Kamis, 23 Juni 2011

Aneka Mochi...


Hari ini aku seharian...eeeeh ngga ding, setengah hari menghabiskan waktu di dapur aja...
Judulnya aja aneka mochi, jadi semua jenis mochi yang terpikirkan...dan bahannya ada semua di rumah aku bikin.

Fiiiuuuuuuh...cappppeeeek...tapi hasilnya sebanding. Kata suami, "Ngga nyangka Yang (bukan peyang lho qiiqiqi)...kamu bisa bikin mochi sendiri dan seenak ini..." heheeeee habis banyak hubby makannya. Alhamdulillaaahhh.



Yang di atas ini mochi ketan hitam isi kacang ijo.


Kalo yang di bawah ini mochi isi cokelat balur wijen.



Tuh lihaaat isian ganachenya...


Nah yang di bawah ini favoritku. Sebenarnya aku terinspirasi dari snack yang dibeli suami. Kemarin dibeliin mochi kemasan plastik buatan pabrik rasa cokelat isi cream kopi...uiiih enak beneeeer. Jadi niat mau coba bikin sendiri. Hasilnya...sama enaknya, tapi punyaku rasanya manis sekali karena isinya banyak. Sedangkan buatan pabrik itu bentuknya agak pipih dan isiannya tipis aja.



Ini penampakannya setelah dibelah...


Resepnya aku modifikasi dari Majalah Sedap "mochi ketan hitam". Tapi satu resep aku modifikasi sendiri jadi berbagai varian.

Untuk mochi ketan hitam ya jelas pake campuran ketan hitam. Untuk mochi greentea dikasih sedikit bubuk greentea. Untuk yang lain hanya pake ketan putih aja. Untuk isiannya ada yang pake kacang ijo kupas, ganache cokelat, dan blenderan kacang tanah+gula. Untuk balurannya sesuai selera. Kalo aku sebagian menggunakan maizena sangrai, wijen, greentea (yang ini jadinya agak pahit, lain kali gak usah dibalur greentea) dan kelapa kering. Nah resepnya di bawah ini ya...modifikasinya sesuai selera.


Bahan kulit (1 resep):
- 150 gr tepung ketan putih
- 50 gr tepung ketan hitam
- 50 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam halus
- 100 ml air biasa
- 1 sdm minyak goreng
- 10 gr tepung maizena
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 50 ml air panas

Cara membuat :
  1. Campur tepung ketan, gula, garam, vanili bubuk. Aduk rata. Tambahkan minyak. Aduk lagi.
  2. Campur maizena dan 50 ml air (dari 100 ml air biasa) aduk rata. Tuangkan air panas. Aduk rata.
  3. Masukkan ke dalam campuran tepung. Aduk rata. Tambahkan sisa air sedikit-sedikit sampai adonan kalis. Diamkan 10 menit dengan ditutup plastik.
  4. Ambil sedikit adonan, beri filling dan bentuk bulat. Kukus dengan api sedang dalam kukusan yang dialasi daun pisang selama 10 menit. Angkat perlahan lahan menggunakan spatula kecil yang dioles minyak. Kerjakan cepat agar kulit mochi tetap lembab. Kalo terlalu lama kukusan dibuka maka kulit akan kering dan bahan baluran susah menempel.
  5. Gulingkan di bahan taburan (maizena sangrai, wijen atau kelapa kering kasar).

Filling kacang hijau (untuk 1 resep adonan kulit) :
- 150 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
- 100 ml susu cair
- 75 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam

Cara membuat :
Kukus kacang hijau 30 menit sampai mekar. Panaskan susu cair, garam, gula pasir, dan kacang hijau. Masak sambil diaduk sampai kalis. Dinginkan, bentuk bola-bola. Sisihkan.

Filling ganache cokelat (untuk 1 resep adonan kulit):
- 25 gr mentega tawar
- 50 ml krim kental
- bubuk kopi instan secukupnya
- 200 gr dark cooking cokelat

Cara membuat :
Panaskan mentega, tambahkan krim kental, kopi instan dan dark cooking cokelat. Aduk rata sampai cokelat larut. Dinginkan sebentar di freezer. Bentuk bola-bola. Sisihkan.

Filling kacang tanah :
Kacang kupas sangrai blender panas-panas dengan gula supaya gampang dibulat-bulatkan



Ini gambar cara mengisi ganache ke dalam kulit. Untuk pembuatan mochi cokelat ini setelah dikukus biarkan dingin, lalu dicelup di dalam dark cokelat leleh dan dinginkan.

44 komentar:

den's kitchen mengatakan...

hi mbak..resep mochi sedap beda2 yach..yg ini mirip klo bikin kue ku (mgkn mereka sodara'an ya hehe), ada versi lain juga yg tepungnya dikukus dulu trus dimixer, enak mana ya? tq

Hesti HH. mengatakan...

Hallo mbak....

Iya memang, ini aku ambil dari majalah th 2006 edisi Agustus judulnya 'modifikasi mochi'.

Di situ ada banyak resep mochi salah satunya yang pake dimixer dulu baru dibentuk. Aku udah pernah coba tapi hasil akhirnya bentuknya gak cantik alias susah bulat cantik. Agak mleyot-mleyot...hehe.

Jadi aku pilih resep mochi ketan hitam ini karena gampang bentuknya dan lebih simpel buatnya (beneer kayak kue ku). Walaupun mungkin beda di hasil akhir ya...yang dikukus lalu dimixer kayaknya lebih bertahan lama lembutnya. Sedangkan mochi versi ini kalo dingin dan nggak dimasukkan ke dlm wadah kedap udara jadi agak keras. Gitu mbak...semoga membantu...

bunbun mengatakan...

wow, kereeeeeeeenn... aku belum pernah bikin mochi..
makan mochi pun cuman yang dalam kemasan bambu itu loh... yang ada tulisan pake bhs cina.. hihihi.. apakah rasanya mirip2 itu?

pengeeeeeennn...

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...tengkiuuuu ya *hidung kembang kempis*.

Aku malah gak pernah makan mochi asli/gerai mochi. Cuman pernah makan mochi kemasan pabrik dan mochi buatanku sendiri..muaahaaahaa.Jadi gak tau yang asli gimana yaaa...di sini and Makassar kayaknya gak ada yang jual. Adanya kue bugis...^^

Ayo...bikin. Gampang kok, kayak bikin onde-onde...

Din2 mengatakan...

mba kacang hijau kupas itu yang gimana yah? beda yah sama kacang hijau yang biasa bikin bubur kacang hijau itu?

Hesti HH. mengatakan...

Banyak dijual di toko bahan kue mbak. Sama-sama kacang ijo tapi yang satu sudah lewat proses pengupasan kulit. Jadi istilahnya udah gundul, hehe...banyak yang suka buat kue karna warnanya cantik.

Kalo ngga ada nggak apa-apa kok pake kacang ijo biasa. Apalagi kalo untuk konsumsi sendiri. Malah lebih sehat karena lebih banyak seratnya...

Alice mengatakan...

waduh, ini kesukaan misua ku Hes, tapi aku gak pernah coba bikin - dia suka yg gak pake isi, cuma dibentuk kecil2 trus dibalur kacang manis - tapi bisa2 dia suka semua yg km bikin itu tuh yum!!!
iya Hes, disini jg gak ada kacang hijau kupas, aku coba pake kacang hijau biasa aja deh
trus tep ketan itemnya kalo diilangin bs gak? jadi 200g tepung ketan putih - bisa?
thks ya :P

Hesti HH. mengatakan...

Bisa banget kok mbak...yang penting sama-sama ketan.

sashy mengatakan...

aduh mbak ... moccinya bikin ileran :) (salam kenal)

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih udah berkunjung mbak Sashy...^^

Prince of the east mengatakan...

mbak resep filling coklatnya bisa terasa lezat?

Hesti HH. mengatakan...

Maaf, maksudnya gimana mbak? saya kurang ngerti...
Filling cokelatnya ya rasa cokelat ganache mbak.

sashy mengatakan...

Mba Hesti saya kmaren udah nyoba resep mochinya , enak banget deh , apalagi yg isis coklat , dimakana hangat2 pas ujan muantappp :)

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaah makasih ya udah dicoba. Syukurlah kalo suka...

istien sunday mengatakan...

bu hesti, salam kenal.. pertama: saya suka karya anda (gambar+tulisan), kedua: saya izin niron resep2nya.. semangat berkarya bu..

salam hangat

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga MBak Istien, makasiiih banyak pujiannya, semoga ke depannya bisa berkarya lebih baik lagi.

Anonim mengatakan...

Mbak, kalau adonan mochi yg putih, tepung ketan putihx jd 200 gram ya? trus klw tepung ketan hitamnya diganti cocoa powder kira2 bisa gak? Makasiih....

Hesti HH. mengatakan...

Iya bener mbak...

Kalau mau diganti coco powder mungkin bisa tapi jangan terlalu banyak nanti berpengaruh ke hasil akhirnya...nggak kenyal lagi. Mungkin 25 gr aja cukup. Aku jg blm pernah coba sih, tpi kalau berhasil kabar kabari ya mbak?

Ellen Wijaya mengatakan...

mbak utk mochi green tea bagaimana cara buatnya yah? bisa minta resepnya? pakai powder green tea merek ap? thanks :)

Hesti HH. mengatakan...

Mochi greentea seperti bahan kulit di atas mbak, tapi aku tambahkan sedikit bubuk greentea mbak (kalo kebanyakan nanti pahit), bubuk greenteanya aku beli udah dibungkus2in gitu nggak ada merknya ^^

Anonim mengatakan...

Hi Hesti, salam kenal, saya suka mochi green tea, punya resepnya ga? pengen coba kapan-2, di sini sih bisa beli di Asian Grocery dan enak bgt, tapi sekali-2 pengen bikin sendiri juga, thx seblmnya, kalo bisa send ke nuni@optusnet.com.au ya....krn jarang surving:)

Kreasi Marie mengatakan...

Hmmm Yumm!! Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

Vina Camelia mengatakan...

dear Mbak Hesti, aku sdh nyobain resep mochinya tapi hasilnya kurang memuaskan. Mochinya nggak bisa di bentuk bundar jadinya pipih semakin di kukus semakin pipih, terus kurang kenyal, kira kira salahku dimana ya mbak ? kl takaran sdh sanma kayak resep.

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin bahan cairannya jangan langsung diturunin semua mbak biar gak kelembekan. Secukupnya aja karena kadang tingkat kelembapan tepung beda beda.

Kalau kurang kenyal saya juga nggak ngerti mbak...yang jelas memang kenyalnya cuman seperti onde onde aja. Kalau mau kenyal hanis dan lembut pake cara yang lain. Adonan dikukus lalu diblender lalu dibentuk, banyak resepnya di inet mbak.

Vina Camelia mengatakan...

oh gitu ya, anyway thanks ya mbak resep2 nya...blognya keren :)

Megha Setyawan mengatakan...

sumpah beneran ngiler mbk puingin praktek deh

yayu sugiarti mengatakan...

hai mba hesti..saya tertarik banget buat coba di rumah itu pas buat adonan kulitnya yang sebelum di kukus apa gak lengket/gak bkalan nempel di tangan?

yayu sugiarti mengatakan...

hai mba hesti..saya tertarik banget pengen coba di rumah. oh iya itu pas lagi cetak kulitna apa gak lengket dan nempel di tangan?

wati mengatakan...

Hallo mba hesti. Kemarin saya uda nyobain resep ini. Hasilnya memuaskan dan enak deh. Suami dan anak doyan:) makasi sharing resepnya yah mba;) Tapi yg jd pertanyaan, kenapa kalau udah diinepin semalem besok paginya mochinya jd agak keras ya? Apa mba jg demikian? Kalau mochi kaya yg dijual kan semaleman seharian pun ga keras gitu. Jadinya paginya swaktu mau nyicip saya kukus lg biar lembek lagi.. salah dimana ya mba kira2? Soalnya saya udah ngerasa ngikutin resepnya bener2.

wati mengatakan...

Hallo mba hesti. Kemarin saya uda nyobain resep ini. Hasilnya memuaskan dan enak deh. Suami dan anak doyan:) makasi sharing resepnya yah mba;) Tapi yg jd pertanyaan, kenapa kalau udah diinepin semalem besok paginya mochinya jd agak keras ya? Apa mba jg demikian? Kalau mochi kaya yg dijual kan semaleman seharian pun ga keras gitu. Jadinya paginya swaktu mau nyicip saya kukus lg biar lembek lagi.. salah dimana ya mba kira2? Soalnya saya udah ngerasa ngikutin resepnya bener2.

Hesti HH. mengatakan...

@Megha : monggo mbak dicobaaa

@YAyu : kalau versi ini bikinnya kayak klepon mbak...mudah kok.

@Wati : oh itu mochi versi kukus mbak. Mmng lebih lembut tapi bikinnya lebih sulit dihandle. Tapi lembutnya bertahan lama. kalau mau lihat resepnya silahkan buka di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/12/mochi-with-read-bean-filling.html

Dila Usman mengatakan...

ass ,,ibu hesti,, saya dila ,,,mau tanya ,,apa filling ganache coklatnya bisa dipulung ya? apa bisa untuk isian pia kering?

Dila Usman mengatakan...

ass,,,,ibu hesti,,, saya dila... mau nanya,,apa bisa filling ganache coklatny untuk isian pia kering? kalo kopi bubukny mau diganti,,, sbaikny pake apa ya?

lina mengatakan...

mbak..krim kental tu apa ya?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mbak Dilla,

Bisa aja mbak cuma ganache agak lembek...talutnya pas dirapatkan malah meleleh/bocor. Kopi bubuk diskip aja mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Krim kental biasa digunakan untuk whipping cream dairy mbak...

noza mengatakan...

bagus banget pengen nyoba resepnya :(
tapi kenapa gabisa di copy siiih :( :'(

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak saya set begitu karena banyak yang suka mindahin isi blogku semuanya dan dijadiin blog baru >,<

amelia alfariza mengatakan...

Hallo mba. Filling ganache coklat, salah satu bahannya 'krim kental'. Yg jd prtanyaan, itu krim yg gmn ya mksudnya? Atau merek? Atau yg digunakan oleh mba sendiri krim apa??

Hesti HH. mengatakan...

Whip cream dairy cair mba, saya pakai merk Anchor

Ukhtu Arif R.A mengatakan...

Mba Hesty, saya Nurul dari Bogor. Saya pagi ini sedang mencari resep mochi untuk tambahan referensi. Ternyata di blognya Mba Hesti lengkap resep mochi + referensinya. Selain itu saya juga dapet ilmu baru bahwa metode pembuatan mochi itu ada yang setelah dibentuk baru dikukus ada yang adonannya dikukus dulu terus di mixer baru dibentuk . Terima kasih Mba sharing ilmunya, saya izin catat resepnya ya Mba ...

Hesti HH. mengatakan...

Halo mba Nurul ^^
silahkan dicatat resepnya mba jangan lupa dipraktekkan yaaaa

vshekania mengatakan...

Mba hesti kalo mau di isiin nutella atau ovomatltine atau keju gitu bisa kan yah mba? Bahan kulitnya sama tinggal isiannya aja?

Hesti HH. mengatakan...

Iya boleeeh sesuaikan selera ajaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails