Sabtu, 18 Februari 2012

Bolu Rampah

Bolu Rampah

Bolu Rampah


Bolu rampah ini adalah kesukaan mama jadi hari ini aku buatkan tuk oleh oleh dibawa ke Makassar. Aku bikinkan bolu gulung dan brownies kukus juga. Kebetulan bapak lagi transit dari tempat kerjanya menuju Makassar, jadi sekalian buat bekal juga.
Bolu rampah sebenarnya mirip mirip dengan oebintjkoek. Sama-sama menggunakan bumbu spekku tuk pewanginya dan sama sama menggunakan gula merah.

Rasanya enaaakkk dan wangi spekku. Cuma di teksturnya terlalu springy karena kayaknya aku kelamaan mengocok. Biasanya nggak sekapas ini sih. Memang lain kali harus diperhatikan waktu mengocok, lebih lama sedikit kuenya jadi berasa makan sponge, hehe. Tapi adeekk suka sekali katanya "minta lagi bu kue kapasnya" haahhh?? atau mungkin juga karena aku kurangi takaran margarinnya. Mama kan hipertensi dan kolesterol jadi gak boleh terlalu banyak lemak. Resepnya menggunakan cup/gelas. Semua ukuran menggunakan gelas atau cup yang sama. Soalnya kalo dikonversi ke gram jadi bingung aku. Cupnya gula sama tepung beda apalagi sama air.

Bahan :
- 3/4 cup gula merah, sisir halus
- 1/4 cup gula pasir
- 1 1/4 cup terigu
- 4 sdm agak munjung mentega/margarin, lelehkan bersama garam
- 1 cup telur
- 1 sdm bumbu spekku
- 1/2 sdt vanili
- 1/2 sdt garam
- kenari secukupnya tuk campuran adonan dan taburan

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180 C. Siapkan loyang 25x25x7 cm yang dioles margarin dan ditabur tepung terigu.
  2. Kocok telur, gula, dan vanili sampai mengembang kental berjejak.
  3. Turunkan kecepatan mixer paling rendah. Masukkan campuran tepung dan bumbu spekku sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai rata. Masukkan margarin.mentega leleh dan dimixer perlahan sampai rata. Masukkan separuh kenari.
  4. Tuang di loyang dan taburi sisa kenari. Panggang sampai wangi dan matang.



16 komentar:

CT Delima mengatakan...

As'salam Hesti

Bolu rampah ni mesti rasanya sedap ya, enggak sabar mahu lihat resepnya ni, tunggu sampai Hesti letak resepnya nanti mahu juga k.ct coba.

rehat dulu ya, kasi segar badan2 yang lelah, minum madu dengan air suam moga cepat segar kembali :)

Gee® mengatakan...

salam kenal buk, enak nampak kuih bahulunya... yummy!!

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Gee. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komen manis.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Kak CT,

Iya enak sekali kak, apalagi bumbu spekkunya buatan sendiri. Asli wanginya...^^

Makasih banyak kak CT, alhamdulillah sudah baikan habis minum air hangat dan madu. Ini resepnya sudah aku tuliskan...

purnama mengatakan...

bumbu spekku itu yg gimana ya mb hes?

purnama :)

Hesti HH. mengatakan...

Mbak Purnama, bumbu spekku/spekoek itu rempah rempah bubuk wangi campuran kayu manis, pala, kapulaga dan cengkeh. Kadang jg ada yg tambahkan jahe. Aku nggak pake jahe...wangi sekali. Biasanya orang2 dulu(mama dan nenek nenek kita) suka banget kue ini. Bisa bikin sendiri tapi lebih simpel beli aja di toko bahan kue. Pengalamanku nggak ada yg sewangi bikinan sendiri.

purnama mengatakan...

oooh gituu...
syukron mb hesti :)

resep-resepx bagus bgt n gambarx jg ok . sngt mmbantu aq yg bru bljar masak nieh.

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama Mbak Purnama. Senang bisa bermanfaat.

hera mengatakan...

Dua jempol deh buat mbak Hesti, sdh lama sy cari resep ini. Sy biasa beli tapi tdk tau cara buatnya n ada resep di majalah tp tdk meyakinkan. Sy baru buat tadi tp pakai loyang yg bolong tengahnya n besar jadi agak pendek, tapi rasa enaaak n harum bumbu spekkuknya. Makasih banyak mbak Hesti

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, syukurlah kalau ketemu resep yang pas...ikutan senang ^^

devi malang mengatakan...

Ass mbak. Saya sdh coba resepnya daan gagal total. Buantet tet tet. Hehehe...
Di resep ini ada yg sy ganti. Gula jd 0,5 resep. Mentega cair sy ganti minyak 4 Sm.Cara saya bikin telur dan gula dikocok 10 menit dg phillips speed 2 sampai ketika diangkat adonan tdk jatuh. Tepung saya aduk balik begitu juga minyak. Naah, krn tdk segera tercampur dg baik, akhirnya sy kocok dg speed 1. Adonan jd sangat kental dan menggumpal di roda mikser. Mestinya adonan cake stl semua bahan tercampur itu seperti apa? Apakah fluffy mbak? Terima kasih sebelumnya. Ngomong2 saya senang sekali berkunjung ke blog mbak. Kereeen..

Devi-Malang

Vivi Liberty mengatakan...

Halo mba.
1 cup telur itu berapa biji ya?
Makasih ya mba

Hesti HH. mengatakan...

@Devi : waalaikumsalam, waaaaa turut sedih mba. Adonan hasilnya kental berjejak mba. Kalau kelamaan ngocoknya nanti kuenya beremah atau cenderung turun ketika dipanggang. Yang penting jatuhnya sudah lambat gak cair begitu. Mungkin juga ada pengaruh pengurangan gulanya mba

@Vivi : maaf saya lupa mba bikinnya dah lama kalau ngga salah sih 4 atau 5 butir

Devy Pusposari mengatakan...

Ass mb Hesti. Alhamdulillah, boluku welldone, mbak. Akhirnya..... cantik, harum, mengembang bagus banget. Kayaknya aku mmg belum semahir chef Hesti, hehehe... Dijamin bantat, mb, kl ngaduk tepung pakai mikser. Walaupun adonan sdh kental berjejak, dan tepung pakai gigi 1. Semoga mb Hesti sehat selalu,Amiin...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mbaaaa ikutan senang. makasih doanya yaaaa

Nova Tumbel mengatakan...

salam kenal mbak hesti.. akhirnya aku nemuin jg resep ini. makasih ya mbak utk resepnya... sukses selalu. Gb

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails