Jumat, 07 Oktober 2011

Prol Tape Keju

IMG_1328

Aku termasuk pecinta tape singkong. Di kulkasku jarang nggak ada tape. Soalnya selain memang suka...katanya tape itu membantu memperlancar pencernaan. Naaah...karena di kulkasku masih ada tape, segera kuberdayakan lagi menjadi
prol tape. Dulu aku dah pernah bikin, tapi cairannya dari santan dan ada almondnya. Kali ini aku bikin yang simpel aja dengan menggunakan susu cair. Rasanya lebih enak dan light dibanding yang menggunakan santan. Ke atasnya aku tambahkan parutan keju. Enaaaaaak pokoe...


Bahan :
- 300 tape singkong, haluskan
- 75 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 3 butir telur, kocok lepas
- 70 gr tepung protein sedang
- 100 ml susu cair
- 50 gr margarin, lelehkan
- 1 kuning telur untuk olesan
- 1/8 sdt essens almond (aku gak pake)
- keju parut secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
  1. Remas-remas tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut. Masukkan telur. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Masukkan susu dan margarin leleh serta essens almond (kalo pake). Aduk rata.
  3. Tuang di loyang 18x18x4 cm (aku pake yang 20 jadi agak tipis hasilnya) yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Oven 20 menit dengan suhu 180 C. Oles kuning telur. Taburi keju parut.
  5. Panggang lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
  6. Sajikan dalam bentuk potongan.

42 komentar:

Tuty mengatakan...

Hesti,
Ini resep yg udah lamaaaa banget aku cari. Nyari teksturnya yg spt ini. Thank you banget, dear.

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...sama-sama. Aku juga doyan...pokoknya satu rumah doyan semua. Legit-legit gimana gitu...selamat mencoba...!!

desma kiati mengatakan...

Mba Hesti, salam kenal yaaa..aku food blogger newbie nich..sukaaaa bgt liat blog nya Mba Hesti..fotonya keren2..ciamik..liat nya ampe nces nces hehehe..ada bbrp resep mba Hesti boleh ya aku contek..bis ky nya mengiurkan menggugah selera (hadeeh bahasanya...) mantap Mba !! Prol tape ini salah satu yg aku coba..enaaaaak..aku sukaa :) thanks ya mba..

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Desma...

Makasih ya dah mampir dan ninggalin komen manis. Daku jadi berbunga bunga...ahaiii

Anonim mengatakan...

Sip pokoknya....

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba hesti,selama ini jadi silent reader resep2 mba hesti,,untuk proll tape ini mba,aku mau tanya,apakah dengan resep yang sama bisa digunakan untuk proll tape yang dikukus?soalnya aku belum punya oven, dan penasaran pengen nyoba bikin.terima kasih sebelumnya untuk jawaban yang diberikan.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak, makasih dah mampir.

Bisa aja sih mbak cuma beda di wanginya aja. Kalo panggang lebih wangi.

Elka Ferani mengatakan...

Mbak Hesti yang keren, salam kenal ya. Sukaaa banget blogwalking ke sini habis resep+fotonya keren-keren sih. Aku mau nyontek resepnya ya, lagi ngidam prol tape nih :D

Imaji Ridha mengatakan...

Assalamualaikum. Salam kenal ya mb Hesti dari saya, Ridha di Balikpapan. Minta ijin mau contek resep ini. Fans berat blogmu yg keren ini deh. Smoga resep2 yg mbk Hesti sharing disini mendapat berkah dari Allah SWT. Aamiin. ^^

Devi Anggiasari mengatakan...

mb, itu 300gr tape ya maksudnya? mau bikin nii.. resepmu enak2 mb. sebagai newbie, lumayan gampang ngikutinnya.. i love your blog, sampe ku bookmark loh :)

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba hesti.sy termsk penggemar blog ini bnyk yg dah sy coba.cocok deh pokoknya.nyobe resep ini kumasukkan dlm orderan snack box.alhamdulillah jd dapet orderan lg.makasih mba hesti.....

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg mbak, silahkan dicontek semoga suka yaaa. makasih dah mampir ^^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Hehe makasih mbak apresiasi dan doanya. Silahkan mbak dicontek semoga berguna yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, ini asli tape banget beda sama cake yang banyak campuran lainnya. Enaaaak...

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg mbak...

Makasih dah jadi pembaca setia. Alhamdulillah kalau bisa mendatangkan rezeki mbak, semoga berkah yaaaaa

ila mengatakan...

Mbak Hesti aku udah bikin.... enakkk.. ini resep yang aku cari2, dulu sering dibawain saudara dari Jember, rasanya mirip ini.. cuma kemaren susu aku ganti santen trus tapenya aku tambahin karena nanggung daripada sisa..
Makasih banyak resepnya mbal..

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, ikutan happy...makasih juga ya dah nyobain ^^

Anonim mengatakan...

Mb hesti salam kenal,makash mb resepnya,enak bgt...Mb hesti,untuk tekstur yg bagian dalam memang padat y mb? Soalê kmrn ak buat,di bg.dlm padat dan legit bgt...

Anonim mengatakan...

Mbak hesti,

kalau saya ganti susu cair dengan yoghurt yang thick and cream bisa ga ya ?

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga,

Iya memang ciri khas proll itu padat karena menggunakan telur sedikit dan tidak melewati proses pengocokan. Kalau mau yang lembut bisa buka di cake tape mbak

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin bisa mbak, tapi takutnya blenek karena penggunaan tapenya dah banyak banget ^^

Anonim mengatakan...

mb hesti ni manggangny pakai oven suhu bawah aja /suhu atas aja ato pakai suhu atas bawah?

Henny Saragi mengatakan...

Mba Hesti, semalam baru eksekusi Proll Tape ini, bener bener lembut banget ya mba, enak suami aja skali mkn abis 4 potong.. pdhal saya ada salah masukin telur nya mba :( saya masukin setelah masuk susu cair.. mikir nya pasti gak jadi eh ternyata jadi jg..enak, lembut.. oia adonan aku kasih sedikit keju biar lebih enak...

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : saya pakai api bawah saja mbak,

@Henny Saragi : hehe alhamdulillah mbak, ini memang kue anti gagal karena gak butuh kocok sampai ngembang, teksturnya memang padat lembut gitu mbak. MAkasih ya dah nyobain ^^

Santhi Meiradewi mengatakan...

enak enak enak and gampang lagi buatnya

Hesti HH. mengatakan...

MAkasih mbak Santiiii ^^

Animun Farida mengatakan...

Mbak, akhirnya aku nyobain resep ini setelah sekian lama penasaran sm rasa prol tape. Suka bgt mbak, ga kyk yg prnh aku beli. Btw, ini tahan brp hari ya mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaah...ini tahan sekitar 3 hari di suhu ruang mbak kalo di kulkas lebih lama.

fina wati mengatakan...

Mba hesty,saya baru siap buat proll tape keju wangiii n enakkkk.. sejujurnya saya ndak pernah makan kue begini,pas uda dingin,saya coba enakkk mba... terimakasih resepnya mba... ohya mau tanya apakah pie tape,isi tapenya sama dgn proll ini mba? Maksunya rasa tapenya...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, senang dengarnyaaa. Mirip mbak tapi lebih lembut teksturnya. Resepnya mirip proll tapi lebih banyak santannya.

sumitri almansoori mengatakan...

salam kenal mb Hesti, aku mau coba nih,. kalau susu nya diganti dengan santan bisa nggak ya, apa mempengaruhi teksturnya yang lembut dan melted dimulut itu, terima kasih.. :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg mba Sumitri, memang resep aslinya pake santan mba cm saya suka yang susu krn lebih ringan rasanya ^^

Ovie mengatakan...

Mba,cara tes mateng nya gmn? ^^

Hesti HH. mengatakan...

Ditusuk aja mbak kalau udah gak cair artinya dah matang, kalau lengket memang adonannya gak kering kering banget. insyaAllah kalau ikut waktu panggangnya bisa matang kok mba. Dia lebih kering kalau dah dingin.

Anonim mengatakan...

Mba hesti makasii resepnya..enak banget tp knp ya pas kmrn tak kasi toping almond slice dan chocochip tapi pas mateng topingnya pada lepas?

Hesti HH. mengatakan...

Artinya olesannya kurang tebal. Atau cepat kering karena panas. JAdi walaupun dioles tapi ketika ditabur almong permukaan keburu kering. Bisa ditabur langsung waktu mau dipanggang cuma permukaannya kurang kuning krn tanpa olesan kuning telur

dewi mengatakan...

Assalamualaikum mbak hesty, salam kenal saya dewi di batam. trims atas resepnya mbak. resep ini sy sudah coba. rasanya endes.
mw tanya, apakah di resep ini mengaduknya tidak menggunakan mixer?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, alhamdulillah kalau cocok mbaaaa, iya pakai whisk biasa aja bukan mixer.

nurita mengatakan...

Assalamualaikum mba hesty, salam kenal saya nurita di tuban-jatim. terima kasih atas resep2nya ya mba...sangat menginspirasi sekali. saya sudah coba resep ini, rasanya enak banget. tapi mau yang ada saya tanyakan..untuk loyangnya kan di alas kertas roti dan di oles margarin..itu hanya bawahnya saja atau sam samping2nya ya mba tg pakai kertas roti...soalnnya waktu saya buat kemarin sampingnya saya alasi kertas roti juga tapi setelah matang waktu saya mau lepas dari kertas rotinya kok lengket semua ya mba...apa nglepasnya harus nunggu sampai benar2 dingin...soalnya kemarin masih rada panas sudah aku lepas...soalnya si kecil sudah gak sabar pingin minta kue nya...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal mba...

Makasih ya dah jd pembaca setia Hesti's Kitchen.
Untuk loyang yang dioles bawah dan sisi sisinya mba. Tapi kertas rotinya di dasar saja boleh. Sampai ke sisi sisinya jg boleh.

Iya lepasnya setelah agak dingin mba. Karena sudah lebih set kuenya.

ANITA mengatakan...

Halo mba

ANITA mengatakan...

Halo mba..duh maaf kepencet padahal nelum selesai..mba ini waktu total pemanggangannya sekitar 50 menit ya? Kalau menggunakan loyang 30x10 lebih tipis lagi ya hasilnya? Terimakasih

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails