Sunday 19 June 2011

Soft Pretzel



Heran ya aku. Penasaran sekali sama yang namanya pretzel ini. Seumur-umur juga belum pernah makan. Tapi berhubung beberapa waktu yang lalu teman-teman milis NCC pada ngebahas pembuatan pretzel yang enak...daku jadi tertarik juga. Apalagi Bunbun sobit bloggerku udah bikin juga. Halooouuu Bun...dikau berhasil menggodaku tuk membuatnya...^^

Katanya yang terkenal resepnya aunt Annie jadi cari mencari ketemu yang mirip resepnya di CD Kitchen. Walaupun nama resepnya 'Aunt Annie's Soft Pretzel recipe', sebenarnya ini bukan resep original beliau...cuma ingin meniru punyanya Aunt Annie makanya di kasih nama ini. Cuman aku rasa resepnya agak kelembekan jadi aku tambahkan tepung lagi sampai bisa diulen.



Di atas gambar pretzel yang pake poppy seed.


Pembuatannya relatif mirip roti. Cuman membentuknya yang agak susah. Adonanku elastis banget. Udah dibentuk panjang lebar...lha...kok menciut lagi. Di mana salahnya ya...? apa aku kurang lama fermentasinya. Jadi pas dipanggang hasilnya ndut ndut...qiqiqi. Tapi kalo soal rasa sih dah enak walaupun aku gak tau aslinya juga gimana...hehe.

Karena aku pingin tau beda yang dimasak menggunakan larutan soda+air mendidih dengan yang cuman dicelup di larutan air hangat campur soda makanya hasilnya juga 2 macam. Memang sih lebih cantik yang dimasak di larutan soda mendidih. Teksturnya beda...lebih shiny and browny...dan agak pecah-pecah gak terlalu mulus kayak roti. Sesudah dicelup dalam larutan soda aku oles kuning telur lalu dipanggang. Lihat tampangnya di bawah...



Anak-anak suka. Apalagi yang pake cinnamon and sugar. Kalo suamiku bilang...ini kayak roti, lembut tapi lebih chewy...

Since I considered this pretzels as bread, I'm submitting this entry to Aspiring Bakers #8 June'11 Bread Seduction hosted by Jasmine from The Sweetylicious at this link.

9 comments:

Alice said...

enyak enyak nih Hes :)
cakep deh!

bunbun said...

mbaaaaakk.. :D insyaAllah ada reply blognya.. hehehehe..
*masih mencari charger kamera... -___-*


pengen nyobain resep yang ini jugaa..

Hesti HH. said...

Mbak Alice...thank youuuuu

Bunbun : belom ketemu....waaaaa kemana gerangan dikau charger. Jadi gak bisa lihat karya2 cantik Bunbun nih...oh iya Bun...kok pretzelku gak secantik punyamu ya??? gimana supaya hasilnya kurus-kurus. Apa karena aku campur tepung prot.tinggi ya jadi susah...*yg lagi bingung*

bunbun said...

mbak hestiii... pretzelmu cantikkk cantikkk.. jauhhh lebih cantik dari punyaku.. :)
hihi... punya ku kurus2 ya? kayaknya sama..
aku gak tau deh, kyknya aku yang salah.. aku nyobain 2 resep, dan di dua2nya dibilanny susah bentuknya, adonan balik lagi balik lagi... tapi kok aku nggak gitu ya.. -___-

heheheh.. yang penting hasil akhirnya terlihat sangat empuwkkk.. poppy seed is a good idea, too..

*happ*

Anonymous said...

Mbak Hesti kalau yg diresep cd kitchen setelah dicelup air soda msh difermentasikan lg . kalau keterangan Mbak Hesti setelah dicelup lalu dioles kuning telur lalu dipanggang? jadi yg mana yg harus dicoba ya Mbak. terimakasih Mbak Hesti.

Hesti HH. said...

Artinya aku kelewatan satu proses dong ya *hehe garuk garuk kepala* ikut yg asli aja ya mbak...

Asan said...

Would you mind sharing your recipe in English? I would love to make these soft pretzels!

Asan said...

Would you mind sharing this recipe in English? I would love to make these soft pretzels!

Hesti HH. said...

Asan, please click the red link above for original recipe in English...

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...