Selasa, 16 Agustus 2011

Puding Moka Vla Cokelat


Puding ini mirip dengan puding susu keju yang aku buat dulu. Dalam hal sausnya...vla berada di bawah. Puding yang biasa kan cara makannya disiram saus...nah kalo ini nggak perlu karena sausnya udah ada di bawah. Cantik dikemas dalam cup-cup kecil untuk acara arisan dan sebagainya. Seperti puding keju, resepnya aku dapat dari Mbak Hilce ...tapi puding ini sudah banyak aku modifikasi. Jadi aku tulis versi resepku aja ya...



Bahan Vla :
- 3/4 kaleng susu kental manis (aku pake Carnation)
- 350 ml air
- 60 gr gula pasir
- 1 sdm bubuk cokelat
- 100 gr dark cooking cokelat
- 1 1/2 sdm maizena
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan.
  2. Saring, lalu masak sambil diaduk terus sampai meletup letup.
  3. Tuang dalam cup puding sebanyak 1/3 tinggi cup.

Bahan Puding :
- 500 ml susu cair
- 1 1/2 bungkus agar-agar bening
- 1 sdm maizena
- 225 gr gula pasir
- 1 1/2 sdm cokelat bubuk
- 4 butir telur
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sachet cappucino bubuk (aku pake Good Time Moccacino)
- 1/2 sdt pasta moka

Cara membuat :
  1. Kocok telur dan separuh gula sampai mengembang. Sisihkan.
  2. Campur susu cair, agar-agar, maizena, cokelat bubuk, vanili, dan cappucino bubuk. Aduk rata. Kalau perlu saring agar tidak bergerindil.
  3. Tambahkan gula pasir. Masak di atas kompor sampai mendidih. Panas-panas tuang ke dalam kocokan telur sambil dimixer terus sampai rata dan adonan puding matang. Tambahkan pasta moka. Aduk rata.
  4. Tuang ke atas bahan satu perlahan-lahan menggunakan sendok sayur. Sesekali aduk adonan agarnya agar busa tidak mengapung di atas.
  5. Dinginkan di dalam lemari pendingin. Hias sesuai selera.

24 komentar:

inka mengatakan...

halooo mba hesti..

mba ini bahan puding utk 4 butir telur mksdnya telur utuh y mba hesti??

terima kasih sebelumnya mba share resepnya

Hesti HH. mengatakan...

Iya bener Inka...telornya utuh.

miss.kembang mengatakan...

Mba hestiii....trnyta hasilnya bnyk yaaaa.....trs wrna pudingnya ga scoklat mba hesti punya ><
rasanya manisssss sekaliii....vlanya aq ga ksh gula lg ;p

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...lumayan banyak. Maaf ya mbak kalo kemanisan. Tapi emang puding biasanya manis, karena kalo udah dingin biasa berkurang manisnya. Lain kali dikurangin takaran gulanya...itupun kalo masih mau bikin, hehe

miss.kembang mengatakan...

Tp suamiku doyan....mgkn akunya aja yg ga suka terlalu manisss hehe

Hesti HH. mengatakan...

Syukurlah mbak...setidaknya ada yang makan, hehe

Echa mengatakan...

Aslmlkm.... Mbak hestii salam kenal yaaa,,, sy banyak praktek puding2 dari blog ini, tadi baru aja bkin puding jagungnya, sy variasikan sedikit,, ditambah puding gula merah atasnya jdi ada 2 warna... Maknyos tenann.. Hehehhehee... Besok coba yg ini ahhh..
Btw, mau Tanya, itu pas pudingnya di tuang diatas Vla apa gak nyampur yah??

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mbak Echa,

Alhamdulillah kalau suka. Nggak nyampur kok mbak, beda berat jenisnya.

Echa mengatakan...

Iyaa tadi udh sy coba, yummy laaahh

Echa mengatakan...

Iyaa tdi udh sy coba mb, hehhehe, berhasil Dan yummyyyyyy banggeettt

Dewi Clay mengatakan...

hi mba,
kalo boleh tau bahan diatas jadinya brp cup puding ya?

Hesti HH. mengatakan...

Waaah maaf mbak aku dah lupa. Tapi kalo cup puding yang plastik itu mungkin ada 20an lebih.

inae mengatakan...

Mba sy dah praktekin reswp puding koq g mau beku y pudingx, lembek gitu mba knp y? Mksih y resepnx mba

Ida Hariyanti mengatakan...

mbak hestiiiii,, pudingnya enyak enyak enyak hehehe...
alhamdulillah ak berhasil pdhl ad bbrp proses yg sempet salah sih karena waktu baca resepnya gak bener :D
proses bikin pudingnya ternyata unik ya mbak.beginilah klo org awam baru masuk dapur,kyk nemu mainan baru.ntar pengen bikin blog jg ah biar seru hehehehe. makasih ya mbak resepx semoga barokah. oya kemarin ak bikin setengah resep jadinya 10 cup mangkuk kaca kyk punya mbak hesti gtu.

Lulu mengatakan...

Salam kenal ya, mbak....
Mbak, saya udh coba pudingnya....enak banget & unik ya...
Tapi saya rada kesulitan waktu proses menuang adonan puding diatas vla. Ada yg sukses tdk tercampur, tetapi ada bbrp yg tercampur... kenapa ya, mbak ?
Dan waktu telor dikocok dgn gula, itu kan sampe mengembang ya mbak ? Berarti akan timbul busa2 & busa tsb emang bener akan nampak di permukaan puding ?
Thanks ya, mbak....

Anonim mengatakan...

Mbak kenapa ya adonan puding saya jadi lembut banget banyak busanya? Apa gara gara telurnya kengembangan ya? Mohon solusinya ya mbak hesti
Makasih..

Hesti HH. mengatakan...

Apa takaran airnya kebanyakan kah mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Hehehe,,,ala bisa karena biasa mbak. Lama lama juga jd master kalo dah sering bikin puding...hehe

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak Lulu,

Alhamdulillah kalo cocok sama rasanya mbak.
Kalau masih nyampur artinya konsistensinya masih belum pas mbak.
Busa memang muncul tapi bisa dibuang yang ada di permukaannya mbak

Hesti HH. mengatakan...

Memang ini puding busa mbak. Tapi kalau busa/gelembungnya muncul di permukaan bisa dibuang mbak.

Anonim mengatakan...

Salam kenal mb hesty,aku indah, seneng liat blog ny mb, resepnya enak2
Aku udh bikin puding ini, enyaaaak bingitz mb (maaf ga ijin)
Makasi resep ny ya mb, jgn bosen tuk sharing resep2 ajaibnya ya mb ;-)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak semoga manfaat yaaaa...ditunggu percobaan resep lainnya yaaaa

Umi Fitriyani F mengatakan...

Mbak hesty, blog chef-marinka.blogspot.com punya mbak hesty bukan ya? kok isinya sama persis sama blog mbak hesty ini

Hesti HH. mengatakan...

Bukaaaaaan mbaa itu, blogku cuma satu ini aja. Yang lainnya ngebajak punyaku >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails