sedangkan creamcheese lebih asin. Jadi aku gunakan krimnya lebih banyak daripada creamcheese supaya bisa dapat rasanya.  Pokoknya sesuaikan selera aja. Tapi kalau teman teman suka terasa cheesenya silahkan dibanyakin takaran cream cheesenya ya. Tapi nanti jadi cheesecake lho hehe. Tapi aku ngga recommend pake whippy bubuk lho ya karena akan beda rasanya. Kalau tetep mau pake silahkan mungkin perbandingan creamcheese dan whip

Bakpia Basah Isi Keju (eggless)

Image
Tiga hari yang lalu aku merebus kacang hijau. Niatnya memang mau dibikin isian bakpia. Entah bakpia krispi atau bakpia basah juga belum jelas. Tapi aku sudah ambil 200 gram buat dibikin puding kacang hijau. Sisanya masih banyak lagi. Mungkin sekitar 300-400 gram. Aku masak bersama gula pasir, sedikit garam, pandan dan minyak sampai kalis. Setelah dingin dibentuk bola bola. Nah berhubung rumah lagi kinclong ya...habis beberes beres sayang dong kalo berantakan lagi karena remah remah bakpia. Semut semut juga bakalan pada berdatangan. Jadinya aku putuskan untuk bikin bakpia basah aja. Kayaknya ini roti versi sehat deh. Karena ngga pake telur dan dan isinya pake kacang hijau yang kita tau pasti banyak kandungan gizinya. Tapi selain kacang hijau aku coba juga beri isian keju dan cokelat. Bukan hanya keju parut saja seperti yang aku bikin kalau bikin isian roti keju. Kali ini aku bikian isian keju versi streusel. Maksudnya bikinnya dari campuran terigu, margarin, susu bubuk, gula hal

Double Chocolate Muffin

Image
Pencarianku pada resep muffin sudah berakhir pada saat ketemu resep favorit custard chocolate muffin . Semua yang didambakan pada sebuah muffin dimiliki oleh custard chocolate muffin ini. Lembut, moist, nyoklat...perfect dah pokoknya. Tapi  bukan berarti kalo lagi surfing di dunia maya ngga mata keranjang lagi lho ya... Nah seperti pada saat ketemu resep yang satu ini di "Call Me Cupcake" . Kalau dilihat penampakannya, dibaca reviewnya...kayaknya layak dicoba. Nah hari ini aku cobalah resepnya. Ketika masih panas...asli enak dan lembut. Tapi kalau dibandingkan dengan custard chocolate muffin yang sering aku buat masih juara yang custard lho. Rasanya yang ini sih enak...sangat muffin dan nyoklat. Tapi dari segi teksturnya lebih banyak remahnya dan kalau sudah dingin tidak selembut yang custard. Tapi menurutku ini layak dicoba karena selera orang beda beda ya. Bisa saja resep ini juga menjadi favorit teman teman sekalian.

Matcha Pound Cake

Image
Hari ini aku bikin cake yang beraroma matcha. Waktu ke toko bahan kue nemu matcha yang agak berbeda dari matcha yang pernah aku beli sebelumnya. Sebelumnya aku sudah dua kali membeli matcha dengan aroma yang berbeda. Ngga tau beda merk beda perusahaan atau beda bahan baku...yang jelas aroma dan rasa keduanya beda. Yang pertama warnanya hijau pucat dengan aroma teh hijau yang agak pahit. Yang kedua lebih intense warna hijaunya dengan aroma matcha yang lebih wangi malah cenderung kayak parfum menurutku. Nah yang terkahir ini menarik...karena baik warna dan aromanya seperti matcha yang memang selayaknya review teman teman blogger. Wangi greentea yang alami dan warnanya pun cantik. Tidak terlalu hijau dan tidak terlalu pucat. Resep aku lihat di blognya "If in Doubt Bake a Cake " kayaknya punya orang Rusia tapi ada translate resepnya dalam bahasa inggris. Penampakannya cantik makanya aku tertarik tuk bikin. Hasilnya alhamdulillah memuaskan. Walaupun punyaku tidak secantik

Pizza Ring

Image
Kalau meatlover pizza sih sebenarnya sudah sering bikin...tapi yang unik  kali ini bentuknya yang cantik seperti ring dengan bentuk intang di tengah. Dulu pernah lihat postingan FBnya mba Mardhiyah Radhi langsung jatuh hati dan niat suatu saat mau bikin juga. Eh ternyata lama juga baru bisa terlaksana. Alhamdulillah lumayan cantik bentuknya walaupun belum bisa seperti aslinya. Yang berminat bikin resepnya bisa lihat di sini ya. Untuk cara membuat bisa lihat di FBnya mba Mardhiyah ya. Tengkiu um tuk inspirasinya...

Puding Kacang Hijau Pandan Lapis Gula Merah

Image
Kemarin aku masak kacang hijau buat bikin isian bakpia. Tapi lalu muncul ide untuk bikin puding kacang hijau. Lagi pula kacang hijaunya lumayan banyak. Aku cuman gunakan 200 gr untuk campuran puding ini dan masih banyak sisanya. Supaya warnanya gak terlalu plain aku bikin dua layer. Yang satu aku tambahkan pandan suji sedang satu lagi aku tambahkan gula merah. Jadinya lumayan berwarna kan?? rasanya enak dengan variasi yang berbeda. Satu rasa pandan tapi kacang hijaunya tetap terasa. teksturnya pun masih ada terasa sari kacang hijaunya. Yang satu lagi rasa kacang hijau dominan gula merahnya. Enaaak. Awalnya mau kuberi tambahan vla. Tapi begitu aku icip...begini saja dah enak. Takutnya kalau diberi vla rasa alami kacang hijaunya akan hilang.

Es Jeli Rumput Laut

Image
Aku senang sekali. Beberapa waktu yang lalu dapat kiriman dari sahabat mayaku namanya mba Fadlun Fayola . Kami berkenalan lewat facebook. Walaupun baru berteman sebentar beliau mau mengirimkan aku makanan khas dari daerahnya. Setelah sampai segera aku buka. Isinya rumput laut kering dan terasi dari Bontang Kalimantan Timur. Waaaaa... excited bangeeet. Secara aku belum pernah mengolah rumput laut segar maupun kering. Memakannya pun belum pernah dalam bentuk aslinya. Kalau dalam bentuk agar agar bubuk ya pastinya dah sering. Terasinya pun ternyata enaaak dengan citarasa dan aroma yang khas. Makasih banyak ya mba Fadlun, dikau baik sekaliiiii *muaccchhh* Nah sebelum aku olah aku sudah dibekali beberapa tip dari mba Fadlun. Tentang cara mengolah rumput laut kering menjadi segar kembali. Yaitu dengan merendamnya dengan air beras selama 3 hari. Tiap hari air harus diganti dengan air yang baru. Kenapa air cucian beras?? mungkin ya ini untuk menghilangkan bau khas rumput laut yang kura

Raisin Roll

Image
Rotiiii rotiiii.....bikin roti lagi niy. Masih tetap dengan resep andalan yang menggunakan metode water roux. Isi dan toppingnya aja yang dimodifikasi. Kalau biasanya aku bikin cinnamon roll kali ini tetap roll tapi minus cinnamonnya. Kismis saja dan campuran creamcheese. Cream cheesenya memang sisa bikin cinnamon roll kemarin. Tapi kan itu buat topping ya. kalau dipanggang takutnya meleleh jadi harus dibikin lebih padat. Supaya teksturnya tidak basah dan lembek aku tambahkan telur dan terigu serta susu kental manis. Lalu aku mixer. Jadi mirip adonan topping roti boy tapi yang ini sama sekali tidak renyah tapi lembuuut. Separuh adonan aku bikin rollbread juga tapi aku tambahkan selali strawberry tuk rasa dan aksen merahnya. Cantik dan enak deh. Tapi terutama lembuuuttt...!!

Samosa

Image
Samosa adalah salah satu snack gurih yang populer di Asia Tengah dan Asia Selatan. Ia berupa pastry goreng yang berbentuk sehitiga. Umumnya menggunakan kentang, wortel dan sayuran lain untuk isiannya namun biasa ditambahkan daging sapi atau ayam bagi yang bukan vegetarian. Ini sebenarnya mirip mirip pastel dari Indonesia...yang beda adalah pengunaan bumbu kari dalam adonan fillingnya. Nah kali ini aku menggabungkan beberapa resep dari internet. Dari blog Just Try & Taste untuk fillingnya, food NDTV untuk kulit pastrynya, dan WikiHow untuk cara membentuk kulitnya. Pinggirnya aku bentuk seperti pastel biar lebih cantik. Kan samosa versi Indonesia...hehe. Untuk isiannya karena aku tidak mempunyai bubuk kari aku menggunakan rempah kari atau garam masala yang aku buat sendiri. Kebetulan beberapa waktu yang lalu aku sudah stok bumbu bubuk sewaktu membuat spekkuk. Jadi masih ada cengkeh, pala, kayu manis dan cardamon/kapulaga bubuknya. Yang aku tambahkan adalah  jintan dan ketum

Belajar Quilting

Image
Sudah ada sebulan aku mulai belajar quilting. Awalnya sih lihat teman teman facebook dan blogger yang pandai membuat quilt. Langsung melongoooo...menggabungkan kain dari potongan potongan kecil itu kan susah ya? Mencocokkan warna dan motif juga susah kan? Setelah itu menjahitnya hingga menjadi satu bagian yang besar itu juga susah kan? Tapi kok banyak yang bisa ya. Mana hasilnya cakep cakep lagi. Aku terinspirasi dari beberapa teman yang sudah mulai lebih dulu menggeluti bidang per"quilting" an ini. Beberapa diantaranya yaitu Mbak Fitri "Mommy Nisa" dan mba Dewi Trisna . Mereka adalah ibu rumah tangga yang hobbynya sama dengan aku. Suka baking dan cooking. Bedanya mereka punya nilai plus karena bisa juga menjahit. Langsung deh semangat dan kepengen bisa juga. Harus belajar pokoknya. Nah berbekal dari tutorial di internet akhirnya aku mulai belajar sendiri. Sebelumnya aku mulai ngumpulin peralatannya dulu. Setelah kain dan peralatannya datan