Sabtu, 04 Juni 2011

Wholemeal Bread



Sudah lama penasaran bikin roti tawar wholemeal. Apalagi yang menggunakan metode water roux (semacam starter) yang katanya bisa menghasilkan roti yang super lembut dan bertahan lama kelembutannya seperti yang di bakery-bakery itu. Tapi lebih sehat karena nggak pake bahan tambahan.

Kemarin aku bikin tapi gagal total. Aku gak baca baik-baik resepnya jadi semua adonan aku masukkan ke dalam satu loyang. Hasilnya sudah satu jam gak mateng-mateng. Herannn...padahal waktu bikin roti tawar zebra berhasil dan baik-baik aja dengan jumlah tepung yang sama.

Hari ini percobaan kedua. Aku bagi ke dalam 2 loyang. Rumusnya ngikutin sarannya mbak Rifda...makasih ya mbaaaak. Satu loyang pullman dan satu loyang brownies. Hasilnya sih udah bagus walaupun gak bisa setinggi seperti punya Pei Lin yang punya resep. Berhubung aku belum pakar di dunia per'roti tawar'an aku nggak tau salah adonanku di mana. Pada waktu fermentasi kedua sih mengembang...tapi waktu dipanggang cuma bisa naik dikit aja gak sampai memenuhi loyang 'pullman'. Memang sih walaupun lembut wholemeal itu rotinya lebih padat dibanding roti putih biasa. Ya namanya juga wholemeal...tapi kalo ngikutin resep harusnya sih bisa mengembang maksimal juga...waaah pusing nih...

Di bawah ini penampakan water roux yang aku pake...



Dan step by stepnya...

Tautan
For recipes...please visit 'Dodol & Mochi'. I am submitting this bread to Aspiring Bakers #8 June'11 Bread Seduction hosted by Jasmine from The Sweetylicious at this link.

1 komentar:

Habibah Fillah mengatakan...

Assalamualaikum

Mba hesty saya salah satu pengemar blognya mba hesti,, dan pernah buat banana moist yg pke choco chip itu loh.. wah ponakanq suka banget...

ni lg cari resep Roti gandum,, mba hesty bias bagi resepnya ga?.... untuk roti gandumnya.. pengen bgt buat.. tapi masih bingung dengan bahan2 yg dr Pei lin.. ditunggu ya mba... makasih.. :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails