Behind the Scene

Dear friends....welcome to my blog...
Halaman ini berisi tentang cerita di balik layar per'kue'anku. Kalau lihat resep-resep or gambar-gambar kue kan taunya jadinya aja...gak tau prosesnya atau gimana bikinnya serta perlengkapan apa yang digunakan untuk menciptakan kue atau makanan tersebut. Nah...di ini dia tempatku bertempur....


Rumahku ini imut banget, jadi dapurnya juga imut. Maklumlah tinggal di kompleks perumahan karyawan. Ini juga alhamdulillah sekali karena fasilitasnya termasuk lengkap. Terutama dalam masak memasak and per'baking'an. Tuh,...kelihatan kan kompor yang kupakai sehari-hari yang berperan dalam terciptanya kue-kueku.



Yang paling penting adalah kestabilan panas kompor. Dan yang terbaik adalah oven yang memiliki api atas dan bawah sekaligus. Jadi kalau mau membuat kue yang membutuhkan api atas seperti lapis legit atau melehkan topping pizza lebih mudah (lihat gambar di atas).


Ini dia si kecilku sedang beraksi membantu bunda...
Nah yang di bawah ini ruang makan kecilku yang biasa berfungsi sebagai tempatku menghias and menebar kue yang baru dipanggang. Oooh...iya dan tempat si kakak mencicipi hasil karya bunda....hihihi....peace....!



Gagdet Dapur

Pisau, Cutter dan Loyang
Yang di bawah ini adalah peralatan berperangku yang paling penting dan harus ada. Termasuk gelas ukur, sendok ukur, peeler, talenan, aneka talam, pastry roller, pisau, baskom dan masih banyak lagi yang lain. Ini yang intinya aje...can't live without them..







Mixer
Alhamdulillah akhirnya aku bisa beli Bosch juga. Kemarin-marin bingung menentukan antara Kitchen Aid dan Bosch. Secara harganya gak jauh beda. Beda 300 ribu aja sama KA artisan. Tapi wanti-wanti suami di Sulawesi gak ada spare part KA, jadi kalo ada apa-apa susah nantinya. Padahal aku dah ngiler sama KA artisan yang warna merah. Tapi hasil googling internet performa KA VS Bosch dua-duanya punya kelemahan. Kalo Bosch kuat mesinnya apalagi tuk bikin roti, tapi bentuk mangkoknya ngga efisien. Karena bentuknya kayak donat jadi agak susah nengaduk adonan. Sedangkan KA, selain cantik modelnya bagus juga tuk bikin adonan cake, mengocok whip. Tapi kalo untuk roti ngga terlalu kuat. Dan karena aku paling senang bikin roti aku memilih Bosch. Dari dulu aku kalo bikin roti pake acara banting-banting. Sampai gempor niiiy tangan..hehehe.



Food Processor
Di bawah ini Food Processor Philip kesayanganku. Pokoknya multifungsi deh...dilengkapi dengan 4 mata parut.
Gagdet ini sangat berguna tuk mencincang kacang, mencincang daging tuk bakso or siomay, memproses adonan kue dan bikin kulit pie. Dilengkapi dengan blender dengan saringan, bisa untuk ngejus dan memarut sekaligus memeras kelapa jadi kalo gak sempat beli santan beli aja kelapanya lalu diparut di blender. Efisien kan...??



Ini contohnya kalo dipake mencincang bawang bombay menjadi halus (tuk burger). Bisa juga yang agak kasar tinggal pilih pulsenya aja.

Kertas Baking
Di bawah ini ada beberapa bahan alas yang biasa digunakan dalam perbakingan.



Baking paper/kertas roti
Biasa dipakai sebagai alas loyang agar mudah melepaskan kue dari loyangnya. Bisa juga dipakai untuk menggulung sekaligus memmbungkus bolu gulung.



Silpat
Silpat ini sangat membantu dalam memanggang kue, seperti macaron, kue kering, dsb. Hasil panggangan tidak akan melekat pada loyang. Bahannya adalah silicon. Keuntungannya adalah dapat digunting sesuai ukuran loyang dan dapat dipakai berulang-ulang. Untuk membersihkannya cukup lap dengan kain basah yang hangat. Keringkan, lau simpan kembali dalam keadaan tergulung.



Wax Paper
Kertas ini adalah kertas khusus yang telah dilapisi dengan wax atau lilin. Dapat dipakai memanggang tapi hanya yang bersuhu rendah. Bisa juga sebagai kertas untuk menyimpan makanan karena tahan air.



Alumunium Foil
Alumunium foil sering dipakai untuk memanggang atau mengukus. Seperti memanggang ikan atau mengukus rolade. Bisa juga dijadikan sebagai wadah penyimpanan makanan. Pada pembuatan cheesecake biasa dipakai untuk mengalasi loyang spring form agar air (cara au bain marie) tidak merembes ke dalam adonan kue.



Work Mat
Alas ini terbuat dari bahan silikon. Sangat cocok dipakai sebagai alas untuk menggilas adonan dalam pembuatan pai atau kukis potong karena sudah memiliki pola. Adonan juga tidak akan melengket pada mat.




Bahan Kue 
Di bawah ini beberapa bahan kue yang terdiri dari krim, keju, mentega dan margarin yang biasa digunakan dalam per 'baking' an...


Berikutnya adalah jenis-jenis coklat yang sering digunakan..



Related Posts with Thumbnails