Rabu, 29 Februari 2012

Bura'ngasa (Makassar)


Jajanan Makassar yang satu ini namanya bura'ngasa. Kalau di Jawa mirip dengan gandasturi tapi yang ini menggunakan gula merah tuk campuran kacang ijonya dan tidak menggunakan santan. Ada satu lagi jajan yang mirip dengan ini namanya tara'jong'. Proses pembuatan sama hanya isiannya menggunakan singkong yang diberi gula merah. Rasanya beda dikit juga...ya enak juga! Lain kali dicoba deh...


Resepnya menggunakan kacang ijo yang direndam semalaman. Setelah itu direbus sampai lunak dengan sedikit garam dan daun pandan. Setelah airnya menuyusut tambahkan gula merah diserut lalu masak lagi sampai kalis. Kalau aku, takaran gulanya aku kira-kira. Karena sewaktu bikin tadi agak kurang manis aku tambahkan lagi sedikit gula merahnya. Bura'ngasa ini harus terasa manisnya tapi tidak juga kemanisan. Jadi sesuaikan selera saja. Setelah kalis, dibentuk bulat pipih lalu digoreng. Kalau bahan pencelupnya aku pake tepung beras dan terigu 1 : 1. Kasih garam sedikit lalu goreng sampai garing. Enaaaak...!!

Waktu menikmatinya paling enak pada saat panas panas diangkat dari penggorengan, lapisan tepungnya kriuk kriuk dan kacang ijonya masih lembut/legit. Jadi kalau mau tahan lama, adonan kacang ijo yang sudah dibulatkan dan dipipihkan taruh di wadah kedap udara lalu simpan di refrigerator. Adonan tepungnya bikin secukupnya aja. Jadi pada saat mau dimakan baru deh digoreng. Dan yang pasti diusahakan langsung habis. Kalau dingin lapisan tepungnya jadi alot.


IMG_4369Bura'ngasa



8 komentar:

mimie kesuma mengatakan...

kue kasturi kalau di riau mbak...
enak ....sering di jual di pasar2 tradisional...
seperti biasa....foto2nya kerennnnn...
bikin iri....
kapan ya aku bs megang DSLR....#ngarep

Hesti HH. mengatakan...

Teernyata di tiap daerah ada ya mbak Mimie, beda nama aja. Makasiiih mbak...jgn pernah berhenti berharap punya DSLR, aku juga punya baru beberapa bulan terakhir ini. Dulu cuman mimpi bisa punya...alhamdulillah bisa terwujud. We never knows...

Rima mengatakan...

Gendang kasturi kalau di singapore.. photo nya.. ya ampunnn!

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih Kak Rima.
Gandasturi, kasturi, gendang kasturi...waaah mirip banget namanya ya Kak Rima. Kayaknya masih banyak di daerah lain dengan nama yang berbeda...

Ira Rodrigues mengatakan...

ooohh, aku kira dicetak...pas liat fotonya lupa2 ingat, tp pas baca tulisannya jd inget kue ini :)

Hesti HH. mengatakan...

Nggak ngerti juga aku mbak Ira kalo di tempat lain apa pake cetakan apa enggak. Tapi kalo di rumah, ya dipipih-pipihkan pake tangan aja dengan "feeling" ukurannya biar seragam, hehe

CitarasaKu mengatakan...

Hi, HH nampak sedap kuih tradisional ...kasturi kalau di tempat saya.

Lena Sutiono mengatakan...

Ternyata d tempat q samarinda sama kuenya cuma beda nama az,"SANGGAR KACANG".

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails