Monday 6 February 2012

Loaf Bread (Water Roux Method)

Breads (water roux method)


Dari review semua teman teman blogger yang udah pernah coba, memang metode water roux atau tangzhong ini yang paling juara. Sebelumnya juga aku udah pernah bikin wholemeal loaf bread. Lembutnya bertahan lama sampe berhari-hari. Nah kalo kita termasuk pecinta roti khas asia yang lembut...harus coba resep ini. Persis kayak yang di bakery bakery...bedanya ini gak pake pelembut, pemutih, pengembang dan bahan kimia lainnya.






Bread with cheese filling


Resep aku lihat di Vivian Pang Kitchen yang dari dulu resep-resepnya udah jadi favoritku. Resep aslinya dari Christines recipes tapi udah dimodifikasi sama Vivian karena terlalu lembek. Airnya dikurangi dari 125 ml jadi 110 ml. Aku ikutan Vivian aja yaa...resep aku kalikan dua karena aku mau membuat 2 buah roti tawar. Satu tuk bikin roti panggang buat besok, satunya tuk bikin roti garenteng (roti kering). Eh ternyata hasilnya lebih dari itu, aku malah bikin satu loyang roti sobek isi ayam dan beberapa buah roti isi keju melt.





Bahan Water Roux/ Tangzhong Starter :
- 100 gr tepung terigu protein tinggi

- 500 ml air


Bahan roti
(A) :

- 240 gr water roux starter

- 220 ml air/susu cair (aku pake susu cair)

- 110 gr gula pasir

- 10 gr garam


(B)
:
- 500 gr tepung terigu protein tinggi

- 200 gr tepung terigu protein sedang

- 15 gr susu bubuk

- 11 gr ragi instan


(C)
:
- 60 gr minyak/ butter (aku pake butter)


Cara membuat :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental seperti di gambar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali butter ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan butter lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sekitar 45 menit. Bagi adonan menjadi beberapa bagian tergantung mau dijadikan berapa roti. Aku membagi menjadi 1 bagian 500 gr, 1 bagian 400 gr untuk dijadikan roti tawar, dan sisanya aku bikin roti sobek isi ayam dalam loyang brownies. Masih ada sisa aku bikin roti isi keju dalam 4 cup. Untuk roti tawar, pipihkan dulu adonan menjadi persegi panjang lalu gulung memanjang seperti bolu dulung dan letakkan dalam loyang bersemir margarin.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Oles dengan telur atau susu evaporated lalu panggang sekitar 30 menit untuk roti tawar besar dan 20 menit untuk roti tawar kecil. Untuk roti sobek sekitar 15 sampai 20 menit. Untuk roti keju cup sekitar 15 menit. Semuanya dengan api 180 C.

115 comments:

Melani W said...

Wah, Mbak Hesty seharusnya buka bakery juga, roti2nya menggoda ^_^

Hesti HH. said...

Bakery??? hehe maybe someday Melani, doakan ya...dan makasih udah mampir ^^

Anonymous said...

Duuuhh.....mbak Hesti rajin banggets bikin rotinya. Seneng aku kalo mampir ke sini. Resepnya oke semua. Udah gitu dikasi foto dan penjelasan yang rinci. Btw, resep diatas nggak pake telur ya mbak ? Bisa awet empuk biarpun nggak pake telur ?

Rina Audie

Unknown said...

Wow! Your family bread consumption is quite a lot! Thanks for the link. Lovely bread you have :)
I have an award for you. Please claim it at my blog.Have a nice day!

Rita Puspita said...

wah....udah ada yg baru lg nih....br kemaren sempet nyoba bikin roti boy. tp blm sukses(slh baca resep)hehehe. bnyk resepnya mbak hesty yg mau sy cobain tp nunggu wkt yg nyantai biar sukses...

Sashy said...

Mba Hesti , maaf comentnya ngk nyambung sama postingannya .
Mba punya resep soes kering ngk mba , yg ada rasa kejunya... aku disuruh bikinin soes kering sama suamiku tp sama sekali belum pernah bikin jadi kalo mba Hesti ada resepnya mhon petunjuknya dong mba. Terimkasih

Hesti HH. said...

MBak Rina Audi : makasih Mbak Rina pujiannya *nyengar nyengir GeEr* hihihi. Iya MBak emang gak pake telor kok dan hasilnya lembut asalkan ngulennya lama sampe elastis. Sejujurnya aku sendiri nggak bisa menghasilkan adonan yg super elastis (kalo ditarik kelihatan membran tipis transparan) tapi yang penting udah lama ngulennya. HAsilnya lembut asalkan nggak overbake yg membuat roti menjadi kering. Ukuran roti yang diperhatikan. Semakin kecil rotinya semakin cepat ngovennya mbak.

Vivian Pang : I am the one who should thank you. I've been a fan of your great recipes especially bread and buns since quite a while. It's an honor you just dropping by and now you wanna give me an award...how cool is that?? Thanks again for sharing your recipes and for the award. I will claim it right away *wink*

Rita Puspita : semoga lain kali sukses ya roti boynya! practices make perfect...

Melani W said...

Iya Mbak Hesty buka bakery roti sehat tanpa pengawet, hehe
Saya doakan sukses selalu ya Mbak Hesty & Keluarga.
Oh ya, Selamat buat awardnya ^_^

Hesti HH. said...

