Jumat, 26 Agustus 2016

Cake Pandan Zakina's Kitchen



Berhubung pokok pandan di halaman rumah lagi rimbun banget sebaiknya segera kuberdayakan.  Kemarin habis coba puding lumut yaitu puding yang menggunakan banyak daun pandan. Hasilnya sih enak tapi ada rasa pahit pahit gitu aftertastenya. Aku duga mungkin pandanku kebanyakan. Karena ukuran pandannya mungkin agak besar besar jadi musti dikurangi lain kali. Walaupun gitu tetap habis sih pudingnya...hehe.

Hari ini coba lagi cake pandan. Kemarin sempat nge-save resepnya Mba Zakina Amrina di FBnya. Ini resep beliau yang diwariskan dari tantenya. Menarik karena salah satu bahannya adalah glondo kelapa. Yang dipakai minyak sekaligus glondonya. Cuma, karena bikin pertama kali kemanisan...kali ini aku kurangi gulanya ya. Izin ya mba, sedikit dimodifikasi. Kutambahkan juga sedikit garam karena kue ini hanya menggunakan dua sendok makan mentega yang gak terlalu menyumbang gurih. Secara keseluruhan rasanya sudah pas. Wangi dan rasa pandan. Teksturnya spongy dengan sedikit pori pori. Ngga lembab tapi ngga seret juga tapi kayaknya lebih nikmat disajikan bersama teh hangat ^^. Makasih ya mba Zakina resepnya...izin share di sini ya.

Satu tips supaya hasilnya bisa mengembang sempurna telurnya harus segar ya. elurnya direndam dulu air hangat sebentar biar cepat ngembang ketika dikocok. Berhenti mengocok ketika sudah kental berjejak, pengocokan yang terlalu lama membuat cake kering dan beremah.


Bahan :
- 5 butir telur (timbang bersama cangkangnya) 300 gr
- 275 gula pasir
- 275 gr terigu + 25 gr maizena
- 2 sdm susu kental manis
- 100 ml campuran air suji pandan ( dari 20 lembar daun suji + 15 lembar daun pandan diiris halus tambah   75 ml air diblender peras lalu saring)
- 100 ml santan glondo (300 santan kental yg dimasak api kecil hingga tersisa 100ml), dinginkan
- 2 sdm salted butter, lelehkan
- 1/2 sdt garam
- almond/kenari/keju optional untuk taburan

Cara membuat :
  1. Kocok gula dan telur hingga kental berjejak.
  2. Tambahkan terigu mixer dengan kecepatan rendah.
  3. Masukkan campuran susu kental, air pandan, garam dan santan glondo, sambil terus dikocok kecepatan rendah.
  4. Terakhir masukkan butter cair aduk perlahan.
  5. Masukkan dalam loyang tulban 20cm dan panggang hingga kuning kecokelatan sekitar 40-50 menit dengan panas oven 180C.
  6. Setelah dingin, siap disajikan.


Di atas ini warnanya agak terlalu hijau karena pengaruh kamera. Aslinya warnanya hijau lembut ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails