Kamis, 05 Agustus 2010

Barongko


Nah...barongko ini adalah makanan khas dari daerah Sulawesi Selatan. Kebetulan aku berasal dari sana, maka ini adalah salah satu makanan kesukaanku. Lembut, manis, gurih, apalagi kalau baru keluar dari kulkas.....hmmmm syeeegeeer....ini dia resep hasil modifikasiku (soalnya aslinya gak pake susu kental...
)

Bahan :
- 1 sisir pisang kepok yg matang sekali (ambil bag. putihnya saja, buang tengahnya)
- 500 ml santan (dari 1 butir kelapa)
- 4 butir telur
- 1/4 kaleng susu kental manis
- 1/2 sdt garam
- 100 g gula pasir
- daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :
  1. Blender pisang, santan dan telur sampai lembut. Tambahkan susu, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Ambil selembar daun pisang, tuang 3 sendok makan adonan, semat dengan lidi. Kukus sekitar 15 - 20 menit sampai matang.

Untuk versi lebih mudah dan ringkes kita bisa memakai talam yang dialas daun pisang. Rasanya gak berubah kok. Seperti gambar di bawah ini...
tinggal dipotong atau disendokin....

17 komentar:

Ayin mengatakan...

Mbak Ijin Copy Resep Ya...

Terima kasih...

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan Mbak...

Kreasi Marie mengatakan...

Yuuk mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :)

Erna Bunda HaditsHafizh mengatakan...

Assalamu'alaikum Mbak hesti...
Saya sudah lama coba-coba resep yg mba posting..tapi maaf, lupa ijin..abis keburu takjub ma foto2nya sih..
Barongko ini wenak banget loh mba..palagi klo pulang kampung ke sidrap terus dibuatin mertua nie kue wehhh kayak gimana gitu..hehehe..
Oh ya mba, punya resep pisang sanggar balanda ngga ya? penasaran nie..

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, enak dan lembut apalagi dingin dingin...slurph.
Belum pernah bikin sanggara belanda tapi udah masuk list. Sabar ya mbak...

fitri fitriani mengatakan...

senengnya ga syusah cari2 resep khas sulsel...makasih ya Mb dah share..

fitri fitriani mengatakan...

senangnya bisa nyari2 resep2 khas dr sulsel, makasih dah di share ya mb..
ijin Copy resep2nya ya mb...

thitax mengatakan...

makasih banyak resep barongkonya, baru saja dicoba, siipp... Mbak tolong resep sokko yang ada telur rebus di tengahnya trus ada merica sama ketumbar bulat-bulat :-) itu tuh yang biasa disajikan acara barasanji :-) ditunggu yach. trims b4

Hesti HH. mengatakan...

oh itu sdh pernah saya posting judulnya ka'do minyak
http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2012/09/kaddo-minynyak-nasi-minyak.html

littlepeanut mengatakan...

mba hesti... terima kasih untuk resepnya yaa..

Tahun lalu pas hamil 7 sd 9 bulan, doyannya makan pisang teruss,...
dan tergila gila dengan borongko. apalagi dulu banyak yang jual karena lagi bulan puasa di makassar.

Lihat resep mba hesti, mo nyoba bikin. gampangg banget ternyata, yang susah pas bagian ngebungkus. karena cairr..
tapi langsung ludesss.....

Hesti HH. mengatakan...

Haha iya mmng bungkusnya yg susah tapi sepadan denga rasanya kan ^^

Dewi Kartini mengatakan...

Mbak hesti isin coba2 resepnya ya :) soalnya resepnya mbak hesti enak2.salam kenal juga dari sy d samarinda ...

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak, dengan senang hati ^^

fersa salma mengatakan...

Dl di kampung klo mm sy bikin kan gak ada blender, jadinya di penyet2 pake bawahnya gelas.. Hehe

Hesti HH. mengatakan...

Hahahaaa...iyalah disesuiakan saja dengan bahan dan barang yang ada ^^

kasya mengatakan...

Mba,izin copy resepnya ya. Saya suka bgt barongko, penasaran pengen buat sendiri akhirnya dpt resep punya mba & udh nyoba bikin.
Rasanya enak bgt,persis kyk barongko yg pernah saya beli dari penjual kue2 khas Sulawesi.

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasiiih yaaa KAsya

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails