Selasa, 30 Agustus 2016

Cake Labu (Gluten Free)



Karena kemarin udah bikin cake terigu, kali ini cari lagi resep gluten free yang pake labu. Ketemu resep cake kukus yang kelihatannya enak di Dapur Manisnya mba Rina Audie. Karena penasaran...cake aku bikin dua versi. Kukus dan panggang. Aku gunakan loyang diameter 15cm untuk dikukus plus 6 buah di cup muffin kecil dipanggang. Cake kukus mengembang indah tapi ketika keluar dandang agak menciut. Ngga ngerti juga ciutnya karena perubahan suhu mendadak, karena dandang ngga kututup kain atau karena labunya terlalu berair...tapi hasilnya tetep lembut ya cuma kelihatan lebih padat di bagian atasnya. Yang dipanggang cantik mengembang. Aku tambahkan kismis dan parutan keju biar anak anak semangat makannya hehe. Rasanya enak, mild gak terlalu manis dan rich seperti kue banyak telur dan mentega. Dari segi tekstur aku prefer versi yang dikukus karena agak moist. Untuk kue glutenfree menurutku udah enak banget ini...layak dicoba. Makasih ya mba Rina tuk resepnya, mungkin lain kali pingin coba versi ubi ungu ya ^^


Bahan : 
- 150 gr labu kuning kukus
- 50 ml santan kental instan
- 75 ml minyak goreng
- 3 butir telur
- 90 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 125 gr tepung beras
- 25 gr tepung tapioka

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban 18cm.(saya pake loyang 15cm), olesi mentega dan taburi tepung. Panaskan dandang untuk mengukus dan oven (180C) apabila dipanggang.
  2. Dalam blender, masukkan labu, santan dan minyak. Proses hingga halus.
  3. Dalam wadah, kocok telur, gula dan garam hingga kental berjejak (saya rendam dulu telur di air hangat).
  4. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan berselang seling terigu dan labu. Dimulai dari labu dan diakhiri dengan labu.
  5. Tuang ke dalam loyang. Dan panggang sekitar 20-25 menit atau kukus dengan panas sedang hingga matang sekitar 25-30 menit.
  6. Angkat. Dinginkan dan siap disajikan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails