Selasa, 16 Agustus 2011

Puding Roti


Puding ini beda dengan bread puding ala western. Dimana teksturnya ringan dan fluffy. Kalau puding versi ini hasil akhirnya agak padat dan legit. Cocok dijadikan sebagai kue potong. Enak dan gurih dari santan serta tampangnya yang cantik perpaduan dari gabungan roti dan kulitnya yang disusun sedemikian rupa hingga kelihatan lapisannya.



Bahan :
- 1 buah roti tawar
- 4 butir telur
- 2 sdm susu kental manis
- 400 gr gula pasir
- 1 sdm margarine, lelehkan
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 700 ml santan kanil dari satu butir kelapa
- kayu manis bubuk secukupnya

Topping :
- 1 bungkus agar bening
- 1 butir telur
- 600 ml santan encer
- 100 gr gula pasir

Cara membuat :
  1. Cabik-cabik roti. Sisihkan kulitnya yang berwarna cokelat.
  2. Campur roti, santan, telur, gula, garam, susu kental manis, dan margarine leleh. Aduk menggunakan tangan hingga adonan menjadi halus.
  3. Tuang di 2 buah talam berukuran 20 cm. Tata kulit di permukaan adonan roti. Beri ayakan kayu manis sedikit saja.
  4. Panggang di dalam kukusan selama kurang lebih 30 menit atau ketika ditusuk adonan sudah tidak melengket lagi.
  5. Angkat, sisihkan.
  6. Masak agar, gula dan air sampai mendidih. Masukkan kocokan telur sambil diaduk terus sampai berserabut. Angkat dari api.
  7. Penyelesaian: tusuk-tusuk adonan roti dengan garpu. Siram cairan agar-agar. Dinginkan.
  8. Simpan dalam lemari pendingin.

14 komentar:

Rina Audie mengatakan...

Mbak, pudingnya ini dikukus atau dipanggang ? Point no 4 bikin bingung "Panggang dalam kukusan...."

Hesti HH. mengatakan...

Hehe maaf lagi error. Dikukus mbak Rina...

Anonim mengatakan...

mbak rotinya 1 maksudnya 1lembar atau 1bungkus?berapa gram(biar akurat)?trms.

Hesti HH. mengatakan...

1 buah mbak, bukan satu lembar hehe. Sama dengan satu bungkus...udah lama nggak sempat nimbang mbak, maaf ya...

Dapoer-Mocca mengatakan...

Hhhmm rotinya pake merk apa ya mb hesti, biar aq bs beli pastinya.. Soalnya ini puding favorite my hubby buangeeettttt.. Tp kalo di tambah pisang takaran apa yg harus sy rubah ya mbk?

Hesti HH. mengatakan...

maaf mbak di sini nggak ada merknya karena langsung dibuat di supermarket tempatku beli (bukan bakery), kalau ditambah pisang mungkin dikurangi rotinya dikit atau nggak usah dikurang sama sekali, melainkan bahan lainnya yg ditamnbah secukupnya.

blognya herni mengatakan...

Tante, kalo santannya pake santan kara bisa ga ?

Anonim mengatakan...

Mba klo santannya diganti dgn susu cair bisa ga?

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja, beda wanginya aja...

Hesti HH. mengatakan...

Bisa saja, beda gurihnya tapi mbak

Anonim mengatakan...

halo mbak, aku praktekin resep puding roti ini mbak,enak mbak tapi manis banget mbak, nimbang gulanya mungkin aku kelebihan ya mbak...

Hesti HH. mengatakan...

emang agak manis ini mba resepnya, lain kali dikurangi aja takaran gulanya mbaaa

Anonim mengatakan...

Mba Hesti.... maaf mo nanya, klo telor nya dikurangi boleh ga? Hehe.. pengaruh ke tekstur ga ya? makasih...
Irma

Hesti HH. mengatakan...

Boleh boleh aja mba, kalau satu aja ngga ngaruh ngaruh amat kok. Tapi kalau kurang banyak nanti teksturnya kurang padet mba kan telurnya sebagai pengikat juga

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails