Posts

Showing posts from September, 2010

Chocolate Mint Brownies

Image
Kali ini aku mencoba resep brownies yang tampang n' rasanya menggiurkan....hmmm. Resepnya kuambil dari resep Pennylane Browniesnya Mbak Riana kumodifikasi dengan tambahan mint ganache plus chocolate ganache....and ternyata hasilnya memuaskan.... Untuk percobaan perdana aku bikin browniesnya setengah resep aja dari resep di bawah ini... Pennylane Brownies Bahan : - 4 butir telur - 375 gr gula pasir - 1 sdt vanilla - 60 g coklat bubuk - 210 g tepung terigu - 225 g minyak - 85 g chocolate chips (aku skip) - 120 g kacang-kacangan sesuai selera (aku pake mete) Mint ganache : - 100 ml krim kental - 150 gr coklat mint Chocolate ganache : - 75 ml krim kental - 100 gr dark cookong chocolate Cara membuat : Alasi loyang dengan kertas roti, olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat celcius. Campur coklat, terigu dan vanili bubuk. Telur dan gula dikocok sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus. Masukkan garam, kocok hingga rata. Matikan mikser, a

Cheese Stick

Image
Bahan : - 2 butir telur - 250 gr terigu - 30 gr maizena - 1 1/4 sdt garam - 100 gr keju edam, parut halus - 75 ml air - minyak untuk menggoreng Cara membuat : Kocok telur sampai kental. Tambahkan terigu, maizena dan garam sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan keju edam dan air. Aduk rata sampai adonan bergumpal. Giling adonan di gilingan mie. Mulai dengan ukuran yang paling besar. Setelah digiling 2-3 kali kecilkan gilingan. Giling lagi sampai yang paling kecil sambil ditaburi maizena. Potong-potong panjang. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Source : Diambil dari Majalah Sedap Sekejap

Cah Brokoli Jamur

Image
Bahan : - 300 gr brokoli - 250 gr jamur campignon segar - 200 gr udang, buang kulit - 1 buah wortel - 1 batang daun bawang - 3 sdm minyak Bumbu : - 1 ruas jahe, geprek - 3 siung bawang putih - 1/2 butir bawang bombay - 1 sdm saus tiram - 1 sdt gula pasir - 1/2 sdt merica bubuk - garam secukupnya Cara membuat : Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga wangi. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan jamur, wortel dan terakhir brokoli. Beri bumbu garam, merica dan gula pasir. Tambahkan sedikit air. Masak hingga matang. Terakhir tambahkan saus tiram dan daun bawang. Matikan api, siap dihidangkan.

Sup Ayam

Image
Bahan : - 1 ekor ayam kampung (potong-potong sesuai selera) - 2 ruas jahe - 2 buah wortel - 100 gr buncis - 100 gr kol - 1 batang daun bawang - 2 batang daun seledri, buat simpul - bawang goreng - 1500 ml air Bumbu halus (tumis dengan 2 sdm minyak): - 3 siung bawang putih - 2 butir bawang merah - 1/2 sdt merica - 1/4 sdt pala - garam secukupnya Cara membuat : Masak ayam kampung dengan air, jahe, dan daun seledri dan sedikit garam sampai empuk. Setelah ayam empuk masukkan tumisan bumbu, sisihkan jahenya lalu masukkan sayuran secara bertahap, dimulai dari wortel, kol dan buncis. Terakhir masukkan daun bawang. Aduk rata dan masak sampai sayur matang. Matikan api, siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng.

Daging Lapis

Image
Bahan : - 500 gr daging has - 3 lembar daun salam - 3 ruas lengkuas, geprek - 2 batang sereh - 2 ruas jahe - 1 sdm air asam - 2 siung bawang putih, cincang kasar - 1/2 buah bawang bombay, potong-potong - 600 ml santan encer - 3 sdm minyak Bumbu halus (perendam) : - 2 buah cabe merah - 8 butir bawang merah - 3 siung bawang putih - 1/2 sdt merica - 1 sdt ketumbar sangrai - 1/4 sdt pala - 1 sdm saos tiram - 3 sdm kecap manis - 1 sdm gula merah - 1- 2 butir telur - garam secukupnya Cara membuat : Aduk dan campur semua bumbu halus bersama daging yang sudah diiris tipis. Tambahkan telur yang sudah dikocok asal rata. Aduk sampai rata. Diamkan sekitar 30 menit. Panaskan minyak gorenng. Tumis bawang putih dan bombay hingga wangi. Masukkan daging yang sudah berbalut bumbu. Tambahkan daun salam, sereh, lengkuas dan jahe. Aduk terus agar telur tidak bergumpal. Masak sampai berubah warna. Tambahkan santan encer dan kecilkan apinya. Tambahkan air asam. Masak dengan api kec

Sayur Asem

Image
Bahan: - 1 ikat kacang panjang - kacang tanah secukupnya - 2 bh jagung - 1 bh labu siam - 1 ikat daun melinjo - 200 gr nangka muda - 3 lembar daun salam - 3 cm lengkuas, geprek - 2 sdm gula pasir - garam secukupnya - 3 sdm air asam yang kental Bumbu halus : - 2 buah cabe merah, bakar - 6 butir bawang merah, bakar - 2 siung bawang putih - 3 butir kemiri, sangrai - 1 sdt terasi bakar Cara membuat : Rebus terlebih dahulu nangka hingga agak empuk. Tambahkan jagung. Masak lagi hingga jagung matang. Tambahkan bahan sayur yang lain, bumbu halus dan lengkuas serta daun salam. Tambahkan garam, gula dan air asam. Aduk rata dan masak sampai mendidih.

Bread Pudding

Image
Resep ini kuambil dari resepnya Mba Mae. ..makasiiih ya mbak....uuueeenak tenan... Cuman kumodif dikit ajeee... Bahan : - 4 lembar roti tawar - 1 kuning telur - 1 butir telur - 25 gr gula pasir (aku pake 50 gr) - 250 ml fresh cream - 50 ml susu cair - 1 sdm butter leleh - vanilla extract ( aku pake 1 bks vanila bubuk) - kismis - gula palem - kayu manis secukupnya Cara membuat : Siapkan loyang/pinggan tahan panas ukuran 20 cm. Olesi butter. Tata roti di dalamnya lalu taburi kismis. Kocok asal rata telur dan gula. Masukkan krim kental dan susu cair, serta mentega leleh, aduk rata. Tambahkan vanili. Aduk rata lagi. Tuang ke atas roti yang telah ditata. Biarkan terendam dulu selama kurang lebih 30 menit. Panaskan oven dengan suhu 180 C. Taburi roti dengan kismis, gula palem dan kayu manis. Panggang dengan cara au bain marie selama kurang lebih 40 menit. Puding nikmat di santap hangat maupun dingin.

Cantik Manis

Image
Bahan : - 1 bungkus sagu mutiara (masak hingga matang) - 1 bungkus tepung hunkwe - 1 bungkus agar putih bubuk - 100 gr maizena - 4 gelas tinggi santan dari 1 biji kelapa - 1/2 kg gula pasir - 3 bungkus vanili - 10 biji nangka (potong-potong kecil) - 2 lembar daun pandan Cara membuat : Campur semua bahan tepung, agar, gula, garam, vanili dan santan, aduk sampai rata. Tambahkan daun pandan. Masak di atas api sedang sambil diaduk terus sampai meletup-letup. Bagi dua adonan. Yang satu ditambah sagu mutiara. Satu bagian lagi ditambahkan nangka. Kalau mau ditambahkan pewarna makanan boleh saja. Siapkan plastik-plastik kecil untuk membungkus. Ambil satu buah plastik isikan satu sendok adonan nangka dan satu sendok adonan sagu mutiara. Bungkus dan lipat. Simpan dalam lemari es. Nikmat disajikan dingin.

Muffin Cappucino

Image
Bahan : - 150 margarin/mentega - 75 ml susu cair - 75 ml krim kental - 3 butir telur - 150 gr gula pasir - 250 gr tepung terigu - 1 sdm coklat bubuk - 1 sdt kopi instant - 1 sdt soda kue - 1 sdt baking powder - 150 gr choco chips Cara membuat : Panaskan oven dengan temperatur 200 C. Siapkan kertas cup dalam loyabg muffin. Cairkan margarin/butter bersama susu cair hingga meleleh tapi tidak mendidih. Tambahkan krim kental, aduk rata. Angkat. Kocok telur dan gula hingga gula larut tapi tidak berbuih banyak. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, soda kue dan baking powder serta kopi bubuk. Aduk rata. Masukkan campuran susu dan margarin. Aduk rata. Tambahkan choco chip, aduk rata. Tuangkan ke dalam loyang muffin hingga hampir penuh. Panggang kurang lebih selama 25 menit hingga matang. Source : Resep diambil dari buku 'Resep Praktis Sisca Soewitomo' dengan label Muffin.

Kari Ayam

Image
Bahan : - 1 ekor ayam, potong 10 bagian (aku pakai ayam kampung) - 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa - 600 ml santan encer - 1 sdt gula - 1 sdm air asam - 5 lembar daun jeruk purut - 3 lembar daun salam - 2 butir cengkeh - 1 buah serai digeprek - 2 cm lengkuas, digeprek - 1 batang kayu manis - 4 sdm minyak untuk menumis bumbu - garam secukupnya Bumbu halus : - 2 buah cabai merah besar (bila suka pedas bisa ditambah) - 10 siung bawang merah - 5 siung bawang putih - 2 ruas lengkuas - 2 ruas jahe - 1 ruas kunyit, bakar - 2 batang serai ambil bagian putihnya - 4 butir kemiri, sangrai - 1 1/2 sdm ketumbar sangrai - 1/4 sdt jintan sangrai - 1/4 sdt pala - 1/4 sdt adas - 2 buah kapulaga - 1/2 sdt merica Cara membuatnya: Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan cengkeh hingga wangi. Tuang santan encer, aduk rata. Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan g

Chocolate Roll with Butter Cream

Image
Resepnya silahkan lihat di choco roll cake ...yang beda isiannya aja. Kalo yang ini buttercream aja...yang biasa dijual di toko bahan kue...jadi gak repot harus bikin lagi.

Chocolate Pie

Image
Aku dah pernah buat pie coklat ini sebelumnya. Cuma diganti sedikit bahan tepungnya dikurangi dan ditambahkan coklat bubuk. Jadi nyoklat abisss... Kalau nama asli di resepnya sih chocolate torte. Tapi buat kita orang Indonesia...gampang nyebutnya pie coklat aja....yaaaak?

Blueberry Cheese Pie

Image
Bahan alas : - 75 gr mentega tawar dingin - 1/4 sdt garam - 1 kuning telur - 25 gr gula tepung - 150 gr tepung protein sedang Bahan isi : - 300 gr creamcheese, diamkan pada suhu ruang, lembutkan - 1/8 sdt garam - 1/2 sdm kulit jeruk lemon parut - 110 gr gula pasir halus - 75 gr telur - 1 1/2 sdm terigu - 75 gr krim kental - 1/2 sdm air jerul lemon Topping (masak hingga kental): - 1/2 botol kecil selai blueberry - 3 sdm air Untuk cara membuat kulit pie silahkan klik di resep kulit pie terdahulu. Beda bahan dikit, tapi cara membuatnya sama. Hanya pemanggangannya sampai setengah matang saja selama 15 menit dengan suhu 175 C. Karena masih akan dipanggang lagi setelah diberi bahan isiannya. Untuk isinya silahkan lihat di bawah... Kocok cream cheese, garam, kulit jeruk, dan gula pasir halus asal rata. Masukkan telur, kocok rata. Tambahkan terigu, krim kental dan air jeruk. Kocok perlahan, tuang di atas adonan alas. Oven 40 menit dengan panas 150 C sampai matang. Keluar

Rawon Tulang

Image
Rawon ini adalah perpaduan antara rawon Jawa and pallu kaloa dari daerahku Makassar. Kalau di Jawa penyajiannya langsung di campur dengan nasinya alias nasi rawon. Ditambah dengan telor asin dan kecambah serta kerupuk. Sedangkan di Sulawesi penyajiannya seperti menyantap sop/soto yang dipisah dengan nasinya. Seperti makanan Makassar lainnya (coto, konro, sop sodara) rawon disantap dengan taburan daun bawang, daun bawang, seledri dan jeruk nipis. But...darimanapun asalnya intinya sama....yaitu masakan daging berkuah kental dengan bumbu kluwak.... Di resepku ini, aku menggunakan tulang agar rasa khas kaldu dari daging yang gurih keluar. Dan dagingnya...karena aku gak suka makanan yang berlemak, jadi kugunakan daging betis agar gak gampang hancur apabila dimasak dalam waktu yang lama. Bahan : - 1 kg tulang sapi yang masih berdaging - 1/2 kg daging betis - 3 lembar daun salam - 5 lembar daun jeruk purut - 2 batang sereh, digeprek - 3 cm lengkuas, digeprek - 2 sdm air asam - 1 sd

Stik Sus Kering

Image
Ini adalah varian lain dari kue sus. Ngga sengaja sih nemunya. Pas anak-anak masih kecil kan doyan tuh cemilan renyah...tiba-tiba dapat ide bikin cheese stick dari adonan kue sus. Biasanya bentuknya kan pake spuit bintang. Tapi waktu itu kucoba membentuk panjang-panjang alias stik. Ternyata...diluar dugaan hasilnya uueeenak deh. Garing, renyah, gurih and ngeju...pokoke dijamin anak-anak pasti suka...ibunya aja doyan... . Bahan : - 150 gr margarin - 150 gr tepung terigu - 5 btr telur (kalo telur kecil bisa pake 6) - 250 ml air - 1/2 sdt garam - 100 gr cheddar parut halus Taburan : - keju parut/wijen Cara membuat : Masak air, margarin dan garam sampai mendidih. Masukkan tepung sekaligus sambil diaduk terus sampai kalis. Masukkan keju parut. Aduk rata. Dinginkan. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer sampai rata. Lihat konsistensinya, apabila kekentalannya sudah menyerupai kue sus telurnya tidak perlu diturunkan semua yang akan mengaki

Kukis Potong Sultana

Image

Biji Salak Duren

Image
Bahan : - 500 gr ubi jalar (kukus lalu kupas, haluskan panas-panas) - 50 gr tepung kanji - 1/2 sdt garam - 500 gr gula merah - 50 gr gula pasir - 1/2 sdt garam - 200 gr daging durian - 1000 ml air Kuah (masak sampai mendidih) : - 500 l santan dari 1 butir kelapa - 1/2 sdt garam - 3 lmbr daun pandan Cara membuat : Ambil 3/4 bagian ubi halus, campur bersama tepung kanji dan garam, aduk rata. Bentuk bulat kecil seperti biji salak, sisihkan. Didihkan air dalam panci, masukkan biji salak ke dalamnya. Masak hingga mengapung, angkat tiriskan. Masak gula merah, gula pasir dan garam dan bersama air hingga larut. Saring. Jerang kembali di atas api. Masukkan daging durian. Masukkan sisa ubi halus ke dalamnya. Aduk rata. Masak terus hingga mendidih. Masukkan biji salak. Tunggu hingga mendidih lagi. Matikan api. Angkat. Pindahkan biji salak ke mangkok saji, hidangkan dengan kuah santan. Source : Resep dimodifikasi dari buku Seri masak femina Primarasa 'Bubur Gurih dan Legit'

Mini Fruit Pie

Image
Bahan fruit pie ini sudah pernah kutulis sebelumnya di pai buah . Bedanya kali ini cuma di toppingnya aja. Dulu pake buah kaleng, yang sekarang buah beneran eeeh maksudnya buah seger kayak strawberry, anggur dan jeruk mandarin....tapi dua-duanya sama enaknya kok...

Pie Durian

Image
Bahan kulitnya sama dengan pai buah. Isiannya fla yang ditambahkan daging durian di dalamnya.

Nastar Durian

Image
Untung aku dah nyetok durian di freezer pas musim durian kemarin. Jadi walaupun sekarang gak musim aku masih tetap bisa bikin nastar durian...another nastar variant yang yummy banget.... Bahan kulit : - 100 gr margarin - 50 gr butter - 50 gr gula tepung - 1/4 sdt garam - 1 kuning telur - 270 gr terigu - 20 gr susu bubuk Bahan isi (diaron sampai kalis): - 300 gr daging durian - 75 gr gula pasir - 25 gr susu kental manis - 1/4 sdt garam Olesan (aduk rata): - 2 kuning telur - 1 sdt butter cair Cara membuat : Kocok butter, margarin, gula, garam dan kuning telur selama 30 detik. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk. Aduk sampai rata dan siap dipulung. Ambil bahan kulit, beri isi lalu bentuk oval. Hias dengan pinset bergerigi. Beri olesan kuning telur, siap dipanggang di panas oven 150 C selama kurang lebih 20 menit. Source : dimodifikasi dari "Majalah Sedap Sekejap"

Putri Salju Mede

Image
Bahan : - 100 gr margarine - 75 gr butter - 75 gr gula halus - 1 butir telur - 75 gr kacang mede cincang halus - 1 sdm tepung sagu - 250 gr terigu (bisa dikurangi & ditambah susu bubuk full cream) - gula halus untuk taburan Cara membuat : Kocok butter, margarin, gula halus, dan telur 30 detik. Turunkan kacang mede. Aduk rata. Turunkan tepung sagu dan terigu secara bertahap sambil diaduk sampai adonan rata. Pulung dengan tangan sehingga membentuk bulan sabit. Letakkan di talam tanpa olesan margarin. Pipihkan sedikit saja. Siap dipanggang dengan panas oven 175 C selama sekitar 15 menit atau sampai kekuningan. Angkat. Hangat-hangat guling di gula halus agar menempel sempurna. Source : Resep dimodifikasi dari Majalah Sedap Sekejap