Rabu, 24 Agustus 2011

Stained Glass Cookies


Kukis ini bentuknya unik karena ditengahnya ada permennya. Orang kalo lihat mungkin mikir gimana bikinnya. Padahal gampang banget. Kukis ini cocok sebagai suprise untuk anak-anak. Waaahhh pasti senang sekali dan mamanya dapat hadiah peluk dan cium....

Aku terinspirasi dari resepnya Martha Stewart 'Stained Glass Trees'. Tapi kalo beliau kukisnya berbentuk pohon pinus. Cocok buat natalan. Sedangkan aku cetakan yang ada ya cuma bentuk bunga ini jadi ini aja yang aku pake...permennya aku pake Fox fruit. Okey...berikut resepnya ya. Kukisnya aku modifikasi dari resepnya 'Kue Kering Cetak' nya Saji.

Bahan :
- 100 gr margarin
- 50 gr butter
- 100 gr gula tepung
- 1 kuning telur
- 225 gr tepung protein rendah
- 25 gr maizena
- 30 gr susu bubuk
- 1/2 sdt baking powder

Hiasan :
- permen transparant warna warni (cincang kasar menggunakan pisau tajam)

Cara membuat :
  1. Kocok margarine, butter dan gula tepung 30 detik. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
  2. Masukkan tepung, maizena, susu dan baing yang sudah diayak. Aduk rata.
  3. Giling tipis adonan. Cetak. Buat lubang di tengahnya dengan cetakan yang lebih kecil. Letakkan di loyang yang di alas kertas silpat.
  4. Panggang 10 menit. Angkat, letakkan permen warna warni di tengah adonan yang berlubang. Panggang lagi sekitar 15 menit atau sampai kukis garing.
  5. Angkat loyangnya. Biarkan kukis di dalam loyang sampai agak dingin. Angkat kukis dan tata dalam toples.



8 komentar:

pi mengatakan...

mbak, saya nyoba bikin kue ini kemarin, pas gak ada terigu kunci, jd pake segitiga biru, jadinya agak mbleber gitu. apa pengaruh terigunya ya mbak?
trus permennya ada semacam busanya gitu di pinggirnya, kenapa ya?
makasih ^^

Hesti HH. mengatakan...

Iya jelas mbak soalnya kedua tepung tersebut memang beda kandungan proteinnya. Kuker paling cocok dengan protein rendah atau kunci biru.

Tapi seandainya pake kunci biru tetap meleber bisa jadi karena pas dikocok adonannya kelamaan. Kukis yang pake sistem kocok mengembang itu kayak drop kukis atau good times yang memang sengaja supaya adonannya nanti meleber. Ngocoknya sebentar aja asal nyampur mbak. Kalo masalah busa itu nggak masalah. Mungkin permennya kena panas jadi mendidih yang penting setelah matang udah normal kembali dan nggak pengaruh ke bentuknya...atau bisa juga apinya ketinggian. Turunkan saja sedikit...

Anonim mengatakan...

Gunanya dioven 2 kali kenapa bunda ?. Trimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

kertas silpat itu apa ya mbak ? kalo tepungnya di sangrai pengaruhnya apa ya mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Supaya permennya meleleh mbak

Hesti HH. mengatakan...

Kertas silpat itu kayak kertas baking anti lengket mbak. Banyak dijual di toko bahan kue.

Anonim mengatakan...

mbak hesti,, sy td bikin kukis ini, nah 10 menit terakhir permen nya kok mendidih ya, apa sebab ya mbak, filling sy karna kepanasan atau gmn? jd sebaiknya meletakkan permen nya pd saat kapan ya jd begitu dah meleleh langsung di keluarkan dri oven, maaf OOT ya mbak............. :) saya Ummu Alya.

Hesti HH. mengatakan...

IYa mbak. Itu ada di cara buatnya...setelah 10 menit dipanggang baru ditaruh permennya. Kalau masih mendidih juga bisa disesuaikan aja waktunya mbak

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails