Kamis, 09 Februari 2012

Bolu Gulung Blueberry

Blueberry swiss roll

Blueberry swiss roll

Hari ini aku bikin bolu gulung isi selai blueberry. Selaiku masih banyak sekali, kemaren waktu mama datang aku dibawakan sekilo. Nah, aku kan bukan bakul kue jadi nggak bikin bolu gulung sering-sering. Jadi masih sisa banyak niy. Takut kelupaan nanti lama-lama kadaluarsa.


Kali ini aku pake resep lapis surabaya. Aku permanis dengan tambahan totol totol love dari adonan cokelat, biar agak gaya dikit, qiqiqi...

Bahan :

- 10 kuning telur
- 1 putih telur
- 90 gr gula pasir
- 50 gr terigu
- 15 gr maizena
- 50 gr margarin + 50 gr salted butter (lelehkan)
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 sdm susu kental manis
- pasta cokelat

Filling :

- selai blueberry

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula dan vanila sampai mengembang, masukkan tepung (terigu, maizena) sambil diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  2. Masukkan mentega dan margarin cair sambil diaduk perlahan. Tambahkan susu kental sambil diaduk rata.
  3. Ambil sedikit adonan, beri 1 tetes pasta cokelat. Aduk rata lalu masukkan dalam plastik segitiga.
  4. Tuang adonan putih ke dalam loyang 28x28x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Seprotkan bulatan bulatan kecil tidak beraturan. Tarik menggunakan tusuk gigi tengahnya sehingga membentuk love/daun. Lakukan saling berlawanan arah.Panggang dengan panas 350 F selama kurang lebih 15 menit.
  5. Angkat lalu balikkan di atas rak kawat hingga dingin.
  6. Olesi selai, lalu gulung dan padatkan.

9 komentar:

Buncis mengatakan...

Mbak Hesti..itu bolgung kalo digulung pas dingin apa g patah ya? Kpaan-kapan postingin caranya ngegulung bolgung dong mbak...thanks ya.

Hesti HH. mengatakan...

Mbak, kalo kuenya menggunakan banyak telur hasilnya lembut dan lentur gampang digulung. Asalkan panggangnya jg nggak kelamaan yang berakibat kue kering dan sewaktu digulung patah.

Pengen sih bikin step by stepnya cuman susah krn saya menggulung dan saya jg yg motret semuanya. Sedangkan menggulung harus pake dua tangan nih...hehe

Anonim mengatakan...

mba hesti,aq suka bgt ma blognya...... Mba mau tau caranya menggulung biar kulitnya g lepas dr roti nya gmn?aq kadang kalo menggulung,kulitnya tertinggal dialasnya mba....

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak...

Saya juga dulu punya masalah yang sama. Kulit bolu lengket di kertas rotinya hehe..
Tapi akhirnya aku dapat cara yang praktis nih mbak. Ada 2 cara. Kalau kuenya mau diisikan selai (nggak pake krim jadi bisa langsung digulung panas panas) kuenya diletakkan di atas kain serbet(supaya tidak licin atau bergerak bisa gunakan serbet lembab), dioles selai lalu digulung deh dan dipindah ke kertas roti. Cara kedua kalo menggunakan kertas roti...beri ayakan gula halus (gula donat) di permukaan kertas roti atau permukaan kue. Nggak usah terlalu tebal. Beri selai lalu digulung kuenya. InsyaAllah nggak lengket.

Good luck ya mbak...

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

mba, daku blm prnah bikin bolu gulung... Nah, ketika digulung, yg ada di bagian dlmnya itu apakah bagian atas atau bagian bawah cakenya??? Wah, gmn ya jelasin pertanyaannya... Yah mdh2an mba ngrti...
Trus itu telurnya banyak yah mba, kalo bikin separuh resep bs ga?
Banyak nanya nih mba, mf sblmnya, krn pgn bgt pinter masak ky mba hesti yg cantik dan kreatif ini...
big hug....

Hesti HH. mengatakan...

Beda beda mbak. kalau tuk japanese roll cake karena motifnya di bawah jadi yg dibawah entar jadi di atas. Sementara bolu gulung biasa yang dibagian atas nanti jadi di bagian bawah ketika menggulung . kayak punyaku ini motifnya di atas jadi balik dulu jadi di bawah lalu gilung. Pokoknya motif harus selalu di bagian atas.

Telurnya banyak supaya hasilnya lembut dan lentur tanpa bahan tambahan seperti SP/TBM/ovalet. Kalau dibuat separuh bisa aja tapi loyangnya juga harus separuh ukuran yg di atas.

reina mengatakan...

salam kenal mbak...udah lama nich jdi pengemar bloq ini sng aku liat fotonya bgs2 bgt btw mbak tinggal dimana ? oya aku nyoba nich resep bolgul yg ini tp nyoba separyh dulu woooww berhasil sng bgt lho cuma wktu oven aku tambahin 5 mnt cz atasnya blm coklat pdhl aku liat oven kita sama hehehe aku liat pas mbak posting pindahan rumah...kompor nya sama bgt aku tinggal didaerah riau...mbak hesti tinggal didaerah tambang kah mailnya mbak apa thx

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Reina. Saya tinggal di kompleks perumahan karyawan perusahan tambang nikel mbak. Seneng banget ada yang sama sama tinggal di daerah tambang. Emailku hesti.ariefs@gmail.com

Anonim mengatakan...

Mbak hesti, kalo ukuran loyang sy uk 25 cm aku pakai resepnya 3/4 ya? Thx

Liz

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails