Sabtu, 03 September 2016

Cake Kacang Hijau Kukus Gluten Free


Setelah kemarin membuat cake kukus labu gluten free hari ini coba cake kukus kacang hijau. Bukannya lagi keranjingan yang kukus kukus tapi memang kebetukan masih ada sisa kacang hijau rebus yang siap diolah jadi isian bakpia. Asli kacang hijau kulit ya bukan yang kupas. Harusnya nilai gizinya lebih tinggi hehe. Awalnya bingung karena resep aslinya menngukur dengan kacang hijau mentah 100 gram. Sedang aku ngga tau hasil beratnya setelah direbus. Akhirnya aku pakai 200 gram aja dengan asumsi kalau habis direbus dia mekar mengembang dan menjadi lebih berat ya. Karena takut baunya aneh aku tambahkan sari pandan sedikit. Dan memang lagi mau coba gluten free versi tepung beras + tepung ketan. Kalau yang kemarin kan versi tepung beras + tepung tapioka. Ternyata teksturnya yang ini lebih oke menurutku.

Resep aku lihat di blognya mba Dewi Rosanti "Dapurku Surgaku". Dimodifikasi dikit. Hasilnya lembut, moist, agak padet dan agak kenyal. Mirip sekali dengan tekstur cake pisang. Kalau dimakan ngga ketahuan kalau dari kacang hijau kecuali diberitau. Rasanya unik dan enak. Cuman menurutku agak sedikit kemanisan. Lain kali dikurangin gulanya.

Makasih ya mba Dewi tuk resepnya...



Bahan :
- 100 gr tepung beras
- 20 gr tepung ketan
- 120 gr gula pasir (agak kemanisan)
- 200 gr kacang hijau rebus tanpa air
- 50 santan instan + 30 ml air perasan pandan (8 lembar pandan)
- 50 ml minyak
- 3 butir telur
- 42 ml susu kental manis dari 1 sachet
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Panaskan kukusan dan bungkus tutupnya dengan serbet. Blender kacang hijau dengan air santan pandan.
  2. Siapkan wadah, campur kacang hijau, minyak, susu kental manis. Aduk rata.
  3. Kocok telur, gula dan garam hingga mengembang kental berjejak. Masukkan bahan tepung sedikit sedikit sambil terus dikocok dengan speed rendah bergantian dengan kacang hijau.
  4. Tuang di loyang yang sudah dioles margarin dan ditabur tepung.
  5. Kukus api sedang selama kurang lebih 30 menit.
  6. Angkat. dinginkan dan siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails