Senin, 06 Juni 2011

Cheese Stick Sus Kering





Ini camilan favorit anak-anak. Dulu aku sering bikin. Apalagi waktu anak-anak masih play group. Maunya tiap hari dibawain cheesestick ini...hehe. Nah karena ada temen yang lagi ngidam lagi pingin jadi aku bikin lagi hari ini. Resepnya silahkan klik di sini. Cara bikinnya sama persis kayak kue sus basah/sus kering bedanya ini ditambah keju parut lalu dispuit panjang-panjang kurus lalu ditabur poppyseed dan wijen putih. Lihat teksturnya...walaupun kurus tapi sangat renyah karena setelah pemanggangan di sambung dengan proses pengeringan dengan api kecil (mode warm) sampe 2 jam.
Bagi yang belum tau bentuknya poppyseed, silahkan di cek di bawah ini...


24 komentar:

Alice mengatakan...

ini mah bukannya cuma paporitnya anak2 mu Hes, tapi paporitku jugaaaaaa :)
rajin deh kamu ngglindingin satu2 jadi panjang2 gitu...hihihi...bnyk pisan bikinnya yak!
ini salah satu yg bikinnya ama makannya timingnya gak sebanding hehehehe....

Hesti HH. mengatakan...

Hihi...iya mbak, bener bener beneeeeeer gak sebanding. Favoritnya semua deh. Termasuk bapaknya yang paling banyak ngabisin.

Ngga banyak kok mbak...dibandingkan dengan bikin sus kering yang kecil-kecil pake spuit bintang...waaahhh itu lebih banyak lagi. Makanya aku lebih senang bikin yang ini. Cuman dispuit panjang2 aja...jadinya sekitar 6 loyang.

Kalo ditoplesin sekitar 3 toples tinggi. Lumayan lama kok habisnya...^^

Kris Ngoei mengatakan...

Such a nice way to spend time in the kitchen! These cheese sticks look so delicious, a versatile snack for any occasion! Thanks for sharing with us :-)

Thea Arbar mengatakan...

Halo, Mbak Hesti. Mau tanya sedikit nih, Poppyseed itu apa sih? Biasanya mbak Hesti beli poppyseed itu dalam bentuk apa? Hehe soalnya baru nih di dunia 'perdapuran' :)

Hesti HH. mengatakan...

Woooow...what a big suprise...thank you for your nice comments, you are most welcome. It's an honour. I love your work of arts...always amaze everytime I visit your blog...

Hesti HH. mengatakan...

Halo juga Thea...

Gambar poppyseed itu udah ada di atas, silahkan di lihat. Bentuknya kayak pasir halus dan gak ada rasanya. Dia cuma memberi tekstur. Biasa dipake untuk kukis dan cake lemon. Kalo di TBK aku belinya dalam kemasan plastik kecil...

Thea Arbar mengatakan...

Ohh... Kayak gitu ya, Mbak. Makasih ya mbak infonya. Aku jadi ngiler pingin buat :)

Hesti HH. mengatakan...

Iya...semoga sukses ya buatnya. Gak pake poppyseed gak papa kok, aku kemarin hanya coba untuk hiasan aja, biar ada warnanya, hehe. Lebih enak pake wijen putih...

Gorakazenzero mengatakan...

Dear mbak Hesti..

Mau nanya nich... barusan bikin cheesestick sus kering ini... tapi kok kurang berhasil yak??? adonannya waktu di isi ke spuit langsung menjatuhkan diri sendiri... seperti adonan fla yang kebanyakan air... duch apa yak istilahnya... da gitu waktu masuk oven adonannya melebar... terus setelah matang tengahnya kosong gitu... waktu coba dimakan rasanya ngeju tapi terasa ada pahitnya...
aku pake 6 btr Telur ukuran sedang n keju edam parut...

Bentuk adonan yang sebenarnya kayak apa sich??? apakah agak cair gitu or keras???

Karena BT akhirnya adonan sisa yang belum sempat dipanggang saya masukin kulkas sambil nunggu pencerahan mbak Hesti... :)

Hesti HH. mengatakan...

Maaf ya mbak bikinnya masih belum sukses.
Mungkin saya jelasinnya kurang detail. InsyaAllah segera saya perbaiki.

Kalo keenceran adonannya bisa karena 2. Telurnya kebanyakan atau telur masuk sewaktu adonan masih panas. Di resep tertulis telur 5-6 maksudnya kalo telurnya besar cukup 5 butir. Tapi kalo telornya kecil bisa sampe 6 butir...karena konsistensi adonan seperti sus biasa. Aslinya adonan kue sus ini cuma 4 telur. Tapi karena saya tambahkan keju jadi saya tambahkan juga telornya. Begitu mbak...

Harusnya rasanya sama sekali nggak ada pahitnya mbak. Kalo pahit..itu kayaknya dari keju edam. Kadang keju edam yang baunya pekat itu menghasilkan rasa sedikit pahit. Jadi lain kali bisa dicoba 1/2 resep dulu pake cheddar aja mbak. Saya kalo uji coba resep seringnya setengah resep...biar kalo gagal gak terbuang banyak...

Dikocoknya pake mixer aja mbak biar cepat tercampur. Telur bisa masuk satu persatu...jadi ketahuan kalo udah pas kekentalannya.

Jangan patah semangat ya mbak. Saya juga begitu kalo cobain resep...kadang juga gagal. Tapi jadinya belajar banyak setelahnya...

Gorakazenzero mengatakan...

Duch thank you buanget mbak atas pencerahannya...
Saya belum pernah bikin kue sus... jadinya gak tau konsistensi adonan seperti apa.... hehehhehe...
btw, apakah adonannya sampai seperti bisa di pulung atau agak cair gitu???
kira-kira kenapa yak setelah masuk oven adonannya lansung melebar???

Hesti HH. mengatakan...

Pokoknya adonannya lembek mbak, tapi kalo dijatuhkan dari sendok gak meluncur...tapi jatuh gede2 bongkahannya *bingung jelasinnya, hihi*

Kalo dispuit gak langsung melebar...harus tetap pada bentuknya, tapi adonannya gak bisa dipulung karena lengket/lembek.

Setelah masuk oven hasilnya melebar...mungkin kebanyakan cairan. Dari telur dan mungkin keju edam yang meleleh. Saya memang belum pernah pake edam semua. Biasanya dicampur sama kraft atau kraft semua.

rina husnaini febriyanti mengatakan...

Mbak hesti slm kenal,
Kemarin sy coba bikin mbak tapi kok gak bisa kering ya...pas pengovenan ke2 yg kering bagian bawah aja bahkan hampir gosong trus sewaktu pengovenan 1 waktu dikeluarin susnya langsung kempes..ditambah lagi sambil menunggu ygblain masuk oven jda ngempes gt mbak kayak ban bocor

rina husnaini febriyanti mengatakan...

Mbak hesti slm kenal,
Kemarin sy coba bikin mbak tapi kok gak bisa kering ya...pas pengovenan ke2 yg kering bagian bawah aja bahkan hampir gosong trus sewaktu pengovenan 1 waktu dikeluarin susnya langsung kempes..ditambah lagi sambil menunggu ygblain masuk oven jda ngempes gt mbak kayak ban bocor

Anonim mengatakan...

Mbak hes, kira2 kl dlm toples kedap udara gitu bisa tahan berapa lama ya mbak? Sy ada rencana untuk jualan ini. Suwun ya mbak

Hesti HH. mengatakan...

DIsesuaikan aja mbak ovennya krn mmng oven itu beda beda. BIsa dikurangi panasnya tapi panggangnya lebih lama biar gak kempes lagi. Kalau kempes artinya belum bener bener matang dan garing mbak

Hesti HH. mengatakan...

Bagusnya cuman seminggu aja mbak menurutku....

rina husnaini febriyanti mengatakan...

Mbak hesti makasih banget yaaaaaaa akhirnya berhasil woke banget ak pake telur hny 4 mbak kemudian spuit ak kecilin jadi 0,3 cm walhasil sangat crunchy di pemanggangan pertama belum mo di warm mode sudah ludes duluan mbak sama anak2 say....makasih yo mbak yea....senangnya :)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak Rina...ikut senang dengarnyaaaa. Memang ini favorit anak anak karena gurih...gak heran kalau cepat ludes. Lain kali bikin yang banyak yaaa...hehehe

Bung Malita "Cake Box" mengatakan...

Mba Hesti mau tanya . Apakah Poppy Seed nya ada di jual di TBK ? Makasih Mba .

Hesti HH. mengatakan...

Biasanya iya mbak, saya tinggalnya di kota kecil jadi belinya kalau ke Makassar. Ada di toko bahan kue

Warti Syafei mengatakan...

Mb Hesti, kalo bikinnya pake wijen apakah wijennya digongseng dulu apa langsung aja dimasukkan ke adonan dalam keadaan mentah dan kalo untuk dijual kira-kira berapa harga yang pantas untuk ini?

Hesti HH. mengatakan...

Ngga perlu mba. Wijen ini akan matang sendiri karena ditabur di permukaannya saja bukan dimasukkan dalam adonan

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti... besoknya kok melempem ya? padahal sudah dimasukkan toples

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails