Senin, 12 September 2016

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread


Assalamualaikum.
Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Lama ngga siaran niy...sekalinya muncul lagi lagi dengan resep roti. Roti yang satu ini unik dan enak. Khas asian karena lembut. Roti dengan vla kelapa. Kenapa unik?? karena dalam vlanya mengandung kelapa sangrai yang wangi. Adonan vlanya pun menggunakan santan. Tapi bukan kayak vla santan tradisional kita. Tambahan vanili dan butter membuat vlanya naik tingkat...hehe. Rasanya rich dengan aroma kelapa yang kuat. Endesss...

Untuk roti tetep dong pakai resep andalan water roux bread. Untuk filling dan bentuknya silahkan lihat di blognya "Korena In The Kitchen". Ini resep dipersembahkan untuk Daring Baker lho. Challenge yang pesertanya kece kece seluruh dunia. Vla kelapa resep asli menggunakan kelapa kering yang disangrai. Aku lebih suka menyangrai sendiri kelapaku karena lebih wangi. Kelapa kering siap beli agak kurang aromanya menurutku. Tapi teman teman boleh pake juga kalau malas buat sendiri. Untuk taburan atasnya aku oven kelapa parut dengan api rendah sekali sampai kering bukan cokelat ya. Biar tetep cantik.

Untuk roti kepang pandan bisa dilihat di sini ya udah pernah kubikin sebelumnya.

Okeee berikut resepnya ya...satu resep water roux ini bisa jadi dua atau tiga varian berpulang kepada selera masing masing.


Roti

Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :

- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 120 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 175 - 200 ml air hangat
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

Vla Kelapa :
- 130 ml santan instan
- 1 vanilla pod
- 2 kuning telur
- 30 gr gula pasir
- 1 1/2 sdt maizena
- 1/4 sdt garam 
- 1 sdm butter
- 25 gr kelapa sangrai (dihancurkan agar tidak terlalu kasar seratnya)


Topping (aduk sampai rata):
- 3 sdm terigu
- air secukupnya sampai konsistensi dapat disemprot ke atas roti


Cara membuat roti :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Tandanya apabila diaduk dengan sendok maka akan terbentuk jejak sendoknya di dasar panci. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. Kempeskan adonan untuk membuang udara yang ada di dalam adonan.
  4. Ambil adonan sebesar 50 gram lalu pipihkan beri isi secukupnya, rapatkan dan bulatkan. Selesaikan semua hingga adonan habis. Atur di loyang bersemir margarin, beri jarak untuk mengembang.
  5. Diamkan hingga mengembang dua kali lipat sekitar 1 jam.
  6. Oles dengan susu evaporated atau kuning telur permukaan roti. Spuit adonan topping melingkar/spiral di atas permukaan roti.
  7. Panggang dengan panas oven 200C (yang sudah dipanaskan terlebih dahulu 15 menit sebelumnya) selama sekitar 15 menit atau permukaan cokelat keemasan. Angkat. Oles madu dan taburi kelapa kering.
Cara membuat vla :
  1. Dalam panci, panaskan santan dan isi vanilla pod, dan podnya sekalian sampai mendidih. Angkat.
  2. Dalam wadah yang lain, kocok kuning telur, gula, garam sampai sedikit pucat warnanya.
  3. Buang vanilla podnya lalu tuang santan ke dalam larutan telur sambil diaduk cepat.
  4. Panaskan di atas kompor sambil diaduk terus sampai meletup letup. 
  5. Angkat lalu masukkan butter. Aduk sampai butter leleh. Tambahkan kelapa sangrai. Aduk rata. Biarkan dingin. Siap digunakan.
















2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba bisa minta alamat emailnya gak?

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mba hesti.ariefs@gmail.com

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails