Minggu, 21 Agustus 2011

Puding Jagung



Mmmmmm...puding ini enak sekali. Nggak nyangka kalo jagung bisa dibikin puding yang gurih. Resepnya berikut ini ya...

Bahan :

- 1 kaleng jagung manis kernel
- 2 bungkus agar bening
- 200 gr gula pasir
- 650 ml santan
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 2 sdm susu kental manis

Cara membuat :

  1. Pisahkan jagung dari airnya (buang airnya). Blender jagung sampai halus. Peras sambil ditekan-tekan agar sari-sarinya semua keluar. Buang ampasnya.
  2. Campur sari jagung, agar-agar, santan, gula, susu kental manis, garam, dan vanili. Aduk rata.
  3. Masak di atas api sedang sambil diaduk terus sampai mendidih.
  4. Tuangn di cetakan agar. Setelah uap panasnya hilang simpan dalam lemari es.


6 komentar:

Anonim mengatakan...

pengen bikin, tp tepung custradnya tdk ada. mbak tepung custrad itu apa? kl tdk ada tepung custrad gantinya apa? Makasi ya mbak hesty.

Hesti HH. mengatakan...

Tepung custard itu semacam pengental untuk vla. Bisa diganti dengan maizena. Tapi di resep di atas udah aku hilangkan custardnya karena jadinya agak keras. Bikin aja mbak...nggak usah pake custard.

Hesti HH. mengatakan...

Kalo di Supermarket atau mall tepung custard ada yang mereknya Hercules (sama dengan merk baking powder). Warnanya lebih kuning dan wangi kayaknya udah ada tambahan pewarna dan vanillanya.

dian mengatakan...

kakak, bukannya yg bikin keras tuh karna airnya kurang ya? 2 bungkus agar2, santannya cuma 650cc, tambahan dari jagungnya jg ga banyak..

Btw, mau tanya, puding santan bisa ga pecah jd 2 lapisan itu gimana caranya ya kak? Saya dari dulu ga pernah berhasil bikin puding santan mulus ky punya kakak, udah diaduk terus padahal smp mendidih.. :(

Hesti HH. mengatakan...

Memang ini jenis puding padet mbak yang bisa dimakan tanpa piring hehe. Bukan puding puding lembut gitu. Tapi tetap enak kok. Iya emang sudah keras gitu tambah lagi custard jadi aku skip aja...

Kalau masalah pisah santannya, aku juga kadang kadang begitu kalau bikin puding gula merah. Mungkin ini karena adonan agak kental. Atau aku pake santan instan *udah lupa* biasanya santan instan gak pecah kayak santan segar...

Anonim mengatakan...

Mbak, kl pake jagung segar, pake nya brp gr ya? :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails