Minggu, 21 Agustus 2011

Kacang Mede Besta Jahe



Ini salah satu camilan lebaranku. Sedikit twist dari kacang mede goreng biasa. Aku dapat resep ini dari Majalah Sedap edisi lama. Karena enak... jadi tiap tahun aku bikin. Rasa gula merahnya pas sekali dipadukan dengan jahe dan wijen. Walaupun hasil akhirnya banyak wijen yang berguguran dari bestanya...tapi wanginya masih tetap menempel.

Pembuatannya tidak terlalu susah. Awalnya kacang mede dicuci 3x dengan air garam. Cucian yang keempat direndam dengan air hangat dan garam selama 5 menit. Ini untuk menghindari efek buruk dari getah mede. Setelah itu digoreng bisa...dioven juga bisa untuk mengurangi konsumsi minyak. Kalau aku...kacang mede yang bulirannya utuh dan terbagi dua atau pecah-pecah aku pisahkan. Karena ketebalannya beda jadi waktu menggorengnya juga beda. Untuk mede yang pecah-pecah aku blender dan dijadikan campuran kue kering. Lumayan kan...

Bahan :

- 600 gr kacang mede
- 20 gr wijen (sangrai)
- 1 liter minyak goreng

Besta jahe :

- 125 gr gula pasir
- 75 gr gula merah
- 10 cm jahe diparut, peras sambil ditambahkan 175 ml air (disaring jadi 200 ml)
- 1 sdm margarine

Cara membuat :
  1. Masak bahan besta jahe sambil diaduk hingga meleleh semua. Saring.
  2. Masak kembali dan terus diaduk hingga berambut.
  3. Tambahkan kacang mede dan wijen. Aduk-aduk terus sampai kering dan besta melekat. Segera pisah-pisahkan dengan sendok kacang yang menempel, karena apabila sudah kering sekali kacang akan pecah apabila dipisahkan.



6 komentar:

Miss 'U mengatakan...

sepertinya enak... :D
kalo bestanya di pake untuk kacang tanah cocok ga ya mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Enak juga kayaknya...soale aku belum pernah coba hehe...tapi kalo kacang kan cocok jg sama besta gula merah artinya cocok juga dengan tambahan jahenya. I hope so....^^

Lenny mengatakan...

wah pas banget saya sedang cari cari resep kacang mede dan punya mba menarik sekali :) terima kasih share infonya :)

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mbak udah berkunjung. Semoga berhasil ya resepnya...

hanna mengatakan...

mbak ini masih renyah tak kacangnya

Hesti HH. mengatakan...

Renyah sangat!!

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails