Kamis, 25 Agustus 2011

Puding Cokelat ala KFC


Naaaaah...akhirnya resep yang udah lama kucari ketemu juga di blognya temenku Bunda Echi alias Yessi. Resep ini aslinya pemberian temanku Imelda. Tapi resepnya nggak tau tercecer di mana. Ehhh blogwalking ke blognya Yessi, sahabatku yang udah pindah ke Palembang ... alhamdulillah ketemu lagi. Makasih ya Yes...makasih juga buat Imelda yang udah share resepnya.

Cocoknya puding ini disajikan dalam gelas puding. Tapi berhubung aku nggak punya jadi aku tuang di dalam loyang agar aja. Kalo rasanya seperti puding cokelat biasa...tapi yang unik adalah vlanya, karena rasanya mirip dengan puding cokelat punya KFC. Ternyata rahasianya adalah penggunaan susu evaporated F&N...walaupun nggak pake kuning telur rasanya tetap enak. Resep di bawah ini udah aku modifikasi ya...

Bahan puding :
- 1 bungkus agar-agar plain
- 1/2 kaleng susu kental manis cokelat
- 1 sdm cokelat bubuk (aku pake Valrhona)
- 150 gr gula pasir (atau tambah sesuai selera)
- 1/2 sdt garam
- 1200 ml air (boleh diganti susu cair)

Bahan Vla Susu :
- 1 kaleng susu evaporated F&N
- 200 ml susu ultra plain
- 6 sdm gula pasir
- 2 sdt tepung custard + 2 sdt maizena
- 1/2 sdt vanili

Cara membuat:
  1. Puding : campur semua bahan agar kecuali gula dan garam. Aduk-aduk. Saring. Tuang ke dalam panci.
  2. Tambahkan gula pasir dan garam. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Tuang ke dalam cetakan cup puding.
  3. Vla susu : campur semua bahan sampai rata dan tidak bergerindil. Kalo perlu saring sebelum ditambahkan gula.
  4. Masak di kompor sampai meletup-letup. Angkat.
  5. Sajikan puding dingin dengan vlanya.

Sebelum diberi vla


Sesudah make over...cantik ya...^^

61 komentar:

yessi mengatakan...

aloooooo mba...dah jadi ya puding ya, sorry kmren daku minta tolong abiy najla yg jawab komen nya di blog..biss lg rempong sm orderan kuker...
pastinya endaaang yah mba,,hasil foto nya pun wokeeeh bngd...

Hesti HH. mengatakan...

Waaah Bun, sukseees terus ya bisnisnya. Semoga lancar and diberi kesehatan tuk selalu mengerjakan hobbynya.

Ooooh itu abiy yang jawab ya...hehehe..kirain Yessi beneeer...

Iyalah enak, makasih buanyaaak ya resepnya Yess...ditunggu resep-resep maknyus berikutnya...

Kris Ngoei mengatakan...

Selamat Idul Fitri! Hope you have a great celebration with your family and friends...

This chocolate pudding is delicious... KFC? Why we don't have it in KFC here? :-)

Hesti HH. mengatakan...

Thank you for the wishes Kris...that's so sweet of you...

Yes it is delicious. It's simple to make and has a very light texture. It's like a silk pudding that taste so smooth cause it contains lots of liquids. In KFC...they serve it in a plastic cup. Too bad you don't have it there...some country has different KFC desserts maybe?

Novi mengatakan...

Dear mbar Hesti...

Mau nanya nich... menurut lidah mbak apakah puding ini gak kemanisan??? pengen bikin tapi takut kemanisan karena penggunaan susu kental manis + gula pasir... gak suka yang manis soalnya...
Mohon pencerahannya mbak... Maksih... :)

Hesti HH. mengatakan...

Nggak kok Nov...karena airnya jg banyak. Sedangkan agar-agar aja di kemasannya untuk 900 ml air gulanya 200 gr.

Tapi bisa jg diakalin kok. Pas agarnya direbus, gak usah tuang semua gulanya. Cicip aja lalu tambah kalo kurang. Gimanaaaa....?

Novi mengatakan...

Duch... Thank you mbak Hesti....
Makin cinta dech ma blog ini... :)

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiiih...^^

miss.kembang mengatakan...

Mba kl ga pnya susu evaporated bs diganti susu apa ya?makasih

Hesti HH. mengatakan...

Bisa diganti susu cair biasa tapi rasanya jadi nggak khas lagi. Seperti vla puding biasa...

Anonim mengatakan...

Halo mba, seneng banget nemu resep ini.. Soalnya suka sama pudding nya KFC juga sih. Kemaren udah nyoba si, tapi hasilnya kemanisan semua..hahahaha. Soalnya yg air 1200ml itu saya pakai SKM dilarutkan air, gulanya sih sudah dikurangi.. Tapi kelupaan ternyata kan pake SKM coklat juga. Btw rasanya enak banget mba. Oiya kalo vla susu nya itu biar ga terlalu kental yg dikurangi maizena/custard nya mba? Habis masuk kulkas jd kental banget. Thanx mba Hesti ^^

-imelda-

Hesti HH. mengatakan...

iya mbak, bisa dikira kira sendiri derajat kemanisannya. Bener...kalo mau vla agak encer dikurangi aja tepungnya...

Nandya mengatakan...

dear Hesti...kalau air/susunya 1200 ml apa ga lembek ya pudingnya? secara cuma 1 bungkus agar2nya. tolong pencerahannya ya....tks..

Hesti HH. mengatakan...

Ini memang tipe puding sutra mbak, yang makannya harus disendokin karena lembut. Coba deh dibikin nanti mbak bisa tau maksudku...^^

Ummu Auliya mengatakan...

Waaah... nemu! alhamdulillah... nyari di mana sih ya skm F&N itu, di giant gitu ada gak? kalo di deket rumah adanya Carnation, bakal beda ya rasanya?

Hesti HH. mengatakan...

Biasanya ada dimana mana kok mbak. Aku aja di daerah terpencil ini ada. Di sini gak ada giant, gak ada alfamart sekalipun. Bisa pakai carnation asalkan bukan kental manis, tertulis evaporated milk/susu evaporasi.

Anonim mengatakan...

mba hesti aku ijin kopas boleh ngga?

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbaakk...

yani unus mengatakan...

assalamualaikum..mba hesti, ay dah buat puding ini...enak yah...mirip bner sm puding kfc...hehe sukaaa... tapi mba, kq vla sy agak kasar ya...g halus gitu, msh bergerindi kl di makan... itu knp yah mba... mksih resep nya mba hesti ^^

yani unus mengatakan...

assalamualikum mbak hestiii, sy dah buat resep pudingnya....miripp ya sm puding kfc..sukaaaa.... tp mba, vla sy kq masih berasa kasar ya... g lembut, msh terasa bergerindi gitu kl di makan... utk pudingnya rasanya sdh sama kayak pnya kfc...hehe... makasih mba resep nya ^^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikum salam Mbak Yani,

Alhamdulillah kalau sukaaaa...rahasia supaya gak bergerindil sewaktu dimasak di atas kompor harus sambil diaduk. Semakin mengental (dekat mendidih) semakin kencang ngaduknya paling bagus pake sendok kayu. Memang awalnya terlihat bergerindil tapi lama kelamaan jadi licin. Trust me...

yani unus mengatakan...

ohh gituu ya mbak...sip sipp syukron y tips nya... hehe... eh iya, sy udah coba bownies kukus coklat Ny.Liem....hoalaahhhh ueennakkkk tenan mbak hes.... top deh blog mbak :) :*

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mbak,

Alhamdulillah mbak brownisnya sukses. Cobain resep yg lain lagi ya ^^

pinkan mengatakan...

mba hesti..klo resep ini bisa jd brp cup ya?

Hesti HH. mengatakan...

Saya belum pernah bikin di cup mbak, tapi mungkin bisa sekitar 20an.

simple kitchen mengatakan...

mbak hesti mohon ijin kasi link ke blognya ya....

ati adam mengatakan...

Mbak, aku pengunjung setia blog mbak, blognya luar biasa dan fotonya baguuuuuus banget. Mbak aku ijin copas resepnya ya, yang udah aku praktekin dan aku modifikasi sedikit. Thank ya mbak...

Hesti HH. mengatakan...

@simple kitchen : silahkan mbak...

@Ati Adam : Makasih mbak pujiannya. Silahkan dicopy mbak...

Anonim mengatakan...

mbak hesti kalo tepung custard bisa diskip ga ? biasanya mbak pake merk apa?terima kasih sebelmnya

Anonim mengatakan...

Ass..salam kenal mbak hesti..saya ud cb resepny enak, tp ad yang m saya tanyakn, kmrn pas bikin itu krn ga ad coklt bubuk saya ganti coklat blok, trus waktu ud dingin kenapa jd dua lapis ya?maksudnya agar2 di dasar cetakan kl susu n coklatny jd d atas? Kr2 saya salah dmana ya mbak?mhn penjelasan,trimakash..

Anonim mengatakan...

mbak salam kenal.. mau tanya yang 1200 ml tertulis air atau susu cair.. nah sepengalaman mbak enakan mana hehehe makasi ya mbak

Hesti HH. mengatakan...

Kalau enakan yang pastinya enakan yg pake susu cair ya mbak tapi sebenarnya rasa susu udah dicover sama susu kental manisnya jadi walaupun pake air tetep enak, lagian vlanya juga susu lagi takutnya blenek aja...kalau dimakan tanpa vla emang cocok yg pake susu.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Saya juga sebenarnya kurang mengerti mbak. Tapi mungkin saja mbak kelamaan biarkan adonannya mendidih di atas kompor jadi susunya misah. Mirip seperti santan kalau nggak diaduk terus dan lama mendidih di atas kompor biasanya misah...

Anonim mengatakan...

Slm kenal mba.. Mau tanya nih.. Tepung custard itu buat apa ya mba, boleh di skip gak ?? Mksih atas jwban nya ^_^

Anonim mengatakan...

aku cari2 susu evaporated F&N dmn yah adanya? aku cari2 s alfa atau supermarket qo ga ada? pdhal pnasaran bgtz niieh jdinya gmn? tolong mba d kasi tau..?

Anonim mengatakan...

mbak susu evaporated ny susah bnget nyari ny nih,kl ganti sm susu cair aja gmna mbak?trus brapa tkaran ny kl pkai susu cair?

Anonim mengatakan...

mbak,maksutnya agar2 plain tuh apa?apa sama seperti agar2 biasa?or ada ukuran tersendiri?btw aq bikin fla nya.....uenak bgt ^o^

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : tepung custard itu tepung maizena yang sudah ada campurannya seperti vanili dan pewarna. Tidak bisa diskip tp bisa digantikan dengan maizena cuman beda di rasa dan warna.

@anonim : susu evaporated nggak harus F&N mbak ada jg merk carnation dan lain lain. Nggak bisa digantikan karena beda rasanya. Kalau mau diganti susu cair bisa tapi rasanya udah gak kayak puding KFC lagi.

@anonim : takarannya sama aja.

@anonim : agar agar plain itu artinya yg tanpa rasa alias bening mbak...
alhamdulillah kalau suka vlanya ^^

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum bunda hes.. mau tanya niy..bisa tolong jelasin ukuran dalam ml masing2 susu kental manisnya?? Soalnya saya tnggal d luar dan kayaknya susu kental manis d sini kalengnya lebih besar makasihh

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam...

DI sini satu kaleng SKM 385 ml mbak...jadi yang digunakan separuhnya...kalau susu evaporatednya kalengnya lebih tinggi dari SKM mbak...maaf saya nggak bisa ukur krn lagi nggak punya...

Santi Nau mengatakan...

Assalamu'alaikum bunda hesti, salam kenal.
Saya baru aja selesai bikin vla nya, pudingnya saya bikin tadi siang. Enak banget bunda, pudingnya lembut, vlanya juga enak. Tapi vlanya saya kurangi gulanya soalnya suami gak terlalu suka manis. Seneng deh 1 rumah suka. Makasih bunda resepnya.

Anonim mengatakan...

wah... denger komentar2 disini sepertinya wajib dicoba nih resepnya.. Udah ga sabar nunggu hari libur..

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Alhamdulillah mbak kalau cocok sama resepnya, makasih yaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Ngga sabar j nunggu hasilnya, good luck ya mbaaakk...

Anonim mengatakan...

mbak hesti aq dah praktekkan neh
tinggal tunggu padat dan dimakan
cmn ga nemu merk coklat bubuk yg dipake ama mbak
aq pake van houten akhirnya
smg enak deh sama kyk bikinan mbak hesti
aq mau jual dikantor mbak
lumayan bt tmbhn tabungan kan
hehehehhe
makasih ya mbak resepnya.......

Rahma Tanjung Kartika mengatakan...

salam kenal mb hesti...
saya lg cari2 resep puding kfc dan nyangkut disini,hehehe...
ceritanya besok sabtu dapet pr untuk bikin puding ini untuk tmn2 TK nya Azzam(anak sy)...
bikinnya sekitar 50 cups...
berarti kira2 butuh berapa resep bikinya mb?
terimakasih sebelumnya...izin follow blognya ^_^

Rahma Tanjung Kartika mengatakan...

Assalamualaikum..
salam kenal mbak hesti...

saya lg browsing resep puding kfc dan nyangkut di blog mbak ini... hehehe...

kebetulan besok sabtu dapet PR untuk bikin puding ini sebanyak 50 cups...

kira2 untuk bikin 50 cups ini butuh berapa resep membuatnya yah??

terimakasih sebelumnya...
wassalamualaikum..

Ardina Dwi Utari mengatakan...

Mbak hesti,saya sdh bkin sesuai resep tp kok puding saya mlh ada 2lapisan: bening-coklat pekat ya?dan msh belum lembut,msh kyk agar2 dhl airnya sdh 1200cc.mohon bantuannya.terima kasih.wassalamua'laikum wr.wb

Ardina Dwi Utari mengatakan...

Mbak hesti,saya sdh bkin sesuai resep tp kok puding saya mlh ada 2lapisan: bening-coklat pekat ya?dan msh belum lembut,msh kyk agar2 dhl airnya sdh 1200cc.mohon bantuannya.terima kasih.wassalamua'laikum wr.wb

Ardina Dwi Utari mengatakan...

Mbak hesti,saya sdh bkin sesuai resep tp kok puding saya mlh ada 2lapisan: bening-coklat pekat ya?dan msh belum lembut,msh kyk agar2 dhl airnya sdh 1200cc.mohon bantuannya.terima kasih.wassalamua'laikum wr.wb

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mbak, semoga suka ya

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Kayaknya untuk 50 cup bisa satu setengah atau dua resep mbak. maaf aku juga lupa persisnya krn udah lama gak bikin lagi

Hesti HH. mengatakan...

Kalau dimasak sambil diaduk mbak, begitu mendidih langsung angkat. Jangan kelamaan mendidih di kompornya karena lemak dan airnya berpisah kayak santan.

Atika Ayu Kusumaningtyas mengatakan...

Assalamu'alaikum mbak Hesti,
semisal saya ingin membuat rasa yang berbeda gmn yaa mbak?misal strawberry, vanila atau jeruk, bisa dicampur pureenya atau menggunakan essens?matursuwun

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Kalau puding memang sehat kalo pake yg fresh mbak apalagi pure,, tp pengalaman saya anak anak lebih suka rasa tanpa buah asli. Biasanya saya pake yang udah ada rasanya Kayak puding yogurt strawberry yg dibuat dari campuran agar dan jelly yogurt. vlanya tetap bisa dipake kok...

Anonim mengatakan...

Mba hestyy... Kmrn ak nyontek resepnya.. Xixixi.. Ak buat tuk pondokan acara syukuran ponakan dirmh.. Alhamdulillah.. Semua sukaaa.. *jingkrakjingkrak..
Tengkyuuu ya mbaaa..

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalo cocok sama resepnya mbak, makasih yaaaa

Anonim mengatakan...

Dear mba hesty, kl coklat bubuk diganti pasta coklat gmn enak ga yaaa.. hehe ga punya coklat bubuk..

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja mbak tapi beda dikit hasilnya. Karena cairan agarnya lumayan banyak jadi supaya cokelat hasilnya harus pake banyak pasta. Rasanya agak beda lho, entar pahit ^^

ulfa mengatakan...

Salam kenal mbak hesti, saya pertama kali nyoba bikin puding pki resep mbak hesti ini, tapi setelah di praktekin kok flanya jadi kental sekali, kayak bubur sumsum, susah naruh di cupnya. Kira2 kenapa ya mbak apakah kelamaan proses masaknya, padahal enak jadi bingung harus diapain. Makasih sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Ulfa, dikurangi aja takaran tepungnya mbak. Kalo saya dan teman teman nyobain biasanya dah pas. Tapi mgkn jenis merk tepung beda jg kandungan airnya jadi lain kali dikurangi aja mbak.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails