Selasa, 07 Februari 2012

Roti Garenteng dan Roti Bakar Selai Kaya

IMG_3764

Roti garenteng adalah istilah untuk roti tawar yang dipanggang hingga kering. Sebenarnya mirip mirip dengan bagelen dari Jawa. Bedanya kalo roti bagelen dibuat dengan bentuk bulat kayak burger mini dan khusus tuk dibikin bagelen. Sedangkan kalo roti garenteng menggunakan roti tawar sisa atau yang sudah beberapa hari kemudian dioles margarin dan ditabur gula pasir kasar dan dipanggang dengan api kecil hingga kering. Rasanya renyah bukan main...

Kemarin aku memang udah bikin roti tawar dan sudah diniatkan mau dibikin roti garenteng karena anak anak dan hubby suka sekali... . Bukan hanya sensasi kriuk-kriuk dari rotinya tapi perpaduan margarin dan gula pasirnya juga membuat rasa roti ini tambah spesial kriuknya...

Untuk bekal anak anak, sebagian roti tawar aku bikin roti bakar selai kaya. Memang cucok sekali. Bagian luar roti garing ditambah dengan olesan selai kaya yang legit...hmmm. Selai kayanya asli buatan Makassar dan memang sudah populer serta sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan. Warnanya cokelat mungkin dari gula yang dipakai. Apakah gula merah atau karamel aku juga gak tau...hihi

IMG_3749

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Ooohh....namanya roti garenteng ya. Aku malah ga tau namanya biarpun pernah membuatnya. 'Jurus' ini sering aku buat kalo liat roti tawar kelamaan nganggur di rumah. Enak emang, kriuk2 gitu. Foto yang dibawah tuh, ya ampun.... cangkir kalengnya jadul deh. Jadi inget jaman aku masih kecil, kalo ke rumah embah mesti liat cangkir seperti itu.

Rina Audie

Hesti HH. mengatakan...

Hihi...iya MBak Rina, kalo di Sulawesi sih gitu namanya. Nggak tau kalo diluaran...kali aja sama. Tentang cangkir kaleng, ini adalah salah satu hasil hunting pas kemarin ke Jawa. Tnyata di pasar pasar tradisional masih banyak yg jual. Aku suka karena unik dan ada nilai historisnya *sambil termenung mengenang masa kecil*

Rima mengatakan...

Hesti
Dah lama tak buat yg satu ini.. my all time fav.. dari zaman sekolah sampai lah sekarang.. krap krup :o)

Hesti HH. mengatakan...

Hohooooo...rupanya tak muda tak tua, semua suka kriuk kriuknya *membayangkan Kak Rima lagi ngunyah roti garenteng*

Nanik mengatakan...

waaaahh saya suka syekali roti kek gini, mbak hesti, meski ga tau namanya roti garenteng. saya sebutnya roti bagelen juga...hehehe. kapan-kapan bikin ahhhhh tapi roti tawarnya beli aja *pemalas.com*

Hesti HH. mengatakan...

Hahaha...Mbak Nanik, garenteng emang istilah sulawesi mbak. Aku jg gak tau bahasa Indonesianya. KAlo bagelen lihat di buku2 bentuknya bulat padahal mgkn semua jenis roti yang dikeringkan namanya roti bagelen...aku jg nggak ngerti mbak. Emang siy mbak sebenarnya lebih gampang beli...^^ hihi

Nanik mengatakan...

barusan bikin roti kering ini mbak, tapi roti tawarnya beli di bakery rumahan deket rumah...belom dicobain si...baru aja keluar oven.tar dipamerin di blog :)) thx mbak hesti inspirasinya.sebelomnya ga pernah terpikir bikin "bagelen" sendiri hehe..

Hesti HH. mengatakan...

Haaahhh?? udah praktek mbak?? hebat euy...asyik asyik, ntar aku cek di blognya ya...tengkyu dah cobain resepnya ^^

Vivian Pang mengatakan...

I have another award for you. Pls drop by and collect :)

Hesti HH. mengatakan...

What a wonderful surprise Vivian, thank you so much for this second award. I'm specchless!

Nanik mengatakan...

iya mbak, langsung cobain...enakkk kriuksss. skr udah dipamerin di blog.thaks loh mbak resepnya :)

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mbak. Pantesan kemarin dan tadi pagi aku ke blog belum ada. Penasaran aku. Yak...sekarang meluncur ke sanaaaaa...

Vhita Hani mengatakan...

Mbak Hesti, aku juga udah bikin roti garentengnya. enaaak... sip dah buat mbak hesti

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak udah nyobain, hope you like it ^^

mamasalma mengatakan...

hallo mbak hesti....salam kenal ya....

mbak mau tanya donk gimana cara panggang biar garing dan warnanya bagus kaya roti garenteng mbak hesti? terus bahan olesannya cuma blueband dan gula aja mbak? maaf ya mbak pemula harap maklum he..he..he..karna liat hasilnya atas bawah roti garentengnya warna coklatnya top banget, (panggangnya rotinya di bolak balik gak mbak?

mamasalma mengatakan...

hallo mbak hesti.....

mbak mau tanya donk untuk manggang roti biar bagus warnanya coklat kaya gitu di bolak balik ya? untuk olesan blueband dan gula pasir aja kah? terimakasih mbak sukses terus ya mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Halo mbak, makasih dah mampir

Nggak perlu dibolak balik mbak, yang penting apinya kecil jadi memang agak lama manggangnya tapi bener bener renyah dan gak gosong. Olesannya iya cuman blueband dan gula pasir kasar.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails