Rabu, 08 Juni 2011

Tiger Roll Cake


Dalam rangka meramaikan Bolgul Week NCC, daku menyetor tiger roll cake. Sudah lamaaaa sekali pingin buat. Semenjak lihat di Bread Talk... daku terpesona. Aduh cantiknya, gimana bikinnya yak?

Keliling-keliling, browsing-browsing...akhirnya ketemu 'Lynara Cakes' bloknya Mbak Elly. Aku yakin sekali insyaAllah resepnya tokcer nih karena yang bikin anggota NCC juga... . Sempat ketemu resep macam-macam. Ada yang pake butter untuk kulit tigernya...ada juga yang nggak pake lemak (minyak/butter) sama sekali. Bulatkan tekad....hayoooo dibikin...

Pas dibikin...alhamdulillah lancaaar...tapi kok hasilnya beda ya sama punya Mbak Elly. Punya beliau cantik...tipis kulit tigernya dan teksturnya tigernya keluar...kayaknya aku kurang lama di proses pemanggangan padahal aku udah tambah 5 menit api atas. Tapi setidaknya alhamdulillah lumayan sukses untuk pembuatan perdana...lain kali dicoba lagi kan udah tau kurangnya.

Bahan Roll Cokelat :
- 8 kuning telur
- 2 putih telur
- 1/4 sdt garam
- 100 gr gula pasir halus
- 30 gr tepung protein sedang
- 30 gr coklat bubuk
- 10 gr susu bubuk
- 1/4 sdt baking powder
- 85 gr margarin, lelehkan
- 1/2 sdt coklat pasta

Cara membuat:
  1. Kocok telur, garam, dan gula sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  2. Masukkan margarin leleh dan coklat pasta sedikit sedikit sambil diaduk perlahan.
  3. Masukkan ke dalam loyang 30x26x3 cm yang doles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Oven 15 menit dengan oven 190 C atau 375/400 F sampai matang. Dinginkan, olesi dengan buttercream. Gulung, padatkan. Simpan dulu di kulkas.

Bahan Tiger :
- 8 kuning telur
- 40 gr gula halus
- 10 gr tepung maizena
- 25 ml minyak sayur

Cara membuat :
  1. Campur kuning telur dan gula, kocok hingga rata.
  2. Tambahkan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
  3. Tuang perlahan minyak sayur sambil di aduk hingga rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang berukuran 30x26x3 cm (sama dengan loyang roll).
  5. Panggang dalam oven bersuhu 180-200 C selama 5 menit (aku tambah api atas 5 menit). Angkat dan dinginkan.
  6. Balik bagian luar kulit, oles dengan susu kental manis atau selai.
  7. Letakkan roll tart di atas kulit, gulung dan padatkan (jangan ditekan terlalu kencang).
  8. Simpan dalam lemari pendingin selama 5 menit. Keluarkan dari lemari pendingin.
  9. Potong dan hias sesuai selera. Sajikan.




7 komentar:

bunbun mengatakan...

cantiknyaaaaa. kayaknya aku mau ikutan deh... sampe kapan kah bolgul week nya? :)
*miss blogging*

Hesti HH. mengatakan...

Tengkyuuuu Bunbun. Ayoooo ikutan masih lama kok. Sampe tg 2 Juli say...gimana kabarnya, lama gak ngeblog...?

Alice mengatakan...

walaupun gak keliatan bgt belangnya, tp rapi buanget Hes gulungan ama isinya - thumbs up! :)

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah makasih mbak pujiannya....hehe

Tjoet Viki Faisal mengatakan...

Mba hesti, salam kenal mba..aku pecinta blognya mba..tiap hari aku selalu baca resep2nya mba hesti..someday aku pengen praktek dari resep mbak...nah sekarang aku lagi pengen bgt buat tiger roll, yg mudah dan enak dibaca cuma resepnya mba hesti..:-) , cuma aku bingung di resepnya mba elly isi tiger rollnya kutelnya 15, di tempat mba hesti, cuma 8, apa hasilnya bisa beda mba? Makasih banyak seblumnya mba...:-)

Sally mengatakan...

Mba.... Di Isi Dengan buttercream Ini mba? Ada resep nya?

Makasih....

Hesti HH. mengatakan...

@Tjoet Viki : makasih mbak, cuman beda di ukuran loyang aja mba. hasilnya tetap lembut kok

@Sally : ini buttercream siap pake mbak, banyak di toko bahan kue

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails