Minggu, 26 Februari 2012

Lemon Cream Puff

Lemon Cream Puff

Lemon Cream Puff


Lemon Cream Puff

Hari ini aku mencoba kue sus versi lain lagi. Pengen tau gimana rasanya vla yang pake lemon. Secara aku suka semua yang berbau lemon, orange...pokoknya bau buahan jeruk dah...! Di kue, wanginya khas...

Resep aku lihat dari Wendy "My Buttery Fingers". Tapi sedikit aku modifikasi. Kalau cara Wendy, adonan lemon curd diisikan ke dalam sus kemudian atasnya ditambah dengan semprotan whipped cream. Kata Wendy, lemon curdnya terlalu buttery. Jadi supaya nggak terlalu buttery aku campurkan aja dengan whipped creamnya. Ternyata alhamdulillah, enaaaak sekali. Rasa lemonnya tetap terasa, teksturnya lembut dan aduhai membelai lidah...*haiiis bahasane!

Tapi...ada tapinya niy, saking lembutnya fillingnya...kalau dimakan bleber keluar. Kata hubby, repot niy...makannya blepotan. Jadi hanya ada 2 cara. Satu, makannya pake piring dan sendok. Kedua, lain kali adonan lemon curdnya diganti dengan adonan vla lemon. Sama aja resepnya cuman ditambah susu cair, maizena/terigu sedikit supaya jadi vla agak kokoh kayak kue sus. Habis itu setelah dingin baru ditambah sedikit whipped cream. Yang bikin lembut/lembek memang si whipped cream itu. Apalagi kalo udah lama di suhu ruang. Pokoknya makannya harus didinginkan di kulkas dulu.

Resep kulit sus, aku tetap menggunakan resepku. Vlanya dari My Buttery Fingers tapi adonan lemon curdnya aku campur dengan whipped cream. Kalau mau lihat step by step pembuatan lemon curd dan lemon mouse yang lebihi lengkap bisa dilihat di pastry pal.

Bahan kulit:
- 150 gr margarine
- 150 gr tepung terigu protein sedang
- 250 ml air
- 1/4 sdt garam
- 4 butir telur (5 butir kalau kecil)

Cara membuat:
  1. Masak air, margarine dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga, dan spuit menggunakan spuit bintang. Beri jaraj di loyang bersemir margarin.
  4. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai kuning kecoklatan. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue. Sisihkan.
Bahan Lemon Curd :
- 2 telur utuh
- 2 buah kuning telur
- 150 gr gula pasir
- 100 ml lemon juice
- lemon zest dari 1 buah lemon
- 80 gr unsalted butter, potong potong

Cara membuat :
  1. Dalam panci kecil, aduk pelan gula, kuning telur dan telur utuh. Panaskan di atas kompor dengan api sedang dengan cara ditim.
  2. Setelah agak kental, masukkan jus lemon, lalu panaskan lagi hingga benar benar kental tapi tidak mendidih sampai konsistensinya pas untuk disemprot. Agar lebih licin dan lembut saring lemon curd (untuk menghilangkan grindilan putih telur dan lemon zest)
  3. Angkat, masukkan butter lalu aduk sampai rata. Taruh panci di atas es, atau kalau pakai caraku aku jalankan keran di westafel, taruh panci di atas westafel supaya bawahnya terkena air, lalu aduk-aduk lemon curd agar cepat dingin(tapi jaga jangan sampai air keran masuk ke dalam panci). Setelah dingin, campur dengan whipped cream kocok. MAsukkan dalam piping bag dengan spuit bintang. Siap digunakan.
Bahan lemon cream :
- lemon curd
- 150 gr whipped bream (aku pakai yang bubuk "Pondan" 75 gr+125 ml air es) setelah dikocok, simpan dulu dalam refrigerator supaya agak keras dan mudah disemprotkan.

Penyelesaian
:
  1. Belah dua kue sus tidak putus. Semprotkan isian ke dalam kulit sus. Selesaikan semua lalu simpan dalam lemari es.
  2. Pada saat mau disajikan beri ayakan gula halus.


13 komentar:

mimie kesuma mengatakan...

wahhh...salah satu fav ku ini mbak... :)
kapan2 mau coba... rasanya udah lama ng bikin sus
saia suka bgt sm foto2nya....

salam kenal dr kota dumai.... :)

Rima mengatakan...

Mau dehhh.. Anything with lemon .... I like.. Dalam freezer Ada lemon curd.. Nanti dicuba deh.. Ty dear Hesti!

Hesti HH. mengatakan...

Makasih MBak Mimie... salam kenal juga ^^

Hesti HH. mengatakan...

Eh ternyata kesukaan kita sama Kak Rima, kalau kata hubby...sus ini terlalu wangi kayak ada parfumnya hihihi...enakan yang biasa aja katanya.

Anonim mengatakan...

Mbak, aku jadi penasaran pingin bikin lemon curd. Belum pernah bikin nih. Apalagi katanya wangi kayak parfum gitu, hihihi.....

salam

Rina Audie

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...iya MBak emang wangi. Kalo menurutku, rasa dan wangi krimnya seperti isian biskuit sandwich lemon yang ada dalam kaleng Khong Guan besar...

Ira Rodrigues mengatakan...

H, bisa ngebayangin betapa wangi nya lemon curd tsb.
krn aku gak suka whipped cream, jd aku nunggu experimen kamu selanjutnya ya hihi

Hesti HH. mengatakan...

Betuuul mbak Ira, mungkin karena aku jarang ya bikin kue yang menggunakan lemon banyak jd makan segitu aja rasanya wangiii...
Iya deh mbak, entar cari resep yang unik2 dulu, hehe

Anonim mengatakan...

mba hesti mau nanya dong..itu lemon zest artinya apa ya? sama lemon juice itu diambil dr air lemonnya campur air ya?

Hesti HH. mengatakan...

Artinya kulit jeruk lemon mbak. Yang bagian kuningnya aja jgn sampai kena putihnya nanti pahit. Jadi parutnya pelan aja nggak usah ditekan keras. Lemon jus asli jus lemonnya mbak nggak dicampur air

Venny Nyoto mengatakan...

Waduh mbak hesti sus nya cantikk bgt....mbak hesti mau tanyaa dunkk kl kita pake lemon curd nya aja tanpa whipped cream enak ga ya???terlalu wangi ga? Pls info nya

Venny Nyoto mengatakan...

Mbak hesti numlang tanya lagi nih...kalo bahan kulitnya yg margarine diganti butter gpp kan?takarannya sama ya?thx yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak Venny,

Kalo gak pake krim jelas lebih wangi. Yang ini aja dah wangi banget. Kalau bahan kulit saya belum pernah coba pake butter tapi setahuku resep luar pakenya ya butter.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails