Selasa, 16 Agustus 2011

Coconut Ginger Cookies


Kukis ini adalah my mom's favorite. Wangi karena ada campuran kelapa kering sangrai dan air jahenya. Kelapa sangrai yang paling enak adalah yang kita buat sendiri, yang disangrai atau di grill sampai berwarna kekuningan. Karena kalo menggunakan kelapa kering yang berwarna putih, baunya bedaaaa...alias nggak wangi.

Jahenya juga menggunakan jahe parut yang diambil air perasaannya tanpa menambahkan air sedikitpun. Jadi bener-bener alami dan baunya fresh. Beda dengan jahe bubuk.

Resep aslinya kelapa sangrainya tidak diblender. Jadi pada saat kita mengunyah ada sensasi crunchy dari kelapanya. Tapi karena ingin menghasilkan bentuk yang cantik dan rapi, akhirnya aku blenderlah kelapanya dan ternyata hasilnya nggak seenak dengan yang tidak diblender. memang bentuknya cantik, tidak terlihat serat-serat kasar kelapanya. Tapi dari segi rasa kayaknya lebih enak yang tanpa diblender.

Bahan :
- 150 gr margarine
- 100 gr butter
- 225 gr gula pasir halus
- 1 telur utuh, 2 kuning telur
- 1/4 kaleng susu kental manis
- kelapa parut dari 1/2 butir kelapa, sangrai dengan api kecil sampai kekuningan.
- 2 sdm air jahe
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 sdt baking powder
- 2 sdm maizena
- terigu protein rendah secukupnya (sampai cukup teksturnya untuk dibentuk)
- white cokelat chips (nggak pake)

Cara membuat :
  1. Kocok gula pasir halus, butter dan margarin asal rata. Tambahkan telur, susu kental manis dan vanili lalu kocok hingga rata.
  2. Masukkan kelapa sangrai, aduk sampai tercampur.
  3. Ambil sedikit tepung terigu, campur dengan maizena dan baking powder. Ayak. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata.
  4. Setelah itu tambahkan tepung secukupnya sampai terbentuk adonan yang dapat dipulung.
  5. Agar adonan tidak keras terkena udara, bagi 2 adonan yang sudah diberi campuran tepung, maizena dan baking powder. Separuh adonan tutup dengan cling wrap. Yang sisanya tambahkan tepung secukupnya lalu segera bentuk bulat-bulat dan tekan-tekan hingga pipih menggunakan garpu.
  6. Apabila adonan pertama selesai dan sudah masuk oven semua...lanjutkan dengan adonan berikutnya. Tambahkan tepung secukupnya lalu buat seperti tadi.
  7. Letakkan di rak oven paling bawah. Panggang dengan panas oven 250 F atau 175 C sampai bagian bawahnya mulai kekuningan. Pindahkan ke rak atas dan masukkan loyang kedua di rak paling bawah. Ini dilakukan agar kukis matang merata.

3 komentar:

Tuty mengatakan...

Wah ini patut dicoba. Coconut & ginger adalah kesukaanku. Thanks for sharing, Hesti.

Hesti HH. mengatakan...

Sama-sama mbak...tapi masih ada yang lebih enak lagi lho *menurutku* resepnya hampir sama bedanya pake tepung sagu sangrai dan kelapanya nggak disangrai...wuiiih enak deh pokoe. Tapi belum sempat bikin...cari waktu buat sangrai tepung...hehe

Obat Asam Urat mengatakan...

saya suka blok anda tentang coconut ginger cookies, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails