Senin, 31 Oktober 2011

Pastel Mini isi Abon

Pastel Mini isi Abon (chicken floss puff)




Waktu cuti kemarin aku sempatkan tuk beli abon di mall Makassar. Soalnya di tempatku jarang ada dan anakku yang bungsu suka sekali. Selain tuk teman makan nasi, isian roti ternyata bisa juga dibuat camilan gurih seperti pastel mini ini. Rasanya enak...apalagi aku pake abon ayam pedas jadi ada tendangan pedasnya sedikit. Yuuuk dicoba resepnya...super gampilll kok...aku bikin dalam sejam lebih udah selesai. Dengan catatan...peluh bercucuran karena kepanasan di dekat penggorengan, hahaha....

Resep aku lihat di kabarinews.com. Dengan sedikit sekali modifikasi.

Bahan kulit :
- 250 gr tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 50 gr margarin, lelehkan hingga mendidih
- 75 ml air (kurang lebih)
- garam secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Bahan isi :
- abon ayam
Cara membuat :
  1. Campur terigu, garam. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk asal rata.
  2. Tuang margarin panas lalu aduk menggunakan sendok. Adonan tidak akan licin tapi tidak apa-apa.
  3. Masukkan air sedikit-sedikit lalu aduk adonan menggunakan tangan hingga adonan menjadi gumpalan. Tidak perlu sampai kalis dan licin.
  4. Giling dengan gilingan mie mulai dari ketebalan yang paling tebal (kalo mesinku no 7) sambil sesekali ditaburi tepung agar tidak lengket.
  5. Lanjutkan menggiling hingga tipis (mesinku no 4). Cetak bulat kecil menggunakan cutter.
  6. Isi abon, lipat dua lalu pilin seperti pastel lalu letakkan dalam loyang bertabur terigu. Lakukan semua hingga adonan habis.
  7. Goreng dalam minyak panas sedang sampai garing. Angkat lalu tiriskan.
  8. Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara.

12 komentar:

Miss 'U mengatakan...

waaahh.. baru ingat cemilan yg ini... dulu suka banget >,<
kalo ga ada mesin penggiling itu bisa di manualkan ga ya mbak?
trus, itu pilin pilin... dr dulu ga bisa milin ala jalangkotek gitu :(

Hesti HH. mengatakan...

Kalo nggak punya mesin mie bisa digiling pake botol atau rolling pin, tapi harus diusahakan setipis mungkin mbak...

Sebenarnya aku mau kasih step by step cara milinnya cuman susah karena dua tangan memegang adonan (yg kiri pegang adonan, yg kanan milinin)jd gak bisa pegang kamera...hehe

tika hapsari nilmada mengatakan...

Hesti fotonya tambah bagus-bagus deh :) Eh...kamu bilang makasih ilmunya, emang saya ngajarin apaan ya ? :D

Hesti HH. mengatakan...

Waduuuuuuh jadi GeEr nih, yg komentar suhu photography...hehe makasih banyak ya Mbak Tika...

Iiiih masak Mbak lupa...itu tuh besarin foto lewat flickr. Itu ilmu yang paling berharga buatku...I can't thank you enough...

tika hapsari nilmada mengatakan...

Waaahhh....bukan suhu ! Sama2 beginner dan amateur !
Oo...yang posting foto dari flickr, syukurlah kalau bermanfaat. :D Keep shooting and sharing ya Hes...

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...Mbak Tika lucu juga...
Iya mbak...I will. Thanks for everything...

Anonim mengatakan...

Simplу want to say yоur artіcle is as amazing.
Τhе clarity in your post is јust gгеаt
and i could assume yοu аre an eхpert on this
ѕubject. Well with yοur permіssіοn lеt me to gгab youг RSS feed to kеep
updatеԁ with fοrthcоming poѕt.
Thanks a mіllion and pleаѕе сontinue thе enjоyable ωorκ.
Review my blog post ... rispana.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Wow, thiѕ post iѕ nice, my sister iѕ analyzing thеsе kindѕ of things,
thus I am gοing to convеy heг.

Ηaѵe а look at my web-ѕitе .
.. gsa search engine ranker footprints

Maria Magdalena Yuliany mengatakan...

Mba Hesti..pastel mininya cakep bangettt....ak semalam bikin pastel isi singkong 2resep uda gempor..kira2 kalo bikin pastel mini pke cara manual susah ga ya mba ??

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja mbak asal telaten gilingnya dan adonannya gak banyak...hehe

Abon Ikan Sehat mengatakan...

Mbak Hesti, gambar abonnya menarik sekali. Itu seumpama pakai abon ayam bagaimana ya?

Hesti HH. mengatakan...

Itu di atas pakai abon ayam kok...enaak

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails