Minggu, 05 September 2010

Stik Sus Kering


Ini adalah varian lain dari kue sus. Ngga sengaja sih nemunya. Pas anak-anak masih kecil kan doyan tuh cemilan renyah...tiba-tiba dapat ide bikin cheese stick dari adonan kue sus. Biasanya bentuknya kan pake spuit bintang. Tapi waktu itu kucoba membentuk panjang-panjang alias stik. Ternyata...diluar dugaan hasilnya uueeenak deh. Garing, renyah, gurih and ngeju...pokoke dijamin anak-anak pasti suka...ibunya aja doyan... .

Bahan :

- 150 gr margarin
- 150 gr tepung terigu
- 5 btr telur (kalo telur kecil bisa pake 6)
- 250 ml air
- 1/2 sdt garam
- 100 gr cheddar parut halus

Taburan :
- keju parut/wijen

Cara membuat :
  1. Masak air, margarin dan garam sampai mendidih. Masukkan tepung sekaligus sambil diaduk terus sampai kalis.
  2. Masukkan keju parut. Aduk rata. Dinginkan.
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer sampai rata. Lihat konsistensinya, apabila kekentalannya sudah menyerupai kue sus telurnya tidak perlu diturunkan semua yang akan mengakibatkan adonan encer dan meleber. Penggunaan telur tergantung ukurannya. Kalo telur besar cukup 5 saja.
  4. Masukkan di dalam kantong segitiga. Gunting sedikit ujungnya. Sekitar 0,50 cm.
  5. Spuit memanjang di talam beroles margarin. Taburi keju atau wijen. Panggang dengan panas 200 C sampai kekuningan dan garing. Selesaikan memanggang sampai semua adonan habis.
  6. Satukan dalam sebuah talam besar. Panggang lagi dengan panas oven kecil atau mode warm selama kurang lebih 2 jam sampai garing. Dinginkan. Simpan di dalam wadah kedap udara.


20 komentar:

Gorakazenzero mengatakan...

Dear mbak Hesti,

Telurnya dikocok pake mixer or spatula???

Anonim mengatakan...

Mba kalo kejunya diganti parmesan kira2 enak ƍα' ya? Takarannya sm juga ƍα'? Makasih sblmnya mba hesti..

Hesti HH. mengatakan...

Bisa kok mbak...jelas rasanya beda lebih mlekok kejunya ^^. Tapi aku tetap suka yang cheddar. Takarannya sama aja mbak.

lenypurnamasari mengatakan...

mba saya lagi sedikit berpantangan dengan telur (alergi), kalau telurnya dikurangi jadi 1 butir saja gimana ya efeknya... Duh padahal lagi pingin banget bikin ini

Hesti HH. mengatakan...

Nggak bisa mbak, nanti nggak bisa naik pas dipanggang...karena untuk kue sus pengembangnya memang dari penggunaan telur yang banyak.

Anonim mengatakan...

Halo mbak hesti yg cantik,
saya baru aja belajar baking dan tiap hari saya pasti berkunjung ke blog mbak. krn new baker yg baru belajar, jadi ada beberapa yg mau sy tanyakan.
terigunya pake yg protein sedang atau tinggi?soalnya ada resep kue sus yg pake protein tinggi. saya jadi ragu nih.
lalu dioven nya berapa lama?dan untuk satu resep ini,dapat berapa loyang? oven saya mungil sekali, takutnya lama dipanggang nya.
mohon dijawab ya mbak.
thanks a lot.

Hesti HH. mengatakan...

Umumnya sih orang menggunakan terigu protein sedang saya juga demikian. tapi ada juga yang bikin pake cakra dan tetap jadi. Silahkan dicoba saja...

Waktu memanggang tergantung ukurannya. Kalau bikinnya kecil dan kurus mungkin sekitaran 15-20 menit yang penting udah kelihatan kekuningan diujung ujungnya dan udah hilang busa busanya. Untuk sus kering waktu pengovenan dua kali. pengovenan yang kedua untuk merenyahkannya. Sedangkan pengovenan yang pertama untuk mengembangkannya. Oven yang kedua suhunya harus kecil sekali.

iLalang Senja mengatakan...

mbag hesti,stick q gatot mbg,
gagal total koyok e.
cz soes q udah ngembang pertama,terus udah gosong bwhnya.jd aq angkat.
eh pas keluar dr open.
kempis.
weleh2.
capcay deh pokok e.
aq ngopennya 20menit suhu 200.
ne yg ngopen kedua 2 jam ya?
lama bgt yo mbg.

Anonim mengatakan...

Slm kenal mbak hesti utk pengovenan yg ke2 suhunya berapa C ya mbak pnyku otrik mini yg plg kecil 100C utk waktu hanya 60 mnt berarti jd 60x2 ya mbak?
Terima kasih
Rina

Anonim mengatakan...

Slm kenal mbak hesti^_^
Tadi pagi coba bikin mbak tapi hasilnya dr oven ke1 susnya sebagian ngempes sbgian nggak trus ketika oven ke2 yg kan sma di jadikan dlm 1 loyanh kok yg kering bag bawah aja mbak yg atas empuk kayak roti gitu mbak:p masih penasaran nih mbak ni percobaan ke2 dan maslhnya sama yaitu stlh oven ke1 trus dikeluarin susnya ngempes krn hrs menunggu yg lain masuk barengen ke pengovenan ke 2
Mohon bantuannya ya mbak kasih pendapat trm ksh...
Rina-Depok
Yg bawah kering tapi goaonh

Hesti HH. mengatakan...

@Ilalang Senja : waaah turut prihatin mbak. Mmng panas oven beda beda sih mbak. Mungkin lain kali diturunkan jadi 180 aja mbak biar nggak cepat gososng dan lebih kering. Pengovenan kedua cukup 100C selama 1/2 atau satu jam tergantung panas oven jg soalnya saya nggak ngerti kalau oven yg lain gimana.

@Rina : tergantung masing masing oven mbak. kalau satu jam udah kering dan ketika dipatahkan dan agak keras artinya dah garing.

Anonim mengatakan...

ueeenak tenan....

ria mengatakan...

Aslm... Mb hesti... Slm knl ya mb... Saya baru mengunjungi blog mb... Saya baca2 blog mb sgt menarik.. Mb saya boleh izin mnta resepny... Mksh sblmny..

Anonim mengatakan...

Mbak hesti dgn suhu 200c kira2 brp menit manggangnya?thanks

Hesti HH. mengatakan...

@Ria : waalaikumsalam, silahkan mbaaaa

@Anonim : sekitar 15-20 menit mba tergantung ukurannya. Tandanya dah kering kalau ujung ujungnya mulai lepas dari loyang dan warnanya kecokleatan

fitriariani mengatakan...

Hallo,Mbak Hesti!
kemarin saya coba bikin stik sus keringnya. enak dan cepet ludes! hehehe.
saya coba bikin panjang2 kayak buatannya Mbak, tapi karena ga bisa rata dan beda2 (kurang latihan kayaknya), akhirnya saya buat bulat2 aja. Alhamdulillah bisa tetap kering juga. hehehe.
terima kasih banyak ya,Mbak! :)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah...ini mmng gak sebanding mba bikin sama ludesnya. Cepetan ludesnya >,<

Tarrie Z. Irfani mengatakan...

Assalamu'alaykum mba hesti.. Salam kenal yaa.. Maaf saya mau tanya,,ini panggangnya pake api bawah ato atas? Trus klo ovennya ga ada pengatur suhu gmn mba.. Makasih sebelumnya

Aita Mrs. Alfian mengatakan...

mba aq dah coba tp kok ga bs garing yaa? apa krn sy pake oven kompor biasa? trus klo boleh tau mba hesti pke tepung merk apa? soalx aq dah 2 kali bikin gagal melulu mba,,,mengembang siy mba tp ga mau renyah crunchy gitu mba,,,tolong masukanx dong,,mksh sblmx

Hesti HH. mengatakan...

@Tarrie : waalaikumsalam. panggangnya pake api bawah mba. kalau ngga ada pengatur suhunya dikira kira aja mba. kalau untuk memanggang awal harus menggunakan panas tinggi. Sedangkan untuk mengeringkannya hanya butuh api paling kecil

@Aita : sudah di panggang kedua kalinya tetep gak bisa kering mba? kalau panggang pertama kan hanya untuk mematangkan dan mengembangkannya. yang ekdua demgan api paling kecil itu untuk mengeringkan mba. Lamanya tergantung suhu ovennya. semakin kecil semakin lama waktunya. kalau saya maksimal 2 jam mba dengan api kecil. kadang juga bisa pakai api sedang.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails