Posts

Showing posts from July, 2012

KBB #30 : Rosemary-Cheese Spritz Cookies

Image
Tepat sehari sebelum puasa, alhamdulillah selesai juga tugasku untuk tantangan Klub Berani Baking #30 . Biasanya sih aku bikinnya di minggu ketiga. Tapi kali ini aku pengen bikin tugas ini segera sebelum puasa...malahan maunya  di awal awal bulan . Tapi apa daya, kejunya nggak pernah ada di toko. Hampir tiap hari aku cek. Barusan kemarin datang dan segera aku beli sebelum habis lagi. Maklum...saingan sama ibu ibu yang mau bikin kukis lebaran. Itupun di sini nggak pernah ada keju pecorino dan permesan. Jadinya aku pake keju edam aja semuanya. Tuk taburan pake keju cheddar dikit ^^ Alhamdulillah proses bikinnya lancar, hanya adonannya agak lembek. Susah nyetaknya menggunakan cookie press. Lengket lengket, nyangkut walhasil nggak mau keluar. Akhirnya aku tambahkan tepung secukupnya asal udah bisa dicetak dan bentuknya cantik. Soal rasa, mungkin sebenarnya kukis ini enak sekali yaaaa...cuman menurutku dengan menggunakan 2 sdt rosemary baunya jadi dominan rosemary. Te

Bubur Sagu Mutiara

Image
Yah...satu lagi yang segar segar tuk berbuka. Namanya bubur sagu mutiara. Bikinnya sangat simpel. Terinspirasi dari mbak Yayan Suryani yang posting bubur sagunya di IDFB , aku ikutan ngiler juga dan janji mau bikin juga. Alhamdulillah bahan udah lengkap. Cuman sagu mutiara, potongan nangka dan air santan manis. Cara bikinnya...rebus sagu mutiara sampai transparan lalu tiriskan. Untuk kuahnya tinggal masak santan bersama gula dan sedikit garam, tambahkan pandan biar lebih wangi. Aduk terus sampai mendidih. Setelah itu semuanya dimasukkan ke kulkas...tinggal tunggu buka puasa dan siap deh disajikan.... Makasih mbak Yayan....^^ Entry ini aku ikutkan ke ajang "Masak Bareng Yuuk" edisi Juni-Juli yang kali ini temanya makanan berbahan dasar sagu. Ajang ini baru pertama kalinya aku ikuti. Terima kasih untuk mom Elly yang sudah menginformasikan acara ini. Aku sebenarnya nggak yakin apakah ini masuk dalam persyaratan makanan berbahan dasar sagu. Tapi nggak masal

Kari Daging Printil

Image
Anak anak paling senang masakan daging daging berkuah. Syaratnya hanya satu...tidak boleh pedas. Jadi...supaya selera makan anak anak tetap tinggi di bulan ramadhan ini, aku harus pintar pintar cari resep yang sesuai buat mereka, terutama saat sahur.  Biasanya aku bikin semur, sop daging, soto daging, rawon, pokoknya apa aja yang penting nggak pedas. Nah terinspirasi dari blognya Kak Ita "Masam Manis" kali ini aku bikin kari daging printil. Sama aja kayak kari biasa tapi dagingnya pake daging cincang dibuat bola bola seperti kayak membuat sambal goreng printil . Karena tidak punya bumbu kari seperti punya kak Ita, aku menggunakan resep kuah kari ayam yang sering aku bikin dengan menambahkan sedikit bumbu spekkuk homemadeku ^^ Bahan  : - 300 gr daging cincang, beri sedikit garam dan bentuk bulat kecil - 200 gr kentang, potong kotak - 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa - 300 ml santan encer - 3 lembar daun jeruk purut - 2 lembar daun salam

Bakso Tahu Goreng

Image
Cemilan satu ini bukan hanya favorit anak anak. Orangtua juga suka lho, hehe. Selain camilan bisa juga dijadikan lauk. Sehat, bergizi dan enak... . Resep dapat dari Majalah Sedap. Walaupun tidak mengandung daging...tapi rasanya mirip sekali ma tahu isi. Gurih... Bahan : - 200 gr tahu putih - 1 sdt ebi, seduh, sangrai, haluskan - 50 gr wortel, potong dadu kecil rebus dan tiriskan - 1 tangkai seledri, iris halus - 1 batang daun bawang, iris halus - 3/4 sdt garam - 1/4 sdt merica bubuk - 1/4 sdt kaldu bubuk - 1 putih telur - minyak untuk menggoreng Cara membuat : Aduk rata semua bahan. Bentuk bola bola. Goreng dalam inyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.

Sup Bakso Ayam home-made

Image
Paling enak memang berbuka dengan hidangan berkuah panas ataupun dessert berkuah. Rasanya kerongkongan yang seharian kering...langsung basah kembali, hmmmmm nikmaaatt! Dapat resep bikin bakso kenyal ini dari Mbak Alice . Resep aslinya dari Neckred Kitchen .  Makasih banyak tuk resepnya. Setelah dicoba beneran baksonya asli kenyal. Hanif dan iyut makannya lahap sekali. Bapaknya nggak ikutan karena memang nggak doyan ayam ^^ Resepnya sama aja cuman aku tambahin sedikit bawang putih dan sedikit bawang goreng. Kan emang itu bumbu khas bakso/pentol Indonesia...hehe. Berikut resepnya dengan sedikit modifikasiku ya... Bahan bakso : - 500 gr dada ayam tanpa tulang, potong potong - 125ml air es - 1 sdm kecap ikan - ½ sdm gula - ½ sdm minyak - 2 sdm tepung maizena - 1¼ sdt baking powder Bumbu halus (ulek halus) : - 3 siung bawang putih - 1/2 sdt merica bubuk - 1 sdm bawang goreng - 1 sdt garam Cara membuat :  Haluskan daging ayam dalam food pro

Marmer Cake Tape

Image
Sebenarnya kemarin aku beli tape mau dibuat es poteng tuk buka puasa. Tapi aku pikir pikir lagi, nggak bagus kalo buka puasa makan makanan yang terlalu dingin... jadi aku berubah pikiran. Aku akhirnya dapat resep cake tape dari blognya Mbak Alice . Aslinya cake tape keju. Cuman aku mau bikin varian marmer jadi aku skip kejunya dan kutambahkan cokelat bubuk. Rasanya enak khas tape dengan sedikit sensasi cokelat. Teksturnya kayak kata mbak Alice, nggak terlalu padat tapi nggak kayak sponge juga. Resep aslinya silahkan dilihat di I love. I Cook. I Bake.  Di bawah ini hasil modifikasiku...dan aku bikin separuh resep mbak Alice ^^ thanks ya mbak Alice tuk resepnya...lain kali mau coba yang aslinya pake keju. Bahan : - 250 gr tape, haluskan - 4 sdm susu kental manis - 200 gr mentega asin - 250 gr gula pasir - 6 butir telur utuh + 1 kuning telur - 250 gr tepung terigu  - 3 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan 3 sdm air hangat Cara membuat : Kocok tape, susu kental

Heimama Egg Tarts

Image
Seperti biasa...jalan jalan ke blog teman, eh ketemu resep asyik. Memang dah lama juga pengen coba tapi belum kesampaian terus. Kali ini pokoknya harus bikin...sekalian buat iftar. Resep ini aku lihat dari Small Small Baker . Namanya eggtart Heimama . Dinamakan demikian karena populer pertama kali dari blognya Heimama . Resep ini terkenal di dunia foodie blogger China. Dan menulari blogger Asia lainnya termasuk aku, hehe ^^ Resep pembuatan kulitnya bisa menggunakan dua cara. Yang satu seperti yang biasa aku praktekkan dengan cara mencampur mentega dingin dan tepung kemudian diaduk dengan menggunakan ujung jari hingga menjadi crumble. Yang kedua caranya mentega dilelehkan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan bahan lain. Untuk lebih jelasnya bisa jalan jalan ke Small Small Baker . Aku menggunakan cara pertama. Tapi sewaktu memanggang adonan fillingnya menggelembung. Jadi aku kecilkan apinya. Jadi yang harus diperhatikan adalah beda jenis oven beda juga panasnya. Jadi menur

Kering Bihun Campur

Image
Udah lama incar incar resep ini di Majalah Sedap . Cocok sebagai lauk kering buat sahur. Wanginya sih dah enak tapi punyaku hasilnya kurang kering. Pas goreng bihunnya sih dah kering sekali kayak kerupuk. Mungkin sewaktu menumis bumbu nggak sampai kental betul, jadi ketika bihun masuk, sebagian bihun menyerap kandungan air di bumbu hingga kurang renyah. Akhirnya, supaya renyah lagi aku taruh di oven lagi dengan api kecil untuk mengeringkannya. Alhamdulillah garing kembali. Eenaaaak...! Nah berikut resepnya ya... Bahan : - 100 gr bihun kering - 75 gr kacang tanah, goreng - 50 gr dendeng sapi, seduh, iris panjang lalu goreng sebentar - 25 gr cabe merah besar, iris halus goreng - 2 lembar daun salam - 2 cm lengkuas, memarkan - 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya - 30 gr gula merah, sisir halus - 1 sdt garam - 1 sdm air asam - 1 sdm bawang merah goreng - 75 ml minyak goreng untuk menumis - minyak untuk menggoreng Bumbu halus : - 2 buah cabe me

Kurma Lapis Cokelat

Image
Alhamdulillah, tahun ini masih diberi kesempatan tuk menikmati indahnya ramadhan. Bulan yang selalu ditunggu tunggu dalam setiap tahun oleh umat muslim. Buat teman teman sesama muslim, selamat berpuasa ya...semoga kebarokahan bulan ramadhan melimpahi kita semua. Amin. Hari ini mau buat cemilan buka puasa berbahan dasar kurma. Kita tau kurma adalah makanan yang bagus sekali untuk  berbuka puasa. Selain manis iapun sarat dengan kandungan gizi. Tapi terkadang anak anak bosan dengan penampilannya yang itu itu saja. Nah, kali ini aku coba bikin variasi dengan tambahan biskuit dan dilapisi cokelat. Dijamin...dengan melihat penampilannya saja anak anak nggak sabar pengen icip ^^ Resepnya sebenarnya pernah aku lihat di Majalah Sedap edisi lama. Tapi karena udah nggak sempat bongkar bongkar majalah...aku kira kira aja pake takaranku sendiri. Bahan isinya pun sesuai selera kita. Bisa menggunakan kacang kacangan yang dicampur karamel, bisa juga snack cokelat seper

Topo Map Cake

Image
I ni kali kedua aku bikin topo map cake. Yang pertama sih sudah sukses. Tapi aku bikin lagi karena penasaran dengan  penggunaan tepungnya. Dulu aku pake tepung protein sedang. Memang, walaupun cantik dan rasanya enak tapi teksturnya tidak terlalu lembut. Nah aku dapat masukan langsung dari Wendy's Ink "Table for 2...or more" si empunya resep. Katanya kemungkinan kueku agak keras karena penggunaan tepungnya. Resep aslinya menggunakan cake flour dan cake flour itu diartikan sebagai tepung terigu protein rendah. Sedangkan pengertianku selama ini *yang ternyata salah* cake flour adalah tepung terigu protein sedang. Sedangkan all purposed flour justru terigu yang berprotein sedang. Haaah?? kok bisa selama ini salah ya...resep resep di majalah Indonesia maupun buku resep selalu meresepkan penggunaan tepung terigu protein sedang untuk membuat cake yang kalau di pasaran populer dengan nama terigu cap 'kompas' atau 'segi

Mrs. NgSK's Vanilla Butter Cake

Image
Setelah mencoba beberapa macam buttercake...aku masih ketagihan bikin lagi dengan rasa serta metode yang agak berbeda. Caranya yaitu dengan mengocok putih telur dan kuningnya terpisah. Biasanya kan yang menggunakan teknik ini chiffon cake. Cake yang dihasilkan teksturnya lembut dan ringan.  Yang paling aku sukai pada saat mencoba resep adalah apabila berhasil dan rasanya memuaskan. Kecenderunganku sekarang adalah lebih senang mencoba resep dari hasil browsing blog teman sesama foodie blogger daripada dari buku. Kenapa?? kalau teman foodie biasanya setelah mencoba resepnya...mereka akan memberi tahu kekurangan dan kelebihan cake tersebut. Dan bahkan terkadang  malah memperbaiki/memodifikasi resep aslinya  untuk mendapatkan hasil yang paling sempurna. Selain itu juga ilmu banyak kita dapat dengan membaca semua komen komen berkenaan resep yang dipraktekkan. Jadi bisa dapat jawaban yang lebih detail. Nah setelah proses tersebut kita akan dapat kesimpulan apakah kue tersebut layak

Dadar Pisang Ijo

Image
Udah deket deket ramadhan...serasa dah kebawa hawanya. Pengen makan yang seger seger. Hari ini bikin pisang ijo tapi dengan cara yang simpel. Kan banyak tuh yang suka makan pisang ijo tapi katanya bikinnya ribet. Nah kalau mau yang lumayan mudah dan cepat, bikin aja dadar pisang ijo. Yang dikukus cuman pisangnya. Setelah itu dibungkus dengan kulit dadar dan digulung. Jadi juga kan pisang ijonya... Resepnya mirip dengan pisang ijo yang biasa, hanya adonan kulit yang seharusnya dimasak/dikukus dulu, kalau di resep ini dibuat menjadi dadar. Kalau suka tebal kulitnya, adonan dibikin kental. Kalau suka tipis aja, yah adonannya dibikin agak encer. Untuk resep ini aku menggunakan pisang raja yang matang sekali dan berukuran kecil aja dengan kulit yang tidak terlalu tebal. Jadinya pisang ijonya juga agak imut. Begitu juga dengan saus santannya. Kekentalan tergantung ukuran tepungnya. Kalau suka disajikan hangat cocoknya saus yang tidak terlalu kental. sedangkan kalau suka d

Sate Makassar

Image
Sate Makassar pada umumnya sama saja dengan sate dari daerah lain. Cuma ciri khasnya ada di bumbu kacangnya yang menggunakan irisan belimbing wuluh. Jadi ada tendangan asam-asam segernya... dan resep ini dijamin dagingnya lembut tanpa perlawanan, karena sudah direndam bersama potongan daun pepaya. Wanginya...hmmm, bahan olesan dioles menggunakan sereh yang digeprek sebagai kuasnya, jadi aromanya merasuk ke dalam daging...merasuk..? halaaah...istilahnya. But kasihan si Mas... walaupun resiko asam uratnya kambuh...tetep aja dimakan. Enak banget Bu satenya...tambah ya? Anak-anak ? well jangan ditanya...lahap sekali makannya karena dagingnya sangat lembut, nggak cape kunyahnya... Sate ini aku bikin dalam rangka setoran  IDFB ( Indonesian Food Blogger Challenge) #5 dengan tema 'sate nusantara'. Sebenarnya waktu tuk setor laporan adalah sebulan semenjak 1 juni kemarin. Tapi nggak tau kenapa aku nggak pernah dapet moodnya buat 'nya

Lapis Ketan Sarikaya Pandan

Image
Ini adalah salah satu jajajan tradisional...sodaraan sama katrisolo. Lapisan bawahnya sama, lapisan atasnya aja yang beda. Yang ini menggunakan pandan gula pasir, sedangkan katrisala pake gula merah. Dua duanya enak dengan rasa gurih manis yang berbeda. Pada saat membuat resep ini aku cuman bikin setengah resep. Selalu begitu. Kalau ditanya...kenapa seringnya kue kue yang aku ujicoba cuman setengah resep...kan jadinya cuman seiprit tuh. Nah memang aku sukanya begitu. Tapi sebenarnya banyak alasannya. Aku kan terlalu sering bikin kue...kalo hampir tiap hari bikin sedangkan yang kemarin aja belum habis...lhaaa siapa yang menghabiskan kue kemarin. Selain itu juga biar bikinnya gak terlalu capek, dan efisien waktu...kalau gagal juga nggak rugi banyak. Dan yang terakhir... supaya sirkulasi perputaran kuenya lancar *udara kali pake sirkulasi segala, hihi ^^ Bikin setengah resep aja lumayan banyak. Aku sekeluarga cuman 4 orang. Jadi cukuplah...malah kadang kadang masih bisa di

Panada (Menado)

Image
Panada isi ikan dan pepaya muda ini adalah salah satu jajanan favoritku. Suka sekali perpaduan rasa ikan tongkol dan pepaya mudanya. Ditambah lagi dengan bumbu masakan khas Menado seperti jahe, sereh, daun jeruk, dan kemangi. Wangiiiii ! Anak anak suka isian panada ini dimakan begitu saja dengan nasi. Lauk dan sayur dalam satu hidangan. Untuk resepnya aku menggunakan perpaduan resep Femina dan buku Sedap "Kue Tradisional modern" . Isiannya dari Femina dengan sedikit modifikasi sedangkan resep kulitnya dari buku keluaran Sedap.  Bahan kulit : - 500 gr terigu protein tinggi - 25 gr gula pasir - 2 sdt ragi instan - 1 butir telur - 300 ml santan dari 1 /2 butir kelapa - 1 sdt garam - minyak untuk menggoreng Bahan isi : - 3 sdm minyak untuk menumis - 250 gr ikan tongkol bakar tanpa tulang (suwir-suwir) - 250 gr daging buah pepaya muda, serut - 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan - 3 cm jahe, kupas, bakar - 3 lembar daun jeruk

Topo Map Love Cake (Kek Alunan Kasih)

Image
Alhamdulillah...jadi jugaaaa bikin "cake peta" ini. Hehe... biar simpel aku sebut aja cake peta ya karena emang mirip peta bumi. Kalau kata anakku, "itu sih kayak lapisan tanah bu." Lapisan tanah si Sorowako tempat tinggalku kan banyak mengandung nikel. Ada beberapa jenis batuan nikel mentah warnanya hijau seperti kue ini... Kemarin kan waktu niat bikin kue ini aku lupa bagi dua adonannya jadi hasilnya jadi pandan butter cake . Tapi menurut hubby...justru lebih enak rasanya yang kemarin. Iya juga sih menurutku. Mungkin karena butternya. Pas aku beli dan buka kalengnya lhaaaa kok isinya kayak minyak...jadi cair gitu. Terpaksa sebelum aku pake dimasukin kulkas sebentar. Mungkin  juga kue ini terlalu banyak diaduk atau diutak atik jadi nggak terlalu lembut. Kue yang mengandung baking powder kan nggak boleh overmix. Tapi karena kue ini harus dibagi dua dulu adonannya...habis itu yang satu ditambahkan pandan, diaduk lagi, dituang sedikit sedikit dan diratakan...