Posts

Showing posts from April, 2012

Mitarashi Dango

Image
Resep ini pertama kali aku lihat di " Evan's Kitchen Rambling ". Waktu itu aku benar benar tertarik dengan penampakan snack Jepang ini. Membayangkan rasa kenyal kenyal bercampur sausnya yang gurih manis. Tapi ada satu hal yang aku tidak perhatikan, di reviewnya hasil akhirnya agak padat karena menggunakan tepung beras yang lebih banyak daripada tepung ketan. Nah, aku bikin aja plek ngikutin resepnya...hasilnya beneran sama pendapatku dengan Evan . Lain kali resepnya harus dirubah biar bola bolanya lebih kenyal. Mungkin ketannya harus lebih banyak. Kalo gini sih, menurutku lebih enakan klepon, hehe. Tapi rasanya cukup unik, ya hitung hitung eksplorasi rasa dan tekstur. Oh iya, resep aku ikuti persis kecuali satu. Karena alasan agama, aku nggak pake mirin dan rice vinegar. Aku ganti dengan cuka masak biasa dan sedikit perasan jeruk nipis. Resep aslinya silahkan lihat di sini ya.

Rujak Buah

Image
Hari ini pas belanja ke pasar ketemu banyak banget buah. Buahnya pun buah buahan yang pas buat ngerujak. Segeralah aku beli beberapa macam. Ada pepaya mengkal, bengkoang, jeruk bali, kedondong, ketimun dan jambu air. Kurang nanas dan mangga mudanya nih. Tapi berhubung aku udah nggak bisa berhenti ngences membayangkan makan rujak, aku bikinlah dengan buah buahan yang ada. Segini aja juga udah banyak jadinya... Saus rujaknya simple aja. Cuman gula merah, terasi, cabe, air asam, dikit garam dan kacang tanah sangrai buat taburan. Pas jadi...uuueeenaknyaaaa!!

Moist Chocolate Beet Cake

Image
Udah lama kubookmarked, akhirnya hari ini baru sempat bikin karena baru nemu beetroot (buah bit) juga. Membayangkan kelembutan kue yang menggunakan buah di dalamnya. Ternyata benar benar yummy...beneran moist cakenya. Rasanya juga unik karena ada aroma bitnya...tetap nyoklats. Resepnya Nigel Slater hasil browsing di David Lebovitz .com . Di resep asli tertulis menggunakan loyang diameter 20 cm, tapi aku lihat kayaknya bakalan kepenuhan karena adonannya banyak. Jadi seperempat adonannya aku tuang di 6 buah paper cup pake loyang muffin. Hasilnya ternyata kuenya setelah matang memang agak turun sedikit. Tapi bukan berarti bantat. Karena aku lihat semua yang menggunakan resep tersebut hasilnya hampir sama. Bahan : - 240 gr buah bit , cuci bersih tidak usah dikupas - 200 gr bittersweet atau semisweet chocolate (70% cacao solids), cincang - 160 ml  air espresso panas (atau air panas biasa) - 200 gr butter , suhu ruang (aku pake 100gr butter dan 100gr marga

Peanut Cinnamon Rolls

Image
Brrrr dingiiiiin...udah 2 hari di sini hujan terus. Jadi malas keluar rumah. Mending bikin roti lagi buat stock bekal anak anak... Rotinya seperti biasa, kesukaan anak anak...roti keju, cokelat, cinnamon roll dan kali ini cinnamon rollnya aku bagi 2. Separuhnya aku kasih kacang, separuhnya seperti biasa pake kismis. Resep pake resep favorit water roux method . Yang di bawah ini roti peanut cinnamon roll. Kesukaanku. Kacang ketemu kayu manis dan gula palem....nikmatnya sambil ngeteh hujan hujan ^,^ Nah, kalo yang di bawah ini roti cokelat dibentuk roll triangle aja.  

Katiri Mandi Ubi Ungu

Image
Setelah membeli beberapa kilo ubi jalar ungu lagi kemarin, hari ini aku dapat ide untuk bikin katiri mandi yang sedikit berbeda. Biasanya katiri mandi isinya bola bola ketan dalam kuah santan gula merah. Nah kali ini karena ada ubi jalar, aku mencampur ketan dengan ubi jalar untuk menghasilkan warna yang cantik tanpa merubah tekstur kenyal dari ketan. Supaya kelihatan kontras kuahnya aku bikin dari santan. Hasilnya diluar dugaan...hubby yang paling suka. Katanya "Enak sekali kuenya sayang" hihihi...daku jadi bersemu semu deh. Anak anak juga suka...ya mungkin karena tekstur kenyal kenyal itu dan kuahnya yang manis gurih. Resepnya hasil kira kira aku... Bahan : - 150 gr tepung ketan putih - 100 gr ubi jalar ungu kukus halus - 1/4 sdt garam - 100-125 ml air Kuah : - 750 ml santan dari satu butir kelapa - 2 sdm tepung beras (larutkan dengan sedikit air santan) - 125 gr gula pasir, atau sesuai selera - 2 lembar daun pandan, sobek dan ikat - 1/2

Purple Sweet Potato Rose Pau

Image
Cantiiiiik kan paunya?? alhamdulillah kalau iya, hehe. Nggak sengaja lagi cari resep purple sweet potato aku ketemu resep rose pau ini di Blognya Kak Ita Masam Manis . Beliau adalah salah satu sahabat foodie blogger dari negeri jiran. Resep kuenya semua cantik cantik... Nah langsung jatuh hati aku lihat bakpau bentuk rose yang cantik ini.Warnanya yang cantik juga didapat dari pemakaian ubi ungu. Asyiiiik...praktek lagi!! Alhamdulillah, berhasil bikin bentuk mawarnya. Memang agak makan waktu tapi hasilnya benar benar memuaskan. Baik tekstur dan rasa. Aduhaiiii lembutnya. Eh tapi, setelah jadi kok warna ungunya hilang ya. Padahal waktu di kukusan warnanya ungu gelap gitu...kok beda sama punyanya Kak Ita yang warna ungu muda ngejreng?? Hwaaaaaa.... what went wrong?? Kata kakak Iyut waktu lihat foto paunya..."Ini sih gampang bu, pake photoshop juga bisa kuubah." Akhirnya aku istirahat sejenak...menjauh dari meja komputerku. Pas aku kembali...haaaah?? pauku beruba

Kuih Keria

Image
Semoga belum pada bosan. Aku lagi semangat  nyobain resep resep dengan bahan dasar ubi jalar ungu. Kali ini dapat resep kuih keria atau kue keria dari Notabilia . Resep ini ditulis oleh Maameemoomoo untuk Notabilia sebagai guest postnya. Kue keria ini mirip pilus sebenarnya tapi bentuknya seperti donat, dan memang inilah ciri khas kue dari Malaysia ini. Tapi aku heran, walaupun gak pake ragi...rasanya tetap enak, legit dan ringan. Barusan coba dan langsung jatuh cinta. Suka teksturnya chewy chewy gitu. Belum lagi di luarnya ada baluran gula seperti kue getas. Enak deh pokoknya...layak dicoba! pasti anak anak suka! Aku bikin separuh dari resep aslinya. Resepnya berikut ini ya, cuman aku tambahin garam dikit biar lebih berasa *kebiasaan buruk* Bahan donat : - 250 gr ubi jalar ungu (kupas dan rebus sampai matang) - 15 gr tepung tapioka - 30 gr terigu serba guna (aku pakai segitiga biru) - sejumput garam - minyak untuk menggoreng Bahan glaze : - 200 gr gula p

Klepon Ubi Ungu

Image
Masih dalam rangka memberdayakan ubi jalar ungu yang aku beli kemarin...hari ini aku bikin klepon ubi ungu. Membayangkan teksturnya yang kenyal karena dicampur ketan...rasanya gurih kelapa dan manis gula merah...dan tentu saja aroma khas ubi jalar. Ternyata setelah aku bikin...beneran enaaaaaak!! Semua suka. Masih pengen bikin lagi besok besok. Harus cari ubi ungu lagi nih...semoga masih ada di pasar ^,^ Bahan :  - 150 gr tepung ketan putih - 150 gr ubi kukus halus - sejumput garam halus - air secukupnya (sampai bisa dipulung) - gula merah (potong kecil untuk isian) - 1/2 biji kelapa, parut (kukus bersama sedikit garam dan daun pandan) Cara membuat : Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata. Tambahkan ubi ungu. Uleni hingga tercampur.  Tambahkan air sedikit sedikit sampai adonan dapat dipulung. Didihkan air dalam panci. Sementara itu ambil sedikit adonan, beri isi gula merah dan bulatkan. Langsung masukkan ke air mendidih. Kalau mengapung se

Puding Strawberry Vla Vanilla

Image
Kemaren pas ke supermarket di sini ketemu strawberry segar. Tapi tinggal sekotak 250 gr. Gak papalah yang penting ada...soalnya jarang jarang di sini ada strawberry. Udah lama pengen bikin resep pudingnya Mbak Yulyan Parwati , segeralah aku siapkan bahannya. Tapi tunggu...! di resep bahan strawberrynya 300 gr tuk puding dan 150 gr untuk sausnya. Waaaaa, nggak cukup dong punyaku. Tapi karena udah niat dan bahan lain udah ada, aku pake yang ada aja. Pudingnya aku pake 250 gr strawberry aja, sedangkan saus strawberrynya aku ganti vla vanila aja kebetulan stock vanila podku masih ada. Di bawah ini resep puding strawberrynya Mbak Yulyan Parwati ya...vlanya resepku sendiri hasil modifikasi dari vla puding ala KFC . Bahan : - 300 gr strawberry, blender dengan 150 ml air (aku pake 250 gr) - 130 gr gula pasir atau sesuai selera (aku pake 150 gr) - 300 ml susu cair - 200 ml susu evaporated - 1 bks agar-agar warna putih - 1 sdt jeli bubuk - 1 btr kuning telur - 2 tetes pewarna

Pilus Ubi Ungu

Image
Pertama lihat jajanan ini di FBnya Mbak Myrna Recy. Bingung aku...pilus dari ubi toh?? setahuku pilus itu ya kacang pilus, hehe ternyata aja jajanan lain juga yang namanya pilus. Dari tampangnya kelihatan legit...kebetulan hari ini ketemu ubi ungu di pasar. Ini juga tumben...karena seumur umur aku di sini, nggak pernah lihat ubi ungu. Adanya ubi jalar putih biasa aja...yang ungu itu kulitnya. Langsung takjuuuuub aku...sudah terbayang bayang resep resep yang mau aku cobain. Sekedar referensi aku cari cari resep pilus yang lain di Mbah Google. Ketemu yang menarik punya Mbak R. Resep beliau menggunakan kentang, telur dan terigu, sedangkan resep Mbak Myrna menggunakan ubi ungu, susu cair dan kanji. Nah beda kan?? tapi aku mau menggabungkan keduanya. Tetap menggunakan ubi ungu, susu, kanji dan telur... Bahan : - 250 gr ubi jalar ungu halus - 1 butir telur, kocok lepas - 1 sdm susu bubuk - 1/4 sdt garam - 5 sdm tepung kanji - minyak untuk menggoreng Filling : - keju quick melt

Sambal Tai Minyak

Image
Waduuuh, semoga teman teman nggak pada kabur duluan lihat judulnya yang sama sekali nggak menarik ini, hehe. Memang untuk orang Makassar blondo yang dihasilkan dari santan kelapa yang dimasak sampai berminyak dinamakan tai minyak. Nggak tau juga kenapa dinamakan demikian. Mungkin karena sama sama merupakan hasil akhir dari suatu proses ya ?? hihi Tapi terlepas dari namanya...kalau soal rasa jangan ditanya. Ueeenak, gurih, manis alami. Tanpa tambahan gula ataupun garam rasanya sudah kaya. Pokoknya teman teman yang sudah sering bikin blondo pasti bisa membayangkan rasanya. Nah apalagi kalau diolah dalam sambel. Dan sambelnya asli ulekan bukan hasil blender. Tambah lagi nikmatnya...! Sambel ini memang khas. Kalau daerah Bugis menamakannya sambal tai boka, hihi teteup beda beda tipis sama judulku ya. Dan biasa disantap dengan burasa. Burasa dicocol ke dalam sambel lalu dicocol lagi ke dalam bajabu atau abon ikan tongkol. Sedaaaaap...!! Bahan : - 750 ml santan dari 1 butir kelapa,

White Chocolate and Cashew Nut Cookies

Image
Lagi pengen bikin kukis tuk anak anak...aku buka-buka buku 'Illustrated Step By Step Baking' karya Caroline Bretherton ketemu resep white chocolate macademia nut cookies. Wah cakeeep kukisnya dan kayaknya nyoklat banget. Cuman di sini nggak ada macamia nut jadi aku tukar aja sama kacang mede. Jadi juga kok...dan yang pasti enaaaakk!! t akarannya menggunakan cup ukur ya. Bahan : - 150 gr dark chocolate, potong potong kecil - 3⁄4 cup tepung serba guna - 1⁄4 cup cokelat bubuk - 1⁄2 sdt baking powder - 1⁄4 sdt garam - 5 sdm unsalted butter, lembutkan - 1 cup light brown sugar (aku pake gula palem campur gula pasir blender) - 1 butir telur, kocok lepas - 1 sdt vanila extract (aku pake bubuk) - 1⁄3 cup macadamia nuts, cincang (aku pake mede) - 50 gr white chocolate, cincang kasar Cara membuat : Panaskan oven 350 F atau 180 C. Lelehkan dark coklat dengan cara ditim. Sisihkan. Ayak terigu, cokelat bubuk, daram dan baking powder. Dalam wadah, kocok butter dan

Not So Pretty Tiger Bread ...

Image
Aku langsung nggak bisa tenang habis jalan jalan ke blognya Deeba "Passionate about Baking" lihat tiger breadnya yang aduhaiiiii cantik tekstur toppingnya. Asal roti ini dari Belanda dengan nama Tijgerbrood atau Dutch Crunch Bread. Nggak sabar segera pengen buat juga. Sebenarnya ini tantangan terbaru dari group Daring Baker, tapi yah walaupun aku bukan anggotanya...nggak apa apa kan bikin juga. Itung itung belajar ilmu baru... Hasil jadi punya Deeba cantik tekstur toppingnya dan cantik juga warnanya. Malah sama sekali nggak mirip tiger lagi, kayak macan tutul atau leopard motifnya. Langsung jatuh cintrong aku! Tapi mengapa oh mengapa setelah aku praktek hasilnya beda yaaa... . Rotinya sih lembut tapi warna motifnya nggak keluar...malah yang jadi cokelat rotinya bukan toppingnya. Haisssh...patah hati aku. Sebelum dipanggang tekstur toppingnya dah jadi, ada cracknya juga...kayaknya masalah di waktu pemanggangan aja. Dan rak ovennya ternyata harus di taruh di rak t

Ongol Ongol Ubi Kayu

Image
Aku baru tau kalau ternyata nama kue ini ongol ongol. Dulu mama biasa bikin dan cuma menyebutnya kue ubi kayu kukus. Ternyata karena sering googling, baru ketahuan kalau namanya ongol ongol. Memang sih sama cara buatnya dan bahannya dengan ongol ongol. Bedanya ongol ongol biasa pake sagu sedangkan kali ini sagunya diganti dengan ubi kayu/singkong parut. Rasanya ya enaaaaklah, secara aku pecinta kue tradisional. Hubby juga sukaaaaa... Bahannya kemaren itu aku cuman pake kira-kira aja, tapi tetap ditimbang biar bisa dituliskan resepnya. Menurutku manisnya sudah pas. Tapi aku memang pecinta manis, jadi bagi yang gak terlalu suka manis bisa dikurangi gula merahnya. Bahan : - 500 gr singkong parut - 150 ml air - 250 gr gula merah - 2 lembar pandan - 1/4 sdt garam Bahan taburan (aduk rata dan kukus) : - 1/3 butir kelapa agak muda parut - garam secukupnya Cara membuat : Masak air, gula merah dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring. Tuang air gula mera

Prol Durian

Image
Ini sebenarnya hanya ide iseng iseng aja. Pengen coba modifikasi resep prol tape dengan mengganti tapenya dengan duren. Aku membayangkan kayaknya enak tuh. Legit legit dan wangi duren. Tekstur tape kan mirip dengan duren. Lagian aku udah punya stock duren yang aku aron bersama dengan gula pasir supaya tahan lama di freezer. Bentuknya kayak selai tapi lebih kental. Manisnya juga pas, not too overly sweet. Aku ikuti plek resepnya hanya mengganti tape dengan duren. Ternyata hasilnya...?? menurutku ya biasa biasa aja. Enak sih, teksturnya juga dah oke tapi menurutku nggak ada yang sangat istimewa. Nggak tau kalau susu diganti santan ya...mungkin bisa lebih gurih rasanya. Atau mungkin porsi margarin lelehnya bisa ditambah tuk mengurangi aroma telurnya. Mungkin juga harusnya aku kasih vanili... Di bawah ini resepnya ya, aku tuliskan buat para pecinta durian. Kalau aku emang nggak suka durian yang belum diolah. Sukanya kalau sudah dibuat kue, dicampur di dalam bubur dll. Bahan : - 300 g

Brownies Ketan Hitam

Image
Udah lama ngiler sama reviewnya temen temen blogger tentang kelezatan bronketem ini. Akhirnya kali ini berkesempatan bikin, kebetulan masih banyak stock tepung ketan hitamku. Resep aku lihat di Mbak Ricke "Ordinary Kitchen" . Mbak Ricke aja yang pengalamannya sudah tidak diragukan lagi di dunia perbakingan bilang bronketem ini enaaaak. Segeralah aku bikin juga dengan semangat 45 !! Resep aku tiru plek kecuali aku tidak menggunakan emulsifier. Kalau kemarin waktu bikin putu ayu resep tanpa emulsifier mengembang dengan indahnya, bronketemku kali ini tetap mengembang tapi bertekstur agak padat. Nggak tau juga kenapa...mungkin karena bronketem pake loyang besar dan tepung ketan hitam memang agak berat dari tepung terigu makanya kuenya nggak terlalu lembut. Kalo putu ayu kan cetakannya imut jadi sirkulasi panasnya maksimal...hmmm kayaknya sih *bingung sendiri* Eeeeiit...tapi kalo soal rasa, enak banget! hubby doyaaaaan. Katanya lebih enak dari brownies biasa. Kalo menurut

Cocktail Buns & Chocolate Hot Cross Bun...

Image
Hari ini aku praktek bikin cocktail buns atau roti isi kelapa snack khas Hongkong. Pertama dengar namanya aku pikir isiannya sosis...eh ternyata kelapa. Resep roti tetap pake punyaku tapi dengan metode Korean Bread yang menggunakan pasta ketan tuk melembutkan adonan. Aku terinspirasi dari buku Korean Bread kary a Koko Hidayat . Tapi yang aku contek hanya cara membuat adonan ketannya aja...karena resep beliau menggunakan bread improver...padahal justru yang itu yang aku hindari. Kalau memang pasta ketan tersebut tuk melembutkan adonan...untuk apalagi menggunakan bread improver kan??? jadi kita lihat saja hasilnya nanti. Apa benar benar lembut, atau lembutnya karena bantuan bread improver... Adonan ini aku bagi dua lalu yang satu aku tambahkan pasta cokelat dari 20 gr cokelat bubuk ditambah 3 sdm air hangat yang diaduk hingga menjadi pasta. Adonan coklatnya nanti aku bikin chocolate ala hot cross bun. Resep isian cocktail bunsnya dan toppingnya aku lihat di Fong's Kitchen. To