Minggu, 05 September 2010

Kukis Potong Sultana


18 komentar:

Anonim mengatakan...

halo mbak hesti..
mbak saya mau coba bikin sultana cookies, boleh minta resepnya nggak,mbak?
terima kasih :)

Hesti HH. mengatakan...

Atas permintaan yg punya resep...aku gak posting resepnya di atas ya. Tapi aku share di sini saja...kalo mau bikin coba 1/2 resep dulu.

Bahan cookies:
- 1 gelas margarine (campur butter)
- 1 gelas gula halus
- 3 kuning telur
- 4 sdm susu kental manis
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/2 sdt soda kue

Filling sultana(campur semua bahan):
- 1 ons kismis, potong2
- 1 sdm coklat bubuk
- 1/4 susu kental manis
- 1 sdm agar bubuk
- 3 putih telur
- 1 ons gula halus
- 1 ons kenari cincang

Cara bikinnya :
cara bikin kukis seperti kue kering lainnya. Digiling pake rolling pin(dialas 2 buah plastik) tipis (sktr 1/2 cm)selebar talam yang mau diisi.Tuang adonan isi. Memang adonannya agak kental tapi nanti mengeras sendiri kalo dah dingin karena mengandung agar2 dan putih telur. Tutup lagi dengan adonan yang lain yang sdh digiling seperti yg pertama. Agak padat2kan. Ambil garpu kecil bikin pola tikar selang seling di bagian atas adonan. Oles kuning telur. Siap dipanggang dengan panas keci 150 C sampai setengah matang (baru mulai kekuningan. Angkat. Biarkan sbntr saja. Potong2 menggunakan pisau cutter lalu letakkan di talam dan beri jarak. Panggang lagi sampai kuning kecoklatan.

Anonim mengatakan...

wah makasih banyak ya mbak hesti.. :D

Anonim mengatakan...

oya mbak hesti,ini kok g ada tepung terigunya ya?

Hesti HH. mengatakan...

Walaaaaaah kelupaan. Maaf ya. Tapi memang resepnya gak pake ukuran. Tepungnya (protein rendah yg sdh dicampur baking soda) turun belakangan dan sedikit sedikit sampai didapatkan adonan yang kalis. Jangan sampai kekerasan, karena adonan akan cepat kering dan hasilnya jg keras. Okeeeeyyy???

Hesti HH. mengatakan...

Walaaaaah...maaf ya kelupaan. Tapi emang resepnya gak pake ukuran. Tepung diturunkan sedikit sedikit sampai didapatkan adonan yang kalis. Tepung yang pertama turun bersama baking soda yang udah diayak.

Pada saat mengisi fillingnya jangan terlalu pas sampai ke pinggir talam, karena pas ditutup dengan adonan yang kedua, isi akan meleber kesamping hingga setelah matang akan melengket di talam. Sisakan space sekitar 3/4 cm.

Okey deeh...good luck ya? kabarin kalo berhasil ya...

Hesti HH. mengatakan...

Oh iya...hampir lupa, supaya pas dipanggang gak menggelembung, tusuk tusuk dengan tusuk sate adonan yg sdh siap di panggang. Kalo tetap menggelembung sedikit, gak papa. Keluarkan dari oven lalu tusuk bagian yg menggelembung.

Anonim mengatakan...

wah makasih banyak mbak hesti tips2nya..
ntar saya coba,terus kasi kabar ke mbak hesti.. :)

Anonim mengatakan...

hai mba hesti,,salam kenal...mo nanya mba,klo kue sultana ini tahan brapa lama ya,soalnya aku pernah bikin tapi kok dalamnya ga tahan lama ya?ada caranya ya mba biar awet..trus klo mo nyetak diloyangnya adonannya hrs seukuran loyang ya(semua loyang tertutup oleh adonan).?tolong penjelasannya ya mba.....makasih banyak lho mba

Hesti HH. mengatakan...

Halo juga...
Kukis ini bisa tahan sampe sebulan (pengalamanku ya walaupun isinya begitu. Syaratnya setelah memanggang sampai matang dilanjutkan lagi dengan mengeringkan kukis dengan oven panas paling rendah (kalo ovenku mode warm selama 1 jam) sampai kering. Nanti hasilnya kayak biskuit. Isinya juga agak kering. Bisa juga untuk isian dikurangi putih telurnya...

Iya bener...loyangnya harus tertutup adonan, makanya adonan jangan sampe keras. Supaya gampang halusinnya. Kalo aku aku tuang baru diratakan pake pisau oles. nanti kalo udah setengah matang baru dipotong2 pake cutter lalu dipanggang lagi dengan diberi jarak.

Oh iya...yg pernah dicoba sebelumnya resep ini ya...atau ada resep lain...??

Anonim mengatakan...

makasih banyak ya mba atas penjelasannya..oh iya resep sultananya aku dapet dari mamaku,tp mamaku sdh ga ada,jd pas nyoba bikinnya yah madein sendiri deh hehe,abis bingung mo nanya kesiapa,eh pas buka google nyari2 ketemu resep yang sama,Alhamdulillah seneeng buangeeeet apalagi bisa nanya2 kya gini,makasih ya mba sukseeeess terus ya mba hesty

Anonim mengatakan...

uups sory mba,nanya satu lh nieh kelupaan,loyangnya perlu dialas kertas roti ga,atau dioles mentega aja,makasih mba hesty

Hesti HH. mengatakan...

ooooooh..iya hihi. Loyangnya gak perlu di alas dan dioles. InsyaAllah gak lengket karena banyak mengandung mentega. Aku gak penah oles talamnya kalo kue kering...

Makasih ya....sama-sama semoga sukses jg bikin kuenya ya...

Anonim mengatakan...

hallo mba hesti,,mo nanya untuk filling sultana,klo ga pake agar2 bubuk,gula halus dan putih telur bisa ga mba???cuma pake coklat bubuk,kenari,kismis,susu aja gmn mba?makasih mba untuk penjelasannya

Hesti HH. mengatakan...

Agar-agar dan putih telur itu kayaknya menyumbang tekstur legit pada fillingnya. Kalo nggak pake saya juga belum tau hasilnya. Takutnya nanti susu kentalnya dan kismisnya jadi keras akibat skm yang mengkaramel.Coba di coba aja dulu yag nggak pake mbak...nanti hasilnya kasih tau ke aku ya...hehe.

Anonim mengatakan...

ASSALAM uhti.. ini kuenya untuk 1 toples????????????????

Anonim mengatakan...

mb ini skmnya 1/4 klg ya mb? makasih ya buat jawabannya

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : iya mba lebih setoples sedang

@benar mba 1/4 kaleng makasih revisinya ya

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails