Sunday 21 August 2011

Good Time Cookies




Nah...ini dia bintangnya kukis lebaran selain kastengel. Resep punya mama yang sudah lama sekali dikasih temannya yang ekspaktriat. Bahannya mirip-mirip Neiman Marcus kukis tapi kalo di buku resep mama tertulis 'Good Time'. Yaaahh...aku ikut aja namanya ya...

Teksturnya super crunchy...persis kayak biskuit good time buatan pabrik. Tapi kalo rasa resep ini lebih rich. Resep aslinya menggunakan cornflakes yang dihancurkan dan oatmeal/havermout sangrai. Tapi oatmealnya aku ganti dengan rice crispy. Ternyata jauh lebih enak. Walaupun cokelat bubuknya cuman 1 sendok tapi terasa juga wanginya. Apa mungkin karena aku pakein cokelat Valrhona ya?? soalnya baru beli dan baru coba...hehehe
Enaaaak deh pokoknya. Resep ini highly recommended...!


Takaran resep di bawah ini menggunakan cup ya. Jadi terserah mau pake measure cup atau gelas biasa. Resep di bawah ini menggunakan gelas pendek. Jadinya lumayan banyak juga. 2 toples ukuran sedang.

Bahan :

- 1 cup brown sugar (aku pake palem sugar diblender)
- 1 cup gula pasir halus
- 1 cup butter
- 2 kuning telur
- 1 cup minyak jagung
- 1 cup rice crispy
- 1 cup corn flakes (taruh dlm plastik lalu hancurkan pake pemukul daging)
- 1/4 kaleng susu kental manis
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm cokelat bubuk
- 3 1/2 cup tepung terigu protein rendah
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 100 gr cokelat chips

Cara membuat :
  1. Kocok mentega, susu kental manis, palm suiker, gula halus, kuning telur, cokelat bubuk, vanili sampai rata.
  2. Turunkan minyak jagung. Kocok sebentar asal rata.
  3. Masukkan campuran tepung, baking soda, baking powder dan garam yang sudah diayak.
  4. Masukkan corn flakes dan rice krispy serta cokelat chips.
  5. Bentuk bulat-bulat menggunakan tangan atau kalau adonan masih lembek menggunakan 2 buah sendok. Tambahkan cokelat chip di atasnya. Cat: adonan pada awalnya lembek tapi akan mengeras setelah beberapa saat.
  6. Letakkan di loyang tanpa bersemir margarine. Beri jarak agar kue bisa mengembang sempurna. Kue akan melebar setelah mengembang.
  7. Panggang dalam oven panas 150 C sekitar 10-15 menit. Saya menggunakan oven Farenheit panas 250 selama 15 menit.



Lihat perbandingan sebelum dan sesudah dipanggang. Kalo kawatir kukisnya ketebalan bisa dipipihkan sedikit saja bulatannya. Heiiits...itu tangan siapa ya yang sedang beraksi...masih panas dek kukisnya...!
 



Tuh kan...??? melebar sendiri kukisnya. Ini ciri khas kukis yang beradonan lembek dan menggunakan baking powder/soda kue...menghasilkan kukis yang renyah teksturnya.

36 comments:

Anonymous said...

minyak jagung bisa disubtitusi apa ya mba? margarine/butter cair mgkn? dgn gula segitu nggak kemanisan ya mba?

aisy

Hesti HH. said...

Mamaku biasa pake Crisco mentega putih import. Tapi aku kadang pake minyak goreng biasa. Yang penting netral baunya.

Kukis ini memang manis tapi tidak superrr sweet kok. Kelihatan perbandingan tepung dan gulanya tidak seimbang...tapi sebenarnya bahan rice crispy dan cornflake kan tidak manis dan itu dianggap menggantikan sebagian tepung. Tapi kalo ragu...coba aja susu kental manisnya diganti dengan susu bubuk. Atau gulanya dikurangi sedikit.

Atau bisa dicoba setengah resep dulu pake resep asli. Kalo merasa kemanisan baru deh dikurangi gulanya. Okey...??

Riani said...

Mbak Hesti salam kenal..., kok dibagian bahan telur nggak ada?

Hesti HH. said...

Waduuuuh kelupaan. Makasih ya udah ngingatin. Segera aku edit...^^

Anonymous said...

gelas pendeknya itu kira-kira berapa cc ya mbak? hehe makasi

Hesti HH. said...

Kalo air masuknya 225 ml. Pokoknya yang deket deket itu nggak papa mbak. Cangkir teh juga bisa...

Anonymous said...

asslm,..
slam knal mbak,..
tlurnya itu d kocok smpai mengembang ato sekedar campur dengan bahan yg lain???

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam...

Asal tercampur rata mbak. Kalau terlalu lama dikocok nanti kuenya bleber sekali...kemaren saya bikin versi minyak diganti butter...enak juga!

Rosey said...

Mb Hesti,
aku udah praktek kukis ini kemarin. aku pake oatmeal ma rice crispy.
renyah dan pas manisnya, tapi bentuk kurang ok mba, jd ky lidah kucing gt. gariiing banget pinggirannya.

Hesti HH. said...

Mungkin kelamaan ngocoknya mbak jadi meleber tipis. Kocoknya asal rata aja. Makasih dah infoin ke aku ya mbak.

Unknown said...

Hai mba hesti. Aku kmrn bikin cookies monde,asli enak bgt mba. Aku jg sama dapat pujian dr mertua.makasih lho mba.
Rencananya aku mau bikin kukis ini hari ini.tp aku mau nanya mba rice crispy itu kaya apa ya contohnya? Seandainya rice crispynya diganti kacang mede gimana?

Hesti HH. said...

Makasih udah feedback ke aku mbak. Ikutan senang kalo suka sama hasilnya.
Rice crispy itu cereal beras mbak. Ada yang dijual kemasan pak karton ada juga yang dijual di plastik plastik per 100 gram. banyak merknya, salah satunya "Kellogs". nah kalau diganti kacang mede boleh saja dan tentunya lebih enak. Aslinya pake havermout sangrai, aku aja yang variasi diganti dgn rice crispy. Tapi apa aja boleh ditambahkan yang punya efek crunchy dan rasanya netral.

Ditunggu kabar hasilnya yaaaa...

Unknown said...

Mba hesti td akukan beli butter elle vire sm wisman,habis itu aku beli soto..:D plastiknya aku gabungin eh walhasil butter ma wismanku mencair. Hikss.. Kira2 msh bisa dipake ƍα' ya mba utk buat cookies? Sblmnya makasih utk pencerahannya mba.

Hesti HH. said...

Waaaaaah...sayang banget mbak,

kalau kukis itu jarang pake mentega leleh karena hasilnya akan meleber dan pipih tipis. Menteganya akan bocor sebelum kukisnya set/kokoh. Walaupun dimasukkan ke kulkas udah beda karena minyak dan airnya akan tetap berpisah tetap gak bagus. Cocoknya dibikin cake aja dimasukin pas terakhir.

Ada juga memang kukis yang pake butter leleh untuk menghasilkan kukis yang chewy tapi komposisi bahan lainnya jelas beda. Mungkin mbak bisa cari di google resep resep tersebut.

Kalau tetap mau dibikin kukis saya sarankan ditambah dikit tepungnya. Bikin setengah resep dulu dan lihat hasilnya.

Unknown said...

Akhirnya aku nekat mba pakein butterku yg sempet meleleh ke resep good time ini.hasilnya tetep maknyuuus mba.heheee...manisnya jg pas.aku bikinnya kacang mete plus corn flake.. Adonanku sih tp ƍα' encer kaya adonannya mba hesti ƍα' tau salahnya dmn.tp yg penting tetep enak lah.malah tetangga2ku yg nyobain langsung pesan utk good time ini dan cookies mondenya. Memang resep mba hesti membawa berkah. Makasih ya mba...

Hesti HH. said...

Waaah, syukurlah mbak kalo sukses. Makasih ya tuk feedbacknya...dan good luck dengan bakul kuenya ^^

Unknown said...

Hi Mba Hesti,
Salam kenal.. aku sering baca2 blog mba. Menyenangkan sekali bacanya, bikin semangat buat nyobain resenya, soalnya foto2nya bagus dan resepnya jelas. Resep good time cookiesnya barusan aku praktekin, tapi aku kelupaan masukin susu kental manisnya. Sepertinya step susu manisnya ga ada di cara membuatnya ya mba. Tapi hasilnya tetp uenak.. Tq ya Mba Hesti.. Ditunggu resep2 maknyus lainnya ..

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak Della,

Alhamdulillah kalo bisa jadi inspirasi. Iya mbak, maaf ya aku kelupaan tulisnya. Begitulah kalo terlalu bersemangat, biasanya habis praktek langsung ditulis resepnya dan kurang teliti ada yang kelupaan.

hasanah said...

Assalamualaikum mbak Hesti... Salam kenal...mbak aq mau nanyak, cornflake nya itu yang kayak gimana itu kan ada 2 macam ada yg bisa langsung di makan sm yg bagus itu malah gak enak klw langsung di makan yang bagus itu klw di oven hasilnya kok keras. Tq atas resepnya

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,
kalau aku kemarin bikinnya beli di toko kue. Cornflakesnya tipis dan renyah nggak keras. Tapi nggak ada merknya karena udah dikemas dalam plastik 100 gr.

Anonymous said...

mba itu kan ukuranya pake cup, kalo per gram kira2 berapa ya??

Anonymous said...

Assalamualaikum Mba Hesti yg super hebat, salam kenal yaa, mupeng abis liat foto2 nya,,jd pengen berguru langsung sama Mba Hesti, Aku mau tanya nih mba, itu coklat bubuknya kalo pake Van Houten enak jg nggak ya? Soalnya mumpung ada di rumah jadi nggak perlu beli hehe.. Trus butternya itu yang unsalted apa salted mba?
Thanks before.. -Orchid-

Hesti HH. said...

@Anonim : konversi ke gramnya bisa dilihat di table conversion. Silahkan cari di google dgn kata kunci "cup to gram conversion"

@Orchid : waalaikumsalam, waaaaaa kok ada super hebatnya mbak. Kayak superman aja hehe...
Kalau pemilihan cokelat sesuai selera mbak. Kalau soal rasa saya suka van houten, tapi kalau butuh warna cokelat gelapnya saya pakai Bendico. Butternya salred nggak apa apa, soalnya enak tambah gurih...walaupun dah ada garamnya tp cuman dikit

Anonymous said...

Assalam mb hesti :)
Mb ini resepnya dah aku cobain, anak2 ku suka bgtt :D, mksh y mb *hug
Oy ad yg Mau ku tnyain, palm suiker itu emng susah halus y mb? Krn kmrn bikin palm duiker nya msh berbutir atw aku yg Krg lm miksernya? Yes ngaruh g ma kukisnya? Mklm y mb msh 'hijau' dlm perbakingan
Makasih y mb
(Susan)

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Syukurlah kalau suka mbak. tentang palm suiker yang kasar bisa diblender mbak supaya proses mengocok tidak terlalu lama. nanti hasil kuenya bleber kalau kelamaan ngocok. memang palm suiker ada yang halus butirannya ada jg yang kasar sekali.

Anonymous said...

Mba itu minyak jagungnya jdny brp cc?saran mba mohon ditampilkan konversi ke gramnya untuk pemula seperti kami... Terimakasih mba

Sari Kembang said...

Mbaaa....aq buat tp pas kluar oven ttp lembek even udh dingin....akhirnya panggang lg suhu 150 1jam,akhirnya br garing..ni salah dmn yaaa??

Hesti HH. said...

@anonim :

@Sari kembang : memang panas oven beda beda mbak, bisa ditambah jadi 175C.

Cornelia Monita said...

Halo Mba..mau tanya Baking Soda apakah sama dengan Soda Kue? Makasih ya mba..

Cornelia Monita said...

Halo Mba..mau tanya Baking Soda apakah sama dengan Soda Kue? Makasih ya mba..

Hesti HH. said...

Sama mbak...

Anonymous said...

Sis,, gulanya gula pasir halus(kastor) ato gula halus,,barusan nyoba resepnya pake gula pasir halus,,tp hasilna agak keras spt kukis kemanisan,,tp belum nyoba,,blm buka soalnya hehehe makasih yaa sharenya :)

Hesti HH. said...

Gula kastor mbak. Gula halus juga bisa. Tapi nyampur adonan jangan kelamaan hasilnya bisa keras.

Anonymous said...

Makasih mbak,,sampe sekarang kukisnya belum aku coba,,soalnya dibuat u/mertua hehehe,,kedua kalinya aku buat pake gula halus n rice crispy sm cornflakenya aku tambahin truss tambah mete juga 1cup manisnya pas,,renyah,,mirip" cookies havermout bedanya pake butter yg bikin lebih gurih yummm,,,makasih yaa mbk,,

Hesti HH. said...

Sama sama mbak, makasih ya dah nyobain semoga hasilnya memuaskan

Anonymous said...

Hi mbak..td ak bikin ini..adonan nya sih ok.tp pas dioven bleber bgt.seingetku td ngocok sampe rata aja.ak mikirnya kebanyakan mentega/minyak..soale minyaknya ampe ngeluber di loyang.oiya..teksturnya emang agak chewy y mbak?apa gr2 rice krispy /susu kntal manis/gula palemnya?..hehe mba hesti ak tggu resep dalam takaran gram nya aj deh..^_^.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...