Melani : amiiiin. Bener lho...memang pengen bikin yang sehat sehat aja. Jaman sekarang jajan di luar mengerikan *terlalu banyak nonton trans TV investigasi* hihi. Makasih banyak ya doanya Melani *terharu* hugs...

Hesti HH. said...

Sashy : ada kok...sama persis cuman bikinnya lebih mudah. Aku bikin bentuk stick. Tapi renyahnya gak bertahan lama kalo disimpan di suhu ruang. HArus selalu ditutup dalam wadah/toples. Enaaaak...dicoba deh! namanya cheese stick sus kering.

indah said...

mbak hesti... kalo setengah resep saja yg dicoba kira kira hasilnya sukses nggak yah....(maklum pemula takut gagal, thanks jawabannya ) semoga makin barokah karena rajin sharing ilmu di blognya.

Hesti HH. said...

Mbak Indah : Amiiin, makasih doanya ya. Justru aslinya emang setengah dari resep di atas mbak. TApi akunya aja yang bikin doble. Tuk persediaan hehe. Tapi kalo tuk percobaan pertama aku juga selalu mencoba setengah resep...biar kalo gagal nggak terlalu kecewa, tapi buat Mbak Indah...semoga berhasil ya bikin rotinya...

Silverlov3 said...

wooww keren banget deh mba hesti ini....ciamikkk rotinya coba deket pasti aku sering2 main deh heheheh

Hesti HH. said...

Makasiiih Mbak Silvi, iya nih kalo deketan pasti dapat jatah tetangga hehehe...

Yunita said...

salam kenal Mbak Hesti..suka sekali sama blognya, resep2 dan foto2nya very inspiring..Thx Mbak Hesti atas resep roti dg water roux methodnya, alhamdulillah berhasil mencontek dan mempraktekkan, rotinya enaaak sekalii empuuk tanpa obat pengempuk..^^
Ijin share resepnya ya Mbak..^^

Terus Berkarya Mbak Hesti..ditunggu postingan resep2nya yg luar biasa selanjutnya..^^

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak Yunita...makasih dah berkunjung.

Waaaah ikutan senang kalau resepnya sukses mbak...selamat ya, emang bikinnya agak ribet tapi hasilnya memuaskan ^^

Sari Kembang said...

Mba aq lg cb bwt roti ini,tp water rouxnya udh keburu mendidih pdhl msh bnyk grenjel2 nya,susah ya buat ancur smua gt....gmn tuh mba?skrg lg fermentasiin nh,smg hasilnya bagus ya mba

Hesti HH. said...

Semoga tetap jadi mbak. Kalau punya termometer suhu water rouxnya harus mencapai 60C saja. Sebelum dimasak, adonan water roux harus udah kelihatan halus, kalo belum sebaiknya disaring dulu mbak, dan sewaktu dimasak harus diaduk terus biar rata dan nggak muncul grindilan.

Kabarin ya hasilnya...

Sari Kembang said...

Hasilnya sukses mb even luarnya keras tp dlmnya ttp lembut :)
Trnyta aq slh water rouxnya air n terigu lgsg dimasak dikoor mestinya adk dlu y sblmnya :s

Hesti HH. said...

Artinya kelamaan manggangnya itu mbak kalau bagian luarnya keras. Tapi kan baru percobaan pertama, semoga kedua lebih sukses ya...

Sari Kembang said...

Tp mba pas adonan udh jd tuh hslnya lembek n nempel ditangan,trs ssaya tambahin tepung lg,mgkn kbnykn x ya tepungnya....:s?

Hesti HH. said...

Memang adonannya lembek kalau mau hasil lembut, tapi kalau lama dimixer atau diulen lama kelamaan kalis sendiri alias nggak nempel lagi di wadah (plastik) tapi emang masih agak lengket di tangan. Kalaupun mau ditambahkan sedikit saja...kalo kebanyakan ya jadi keras mbak...

molikakitchen said...

Mba hesti...salam kenal. Sukaaa sama semua postingannya, gbr2nya ciamik *acung jempol* Aku mo nyoba ah resep roti nya, ijin copas ya& do'a-in sukses ya mba *ganbatte*

Anonymous said...

Mba hesti, saya mau coba lagi nie resep rotinya tapi saya lihat ada resep roti mba hesti yang menggunakan water roux juga pakai telur...hasilnya lebih empuk yang mana ya mba...
satu lagi mba, klo nguleninnya pakai bosch (terinspirasi pas liat mba hesti pakai bosch juga :D) kira2 berapa lama ya mba..soalnya saya klo ngulenin kira2 15 menit tapi g pernah bisa sampai super elastis (mengkopy komen mba hesti :D)klo over ngeulenin nanti takutnya malah g bagus
Tks ya mba atas jawabanya
xixixixi jangan bosen ya mba..saya kan sering tanya2

-intan-

Hesti HH. said...

No problem mbak, sama sekali nggak bosan. Malahan senang kalo bisa bantu.

Sama empuknya mbak. Tapi ada perbedaan rasa sedikit antara pake telur dan nggak. Sama jg dgn kue yang banyak telur dan yg sedikit telurnya pasti beda. KAlau saya untuk roti manis suka yang pakai telur.

Saya jg nggak bisa kayak di majalah2 itu yg sampai super elastis kalau ditarik sampai transparan gitu. Yang jelas sudah halus, licin adonannya. Dan seperi ada gelembung gelembung kecil yang muncul di adonan (susah jelasinnya kalo nggak pake gambar). KAlau pake Bosch ya sekitar 10-15 menitanlah mbak. Hasilnya insyaAllah tetap lembut kok.

Anonymous said...

Mbak... rotinya gak pake telur yak???

Hesti HH. said...

Bener mbak...ini versi vegetarian hehe...

Anonymous said...

Mbak, saya mau coba bikin roti nih..minta bocoran dikit yaa :p
terigunya yg b*gasa** cakr* kembar benar kah? Lalu kl saya baca resep di blog vivian prosesnya dibagi2 mulai dr pencampuran water roux, air, gulgar baru bahan kering terakir yeast. Kl tdk salah mengerti, pd tahapan mbak Hesti semua bahan kering campur baru ditambah bahan basah. Apakah hasil akir tetap sama mbak? Krn lbh sederhana milik mbak Hesti, nMun sy takut saya yg salah baca. Mohon shRing nya ya mbak. Terima kasih bny sblmnya :)

Hesti HH. said...

Benar mbak terigunya itu. Saya udah sering bikin dengan caraku, lebih simpel dan hasilnya lembut juga mbak. Nggak masalah mau pake cara yang mana, dua duanya hasilnya tooooppp ^^

Anonymous said...

Udh aku coba mbak Hesti..sukses lhooo roti tawar perdanaku..not bad lah buat org dg kemampuan baking yg rata2 bgt kyak aku hehehehe..

Cm nanya 1 lg mbak, kl mau di bikin roti isi bgmn ya,mbak? Krn td adonannya aga lengket di tangan, jd kl di giles malah nempel ke roling pin ku :p

-ana-

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mbak, ikuutan senang. Semakin sering bikin semakin lincah dan lancar tangannya. Roti isi seperti roti lainnya. Kalau adonan lengket saya selalu menyiapkan margarin di dekatku tuk olesan tangan atau alasnya. Nggak masalah asalkan tipis tipis aja mbak. Kalo menggunakan rolling pin, adonannya ditaburin tepung sedikit atasnya biar nggak lengket mbak. Tipis saja tepungnya...

fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Wah jadi ngilerr nich, lihat roti manisnya yg maknyuss.Dan bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIKsalam kenal & semoga sukses selalu yach....

Anonymous said...

Salam kenal mbak Hesti...wah nice article dan selalu jadi referensi saya untuk semangat bikin roti. Yang ingin saya tanyakan, di resep Mbak Hesti pakai dua macam tepung terigu yaitu protein tinggi dan sedang, sedangkan milik Vivian Pang hanya pakai protein tinggi, apa ada alasan khusus mbak memakai 2 macam tepung? apa perbedaan dari hasil keduanya?
Terus ada adonan yang garam langsung dicampur dengan yeast tapi ada juga garam yang masukkannya bersamaan dengan butter..apa ada beda tujuan? saya pernah baca artikel kalo garam ga boleh ketemu ama yeast dulu krn bs mematikan yeast nya...mohon pencerahan..sukses selalu mbak..saya tunggu resep2 roti selanjutnya...makasih...

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak...makasih udah mampir.

Mengenai penggunaan 2 macam tepung menurutku sama sama enak mbak rasa rotinya. Yang beda di tekstur. Kalau full protein tinggi hasilnya tetap lembut tapi agak padet/empuk. Kalau dengan campuran protein sedang hasil rotinya lembut dan lebih ringan dikit. Teksturnya pun sedikit berongga. Ini berdasarkan pengalamanku lho mbak. Dan aku lebih senang tekstur yang kedua. Ini tergantung selera masing masing.

Bener kata mbak, garam itu menghambat kerja ragi jadi sebaiknya tidak langsung dicampur penggunaannya. Mentega/margarin+garam masuk terakhir. Tapi menghambat kan bukan berarti menghentikan kerja ragi...jadi tetap bisa ngembang tapi lama. Sejujurnya aku lebih suka dan sering menggunakan metode garam masuk terakkhir. Tapi memang ada beberapa resep yang menggunakan metode "campur semua". nggak masalah yang penting mana yang cocok dan berhasil buat kita itulah yang dipakai.

Dapurvita said...

Halo mbak hesti, salam kenal ya... aku suka banget mampir ke blog nya mbak. resepnya oke2 semua. aku udah coba bikin roti tawar pake resep ini. hasilnya lembuuut banget. makasih ya mbak resepnya....

Hesti HH. said...

Makasih mbak Vhita udah mampir dan kasih feedback ^^
Senang kalo resepnya berhasil dan hasilnya memuaskan.

hilda soni said...

Mbak hesti..salam kenal ya..aku suka banget sm blognya,bagus bgt..aku dah coba resep rotinya yang ini dan hasilnya lembuuut bgt..thanks ya mbak udah share resepnya :)

Hesti HH. said...

Alhamdulillah kalo sukses dan suka mbak. Makasih ya dah nyobain ^^

Kang Ainul said...

Hai Mbak hesti.... Salam kenal... Saya suka sekali dengan tips yang diberikan mbak hesti... Saya mau tanya nich tapi diluar topik ini.... "Untuk panggang roti itu oven yang baik yang gimana ya mbak... coz klo di rumah cuman oven biasa yang aq sendiri gak tau cara atur suhunya...???" Maklum masih Newby Mohon pencerahannya ya mbak dan thanks buat mbak hesti...

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak Nurma,

Untuk panggang roti sebenarnya oven apa saja yang penting panasnya bisa maksimal serta sirkulasinya bagus. Roti sama dengan kue susu butuh panas yang sangat tinggi supaya bisa mengembang sempurna, sekitar 375-400F atau 190-200C. Kalau cake dan kue kering kan gak terlalu tinggi. Kalau oven kecil sebaiknya masukkan satu loyang sekali masuk. Jangan langsung 2 loyang karena semakin lama matang dan manggangnya sehingga hasil roti agak kering. Kalau suhu panas, biasanya roti 10-15 menit dah matang kecoklatan mbak.

Arief Fitrian said...

salam kenal mbak hesti..
wah, pertama praktek pake water roux saya sempat stres karena pas nguleni gak kalis-kalis apalagi elastis n jadinya lembek. sy pikir kebanyakan air sampe akhirnya sy biarkaan aja adonan maunya seperti apa. pas proses proofing gak nyangka adonan mengembang bagus meski lengket. tancaap. dan akhirnya....hasilnya memuaskan seperti yg di gambar. thanx mbak resepnya.

Hesti HH. said...

Salam kenal mas Rarief...

Alhamdulillah kalo sukses. memang semua yg pernah mencoba bilang resepnya kok lembek. tapi sebenarnya semakin lama diulen semakin kalis akhirnya. Kalau tetep benyek bisa ditambah sedikit tepung. Sedikit saja agar roti tidak keras. Lalu diulen lagi sampai kalis. Tangan juga bisa dioles biar membentuknya mudah.

Sukses terus ngerotinya ya mas...

Anonymous said...

2 minggu lalu aku ikut kursus NCC membuat aneka roti goreng. Intinya sih ingin pemanasan biar agak pede nyobain resep mbak hesti ini... Duh, semoga bisaaaaa :)
Oia, mbak, buat water rouxnya, kalau aku nanti buatnya 1 resep water roux mbak hesti, tapi kayaknya di percobaan pertama cuma mau buat 1/2 resep aja rotinya (maklum mixerku imyuut..hehehehe..) Gimana ya cara simpen roux-nya? Bisa disimpen kan mbak? atau bikin stengah resep aja?
Maap pertanyaannya njlimet :D

Hesti HH. said...

setahuku masa simpannya cuma 3 hari di kulkas mbak. Itupun kalau pas mau dipakai baunya sudah berubah sebaiknya dibuang. Kalau mau bikin setengah resep, rouxnya juga setengah resep aja. Aku selalu begitu jadi satu kali pake langsung habis. Karena udah sering...menurutku bikinnya mudah dan cepat.

Anonymous said...

Mbak Hesti, boleh bertany kan??
1. Untuk roti tawarnya digulung kyk bolu gulung, kira2 smp berapa gulungan iyah?? Digulungny dipadatkankah gulungannya??? Aq liat di roto gandumnya dipotong pendek2 dimasukin k loyangnya??
Maaf iyah mbak, klo pertanyaanny ribet,
2 trs untuk roti sobekny, gmn bikinny iyah mbak,
Thanks berat mbak hesti
Big hug and kiskiskiskis
Lilis

Hesti HH. said...

sama sekali gak masalah kok mbak,

1. kalo nggak salah 4 gulungan mbak. kalau mau rotinya lebih ringan teksturnya nggak usah dipadatkan. tapi kalau butuh roti yang agak padat sebaiknya dipadatkan.
2. Untuk roti sobek seprti roti manis biasa yang diisi lalu dibulat bulatin lalu ditaruh di loyang brownies. Beri space untuk mengembang.

good luck yaaa...*big hug*

ella said...

salam mbak hesti

Mbak aku br pertama kali mau nyobain baking roti dan nemu resep mbak ini seneng bgt krn bahanny ngga susah dan kayakny gampang bikinny

Klo pake resep ini,bisa di buat jd roti manis dan roti asin jg kah? Mksdny biar skalian ngadon,bs nyobain bikin roti tawar,roti asin,roti manis. Hehehe.. Makaaih mbak :)

-Ella-
Bengkulu

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak Ella,

Boleh banget. Tinggal ditambah filling atau topping asin/manis. Karena rotinya manisnya sedeng aja kok. Aku jg kadang begitu. Nanti setelah jadi kalau mbak rasa ada yang perlu di rubah resepnya, takaran gulanya atau apa bisa aja.

Anonymous said...

Yihaa berhasil kak. Thanks resepnya yaa. Ternyata tak sesulit yg aku bayangkan. Bakal jadi resep fave keluarga nih. Hug, Sarah_Mami Joan

Hesti HH. said...

Ikut seneeeng mbak Sarah,

Betul...tiada yang paling menyenangkan selain bisa menyajikan makanan sehat buat keluarga. bebas bahan kimia dan tetap lembut ^^

Yoen Mintarsih said...

Mbak, ikut nyoba resepnya ya ..
Masih amatiran nih, mau belajar bikin roti. Mau nanya dulu, water roux nya itu sudah pas 1 resep ya ?
Oya Mbak, ada yang pakai konten blog ini. Coba tengok di :
http://youbeautifulisyou.blogspot.com/2012/02/loaf-bread-water-roux-method.html

Hesti HH. said...

Silahkan mbak Yoen,

Ini water rouxnya agak lebih mbak. Bisa pake separuh resep saja.

Vivi andri said...

Aku dah coba mbak. Seneng banget bisa jadi meski baru pertama bikin roti. Ini bisa dipake jd roti unyil kan mbak? Akhirnya dpt juga resep roti tanpa bahan tambahan kimia yg macem2 itu. Makasih mak Hesti.

nandangwuyung said...

Mbak, saya ijin copas resepnya yaaa.. aku tulis di blog nandangwuyung.blogspot.com :)
saya sudah praktekan (dengan setengah resep hehe). hasilnya empuukk, walaupun aku bikin kemaren siang, hari ini masih empuukk..
makasih :)

Anonymous said...

Slm kenal mbak hesty mo tny.kalo buay roti dg water roux method tapi tdk menggunakan mesin bgmn ya?

Anonymous said...

Hai Mba Hesti,salam kenal aku Fathi..
Makasih ya Mba Hesti uda bagi resep ini.Aku uda 2 x bikin roti dgn waterroux yg pakai telur.aku cuma bikin stengah resep,karna aku pk LG(lengan gede)hehe,biarpun ga sampai elastis tapi hasilnya empuk bgt.Pertama kali bikin aku pk susu cair,memang lebih lengket tapi jadinya lembut bgt,enaak.aku bikin 10gr rasa pisang keju.puas banget sama rasanya.Ga kalah sama Roti U*Y*L.lebih enak malah..hehe..Yg ke2 x pakai air dingin aja.Makasih ya Mba Hesti,minta izin coba resep lain ya..

salam
Fathi

Hesti HH. said...

@Vivi Andri : bleh dong mbak tapi waktu panggangnya dikurangi jadi 7-10 menitan aja ya...

@Nandang : silahkan mbak, seneng dengernya mbak. Semangat bakingnya yaaa

@Anonim : sama aja mbak, tapi diuleni dengan tangan dengan waktu yang lama sampai kalis elastis sekitar 30 menitan lebih...

@FAthi : alhamdulillah mbak kalau sukses bikinnya...semoga manfaat yaaa resepnya ^^

Yessi Dian Sari said...
This comment has been removed by the author.
Yessi Dian Sari said...

Dear Mbak Hesti,

Terima kasih sudah mau berbagi resep-resepnya. Saya izin contek ya...

Sekalian mau nanya. Saya sudah mencoba membuat roti dengan metoda water roux ini. Hasilnya adonan lambaaaaat sekali mengembang. Saya replace susu cair dengan air biasa suhu ruang dan garam langsung saya campur bersama bahan kering lainnya. Adonan baru mau mengembang setelah dibentuk. Apakah dua hal tadi penyebabnya, mbak? Mohon pencerahan.

Terima kasih,
Yessi

Anonymous said...

hai mbak hesti, mw tnya kalo bikin roti maryam pke metode water roux ini bs gak ya?soalnya sy sering bikin roti maryam trus klo roti nya uda dgn gt jdnya gak empuk, jd alot gt.. klo pke metode ini bs empuk gak ya?secara roti maryam kan gak pke ragi bikinnya... thx-ella

Nanik said...

Mbak Hesti... saya abis cobain bikin roti dengan metode ini. Nyontek dari Mbak sama persis, eh tapi tepung protein sedangnya saya ganti protein rendah karena lagi ga punya yang protein rendah. Takarannya sih dikurangi, protein tingginya ditambahin.Nguleninya pake hand mixer miyako campur ngulen manual pake tangan. Nggak sampe elastis banget siiih. Tapi udah lumayan kalow dilebarin nggak langsung robek. Masalahnya muncul pas dioven. Pake oven listrik kirin api atas bawah, suhunya udah tinggi, 200-an derajat celsius. Manasinnya udah lama juga. Nah, bagian bawahnya kok awet basah ya mbak? padaal tengah ke atas udah mateng. Kenapa yaaah? Teksturnya sih empuk mbak, tapi percobaan saya lebih sukses dengan soft bread NCC. Kira-kira masalahnya apa ya Mbak? Mbak Hesti tolong kasih pencerahan yaaa. Makasih sebelumnya, dan makasih bagi2 resepnya :))

Hesti HH. said...

@Yessi : waaa maaf mbak kalau hasilnya kurang memuaskan. Mengenai air diganti susu cair saya rasa nggak ada masalah. Cuma kalau garam masuk bersamaan memang lama ngembangnya karena garam menghambat kerja ragi. Bisa juga karena cuaca sedang dingin jadi roting malas naik ^^

@Ella : maaf mbak saya sendiri belum pernah coba jadi nggak ada ide juga. Tapi setahuku memang roti maryam begitu teksturnya. Nah walaupun nantinya pake metode water roux tp cara pemmbuatannya tetap mengikuti cara pembuatan roti maryam saya rasa hasilnya akan sama dengan yg tanpa water roux mbak

@Nanik : karena ni tipe roti lembut mbak jadi mungkin memang lebih lembab dari roti biasa. KAlau bawahnya kurang cokelat biasanya karena sirkulasi panasnya gak rata. Kalau say pakai api bawah saja mbak.

rachma esty said...

Slm knl mbk. Hari ini sy udah nyoba resepnya dg metode water roux ini. Alhamdulillah adonan enggak lembek. Sy bikin roti tawar semangka dan roti boy. Alhamdulillah empuk dan lembut bgt. Kpn2 mau nyoba bikin roti manis dg berbagai variasi btk dan isi. Makasih udah berbagi resepnya. Bener2 keren nih. Scr sy newbie di per-baking-an hehehe. Metode ini mmg mudah bgt dg bhn sederhana dan caranya yg gampang dipraktekkan tp hsl nya top markotop. Udah kayak baker2 pro hihih..

Hesti HH. said...

Makasih mbak udah praktekin resepnya, pasti keluarga senang banget mbak bisa bikinin roti lembut yang sehat ^^

Anonymous said...

Dear Mba Hesti, saya Motik. Saat ini kami sekeluarga sedang di rantau dan kangen banget makan roti yg lembut (disini juga ada cuman mahalnya mengalahkan rasa kangen itu sendiri hehehe....) Mau tanya, disini jenis tepung tidak dibedakan dari protein tinggi atau rendahnya. Jadi adanya yg plain, self raising, strong white bread dan whole wheat. Tolong sarannya Mba, pengen banget buat roti ini. Matur nuwun sebelumnya. Salam.

Hesti HH. said...

Untuk protein tinggi sama dengan strong white bread mbak...

Anonymous said...

oh...makasih banyak mba Hesti. Saya akan coba buat sekarang. Semoga berhasil. Nanti saya lapor hasilnya :) Motik

Anonymous said...

Mba Hesti :) lapor Mba, dah buat rotinya (aku isi sosis dan coklat keju). Senang Mba, karna anak2 suka. Dan my boy bilang: Hey Mum, it's exactly the same like the one we bought.....aduh Mba, melayang rasanya hehehe.....makasih banyak yah Mba :) btw, mau nanya yg tepung protein sedang....kira2 apa yah Mba? Pengen buat yg kayak Mba Hesti bilang diatas, berongga gitu....makasih yah Mba....salam. Motik

Unknown said...

Mbak Hesti, aku udah coba nih... empukkk, soft, fluffy *bahagianyaaa. Langsung pajang di fb ncc hihihi

Anonymous said...

Assalamualaikum mba hesti... saya udh buat. Tapi kenapa rasa aroma ragi nya menyegat banget kaya asem gitu. Kesalahanya dimana ya mba...padahal resep sesuai banget. Apa mimixernya kelamaan. Saya pake bosch...makasih mba hesti yg baikkk

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mbak, kalo sukses bikinnya. Ikutan bahagia ^^
Kalau protein sedang itu di Indonesia bisa merk segitiga biru atau kompas mbak

Hesti HH. said...

Alhamdulillah....makasih feedbacknya ya mba Vivie ^^

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, kalau aroma ragi yg menyengat bisa karena kebanyakan ragi atau maa fermentasi yang terlalu lama mbak, kalau saya gak terpatok waktu harus sejam atau lebih. Biasanya kalau udara di rumah panas cenderung cepat naiknya mbak jadi langsung dipanggang aja kalau udah mengembang 2x lipatnya...

Kalau mixer saya biasanya pake 10 menitan aja mbak boleh lebih dikit tapi jangan kelamaan. Saya jg pakai Bosch...

ratna said...

mb hesti....mw tanya donk.knp roti tawar yg kubuat siang tadi skrg ud keras y. pa krn g pk metode water roux?? tks mb :)

Hesti HH. said...

Waaaah kok bisa ya...padahal roti ini asli lembut asalkan sesuai resep. Apa ngulennya lama mbak?? walaupun pake metode ini ngulen dengan tangan atau mixer harus sampai lembut kalis elastis mbak ^^

Anonymous said...

Mbk hesti mau tny,kalo water roux yg pake telur resepnya yg mana? Makasih
Kiki di Surabaya

Unknown said...

MB hesti, salam kenal
Saya buat roti water roux setiap habis dipanggang hasilnya kering dlmnya lembut, tapi jika diinapkan semalam (buat malam) hasilnya roti alot dan dalamnya tembut agak kering.
Letak kesalahannya dimana ya, saya menguleni dengan tangan sampai jadi elastis dan kalis?

Hesti HH. said...

Saya posting dengan judul aneka roti asin mbak...

Hesti HH. said...

Apa mbak tambahkan terigu?? biasanya orang cenderung menambahkan tepung ketika adonan dirasa sangat lengket. padahal awalnya memang lengket, seiring lamanya waktu pengulenan adonan akan kalis sendiri tanpa penambahan tepung.

Bisa juga karena api oven kurang panas sewaktu memanggang. Untuk roti, panas oven sekitar 180-200C atau 375-400F sekitar 15 menit untuk ukuran roti yg standar dan 30 menit untuk roti tawar. Kalau kelamaan panggangnya, kelembaban roti akan hilang menghasilkan roti yang kering mbak...

Anonymous said...

Assalamu'alaikum mba hesty... salam kenal.. aku sdh lama mampir ke bloq mba hesty dan sdh sering praktek roti, kue dan kue nya hesty.. Rasanya enak-anak dan resepnya simple dan hasilnya memuaskan. hehehe.. makasih sdh berbagi... barakallahu yah mba.. ;)

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, salam kenal juga mba...alhamdulillah kalau cocok mbak dan makasih ya doanyaaa

Unknown said...

Mbak...bgmn resep roti maryam menggunakan mixer bosch, aduknya berapa menit?. Thanks Mbak...

Hesti HH. said...

Maaf mba saya belum pernah bikin roti maryam >,<

nani tandiana said...

salam kenal bu Hesti,saya sudah mencoba resep, tapi rotinya tdk mengembang rasanya kurang lembut, waktu mengaduk pakai mixer bosh 5 menit tapi roti nya agak panas,gimana ya caranya supaya jadi nya bisa mengembang bagus, trimakasih

Hesti HH. said...

Salam kenal mba Nani,

Kalau mixer kayaknya gak masalah mbak, mungkin saja raginya sudah tidak aktif makanya roti tidak mengembang. Ragi yang sudah dibuka harus ditutup rapat dan dimasukkan dalam wadah kedap udara. Atau bisa juga airnya kepanasan sehingga raginya mati mbak

Anonymous said...

Mbak hesti saya bikin kok atasnya jadi keras ya trus dalemnya agak basah kyak nggak mateng gitu padahal ngebake nya 30 menitan pake otang,trus atasnya saya oles pake skm ditambah air sedikit,kira kira apa masalahnya ya mbak...
Trima kasih

Anonymous said...

Mbak hesti saya bikin kok atasnya jadi keras ya trus dalemnya agak basah kyak nggak mateng gitu padahal ngebake nya 30 menitan pake otang,trus atasnya saya oles pake skm ditambah air sedikit,kira kira apa masalahnya ya mbak...
Trima kasih

Nani tandiana said...

Selamat pagi,mbak Hesti ,barusan saya bikin roti ,hasil roti tdk mengembang ,ragi sdh pakai yang baru ,saya bikin water roux nya pakai susu cair,adonan juga pakai susu cair ,adonan kalau ditarik sudah tranparan,jadi kesalahan letak nya dimana ?kenapa roti tdk bisa mengembang juga ,krn saya sering bikin roti tdk pernah bisa mengembang ,Terima kasih ,

Hesti HH. said...

@Anonim : artinya apinya kebesaran mba. Jadi bagian l;uar kering dan dalamnya masih basah, Oven kan beda beda...mgkn oven mba harus dikurangu panasnya dan ditambah waktu panggangnya.

@Nani : mungkin kebanyakan lemak mba, kan susu cair jg mengandung lemak. Water rouxnya pakai air putih saja. Water rouxnya juga jangan lupa disiamlan sampai dingin ya jangan panas panas karena raginya bisa mati.

rose said...

Mba..sy barusan bikin.pas proofing ke 2 hadilnya bagus bgt..naik tinggi.saya oben dgn api bawah..dan 5 menit terakir sy pindahin ke rak bawah..api bwh mayiin ganti api atas buat nyoklatin atasnya..tp jd amblek
ya...saya patah hati bgt..abis klo ga dipindahin rak langsung nyala api atas pasti gosyong..sy pke oven listrik..ga gitu tinggi ovennya

Hesti HH. said...

Artinya belum matang benar mba jadi belum kokoh. Ketika oven dibuka terjadi pergantian suhu mendadak makanya rotinya turun. Setidaknya untuk roti mini butuh waktu 10 menit untuk matang dan roti besar sekitar 20-30 menit mba. Kalau ngenyoklatin kan cuman sebentar karena atasnya aja.

ANITA said...

Halo mba, mau tanya, utk butter nya ngga perlu dicairkan dl ya? Susu/airnya apakah dlm kondisi hangat/biasa/dingin? Tks

ANITA said...

Oya mba, kl aku mau buat versi gandumnya dg resep ini, bs ngga ya mba? Sebagian tepung protein tingginya aku ganti tepung gandum gt? Mksh byk ya mba

Hesti HH. said...

Ngga perlu dilelehkan mba Anita...

Kalau cuaca lagi panas mba sebaiknya pakai air es supaya fermentasinya terkontrol ngga terlalu cepat naiknya dan berbau ragi. kalau cuaca dingin sebaiknya pakai air hangat mba supaya ngembangnya bisa maksimal....

ANITA said...

Halo mba..mau lapor hasil eksekusi nih hehe..td aku uda buat roti nya, tp sebagian tepung pro tinggi nya aku ganti dg tepung gandum. Aku buat setengah adonan, sebagian utk roti tawar, sebagian utk roti manis kecil2. Waktu mau dipanggang, roti tawar nya aku oles campuran telur dan susu, ko agak ambles sedikit ya mba? (Pernah juga bikin roti dg metode water roux dan kejadiannya sama)tp yg roti manis engga, itu kenapa ya mba? Oya, kayanya krn pake gandum, adonannya agak liat, jd aku tambah 2 sdm adonan water roux dr takaran mba di atas. Makasih buat resepnya ya mba. Bsk2 mau coba eksekusi lg krn adonan water roux nya msh sisa hehe

ANITA said...

Mbaaa aku lagiii hehe..jangan bosen yaa..uda 2x eksekusi, sukaaaa sama resepnya, rotinya empuukk, fluffy menul2 gitu..bakal jadi resep roti andalan nih mba..Makasih banyak yaaaa.. =)

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mba....senang dengarnya. Semoga cocok terus sama resep resepnya ya. Ditunggu praktekan berikutnya ^^

ANITA said...

Halo mba..aku uda beberapa kali nih bikin roti tawar gandum pake resep ini..awal2 ngga ada masalah, tp trus ko hampir selalu amblas ya mba si roti tawar, ngga bulat menjulang..waktu proofing oke, deket mau masuk oven aku buka lap penutupnya, ngga lama dia amblas, pas di oven semakin amblas, tp sisa adonan yg aku bikin roti kecil2 ngga ada masalah..kira2 kenapa ya mba, huhuhu..

Hesti HH. said...

Kenapa ya mbaaa saya jg bingung. Apa ngga over fermentasikah mba? biasanya kelamaan fermentasinya kalau amblas.

Ayu said...

Halo mba hesti
Aku agak bingung deh, itu water roux yg dipake cuma 240gr ya??berarti water rouxnya sisa ya??
Trus kalo mau bikin setengah resep, berarti water rouxnya juga setengah resep kan ya??

Makasih mba

Hesti HH. said...

Betul mba, kalau mau pas bisa dihitung aja sendiri mba takarannya...

Bunda Syauqiyya said...

Assalamualaikum..

Mbak Hesti, makasih resepnya. Sdh sy coba dan hasilnya empukkk pokoknya okee bangett.. Sy ikut share di blog saya ya mbak.. =)

annina said...

halooo mba Heati salam kenal yaaa, aku fans berat mba hesti byk resrpnya yg dicoba dan pasti sukses ��kemaren pas nemu artikel water roux di socmed dan cuuuss langsung nyari di mba hesti karna kupikir pasti ada hehehe daaaan benerrr crnya juga lebih mudah i loveeee mba hesti����*ga sabar mau bikin*

Hesti HH. said...

@Bunda Syauqiyya : alhamdulillah mba selamat ya dah berhasil bikinnyaaa

@Annina : salam kenal mba....makasih yaaaa semoga blognya manfaat. Happy baking ya semoga berhasil...

Anonymous said...

Hai,Mbak Hesti!
aku udah 5 kali nih buat roti pake resep ini. 2 kali pertama, pake resepnya Vivian, karena aku takut bikinnya kebanyakan. ke-3 dan seterusnya, buat pake resepnya Mbak Hesti. hihihihi.
Alhamdulillah dari pertama buat rotinya cepet banget habis. :D
setengah aku buat pake loyang muffin setengahnya lagi aku bulet2in terus dipanggang di loyang kue biasa (belum beli loyang roti). dan aku isi pake coklat, keju dan tumis daging cincang. Terima kasih ya,Mbaaakk :)

Anonymous said...

Oia, lupa mau info, untuk tepung, seluruhnya aku pake tepung protein tinggi dan untuk mencairkan water roux aku pake susu UHT. 4 kali pertama aku buat pake margarin, yang terakhir aku nyobain pake roy*l p*lmi* yang margarine-butter karena kemarin beli pas lagi ada promo di mini-market dekat rumah. Hasilnya paling lembut yg pake RPM. hehehe.

Hesti HH. said...

Waaaaaaa makasih masukannya mba, semoga saya juga bisa praktekkan versi mbaaaaa

ANITA said...

Halo mba..maaf mau tanya, mba hesti menggunakan loyang ukuran berapa utk roti tawar yg 500 dan 400 gr? Tks

Hesti HH. said...

Saya lupa mba...tapi loyangku loang loaf roti tawar standar kok

Anonymous said...

Mba Hesty, saya 2 x bikin roti dengan metode water roux, hasil nya ga diragukan lg, super lembut. Montok dan menul2 pas jadi. Tp kenapa ya mba, begitu dingin roti nya jd kecil, seukuran waktu baru mau di timbang (40 gr). Dua x bikin sama begitu. Dimana salah nya ya mba... ? Pengen bikin roti seperti mba Hesty, cantiik2, kayak di bakery2 topp.

Unknown said...

mba hesti aku wutt salam kenal ... resep2nya top deh. Aq coba roti tawar water rouxnya bener2 lembut meski tanpa telor...mksh mba hesti.. :)

Hesti HH. said...

@Anonim : alhamdulillah mbaaaaa...ikut senang dengarnya. Kalau roti yang menciut bisa saja karena kelamaan fermentasi mba. Biasanya suhu kan beda beda mba, kalau di rumah mba hawanya agak panas mungkin fermentasinya berjalan cepat jadi ngga harus satu jam yang penting udah naik 2x lipat langsung dipanggang aja mba. Dan kalau rotinya ukurannya besar harus lebih lama panggangnya karena kalau ngga dalamnya belum betul betul kering sehingga sewaktu keluar dari oven dan terjadi perubahan suhu rotinya mingpes mba.

@Wuty : waaaaah alhamdulillah, makasih ya mba testimoninyaaaa

Anonymous said...

Mbak,resep ini bisa untuk roti sisir ya? Anak saya suka banget roti sisir...😊
Tq. Sandra.

Hesti HH. said...

Bisa bangeeet mbaaa

nikolay said...

Hi mbak Hesti

Wah jago bgt mbak bikin rotinya.oya mbak ak mau tny nih ttg water roux dan tepung

1)mbak klo mau pake metode water roux pd resep non water roux/standar
Itu takaran tepung dan air nya di resep standar di kurangi utk water roux atau takaran tepung dan air ny sesuai resep standar kmd utk water roux bikin takaran 1÷5 shg total jumlah tepung dan air melebihi resep?

2)klo resep dgn tepung tinggi protein semua bahanya.klo mau diubah pake kombinasi tepung tinggi dan rendah gimana rumusny?kmd jd brp tepung tinggi banding brp tepung sedang?

3)klo metode water roux ini bisa di pake utk oven listrik smcm s*gn*r*?

4)mbakny pake ny oven listrik ato gas?kmd merk dan seri ny apa?

Terima kasih

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...