Sabtu, 25 Juni 2011

Talam Labu



Kemarin akhirnya aku menghabiskan sisa labu kukus yang masih ada di kulkas. Cari resep yang simpel ketemu talam labu. Sebenarnya talam labu ini ada 2 versi. Ada yang ditambahkan tepung terigu, ada juga yang ditambahkan tepung sagu. Tapi karena aku udah pernah coba yang pake tepung sagu dan hasilnya terlalu kenyal *menurutku* nggak terlalu terasa labunya...hari ini aku coba yang pake terigu. Ternyata it taste much better... . Resep aku modifikasi sedikit dari Resep Masakan Indonesia.

Bahan :
Lapisan bawah :

- 500 gr labu kuning
- 25 gr kenari
- 75 ml santan kental
- 70 gr tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 3 sdm gula pasir

Lapisan atas :
- 250 ml santan kental
- 40 gr tepung terigu
- 50 gr gula pasir
- 1 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Panaskan dandang kukusan berisi air di atas api sedang hingga mendidih. Siapkan mangkuk kecil tahan panas/cucing, olesi sedikit minyak, sisihkan.
  2. Lapisan bawah : iris tipis kenari. Campur dalam mangkuk besar santan, tepung terigu, gula pasir dan garam. Masukkan irisan kenari, lalu tambahkan labu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan lapisan bawah ke dalam cetakan sampai ¾ penuh. Kukus selama 15 menit atau hingga mengeras.
  3. Lapisan atas : campur santan dengan tepung terigu, aduk hingga licin. Masukkan gula, air , daun pandan, dan garam. Aduk rata.
  4. Tuang lapisan putih ke atas adonan labu hingga penuh. Teruskan mengukus selam 10 menit atau hingga kue masak.

13 komentar:

Alice mengatakan...

Hes, kalo gak pake kenari bisa gak? susah cari kenari disini... :)

heragaul derma mengatakan...


ukuran santannya benar tidak mbak hesty? kok cuma 75 ml atau mungkin 750 ml?

Hesti HH. mengatakan...

Udah bener mbak, karena resep ini banyak labunya/ Labu kan mengandung banyak air jadi santannya gak perlu banyak yang penting kental. Kalau nggak yakin,bisa dicoba setengah resep aja mbak udah banyak jadinya.

Fithrotal Chaq mengatakan...

pengen nyoba juga mbak,mumpung ada labu di kulkas ni bingung mau bikin apa :).ijin nyontek resepnya ya mbak:)

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, kalau terigunya diganti tepung beras bisa tidak ya. makasih Mbak Hesti

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak, semoga cocok ma resepnya yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Bisa dicoba mbak...saya jg belum pernha. Tp mgkn hasilnya lebih padat. KAlau mau versi lembut bisa bula resep talam labu yg terbaru mbak. Pakai telur.

Jaz! mengatakan...

Hi, saya dari Argentina, saya tidak bertutur dalam bahasa anda, dan saya menggunakan penterjemah Internet, maaf jika anda tidak faham apa yang saya tulis.
Hubungi saya jika anda boleh menggunakan mesin elektrik dikukus daripada menggunakan periuk untuk mengukus, dan jika memberikan hasil yang sama.
Saya tidak tahu jika anda membeli periuk seperti gambar anda, atau mesin elektrik, supaya anda tahu apa yang saya bercakap, saya telah melampirkan halaman dengan gambar apa yang saya beli, dan jika mesin yang berfungsi saya seperti periuk untuk mengukus.
https://www.tokopedia.com/fatatorik/akebonno-steam-cooker-msp-92214-memasak-dan-mengukus-menjadi-menyenangkan
Terima kasih, dan saya berharap jawapan anda.

Hesti HH. mengatakan...

I think it will cook properly Jaz giving the same result as the steamer. It may take longer than the usual steamer because it smaller and taller. Actually I never use one (steam cooker) therefore I can't give you the testimony ^^

Jaz! mengatakan...

Thank you so much! :)

Jaz! mengatakan...

Hi, I want to know how many time are preserved Basah kue apam dot. That is, after cooking, how long they can be to keep? I also want to know Where do I keep, I mean that is stored in the refrigerator or at room temperature in a tapper?

Hesti HH. mengatakan...

Hi Jaz. It will stay good within two days in room temperature and 5 days in a refrigerator but the textures will become more dense. If you want to soften the texture you may re-steam it about 7 minutes in a preheated steamer. Pardon my English.

Jaz! mengatakan...

I really appreciate your help, and do not worry because I do not know much English. Thank you very much. I have many other questions, I leave you my email mandalecualquiercosaok@gmail.com. I am interested in the technique of steaming lot. And on the internet I have seen many good things. Most of all things sweet. And I'm thinking about buying a bamboo steamer, but I want to know how to use properly. If you could explain to me how, I'd appreciate it.
Thank You!

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails