Sabtu, 15 Oktober 2011

Brownies Cappucino

Brownies Cappucino


Kangen bikin brownies lagi. Udah lama nggak bikin...seperti biasa aku bikin brownies favorit hubby, Brownies Cappucino dengan tambahan kacang mede dan kenari yang banyak. Enaaaak deh. Rich and nutty...!


Resepnya di bawah ini ...

Bahan :
- 200 gr butter
- 200 gr dark cooking chocolate
- 4 butir telur
- 1 1/2 bungkus cappucino instan bubuk (aku pake Nescafe original 3 in 1)
- 275 gr gula pasir
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 170 gr terigu protein sedang
- 30 gr coklat bubuk
- 150 gr kenari dan mede sangrai, cincang

Cara membuat :
  1. Lelehkan butter bersama milk chocolate dengan api rendah. Aduk sampai lumer, tambahkan cappucino bubuk, aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan vanili bubuk asal gula larut.
  3. Masukkan campuran coklat leleh. Aduk rata. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk yang sudah diayak. Aduk rata.
  4. Masukkan kenari dan mede. Aduk hingga rata.
  5. Tuang dalam loyang brownies 24x24 cm bersemir margarin dan dialasi kertas roti.
  6. Panggang dalam oven 180 C atau 350 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai tusuk gigi dimasukkan sudah tidak basah lagi. Tapi jangan sampai overcook karena menghasilkan brownies yang kering dan tidak moist.
  7. Angkat, dinginkan. Tabur gula untuk dusting.

31 komentar:

chi mengatakan...

mba, saya sdh cb resep ini, enak deh cuma klo mnrt saya kemanisan, mngkin lain kali saya kurangi gulanya..hehehe gpp kan?

sama saya mau mnt saran, td saya kan buat 1/2 resep ini trus di panggang d loyang brownies ukrn 22x10x4.... manggangnya lamaaa bgt jdnya 1jam deh.

jadinya bawahnya kering bgt, tp atas n tengahnya ga masalah, moist banget n enak. apa seharusnya saya pke loyang yg ukrn 30x10x4 ya? saya cm pny loyang brownies soalnya...

mksh atas jawabannya.....

Hesti HH. mengatakan...

Ngga papa kok gulanya dikurangi. Malah resep aslinya brownie ini gulanya 350 gr. Loyang apa aja ngga masalah. Saya juga kalo pake loyang brownies jadi dikurangi waktu panggangnya. Brownies itu kalo ditusuk lidi nggak harus keluar dalam keadaan kering. Kalo ada adonan yang melengket di lidi gak papa karena dia moist yang penting bukan adonan basah (yg berarti masih mentah)

Jenis cappuccino sachet juga berpengaruh dengan derajat kemanisan. Ada yang banyak mengandung gula.

chi mengatakan...

saya pake good day capuccino mba, yang nescafe lg ga ada... pas manggang 25 mnt itu adonan masih basah sah sah..... trus saya tambah 10 mnt lagi...ttp basah sah sah... hehehehe...makanya saya tambah lagi...

saya mau cb ntar panggang di loyang brownies 30x10x4....

tapi overall ini rasanya enak bgt...tuh udah habis d makan, hehehehe

saya jualan bronis soalnya..sapa tau ini jd jualan saya juga, hehehe...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalo suka. Okey...good luck ya jualannya. Semoga brownies cappucinonya bisa jadi andalan dan akhirnya bisa memahami selanya kue ini di mana...

nickeJJ mengatakan...

mau coba aaahhh.....
hiks kapan yaaa....????

bunbun mengatakan...

ooh la la... coklat + cappucino itu gak pernah salah yaa.. hmm selalu enakk.. apalagi bikinan mu.. :)

me want brownies for the weekend. :)

btw mbak.. aku udah beli labu utk nyobain resep2 labu mu, tapi ternyata harus nginep di rumah mertua, dan pas pulang, labunya udah belenyek. huhuhuhuhu.. sedihh..
dipending lagi nih kayaknya.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Hmmm Bun bun kalo mampir ke blog pasti bikin daku GeEr deh...hehe amiiiin....

Walaaaaaah kasihan labunya ya...eh salah, kasihan Bunbun yang gak jadi baking labu, belom jodoh ama labu kali. Semoga dapat labu pengganti yang lebih baik ya Bun...

yeny widjaja mengatakan...

Salam kenal, mbak Hesti.Saya suka jalan2 di blog mbak, kuenya cantik2 dan sepertinya enak.saya mau coba brownis capucino mbak Hesti nih. Mau tanya ya mbak,biasanya saya buat brownis ditusuk lidi masih basah tapi sudah lama panggangnya,jd saya panggang lagi tapi jadinya kering,kurang enak.saya pakai oven tangkring mbak, maklum newbie mbak, klo dah mahir baru mau beli oven gas. Thx ya mbak,saya coba dulu resepnya.

Pipi Huang mengatakan...

fotonya cakep2 banget mba, aku ijin copas yah, pengin coba buat weekend nih browkusnya..

thanks ya mba

Hesti HH. mengatakan...

kalo sudah lama panggangnya tapi masih basah nggak papa mbak. Mungkin itu gak basah tapi lengket dikit karena adonan dense. Atau kadang juga ada yang pake coklat chip jadi meleh ketika masih panas dan lengket di tusuknya. Yang penting....beda basah sama lembab. Kalau basah pas ditusuk kentara masih cair tapi kalo lembab lengketnya kayak crumbly gitu...

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih mbak, silahkan dicopas...and good luck yaa

Anonim mengatakan...

mba hesti... mau tanya ni.mau bikin ini bwt arisan. klo butternya diganti mentega atau dicampur mentega gimana? misalnya 100gr mentega + 100 gr butter. soalnya butterkan mahal. hehehe..
terus dulu pernah bikin juga, tapi kok bau atopun rasa kopinya ga ada y?pdhal saya pake 2 bungkus nescafe.
makasih mba..

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mbak. Maksud mbak margarin kan? kalo mentega itu bahasa Indonesianya butter mbak. kalo saya biasa pake separuh separuh biar enak. Kalau saya merasa udah pas mbak dan ada aroma kopinya walaupun nggak kuat. Kalau mbak pengen lebih keras baunya bisa pake pasta moka. Soalnya kalo dibanyakin nescafenya entar bisa pahit.

Anonim mengatakan...

yep.margarin mba.klo pake butter semua takutnya tekor. hehehe... okey deh mba. makasih jawabannya. wish me luck.

Anonim mengatakan...

mba hesti... saya uda coba resepnya pake campuran butter anchor sama blue band. tapi kok g mateng2 ya. waktu panggangnya sampai satu jam. waktu 35 menit saya tusuk pake lidi masih basah banget bawahnya. padahal atasnya uda kering. waktu dibalik malah bagian atasnya yang rontok. sisanya dengan manisnya melekat di loyang. karena penasaran saya coba lagi pagi ini tanpa campuran butter. tapi jadinya sama aja. bagian atasnya uda kering crunchy. tapi bawahnya masih basah-sah... kayaknya emang g bakat masak deh. mending pergi ke toko. beli jadi aja kali ya...
hiks-hiks...

Hesti HH. mengatakan...

Jangan patah semangat mbak.
Memang brownies ini ketika matang masih lembab jadi pas dites tusuk keluarnya masih ada adonan yg lengket, tapi bukan basah adonan mentah lho mbak. Beda. Dia basah karena banyak kandungan gula dan cokelatnya. Dalam keadaan panas masih leleh ketika dingin mulai mengeras. Tapi mbak aduk gulanya sampai larut kan? karena kalau belum larut pas dipanggang gulanya akan turun ke bawah dan mengakibatkan lengket pada loyang. Supaya gampang lepas dari loyang olesi mentega dulu lalu alasi kertas roti sampai melebihi loyang. Nanti pas matang panas panas langsung diangkat dan dikeluarkan dari loyang supaya nggak lengket.

Anonim mengatakan...

klo ngocok gulanya ga terlalu lama krena takut overmix. saya ga pake kertas roti. cuma loyangnya diolesin mentega sama tepung. biasanya ga pernah lengket. dan saya udah pernah coba resep mba hesti yang ini sekitar 2 bulan lalu.. dan jadi mba. enak n ga lengket.. jadi mempertanyakan kemampuan sendiri ni..

Anonim mengatakan...

waktu dites tusuk itu masih basah mba. cuma saya g bisa bedain masih lengket karena belum mateng atau karena kandungan gula yang banyak. yg pasti diseluruh permukaan tusuk sate yang saya tusuk ke kuenya ada adonan coklatnya. rasanya sih enak banget mba. sama kayak yg saya bikin sebelumnya. mungkin lebih baik pake gula halus kali ya...

btw, yang nyobain kuenya pada nanya.. "waah mba... klo kue gagal aja rasanya seenak ini.. gimana klo sukses ya..." alhamdulillah kue gagal itu ngga mubazir. pada doyan juga. walaupun bentuknya uda ngga jelas.

Anonim mengatakan...

Hi Mba Hesti,
Ramadan sekarang aku byk coba resep2 Mba Hesti termasuk brownies ini, gulanya aku reduce n full butter..rasanya enak bgt. Trims ya mba semoga resep2 mba barokah dan membuat amatiran spt aku tambah rajin kedapur hehehe :-)

-Ira-

aya mengatakan...

Halo Mbak Hesti... wah saya itu seneng banget kalo browsing-browsing resep brownies terutama yang panggang... hehehe

Saya tertarik mau praktekkin resep ini... cuma pengen nanya nih... itu api yang di gunakan api bawah saja atau api atas bawah? terima kasih mbak Hesti sebelumnya... :)

Anonim mengatakan...

hai mba mau nannya donk, kalo aku mw agak ngembang bs ga ya ditmbhin baking powder stengda sdt gitu?trims ya hehe

Anonim mengatakan...

hallo mbak hesti...salam kenal saya senang banget bisa ketemu blog ini dari temen saya di kantor...hampir tiap hari sy liat2 trus blognya :) hehhee neh aja saya udah cobain bikin sus jepang dan brownies ini..hasilnya sgt memuaskan, makasih mbak hesti...

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : cara ngetesnya kalau adonan mentah tusuknya kelihatan basah mbak merata. Tapi kalau dah mateng, tusuknya lembab denga ada sedikit adonan yg nempel tapi gak basah...
Alhamdulillah kalo suka semoga lain kali bikinnya lbh sukses yaaa

@Ira : makasiiih mbak doanya...

@Aya : api bawah saja mbak...

@Anonim : makasih mbak, semoga cocok rasanya. Jgn bosan cobain resep lain lagi yaaa...

rumah kreasiku mengatakan...

Mba tadi barusan aja aku cobain resepnyadan kendalanya sma kaya mba2 yg lain yg nyoba kue ini, adonannya basah bgt pas 25 menit.. ini apa karrna aku ngocoknyaga smpe ngembang jadi si afonan telur masih semi cair ga berbentuk kaya adonan brownies kaya biasanya yg udah agak ngembang gtu jadi pas di oven masih basah bgt tapi di bagian pinggirnya kering? Mksh mba mohon pencrrahannya sorry rada curhat :)

Hesti HH. mengatakan...

Memang brownie ini ciri khasnya begitu mbak. Kalau mau bisa dinaikkan sedikit apinya supaya yg tengah cepat set. Yg bikin pinggirnya kering karena kelamaan dipanggang. Tp jgn tunggu sampai tengahnya kering benar ya mbak...tengahnya sebaiknya masih lembab/lembek (bukan basah)

Regina Bellani mengatakan...

Mba hesti salam kenal :)

Aku lg browsing resep brownies dan keingetan udah bookmark blog mba dari lama tapi baru sempet komen. Aku barusan coba bikin brownies pake resep mba ini. Jadinya enakkkkk, atasnya garing tapi dalemnya lembut hihihi dan anakku suka banget (soalnya dia suka susah makan kue, kalau coklat baru deh suka). Makasih yah mba resepnya. Besok2 mau cobain resep lainnya deh :)))))

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalau cocok sama resepnya mbak, senang bisa berjasil krn beberapa temen ada yg sempet gagal juga. Makasih dah info yaaaa

Anonim mengatakan...

Butter Boleh diganti dengan canola oil ga.? Trims ya mbak ��

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak saya belum pernah coba jadi nggak bisa jawab...

veronica chrisanta mengatakan...

Kok tengahnya msh basah??padahal atas sm bawah dah mateng bahkan jd kering

Hesti HH. mengatakan...

Basah cair atau moist mba? brownies memang begitu...setelah betul betul dingin tengahnya lebih set. Kering luarnya itu karena penggunaan gula yg banyak sehingga gulanya mengkaramel. Tapi ngga apa apa mba. Coba ditunggu dingin dulu ya.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails