Kamis, 23 Juni 2011

Pancake Labu


Masih ada sisa labu yang kemarin dibikin donat. Hari ini mau aku bikin pancake. Dapat resepnya dari Disney Family. Kalo kata resepnya hasilnya lembuuuut banget saking lembutnya sampai kayak soufle *mmmh bayangkan tuh* karena putih telurnya dikocok sendiri, kayak bikin chiffon cake.

Setelah aku buktikan ternyata saudara-saudara...betuuuul-betuul lembut. Nggak boong ! swear ! Kemarin, terakhir bikin pluffy pancake kan aku bilangnya yang paling lembut. Ternyata sekarang ada saingannya. Malahan ini bener-bener lebih lembut. Penasaran...?? buktikan sendiri. Pancake ini menurutku istimewa karena adonannya wangi spekku. Sausnya juga pake saus butterscotch...pokoke...matching dan enaaaaklah.

Di bawah ini resep versi aku ya...

Bahan :

- 1 1/4 cup terigu protein sedang
- 3 sdm gula pasir
- 2 sdt baking powder
- 1 sdt bumbu spekku
- 1/2 sdt garam
- 1 cup (250 ml) susu cair
- 1 cup labu kukus halus
- 4 butir telur (pisahkan dengan putihnya)
- 50 gr butter, lelehkan
- 1/2 sdt vanili bubuk

Saus butterscoctch :

- 50 gr butter
- 120 gr gula pasir
- 200 ml krim kental

Cara membuat :
  1. Campur terigu, gula, baking powder, bubuk spekkuk dan garam dalam wadah. Di wadah yang lain campur susu, labu, kuning telur, susu dan mentega leleh lalu. Masukkan ke dalam bahan kering lalu aduk sampai licin, jangan dikocok/overmix.
  2. Kocok putih telur sampai mengembang lalu campurkan ke dalam adonan pancake. Panggang dalam wajan anti lengket sesendok sayur sekitar 2-3 minute sampai muncul gelembung. Balik dan lanjutkan memanggang sekitar 2 menit sampai tengahnya matang dan lentur.
  3. Lanjutkan sampai adonan selesai semua. Bila ingin disajikan hangat, pancake yang duluan matang bisa disimpan dalam oven panas rendah sekitar 100 C dengan ditutup kain lembab. Setelah selesai semua pancake bisa disajikan hangat.
  4. Saus : panaskan mentega dan gula dengan api sedang sampai meleleh dan larut dan berwarna agak kecoklatan. Tuang krim kental, aduk cepat sampai licin. Sajikan dengan pancake hangat dengan taburan walnut atau kacang lainnya.

10 komentar:

vivian pang mengatakan...

What a lovely and healthy pumpkin pancake. Recipe taken! Thanks!

Hesti HH. mengatakan...

Hi Vivian...thanks for visiting my blog. Hope you like it...^^

I love you blog...full with gorgeous recipe. Specially mantou and breads. Thanks for sharing your recipes and pictures, very inspiring...!

Alice mengatakan...

baru dgr ada pancake dari labu Hes...thks for sharing ya..bener2 lbh lembut dr yg resep pake buttermilk ya?

Citra mengatakan...

Assalamu'alaikum mb,mau tanya aja,kl sy buat pancake kok pinggirannya cepat gosong ya?apinya kecil kok,trus sisinya g coklat,agak putih...tq

Hesti HH. mengatakan...

Mbak Alice : Iya beneeer bener lembut mbak...!

Mbak Citra : Waalaikum salam Mbak Cit...
Saya juga kurang mengerti kalo nggak lihat langsung fotonya. Maaf ya, apa mungkin pancakenya terlalu kecil dan tebal ya? berarti kurang encer dikit adonannya. Atau apinya masih sedang. Kalo aku panas kompor derajat 1 sampai 7 aku pake yang no 4. Maaf nggak membantu banyak...

chintami mengatakan...

mba hesti takaran 1 cup itu berapa ya? untuk labu bisa diganti apa? maaf newbie,jadi ga gitu ngerti takaran2 kue. makasih ya sebelumnya....

Hesti HH. mengatakan...

1 cup itu sekitar 140 gr tepung. KAlo metrik luar negri beda ukuran cup untuk bahan padat dan cair. Bahan padat aja kayak tepung dan gula beda...coba lain kali biar nggak bingung bisa dicoba pake 'conversion cup to grams' cari di goggle. Di situ lengkap...

Hesti HH. mengatakan...

Maaf Chintami, ada yg kelupaan. Kalo labu mungkin bisa diganti kentang walaupun beda aromanya ya tapi kayaknya enak juga. Kayak kue lumpur ada yg pake labu ada juga yg pake kentang...

Good luck ya, kalo udah jadi...kabar kabarin ya...

florence dadur mengatakan...

Hai mba Hesti,
Setelah mencoba resep cake labu mu yg uenyakk, aku mau coba pancake nih. Krn di kulkas masih ada labu. Btw, mau tanya krim kental itu whippy cream anchor mba?
Trus spekuknya pake yg merek apa mba ? :)

Makasih ya

Hesti HH. mengatakan...

Hehe syukurlah kalo suka. Iya whipped creamnya Anchor. Kalau spekku atau kayu manis saya suka wanginya sachetan cap jangkar beli di mama Hera.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails