Kamis, 04 Agustus 2011

Es Ronde


Hubby lagi sakit batuk. Bingung aku menyajikan kue untuk buka puasa. Secara buka puasa enaknya yang dingin dan segar-segar. Harus cari resep yangn bisa dimakan buat hubby dan juga buat kita yang nggak sakit.

Habis googling alhamdulillah dapat resep yang menarik di Sajian Sedap. Namanya es ronde dari Jawa. Kalo nggak pake es ya namanya wedang ronde aja. Ini bukan cuma minuman biasa karena di dalam kuahnya terkandung jahe dan sereh yang notabene mengandung obat juga dan penghangat badan. Kalo dingin-dingin cuacanya cocoknya wedang ronde hangat...tapi kalo cuaca panas cocoknya ya...es ronde. Isinya dari bola-bola ketan yang diisi kacang sangrai halus dan gula. Tambahan lainnya yaitu manisan kolang-kaling merah. Bisa juga ditambah roti dan kacang tanah sangrai.

Sayangnya anak-anak nggak suka. Yang dimakan cuman bulatan ketannya aja karena ternyata mereka nggak suka jahe...hehe apa boleh buat ^^

Es ronde (dengan es serut dan susu kental manis)

Di bawah ini resep dari Sajian Sedap ya...

Bahan kulit:

- 100 gram tepung ketan
- 15 gram tepung sagu
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok teh air kapur sirih
- 100 ml air hangat
- 2 tetes pewarna merah muda
- 2 tetes pewarna hijau tua

Bahan isi (aduk rata):

- 25 gram kacang tanah kupas , sangrai haluskan (aku tambahkan wijen sangrai)
- 1/2 sendok makan gula pasir

Bahan kuah:
- 1000 ml air
- 100 gram jahe , bakar, kupas, memarkan
- 3 batang serai, ambil putihnya, memarkan
- 100 gram gula merah , sisir halus
- 100 gram gula pasir

Bahan pelengkap:

- 250 gram es serut
- 1 sendok makan susu kental manis putih
- kolanng kaling
- kacang tanah sangrai

Cara membuat :

  1. Kulit: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam, dan air kapur sirih. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.
  2. Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
  3. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat.
  4. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
  5. Kuah: rebus air, jahe, dan serai. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
  6. Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring. Dan dinginkan.
  7. Sajikan ronde dengan kuah dan pelengkapnya.


Mumpung ada mesin es serut warisan...segera diberdayakan. Lumayan membantu apalagi di bulan puasa ini. Di bawah ini penampakannya...


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam mbak hesti
Nama saya ika maaf mo tanya alat serut esnya itu ukuranya seberapa ya mbak, jd pengen punya secara klo liat resep es yg ada es serutnya jd slalu saya keep. Mbak resepnya enak2 udah saya cobain.
Salam dr Qatar

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails