Klepon Ubi Ungu



Masih dalam rangka memberdayakan ubi jalar ungu yang aku beli kemarin...hari ini aku bikin klepon ubi ungu. Membayangkan teksturnya yang kenyal karena dicampur ketan...rasanya gurih kelapa dan manis gula merah...dan tentu saja aroma khas ubi jalar.

Ternyata setelah aku bikin...beneran enaaaaaak!! Semua suka. Masih pengen bikin lagi besok besok. Harus cari ubi ungu lagi nih...semoga masih ada di pasar ^,^



Bahan : 
- 150 gr tepung ketan putih
- 150 gr ubi kukus halus
- sejumput garam halus
- air secukupnya (sampai bisa dipulung)
- gula merah (potong kecil untuk isian)
- 1/2 biji kelapa, parut (kukus bersama sedikit garam dan daun pandan)

Cara membuat :
  1. Campur tepung ketan dan garam lalu aduk rata. Tambahkan ubi ungu. Uleni hingga tercampur. 
  2. Tambahkan air sedikit sedikit sampai adonan dapat dipulung.
  3. Didihkan air dalam panci. Sementara itu ambil sedikit adonan, beri isi gula merah dan bulatkan. Langsung masukkan ke air mendidih. Kalau mengapung segera diangkat, disaring dan dicelupkan ke parutan kelapa.

Comments

Noi Noy said…
mbak hesti, makasih udah share resepnya.
saya udah coba buat dan sudah diposting di blog saya juga(http://noi666.wordpress.com/2012/10/17/klepon-ubi-unyu/)

Rasanya enyaaaak :9
Unknown said…
salam kenal mbak hesti.....waaah kebetulan sy lg punya ubi ungu nieh... besok mau coba praktekin resepnya mbak hesti aaah... Thanks udah share resepnya ya mbak.......
english teacher said…
salam kenal mbak hesti

saya udah coba tapi beda dikit dari punyanya mbak hestii
fillingnya coklat dan balurannya keju
enak lho mbak
mampir ya

http://ummuatikah.wordpress.com/2013/02/17/onde-onde-ubi-ungu-sweet-purple-cassava/

salam
resa
Hesti HH. said…
Waaaah...unik tuh mbak, nanti aku mampir yaaaaa....
Unknown said…
waduh enaknya tuh klepon, fotonya bagus lagi
Ch.Windy said…
Mba Hesti. saya barusan nyobain loh. hm..... enyak... hehehe.
sayangnya gulamerahnya kurang meleleh masih ada gumpalan gumpalan kecil.

durian pancakenya masih pending. durian masih mahal... hihihi...

Selamat Hari Raya Idul Fitri Mba. Mohon maaf lahir batin.

Windy Batam
Unknown said…
kleponnya enak mbaaak. lembuuut. beda kalo pake full ketan. bikinnya dah lama sih tp baru aku posting kemarin hehehe. maap ya mbak "permisi"nya baru sekarang, kebanyakan resepnya mbak hesti yg sdh aku cobain sih sampe lupa mana aj nih yg blom dilaporkan hehe. pokoknya tengyu sooo much mbak ;)
Hesti HH. said…
@Ammalia : makasih mbak...

@Ch Windy : makasih ucapannya mbak, maaf baru dibalas. Terlewat sama comment yg bejibun ^^

@Ida : no problem mbak, alhamdulillah kalau sukaaaa
gadisjujur said…
mba Hesti kalo ubi ungu berapa ya harga pasarannya? di tempatku koq susah cari ya tq
gadisjujur said…
Ass. wrwb.
Mba Hesti resepnya bagus-bagus, trus kemaren aku coba telur gabus ubi ungu koq jadinya melempem jadi ga gurih, aq yakin pasti sesuatu yg salah tapi ngga tahu dari mana ya..makasih sblmnya
Hesti HH. said…
Waalaikumsalam,

KAlau di tempatku sekilo 7 ribuan deh mbak.
Kalau dibikin telur gabus saya jg belum pernah coba jd gak bisa kasih reviewnya.

Popular posts from this blog

Puding Cokelat ala KFC

Kukis Kenari Fruit Mix

Kue Mangkok Gula Merah