Sabtu, 31 Juli 2010

Choco Roll Cake

Bahan:
- 8 kuning telur
- 2 putih telur
- 1/4 sdt garam
- 100 gr gula pasir halus
- 30 gr tepung protein sedang
- 30 gr coklat bubuk
- 10 gr susu bubuk
- 1/4 sdt baking powder
- 85 gr margarin, lelehkan
- 1/2 sdt coklat pasta

Filling:
- 50 gr krim bubuk + 100 ml air es
- 75 gr selai blueberry

Topping:
-150 gr gdark cooking chocolate
- 100 ml krim kental

Cara membuat:
  1. Kocok telur, garam, dan gula sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  2. Masukkan margarin leleh dan coklat pasta sedikit sedikit sambil diaduk perlahan.
  3. Masukkan ke dalam loyang 28x28x3 cm yang doles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Oven 15 menit dengan oven 190 C atau 375 F sampai matang
  5. Filling: kocok krim bubuk dan air es sampai mengembang. Simpan dalam lemari es.
  6. Ambil selembar cake, oleskan krim kocok do permukaannya. Salah satu sisi dioles lebih tebal, dan oleskan selai blueberry di sisi itu. Gulung dan padatkan. Dinginkan.
  7. Untuk topping, panaskan krim kental asal hangat, lalu tuang cincangan dark cooking. Aduk sampai larut dan licin. Tuang di atas cake, ratakan. Dinginkan kembali.

Source: Resep dimodifikasi dari majalah 'Sedap Sekejap' edisi Juni 2006.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

kakaaakk...saya ganggu lagi nih..

klo ga punya pasta coklat, diganti coklat bubuk atau DCC bisa a ya? Kalau bisa takarannya gimana?

makasih kak

-dian adiyono-

Hesti HH. mengatakan...

Bisa tapi nggak boleh encer dian takut adonan turun jadi coklat bubuknya 1 sdm peres saja tambah 1/2 sdt air panas baru aduk sampe jadi pasta. kalau pasta terlalu keras bisa tambah beberapa tetes lagi.

Tapi untuk adonan ini sebenarnya cokelat sudah didapat dari cokelat bubuk jadi tidak perlu lagi. Kegunaan pasta itu untuk pewangi dan pewarna kalau adonannya putih. Kayak di atas nggak pake pasta juga nggak masalah. Nanti malah pahit.

Anonim mengatakan...

kakak..saya sudah bikin kuenya ini..tp hasilnya jauuuuuuhhh banget sm punya kakak. banyak modif soale, menyesuaikan dg yang ada di rumah.. yg mau saya tanyakan :
- ngaruh ga klo saya skip baking powdernya?
- terigunya emang bener cuma 30 gram ya? hasil kue saya tuh ringan dan kosong banget (kopong). punya kakak kok kayanya padet berisi gt..
- berapa lama kira2 mixer telurnya, stlh sy browsing sana sini, tnyata ga boleh dikocok sampe kaku ya? ngembang disini konkritnya gimana ya? saya ngocoknya sampe nyaris jambul petruk..hehe
- saya pake otang 2 susun, pas manggangnya ga saya pindah ke rak atas, hasilnya permukaan kuenya kurang kering dan melengket habis di kertas roti pas digulung.. T.T
- permukaan bolunya berlubang2 parah, ga mulus ky bolgul pada umumnya, apa karna overmix telurnya itu ya?

sekian curhat dari saya, mohon tanggapannya..hehe

makasih kak :-)

-dian adiyono-

yen jimmy mengatakan...

Mba kok saya punya ga bs digulung ya? salah dmn ya mba? Klo digulung retak, trs klo ga ada krim bubuk bisa pake krim kental ga?

Hesti HH. mengatakan...

@Dian : bener Dian...kalau dikocok terlalu lama selain kue kopong hasilnya tekstur jadi beremah. Jadi cukup sampai jambul petruk tidak lebih dari itu ngocoknya.

@Yen : artinya panggangnya kelamaan atau ovennya kepanasan mbak. kadang oven satu dgn yang lain agak beda suhunya. Jadi lain kali bikin dikurangi waktu panggangnya mbak. Boleh banget pake krim kental lebih enak juga rasanya tapi musti ditambah gula dikit.

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails